5 Fakta Seputar Esports dan Tips Hemat Top up Game 5 Fakta Seputar Esports dan Tips Hemat Top up Game ~ Teknogav.com

5 Fakta Seputar Esports dan Tips Hemat Top up Game

Character vector created by vectorjuice - www.freepik.com

Teknogav.com - Perkembangan esports di Indonesia sangat pesat dan semakin populer. Esports sendiri merupakan singkatan dari electronic sports, yaitu olahraga yang dilakukan menggunakan video game. Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) telah mengakui esports secara resmi sebagai cabang olahraga. Nah, mari simak beberapa fakta menarik seputar esports.

Layaknya olahraga kognisi lain seperti catur dan bridge, maka esports juga membutuhkan teknik dan stratei tertentu. Skill mengatur strategi saat bersaing di esports dapat diperdalam dengan latihan secara rutin. Berikut ini adalah beberapa fakta menarik seputar esports.

1. KONI resmi mengakui esports saat pandemi

Pengakuan esports di Indonesia secara resmi oleh KONI dilakukan pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) KONI Pusat 2020. Rakernas tersebut diselenggarakan secara virtual pada 5-27 Agustus 2020. Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) dipilih menjadi satu-satunya badan resmi pemerintah yang menaungi esports di bawah KONI.

2. Esports berbeda dengan gaming

Pelaku industri esports dapat menjadikan esports sebagai pekerjaan profesional. Para atlet esports merupakan gamer profesional yang mengikuti pelatihan profesional untuk menunjang kinerja saat bertarung di kompetisi. Berbeda dengan game yang sekedar untuk melepas penat setelah bekerja.

3. Setidaknya ada 10 istilah yang digunakan pemain esports

Pada pertandingan esports, dibutuhkan kecepatan dan koordinasi, sehingga saat menunjukkan ekspresi dan apresiasi saat bertanding menggunakan singkatan untuk menghemat waktu. Setidaknya ada 10 istilah, yaitu sebagai berikut:

  • Ban: merupakan larangan pemakaian hero agar permainan lebih imbang
  • BO: Best of
  • Caster: atau komentator
  • EZ: easy menunjukkan mudahnya pertandingan yang berlangsung
  • GGWP: Good Game Well Played saat permainan berlangsung dengan baik
  • GLHF: Good Luck Have Fun yang biasa diucapkan sebelum permainan dimulai
  • IMBA: imbalance untuk mengungkapkan hebatnya hero atau lawan di sepanjang permainan
  • Meta: Metagame untuk menggambarkan kondisi mengenai hero atau strategi permainan saat bertanding
  • Salty: pemain yang dianggap curang
  • Streamer: orang yang menyiarkan sesi bermain game

4. Tim asal Indoesia pecahkan rekor MURI

EVOS esports berhasil memecahkan rekor MURI dalam penyelenggaraan kompetisi esports dengan jumlah peserta terbanyak, yaitu 77.760 tim. Jumlah pendaftar kompetisi yang digelar tersebut lebih dari 100 ribu di seluruh Indonesia. Rekor tersebut dipecahkan EVOS esports pada Selasa, 22 Desember 2020. EVOS esports merupakan tim asal Jakarta, Indonesia yang dibentuk sejak Agustus 2016. 

Baca juga: Enam Tim Esport Juarai Indonesia Games Championship 2020

5. Sebanyak 3,8 juta orang menyaksikan salah satu pertandingan tahun 2020

Kejuaraan dunia League of Legends yang digelar tahun 2020 di Shanghai, Tiongkok berhasil menarik 3,8 juta penonton. Penyelenggaraan kejuaraan ini dilakukan selama 25 September sampai 31 Oktober 2020 dengan durasi pertandingan keseluruhan 139 juta jam dari awal turnamen sampai selesai. Pendapatan yang diraup pada kejuaraan dunia League of Legends tahun 2020 ini mencapai USD1,75 miliar atau sektar Rp24 triliun.

Fakta-fakta menarik tersebut tentu dapat menambah wawasan jika ingin menalami dunia esports. Demi meningkatkan kemampuan dalam bermain game, setiap game memiliki item dan strategi masing-masing yang bisa dipilih. Setiap item memiliki fungsi berbeda-beda dalam meningkatkan skill damage setiap hero atau player. Pemahaman mengenai alur permainan dan item yang harus digunakan sangat penting. 

Baca juga: Tips Bijak Berbelanja Biar Cuan Saat Hari Hak Konsumen Sedunia

Pembelian item games dan voucher game untuk memperdalam skill bisa dilakukan melalui Codashop, UniPin, Upoint dan Ximpay. Nah, serunya tersedia promo cashback sampai 90% untuk pembelian item game dan voucher game dengan pembayaran menggunakan ShopeePay. Promo tersebut berlaku selama kampanye ShopeePay Super Online Deals yang berlangsung 15-21 Maret 2021. Berikut ini adalah contoh transaksi top up item game.

Sumber : unipin.com
  1. Buka situs Codashop, UniPin, Upoint, atau Ximpay
  2. Pilih Game yang akan di Top Up
  3. Masukkan Player ID atau ID Pengguna
  4. Pilih nominal Top Up atau denominasi
  5. Pilih metode pembayaran ShopeePay
  6. Setelah memilih metode pembayaran ShopeePay maka akan diarahkan ke laman pembayaran ShopeePay di aplikasi Shopee
  7. Selesaikan transaksi dengan memasukkan PIN atau verifikasi sidik jari/Face ID

Baca juga: Promo Menarik ShopeePay Super Online Deals Dukung Produktivitas dan Kreativitas

Nah, mudah bukan caranya? Jika ingin mendapatkan informasi terkini mengenai ShopeePay Super Online Deals, maka dapat mengunjungi tautan ini. Semoga informasi ini bermanaat bagi para pecinta game dan gamer yang ingin menjadi atlet esports ya.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email