AMD Ajak Napak Tilas di End Year Media Gathering AMD Ajak Napak Tilas di End Year Media Gathering ~ Teknogav.com

AMD Ajak Napak Tilas di End Year Media Gathering


Teknogav.com – AMD Indonesia menggelar ajang gathering dengan media yang bertajuk AMD End Year Media Gathering 2021. Acara tersebut diselenggarakan secara hybrid, yaitu di Penang Bistro Kebon Sirih dan melalui zoom meeting. Pada kesempatan tersebut, Donnie Brahmandhika, Retail Sales Marketing AMD memaparkan kilas balik perjalanan prosesor AMD. Kinerja prosesor AMD Ryzen terkini yang digunakan pada laptop pun didemonstrasikan dan dibandingkan dengan kinerja prosesor desktop. Selain itu para peserta pun berbagi pengalaman dalam menggunakan produk-produk AMD.

Saat napak tilas, dipaparkan mengenai perjalanan prosesor AMD seri Ryzen yang sudah menginjak tahun kelima. Laptop pertama yang menggunakan prosesor AMD Ryzen adalah ROG Strix GL702QC hasil kolaborasi AMD dengan ASUS. Kinerja laptop tersebut mengandalkan Ryzen 1700 dan GPU Radeon RX580. Laptop gaming tersebut diperkenalkan di ajang Computex 2017.

Donnie Brahmandhika, Retail Sales Marketing AMD

Pada Oktober 2017, AMD pun memperkenalkan dua prosesor Ryzen dengan 4 inti prosesor dan 8 thread. Kedua prosesor tersebut adalah Ryzen 5 2500U dan Ryzen 7 2700U yang terintegrasi dengan GPU Radeon Vega. Beberapa brand terkemuka seperti Acer, ASUS ROG, Dell, HP dan Lenovo pun menggunakan prosesor tersebut pada laptop mereka.

Di tahun 2019, AMD pun menghadirkan prosesor Mobile Ryzen 3000 Series Generasi Kedua pada ajang CES. Prosesor tersebut diproduksi menggunakan metode 12 nm. Seri H pun dihadirkan AMD untuk menyajikan kinerja gaming kencang pada laptop gaming yang ringan. 

Baca juga: Ini Jajaran Laptop dengan Prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 Series

AMD Ryzen 4000 Series

Prosesor AMD Ryzen 4000 Series yang berkinerja cepat dan hemat daya pun diumumkan pada tahun 2020. Produksi prosesor tersebut sudah menggunakan teknologi 7 nm dan menjadi prosesor x86 pertama yang menggunakan teknologi tersebut. Prosesor tersebut terdiri dari delapan inti dan 16 thread. Prosesor AMD Ryzen 4000U pun menjadi prosesor pertama yang mengusung 8 inti prosesor untuk laptop ultra tipis. Kemudian AMD Ryzen 4000HS hadir dengan TDP lebih rendah, yaitu 35 watt dan ditujukan untuk laptop gaming tipis dan ringan. Prosesor tersebut juga mengusung 8 inti dan 16 thread.

AMD Ryzen 5000 Series

Di tahun 2021 ini, AMD menghadirkan Ryzen 5000 series yang diproduksi menggunakan metode 7nm. AMD juga memperkenalkan arsitektur Zen 3 yang kinerjanya mampu memenuhi kebutuhan gaming dan pembuatan konten. Perpaduan kinerja tinggi dan efisiensi daya optimal pun ditawarkan AMD Ryzen 5000 U-Series Mobile Processor yang ditujukan bagi pengguna mainstream. Prosesor ini siap mentenagai laptop ultra tipis dengan kinerja yang tinggi.

Baca juga:  AMD Ryzen 5000 Series, Tingkatkan Kinerja Gaming dan Pembuatan Konten

Bagi pembuat konten dan gamer profesional, AMD menyediakan AMD Ryzen 5000 H-Series Mobile Processor untuk laptop segmen premium. Prosesor tersebut berkinerja tinggi untuk mendukung berbagai pekerjaan berat pada laptop tipis dan ringan. Masih di jajaran prosesor mobile, AMD menghadirkan seri HX dengan kinerja tertinggi, yaitu AMD Ryzen 9 5900HX. Prosesor tersebut dapat di-unlock untuk memenuhi kebutuhan profesional pembuat konten.

Kartu Grafis AMD Radeon 6000M Mobile Series

Pemrosesan grafis untuk menghadirkan tampilan yang tajam dan gaming imersif disajikan AMD melalui kartu grafis AMD Radeon 6000M Mobile Series. Arsitektur gaming AMD RDNA 2 diusung oleh GPU AMD Radeon RX 6000M untuk memberikan kinerja gaming yang tinggi. AMD Radeon 6000M Series tersedia dalam beberapa pilihan. Salah satu pilihan tersebut adalah AMD Radeon RX6800M yang ditujukan bagi gamer hardcore. GPU tersebut memiliki konsumsi daya minimal 145 watt. Kinerja gaming kartu grafis ini pada resolusi 1440p dapat menjalankan sejumlah game kelas AAA dengan mulus. 

Baca juga: AMD Ryzen 5000 dan Radeon RX 6000 Hadir di Indonesia

Sementara itu AMD Radeon RX6700M menyajikan kinerja gaming 1400p/100 fps dengan visual dan efisiensi yang memukau. Kartu grafis ini dirancang untuk laptop gaming generasi baru dan untuk kerja pembuatan konten yang canggih. Pilihan lain adalah kartu grafis AMD Radeon RX6600 yang ditujukan bagi gamer kasual. Kartu grafis ini menyajikan pengalaman gaming 1080p/100 fps pada laptop ringan.

AMD Advantage

Inovasi terkini dihadirkan AMD melalui solusi AMD Advantage yang merupakan paket lengkap laptop gaming. Solusi ini menghadirkan berbagai fitur untuk memenuhi kebutuhan gamer. Tiga konsep dasar pada solusi tersebut mencakup Amplified Performance, Premium Display dan AMD Advantage Design Framework. Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing konsep tersebut:

  • Amplified Performance dihadirkan pada laptop yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 5000 Series Mobile. Konsep ini dipadukan dengan kartu grafis AMD Radeon RX 6000 M Series terkini yang menggunakan arsitektur RDNA 2. Kinerja yang dihadirkan 1,5 kali lebih tinggi dan lebih hemat daya 43%. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, maka kemampuan gaming 1,77 kali lebih baik.
  • Premium Display menyajikan tampilan grafis terbaik game dengan refresh rate 144 Hz. Konsep ini mencakup tingkat kecerahan minimal 300 nits, 100% sRGB dan 72% NTSC, baik pada panel OLED maupun IPS.
  • AMD Advantage Design Framework menyajikan pengoptimalan dan konsistensi kinerja, serta kestabilan suhu kerja. Perpaduan hal tersebut mencegah penurunan kinerja walau penggunaan yang berjam-jam tanpa henti. Konsep ini ideal untuk kegiatan main game atau pembuatan konten yang berat.
Baca juga: ROG Strix G15 Advantage Edition, Laptop Gaming Tangguh Bertenaga AMD

Demikianlah sekilas perjalanan AMD selama beberapa tahun hingga dapat menyajikan kinerja terbaik pada prosesor dan kartu grafis.

Share:

Artikel Terkini