ROG Strix G15 Advantage Edition, Laptop Gaming Tangguh Bertenaga AMD ROG Strix G15 Advantage Edition, Laptop Gaming Tangguh Bertenaga AMD ~ Teknogav.com

ROG Strix G15 Advantage Edition, Laptop Gaming Tangguh Bertenaga AMD



Teknogav.com – ROG Strix G15 Advantage Edition resmi hadir di Indonesia. Laptop gaming ini memadukan ketangguhan kinerja prosesor AMD Ryzen 9 5900HX dan prosesor grafis AMD Radeon RX 6800M. ASUS berkolaborasi dengan AMD dalam penggarapan laptop ini demi memastikan setiap komponen yang digunakan pada laptop dapat bekerja secara maksimal. Berbagai fitur tambahan seperti AMD SmartShift dan AMD Smart Access Memory siap menyajikan pengalaman komputasi yang lebih baik. Kinerja dan teknologi yang disajikan laptop gaming ini siap mendukung produktivitas gamer, streamer dan pembuat konten.

Kinerja ROG Strix G15 Advantage Edition

Sejak ROG berdiri tahun 2006, ROG dan AMD sudah sering berkolaborasi untuk menghadirkan produk-produk bagi gamer. ROG Strix 15 Advantage Edition merupakan salah satu puncak kolaborasi tersebut. Dua komponen high-end AMD terbaik dihadirkan pada laptop gaming ini untuk menyajikan kinerja kencang  sehingga mendukung berbagai kegiatan. Kegiatan tersebut mencakup gaming, streaming, entertaining dan lain-lain.

Baca juga: ROG Zephyrus G14 Alan Walker SE Padukan Musik dan Gaming

Prosesor AMD Ryzen 9 9500HX terdiri dari delapan inti dan 16 thread sehingga cocok untuk multitasking dan bermain game berat. Produksi prosesor AMD Ryzen 9 5900HX dilakukan menggunakan metode 7 nm FinFET dan dibangun pada arsitektur Zen 3. Prosesor tersebut menyajikan kinerja yang sangat kencang pada ROG Strix G15 Advantage Edition, tetapi dengan hemat daya. Kinerja pun dapat leih kencang dengan memanfaatkan aplikasi utilitas Armoury Crate yang tersedia pada laptop gaming ini.

Multitasking pun didukung oleh RAM DDR4 3200 MHz berkapasitas 16 GB yang terdiri dari 2 x 8 GB (dual channel). Kapasitas RAM pun dapat ditingkatkan sampai 32 GB sehingga kinerja bisa lebih ditingkatkan sesuai skenario penggunaan. Media penyimpanan pun sudah menggunakan teknologi canggih SSD PCIe 3.0 NVMe M.2 dengan kapasitas 1 TB. Selain itu tersedia juga slot PCIe 3.0 M.2 kedua yang memungkinkan menambah penyimpanan.

GPU Radeon RX 6800M merupakan GPU flagship AMD terkini yang merupakan bagian keluarga AMD Radeon RX 6000 Mobile Series. Prosesor grafis tersebut dirancang untuk menyajikan kinerja dan efisiensi penggunaan daya terbaik pada laptop gaming. Landasan Radeon RX 6800M menggunakan arsitektur RDNA 2 terkini yang memadukan efek grafis modern dan sistem komputasi canggih. Tampilan yang dihasilkan kecanggihan tersebut menyajikan kualitas visual yang lebih nyata dan imersif. Animasi grafis terlihat mulus sehingga meningkatkan pengalaman gaming.

Fitur-fitur Andalan AMD

Teknologi AMD Smart Access Memory memberikan kinerja tambahan bagi CPU untuk mengakses seluruh memori GPU, sehingga komunikasi data lebih cepat. Proses tersebut pun akan meningkatkan frame rate sehingga memaksimalkan pengalaman bermain game.

Baca juga: ASUS ROG Strix SCAR, Laptop Gaming Sang Juara

Selain itu hadir juga fitur AMD SmartShift yang memungkinkan penyesuaian kinerja CPU dan GPU secara dinamis sesuai beban kerja. Ketika ROG Strix G15 Advantage Edition menjalankan aplikasi yang perlu kinerja CPU, maka GPU akan menurunkan kinerja. Daya ekstra yang tak digunakan pun dialihkan ke CPU. Sebaliknya ketika beban kerja membutuhkan kinerja GPU maka daya ekstra yang tak digunakan pada CPU dialihkan ke GPU. Hal ini memungkinkan game dan aplikasi dapat berjalan optimal di ROG Strix G15 Advantage Edition.

