DANA Pesta Poin 11.11 Raih Lonjakan Transaksi dibanding Tahun Lalu DANA Pesta Poin 11.11 Raih Lonjakan Transaksi dibanding Tahun Lalu ~ Teknogav.com

DANA Pesta Poin 11.11 Raih Lonjakan Transaksi dibanding Tahun Lalu


Teknogav.com – Sejak awal November 2021, DANA menyelenggarakan Pesta Poin 11.11 untuk memeriahkan Singles Day yang dimanfaatkan e-commerce untuk menggenjot penjualan. Jika dibandingkan Singles Day tahun lalu, DANA Pesta Poin 11.11 mencatat peningkatan jumlah transaksi sampai 267%. Selain peningkatan signifikan pada jumlah transaksi, terjadi juga peningkatan pengguna transaksi harian rata-rata dan pengguna aktif rata-rata harian. Prestasi tersebut menandakan tren traksaksi digital yang makin menguat.

Salah satu pemicu penguatan tren digital ini tentu saja pembatasan ruang gerak selama pandemi COVID-19. Peningkatan jumlah pengguna platform digital dan nilai transkasi menandakan transaksi digital yang makin jadi pilihan. Hal ini memberi sinyal positif bagi perekembangan industri digital ke depan dan upaya pemulihan ekonomi nasional.

Baca juga: Sambut Singles Day, DANA Gelar Pesta Poin 11.11

Penguatan tren transaksi digital juga dapat dilihat pada laporan e-Conomy SEA 2021 yang disusun Google, Temasuk dan Bain & Company. Data pada laporan tersebut menunjukkan bahwa ada 21 juta konsumen digital baru selama pandemi 2020 dan semester pertama 2021. Peningkatan penetrasi digital pun dapat dilihat dari 72% konsumen baru yang berasal dari area non-metropolitan.

Pencapaian DANA Pesta Poin 11.11

Sejalan dengan peningkatan tren transaksi digital, DANA Pesta Poin 11.11 pun turut memicu adopsi digital dan belanja pengguna. Program tersebut digelar bekerja sama dengan A+ Rewards dengan konsep lelang berhadiah melalui video live streaming di aplikasi DANA. Konsep lelang ini menerima respon positif dari para pengguna. Hanya dalam waktu 11 hari, DANA berhasil mengumpulkan 130.000 peserta lelang dan ditonton lebih dari 400 ribu orang.

Program DANA Pesta Poin 11.11  meningkatkan penggunaan beberapa fitur secara signifikan. Berdasarkan popularitasnya, berikut ini adalah fitur yang paling banyak digunakan selama periode Pesta Poin 11.11.
  • Kirim Uang
  • Pembelian Pulsa
  • Pembelanjaan melalui Bukalapak
  • Pembayaran tagihan atau Biller
  • Pembelian melalui Google Play


Jika dibandingkan dengan kinerja Singles Day tahun lalu, terjadi peningkatan transaksi yang signifikan di beberapa aspek. Jumlah transaksi DANA meningkat sampai 269% dibandingkan tahun lalu. Rata-rata pengguna transaksi harian pun bertambah sampai 233%. Pengguna aplikasi harian yang aktif pun mengalami peningkatan sampai 220%.

Peningkatan Transksi Digital di DANA

Tren transaksi digital masyarakat yang makin kuat di tahun 2021 juga ditunjukkan oleh DATA transaksi yang dicatat DANA. Berikut ini adalah lima peningkatan transaksi pada fitur teratas DANA selama bulan Oktober 2021 dibandingkan tahun sebelumnya.

  • Peningkatan transaksi pengiriman uang 328%
  • Peningkatan transaksi QRIS sebesar 267%
  • Peningkatan pembayaran tagihan 159%
  • Peningkatan pembelian pulsa ponsel 141%
  • Peningkatan pembbayaran e-commerce 39,9%

Baca juga: DANA Kembali Rayakan Singles Day 11.11 dengan Kampanye #SemingguJadiSultan 

Pengguna DANA juga makin menggemari transaksi dengan online merchant. Mereka tersebar di berbagai wilayah, mulai dari Jawa Barat, sampai Maluku dan Papua. Sekitar 49% dari pengguna DANA yang bertransaksi dengan online merchant merupakan kalangan dengan rentang usia 21-30 tahun.

Monita Moerdani, Chief Marketing Officer DANA

“Bertumbuhnya tren transaksi digital mengindikasikan meningkatnya penetrasi ekonomi digital yang kian terintegrasi. Masyarakat pun makin terbuka untuk menggunakan layanan-layanan digital termasuk dompet digital dan online commerce. DANA menyambut positif peningkatan tren ini dan selalu berupaya menyempurnakan kapabilitas layanan dan memperluas kemitraan maupun sinergi dan kolaborasi. Upaya ini dilakukan agar pengguna dapat terus mengandalkan DANA dalam berbagai aktivitasnya,” ucap Monita Moerdani, Chief Marketing Officer DANA.

Kolaborasi DANA dan Bukalapak

Demi mempercepat inklusi keuangan digital, DANA pun terus bersinergi dengan Bukalapak yang merupakan salah satu e-commerce di Indonesia. Selama tiga kuartal di tahun 2021, transaksi penggunaan QRIS mengalami pertumbuhan signifikan sampai delapan kali lipat. Selain itu pengisian saldo DANA di mitra Bukalapak pun mengalami peningkatan tiga kali lipat.

peningkatan transaksi di Bukalapak
Victor Lesmana, President, Commerce & Fintech at Bukalapak

“Bukalapak memaknai peningkatan tren transaksi digital sebagai imbas positif untuk kembali membangkitkan ekonomi nasional yang sempat menurun di masa pandemi. Bukalapak telah melayani lebih dari 6,6 juta online seller, 8,7 juta mitra Bukalapak, dan 100 juta pengguna. Sinergi DANA dan Bukalapak ikut menandakan pentingnya kolaborasi guna menguatkan berbagai skala industri, termasuk UMKM, serta mengakselerasi inklusi keuangan digital,” ucap Victor Lesmana, President, Commerce & Fintech at Bukalapak.

Baca juga: Pencarian Kata Kunci 11.11 Naik 456% di Singles Day 2018

Sinergi DANA dan Bukalapak juga terlihat di beberapa jenis transaksi. Biasanya pembayaran menggunakan DANA dilakukan pada pembelanjaan barang-barang elektronik dan busana, serta produk virtual seperti pulsa, token listrik dan multifinance. Lokasi transaksi tersebut pun tersebar di seluruh Indonesia. Empat provinsi lokasi penjual teratas berada di Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Timur dan Banten.

DANA dan Bukalapak optimis terhadap keberlangsungan digitalisasi di berbagai aspek kehidupan masyarakat. Keduanya pun terus berkomitmen mendigitalisasi UMKM dan menciptakan inklusi keuangan digital melalui inovasi dan kolaborasi yang berkelanjutan.

Share:

Artikel Terkini