Acer Aspire Vero, Laptop Ramah Lingkungan dari Plastik Daur Ulang Acer Aspire Vero, Laptop Ramah Lingkungan dari Plastik Daur Ulang ~ Teknogav.com

Acer Aspire Vero, Laptop Ramah Lingkungan dari Plastik Daur Ulang

Teknogav.com – Acer turut andil dalam melestarikan bumi dengan meluncurkan laptop ramah lingkungan, yaitu Aspire Vero yang mengusung slogan ‘Green PC'. Keistimewaan dari laptop ini adalah terbuat dari plastik daur ulang atau post-consumer recyled (PCR) sehingga turut serta dalam melestarikan bumi. Konsisten sebagai laptop yang ramah lingkungan, Acer Aspire Vero juga dibekali perangkat lunak VeroSense untuk menghemat listrik. Perangkat lunak tersebut memiliki fitur untuk memantau dan mengatur penggunaan daya listrik pada laptop.

Selain ramah lingkungan, Aspire Vero juga dibekali dengan fitur-fitur tercanggih saat ini. Prosesor yang digunakan pada Aspire Vero merupakan Intel Core Generasi ke-11, yaitu Intel Core i5-1155G7. Kinerja prosesor tersebut didampingi prosesor grafis Intel Iris Xe untuk menunjang kemampuan grafisnya. Kerennya lagi, laptop ini pun didukung sistem operasi Windows 11 terkini. Perangkat lunak VeroSense pada Aspire Vero memperkuat misi Acer dalam melestarikan lingkungan. Fitur ini berfungsi untuk menghemat listrik sehingga memperpanjang usia baterai.

Baca juga: Huawei Tawarkan Solusi Listrik yang Efisien dan Ramah Lingkungan

Fransisca Maya, Head of Marketing Acer Indonesia
“Kehadiran laptop eco-friendly Acer Aspire Vero merupakan wujud komitmen keberlanjutan Acer dalam operasi dan pengembangan produk. Material laptop maupun kemasannya terbuat dari material daur ulang serta dilengkapi fitur khusus penghematan energi. Dengan desain yang trendi, performa yang mumpuni, dan material unik, Acer Aspire Vero diharapkan dapat menjadi laptop pilihan mereka yang berjiwa muda yang ingin ikut ambil bagian dalam melestarikan lingkungan,” ucap Fransisca Maya, Head of Marketing Acer Indonesia.

Fitur Aspire Vero

Berbagai fitur canggih sudah disematkan pada laptop ramah lingkungan Aspire Vero ini. Salah satunya adalah dari sisi konektivitas yang sudah menggunakan teknologi Wi-Fi 6. Konektivitas pada laptop juga didukung oleh port USB 3.2 Gen 1 tipe 1 dan dua port USB 3.2 Gen 1 tipe-A.

Audio pada Aspire Vero didukung oleh fitur Acer TrueHarmony dan Acer Purified Voice. Fitur PurifiedVoice ini dapat menyingkirkan kebisingan dengan memanfaatkan kecerdasan buatan atau AI. Pengguna pun dapat menjalani hari demi hari dengan didampingi oleh Microsoft Cortana yang senantiasa menjadi asisten virtual pribadi. 

Ukuran layar Aspire Vero ini cukup lapang, yaitu 15,6 inci dan menggunakan panel IPS dengan resolusi Full HD. Pengguna dapat dengan mudah melakukan upgrade atau memperbaiki laptop berkat penggunaan ukuran sekrup standar dan alokasi ruang tambahan. Tentunya dukungan untuk upgrade ini juga dapat memperpanjang usia penggunaan perangkat sehingga lebih ramah lingkungan.

fitur-fitur Aspire Vero

Desain Ramah Lingkungan

Material ramah lingkungan digunakan pada sebagian besar laptop Aspire Vero. Bagian sasis Acer menggunakan plastik PCR sebanyak 30%, dan bagian keyboard menggunakan 50% unsur plastik PCR. Komposisi tersebut mampu mengurangi 21% emisi lingkungan dari penggunaan plastik murni. Panel layar yang digunakan pun menggunakan 99% komponen yang bisa didaur ulang. Integrasi plastik PCR pada Aspire Vero dilakukan secara keseluruhan sehingga mendukung keutuhan desain.