Sistem Pendingin ROG Intelligent Cooling

Kestabilan kinerja setiap komponen pada ROG Strix G15 Advantage Edition dijaga oleh sistem pendingin ROG Intelligent Cooling.  Teknologi pendingin ini memungkinkan prosesor Ryzen 9 5900HX bisa berjalan dengan daya 90 W secara stabil.

Liquid metal diterapkan pada CPU dan GPU sebagai thermal compound sistem pendingin ini. Penggunaan bahan tersebut meningkatkan penyebaran panas sehingga kinerja lebih kencang secara keseluruhan. Suhu operasional yang dihasilkan pun lebih rendah sampai 14˚C lebih dingin. Hal ini memungkinkan gamer berkegiatan lebih lancar dan stabil saat bermain dan multitasking.

Lapisan vapor chamber berukuran besar meningkatkan efisiensi penghantaran panas. Penghantaran pun dapat dihantarkan dari VRM dan VRAM. Bagian laptop yang sebelumnya tidak bisa terhubung ke pipa panas tradisional pun dapat lebih dijangkau dengan vapor chamber ini. Proses penghantaran panas pun dapat berlangsung lebih efektif sehingga thermal headroom sampai 25 W lebih tinggi. Thermal headroom yang lebih baik ini memastikan seluruh komponen dalam laptop berjalan optimal.

Berbagai fitur pendingin pada seri ROG Strix terbaru pun diterapkan pada ROG Strix G15 Advantage Edition. Salah satunya adalah menggunakan kipas Arc Flow yang memiliki bilah kipas lebih banyak dan desain khusus untuk memperlancar aliran udara. Desain kipas tersebut juga dapat mengurangi kebisingannya. Bahan liquid-crystal polymer yang kokoh dan berdurabilitas tinggi digunakan pada kipas tersebut.

Aliran udara pun lebih lancar berkat fitur self-cleaning cooling pada sistem pendingin. Ftur ini menghadirkan terowongan pada sistem pendingin yang dirancang khusus untuk membuang debu dan partikel yang berpotensi menyumbat sistem pendingin. Pembuangan debu lebih efektif dengan peningkatan fitur self-cleaning cooling ini, sehingga aliran udara pun meningkat sampai 15%.

ROG Intelligent Cooling juga dirancang untuk menjaga agar keyboard tak cepat panas saat bermain game. Ventilasi udara khusus di bagian keyboard yang sering dipakai gamer saat bermain dihadirkan oleh fitur Cool Zone. Bagian keyboard ROG Strix G15 Advantage Edition pun tetap nyaman digunakan dalam jangka waktu panjang berkat sensor infra merah khusus.

Layar ROG Strix G15 Advantage Edition

Sesuai namanya, ROG Strix G15 Advantage Edition dibekali layar berukuran 15,6 inci. Rasio layar-ke-bodi pada ROG Strix G15 Advantage Edition ini mencapai 85% berkat pinggiran layar yang tipis di tiga sisi.

ROG Stric G15 Advantage Edition

Resolusi layar tersebut QHD atau 2560 x 1440 piksel dengan refresh rate 165 Hz dan waktu respons 3 milidetik. Reproduksi warna pada layar cukup baik dengan color gamut 100% pada DCI-P3 sehingga cocok digunakan untuk kegiatan pembuatan konten. Tampilan visual game tampak detail dan imersif, serta bebas efek stuttering dan tearing berkat teknologi AMD FreeSync.

Desain ROG Strix G15 Advantage Edition

Jika dibandingkan dengan Strix G keluaran tahun 2020, maka ukuran Strix G yang dirilis tahun 2021 ini lebih ringkas. Bagian belakang layar menggunakan bahan aluminium dan terdapat logi ROG. Desain ROG Strix G15 Advantage Edition bernuansa brand AMD dan disertai Customizable Armor Caps. Secara tampilan ROG Strix G15 Advantage Edition ini berbeda dengan ROG Strix G15.

Baca juga: ROG Strix G dan SCAR Series Penuhi Kebutuhan Gamer eSports

keyboard ROG Strix G15 Advantage Edition

Selain Customixable Armor Cap, ROG Strix G15 Advantage Edition juga dilengkapi dengan Armor Cap khusus berwarna merah khas brand AMD. Tampilan laptop ini makin unik dan mudah dipersonalisasi berkat RGB LED di bagian bawah bodi yang didukung fitur Aura Sync. Keyboard pada laptop ini juga memberikan unsur kustomisasi tambahan sehingga laptop gaming ini tampil lebih unik dan personal.

