Tips Menghindari Malware Saat Nonton Film atau Serial dari Web Tips Menghindari Malware Saat Nonton Film atau Serial dari Web ~ Teknogav.com

Tips Menghindari Malware Saat Nonton Film atau Serial dari Web

Teknogav.com - Acara dan serial televisi merupakan salah satu sumber hiburan, apalagi di masa pembatasan akibat pandemi. Sayangnya acara dan serial televisi juga dapat dijadikan sarana menyebarkan ancaman, halaman phishing dan pesan spam oleh pelaku kejahatan siber. Para pakar dari Kaspersky menganalisa file berbahaya pada serial TV yang masuk nominasi Golden Globes. Analisis juga dilakukan pada situs web phishing yang dirancang untuk mencuri kredensial pengguna terkait acara televisi populer. Hal ini dilakukan untuk memberikan gambaran lebih jelas mengenai cara pelaku kejahatan siber memonetisasi minat pemirsa.

"Film dan serial TV 'selalu menjadi umpan populer untuk menyebarkan ancaman dan melakukan kampanye phishing. Namun, saat ini kita melihat bahwa pelaku kejahatan siber telah mengalihkan perhatiannya dari industri film. Kami menemukan beberapa ketertarikan dari aktor ancaman tertuju pada serial TV populer saat itu, seperti The Mandalorian. Tampaknya acara populer ini selain menarik pemirsa di seluruh dunia dan minat pelaku kejahatan siber,” ucap Anton V. Ivanov, pakar keamanan.

Baca juga: TrueID Bangkitkan Nostalgia dengan Koleksi Film Indonesia Box Office Gratis

Analisa dilakukan berdasarkan nominasi Best Picture berikut ini.

  • Borat Subsequent Moviefilm
  • Emily in Paris
  • Ozark
  • Palm Springs 
  • Ratched
  • The Crown
  • The Mandalorian
  • The Queen's Gambit
  • The Trial of the Chicago 7
  • Unorthodox

Hasil pengamatan Kaspersky selama tiga minggu pertama bulan Januari 2021 menunjukkan bahwa 275 pengguna menjadi sasaran file berbahaya. File tersebut menyamar sebagai nominasi serial TV terbaik. Para pelaku kejahatan siber menjadikan ‘The Mandalorian’ sebagai umpan yang paling populer dan berhasil menginfeksi 68% pengguna. Posisi kedua ditempati oleh mini seri ‘The Queen’s Gambit’ yang ditayangkan Netflix. Jumlah pengguna yang terinfeksi menggunakan umpan ‘The Queen’s Gambit ini sebesar 11%. Sementara itu di posisi nomor 3 terdapat ‘Ozark’ dengan 6% pengguna terinfeksi.

Baca juga: Netflix Hadirkan Film-film Animasi Produksi Studio Ghibli

Persentase pengguna yang menjadi target perangkat lunak berbahaya terkait nominasi gambar terbaikpada bulan Januari

Jika dibandingkan bulan sebelumnya, telah terjadi penurunan jumlah pengguna yang ditargetkan film dan serial TV pada 21 Februari 2021. Jumlah penurunan ini hampir tiga kali lipat. Posisi pertama dan kedua yang paling ditargetkan masih ditempati ‘The Mandalorian’ dan ‘The Queen’s Gambit’. Kendati demikian besarnya target pengguna mengalami perubahan, masing-masing 33% dan 18%. Ini berarti terjadi penurunan jumlah infeksi dari ancaman terkait ‘The Madalorian’ sebesar 6 kali lipat.

Baca juga: Dukung Industri Film, GoPlay Gelar Festival Film dan Serial Online

Persentase pengguna yang menjadi target malware yang terkait dengan acara yang dinominasikan pada bulan Februari

Selain penyamanan file berbahaya sebagai serial TV, ditemukan juga situs web phishing untuk mencuri kredensial panggunanya. Cara phishing tersebut dengan meminta data nomor kartu bank dan keterangannya sebagai konfirmasi bahwa pengguna berada di wilayah yang sesuai. Ketika pengguna memberikan data kartu bank, maka pengguna sudah masuk dalam jebakan pencurian kredensial dan kebocoran data mereka.

Tips Kaspersky Menghindari Penipuan yang Menyamar Sebagai Film atau Serial TV

  1. Gunakan web resmi untuk menonton film, acara dan serial TV. Sebelum memasukkan data pribagi, periksa keaslian situs web dari format URL dan ejaan nama perusahaan.
  2. Cek format file yang diunduh, video tidak menggunakan format .exe atau .msi
  3. Identifikasi lampiran berbahaya dan blokir situs phishing dengan solusi keamanan seperti Kaspersky Security Cloud.
  4. Hindari tautan yang menjanjikan tampilan awal konten, tanyakan pada penyedia konten hiburan jika ragu mengenai keaslian konten.
Baca juga:  Dukung Industri Film, GoPlay Gelar Festival Film dan Serial Online

Contoh situs web phishing terkait

Demikianlah beberapa tips Kaspersy agar tidak tertipu dan menjadi korban serangan siber saat ingin menonton film atau serial TV.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email