Baca juga:  Logitech Tingkatkan Produksi Perangkat dengan Plastik Daur Ulang

Kendati dibangun dengan bahan daur ulang, tak perlu khawatir mengenai kekokohan laptop ini. Struktur honeycomb yang terlihat bintik-bintik pada chassis memberi identitas solid dan membangun kerangka yang lebih kuat. Permukaan laptop ini sendiri menggunakan tekstur yang bebas cat. Aksen kuning unik pada permukaan laptop tersebut pun bermakna ajakan untuk mengurangi polusi.

struktur honeycomb

 

Ciri khas ramah lingkungan pun terlihat pada ‘Eco-design’ yang ditandai huruf pada tombol R dan E yang tercetak berlawanan. Cetakan huruf dengan arah berlawanan dan berwarna kuning ini mengingatkan akan proses daur ulang yang dilakukan. Kotak kemasan laptop ini pun dibuat dari 85% kertas hasil daur ulang dengan tinta dari kedelai. Demi menambah kenyamanan penggunaan, kotak laptop ini pun dapat digunakan kembali sebagai penyangga laptop. Setelah tak digunakan, kotak laptop juga bisa sepenuhnya didaur ulang

kotak kemasan Acer Aspire Vero

Harga dan Ketersediaan

Pre-order laptop Acer Aspire Vero berlangsung selama 25 Oktober 2021 sampai 7 November 2021. Pembelian secara pre-order ini bisa dilakukan melalui Acer eStore, JD.id dan Acer Exclusive Store. Harga yang dibanderol pada laptop ini adalah Rp10.999.999 sudah termasuk pre-isntalled Windows 11. Selain itu juga sudah tersedia Microsoft Office Home & Student 2021 secara gratis.

Acer menyediakan Aspire Vero ini  secara bundling dengan sepatu ramah lingkungan Adidas Stan Smith bagi 20 pembeli pertama. Selain itu konsumen juga akan mendapat Zero Waste Kit dari Sustaination yang berisi botol minuman, sedotan dan alat makan yang mudah dibawa bepergian.

Program Green Deeds

Selain menghadirkan laptop ramah lingkungan, Acer juga menginisiasi ajakan untuk melestarikan lingkungan dengan Green Deeds. Gerakan ini mengajak masyarakat untuk lebih peduli terhadap lingkungan dan berbagi melalui media sosial. Kampanye ‘Green Deeds’ ini mengajak orang untuk melakukan kegiatan hijau selama tujuh hari. Bagi yang berpartisipasi, dapat berbagi kegiatan mereka tersebut di Instagram dengan memberi tag @acerid.

Baca juga: Logitech G435 LIGHTSPEED, Headset Wireless dengan Warna-Warni Seru

Periode kampanye di media sosial ini berlangsung sampai 31 Desember 2021. Bagi peserta yang beruntung, maka bisa memperoleh laptop Acer Aspire Vero. Kegiatan yang mereka lakukan pun akan dijadikan panutan pada komunitas di media sosial Acer Indonesia.

“Sejak Juni 2021, Acer dan para pegawai serta mitra bisnis menegaskan komitmen keberlanjutan lewat program Earthion. Kami akan mendorong terobosan dalam menjawab tantangan lingkungan. Di Indonesia, wujud nyata lain yang kami inisiasi adalah ajakan Green Deeds untuk anak-anak muda melalui media sosial. Acer Aspire Vero adalah salah satu wujud komitmen tersebut. Kami berharap ajakan kami untuk ikut menjaga Bumi mendapat respons positif dari konsumen Indonesia,” ucap Fransisca.

Share:

Artikel Terkini