Sistem Audio Premium

Seperangkat speaker Smart Amp disematkan pada ROG Strix G15 untuk menyajikan sistem audio yang premium. Teknologi Smart Amp ini memantau keluaran audio dan membuat penyesuaikan secara real time. Berkat teknologi Smart Amp, tingkat suara dapat ditingkatkan sampai 2,8 kali dan bass yang lebih tangguh sampai tiga kali. Rentang dinamis speaker ini sampapi 6,5 dB.

Speaker laptop gaming ini diarahkan langsung ke pengguna dan menggunakan teknologi Dolby Atmos sehingga memberikan sensasi spatial audio yang presisi. Teknologi Dolby Atmos ini juga bisa dikonfigurasikan untuk penggunaan headphone. Fitur virtual 5.1.2-channel surround sound siap menyajikan kualitas suara terbaik di ROG Strix G15 Advantage Edition ini.

Teknologi virtual 5.1.2-channel surround sound ini juga dilengkapi dengan fitur Two-Way AI Noise-Cancellation untuk mendukung komunikasi dan suara. Fitur ini akan menyingkirkan suara bising menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) khusus. Kerja fitur tersebut dilakukan secara dua arah, yaitu saat suara dikirim ke lawan bicara dan saat pengguna menerima suara.

Baterai dan Konektivitas

Kapasitas daya pada baterai yang digunakan ROG Strix G15 Advantage Edition ini 90 Whr. Ketika digunakan dalam skenario pemutaran video, laptop gaming ini dapat bertahan sampai 11,4 jam. Penghematan konsumsi daya ini juga berkat penggunaan prosesor AMD Ryzen 9 5900HX yang memiliki efisiensi daya optimal.

Adapter charger 100 W

Tak perlu berlama-lama saat melakukan pengisian daya karena baterai juga didukung dengan fitur fast charging. Cukup mengisi daya selama 33 menit saja untuk bisa mengisi daya dari kondisi kosong sampai 50%. Pengisian daya juga bisa dilakukan melalui port USB tipe-C yang didukung teknologi Power Delivery. Adapter USB tipe-C yang bisa digunakan sampai 100 W.

Konektivitas ROG Strix G15 Advantage Edition ini cukup lengkap. Port yang tersedia mencakup port HDMI, ethernet, USB tipe-A, dan USB tipe-C yang bisa digunakan sebagai DisplayPort dan pengisian daya. Sementara itu untuk konektivitas nirkabel, laptop ini dibekali dengan Bluetooth 5.1 dan Wi-Fi 6. Kemampuan penangkapan sinyal Wi-Fi pun dapat lebih baik berkat fitur ROG RangeBoost sehingga selalu mendapatkan kualitas sinyal terbaik.

Harga dan Ketersediaan

ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY ini dibanderol dengan harga Rp33.999.000. Pembelian dapat dilakukan di e-commerce berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ROG Strix G15 Advantage Edition di Blibli



Spesifikasi ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY

CPU

AMD Ryzen™ 9 5900HX Mobile Processor 3.3 GHz (16M Cache, up to 4.6 GHz)

Sistem operasi

Windows 10 with Office Home & Student 2019 Pre-Installed

Memori

RAM DDR4 3200 MHz (Dual Channel) 2 x 8 GB

Media Penyimpanan

SSD PCIe® 3.0 NVMe™ M.2 1 TB

Layar

15,6" (16:9) IPS-Level QHD (2560x1440), 100% DCI-P3, 165Hz, 3ms, Free Sync

Grafis

AMD® Radeon™ RX 6800M, 12GB GDDR6, AMD RDNA™ 2 (2300Mhz Game Clock  up to 2600Mhz Max)

Input/Output

1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.0b, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort and power delivery

Konektivitas

Wi-Fi 6 (Gig+) (802.11ax), Bluetooth 5.1 (Dual band) 2*2

Audio

1x RJ45 LAN port, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ / power delivery / G-SYNC, 3x USB 3.2 Gen 1 Type-A//1x 3.5mm Combo Audio Jack

Baterai

90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimensi

35,4 x 25,9 x 2,26 ~ 2,72 cm

Bobot

2,5 kg

Warna

Original Black

Harga

Rp33.999.000

Garansi

2 tahun garansi global + 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Share:

Artikel Terkini