Optimistis Pertumbuhan Transaksi Gaming, DANA Dukung Perkembangan Industri Game Optimistis Pertumbuhan Transaksi Gaming, DANA Dukung Perkembangan Industri Game ~ Teknogav.com

Optimistis Pertumbuhan Transaksi Gaming, DANA Dukung Perkembangan Industri Game


Teknogav.com – Pesatnya pertumbuhan industri game dan esport selama beberapa tahun belakangan ini dapat memicu kebangkitan ekonomi kreatif di Indonesia. Dompet digital DANA melihat pelunag tersebut dan berkomitmen untuk mendukung perkembangan industri game dan esports di Indonesia. Dukungan DANA diberikan dengan menyediakan platform pembelian voucher game, terus memperluas kemitraan dengan distributor game, edukasi dan membentuk komunitas game.

Data Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), industri game merupakan salah satu industri yang terus tumbuh selama pandemi. Kontribusi industri game terhadap PDB Indonesia tahun 2020 adalah Rp24,88 triliun atau 2,19% dari total PDB. Industri game ini menempati peringkat tujuh penyumbag terbesar terhadap PDB ekonomi kreatif Indonesia. Saat PDB ADHK mengalami pertumbuhan negatif -2,39%, industri game justru mengalami pertumbuhan positif 4,47%. 

Pemerintah pun memasukkan industri game ke dalam program prioritas nasional. Komitmen Kemenparekraf dalam mengembangkan subsektor game tanah air diwujudkan dalam berbagai program untuk membangun ekosistem subsektor game tersebut di Indonesia. Beberapa program tersebut adalah Baparekraf Game Prime dan game Lokal Kreasi Indonesia (Gelora) yang bertujuan mendukung pertumbuhan ekosistem game developer.

Baca juga: 5 Fakta Seputar Esports dan Tips Hemat Top up Game

“Kami mengucapkan selamat dan sukses atas penyelenggaraan DANA Mabar yang mengangkat tema Transaksi Digital untuk Bangkitkan Potensi E-sports Indonesia. Kegiatan ini diharapkan dapat menambah wawasan para pelaku ekonomi kreatif. Mereka dapat saling berbagi pengalaman dan mengawali kolaborasi untuk mengembangkan ekosistem subsektor game Indonesia,” ucap Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

pasar game global tahun 2020

Potensi Industri game di Indonesia

Data penelitian beberapa lembaga internasional juga memperlihatkan tren pertumbuhan, hal ini menunjukkan besarnya potensi industri game di Indonesia. Berdasarkan data Statista, jumlah pemain game online di Indonesia mencapai 54,7 juta pada tahun 2020. Jika dibandingkan dengan jumlah pemain online tahun 2019 yang sebanyak 44,1 juta, maka terjadi peningkatan 24%. Sementara itu berdasarkan Newzoo, Indonesia menduduki peringkat delapan industri mobile game dengan nilai mencapai USD1,5 miliar.

Porsi unduhan mobile game Indonesia pun merupakan yang terbesar di Asia Tenggara. Berdasarkan data Sensor Tower, jumlah pengunduhan mobile game di Indonesia mencapai 790 juta unduhan pada kuartal pertama 2021. Jika dibandingkan kuartal pertama 2020 yang sejumlah 628 juta unduhan, maka terjadi pertumbuhan 26%. Posisi Indonesia dalam hal jumlah unduhan mobile game berada di peringkat ketiga dunia setelah India dan Brasil.

Baca juga: Tips Untung Beli Voucher Game Online dengan Murah dan Mudah

Peningkatan jumlah pengguna dan unduhan tentu saja akan diikuti oleh tren peningkaan transaksi pembelian voucher game. Dompet digital DANA sendiri mencatat peningkatan transaksi digital yang signifikan untuk kategori game, yaitu sampai 103,95% selama periode Januari-Oktober 2021. Sementara itu di Oktober tahun 2020 peningkatannya hanya 28,42%. Rata-rata jumlah pengguna aktif bulanan pun terus meningkat sampai 127,33% di tahun 2021.

pasar game Indonesia

Pesatnya pertumbuhan game online dan perannya dalam membangkitkan ekonomi kreatif membuat DANA turut mendukung industri tersebut. Dukungan ini diberikan dengan menyediakan pembayaran voucher game online yang aman, mudah dan nyaman.  Fitur tersebut diharapkan dapat memudahkan masyarakat menikmati dan mengakses game online. Cara  mengakses fitur pembelian voucher game dan digital dapat dilihat di kategori Entertainment, subkategori ‘Item Digital’. DANA bermitra dengan beberapa distributor game seperti CODA, Moonton dan UniPin untuk pembelian beberapa voucher game favorit. Beberapa game favorit tersebut mencakup Mobile Legends, Ragnarok, PUBG Mobile dan lain-lain.

Vior, Brand Ambassador ONIC Esports yang turut bertanding

 

DANA juga melakukan edukasi mengenai game online yang berkesinambungan dengan menjangkau pengguna yang melakukan fitur tersebut. Edukasi tersebut dilakukan dengan membuat komunitas yang menggunakan kanal online untuk meningkatkan minat mereka terhadap game online. DANA juga menyelenggarakan kompetisi game online Lokapala yang diikuti 10 peserta dan PUBG Mobile yang diikuti 100 peserta. Kompetisi ini menawarkan berbagai hadiah menarik, termasuk headphone JBL. Selain itu hadir pula pemain profesional dari ONIC Esports, yaitu Vior yang ikut bertanding. 

Baca juga: Media dan Komunitas Game Saling Beradu dalam Lokapala Battle Day

Lokapala adalah game lokal Indonesia garapan Anantarupa Studio yang berlatar sejarah nusantara. Berbagai inisiatif yang mendukung industri game dan esports pun disambut baik oleh Ivan Chen, CEO Anantarupa Studio. Menurutnya sinergi antar industri diperlukan untuk mempermudah masyarakat menikmati game dan esports.

Ivan Chen, CEO Anantarupa Studio

“Industri game dan eSport kini banyak memasuki ranah mobile. Kemudahan dan kenyamanan akses untuk membeli voucher game seperti melalui dompet digital DANA menjadi faktor yang sangat penting. Hal ini agar masyarakat dapat merasakan pengalaman bermain game dan eSport seutuhnya, serta kelak industri ini dapat terus melaju pesat,” ucap Ivan.

Share:

Artikel Terkini