Intelligent Gate, Palang Pintu Otomatis untuk Terapkan K3 secara Pintar Intelligent Gate, Palang Pintu Otomatis untuk Terapkan K3 secara Pintar ~ Teknogav.com

Intelligent Gate, Palang Pintu Otomatis untuk Terapkan K3 secara Pintar

Teknogav.com – Huawei Indonesia bersama dengan Widya Robotics berkolaborasi demi merespon laporan kecelakaan kerja di Indonesia, khususnya di bidang konstruksi. Pada kolaborasi tersebut, kedua pihak mengembangkan alat untuk mendeteksi kelengkapan alat perlindungan diri (APD), yaitu Intelligent Gate.  Alat pendeteksi tersebut diperkenalkan pada seminar dan lokakarya bertema Artificial Intelligence for Health, Safety and Environment Surveillance. Ajang ini diselenggarakan di Exhibition Hall Huawei Indonesia pada Selasa, 21 Desember 2021.

Pembukaan kegiatan ini dilakukan Alwy Herfian Satriatama, co-founder Widya Group dan CEO Widya Robotics dan Jason Zhang, Presiden Huawei Indonesia. Alwy pun menyampaikan paparan mengenai Teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk membantu proses operasional di perusahaan konstruksi. Proses tersebut termasuk dalam hal pemeriksaan kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD).

Baca juga: Arsitektur Intelligent Twins dari Huawei Siap Dukung Teknologi AI


Beberapa panelis lain pun menyampaikan paparannya, yaitu:

  • Ir. Brawijaya, S.E., M.Eng.I.E., Msce, Ph.D., Kepala Subdirektorat Keamanan dan Keselamatan Konstruksi Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat menyampaikan upaya pemerintah untuk memberikan standar prosedur keselamatan kerja di lingkungan perusahaan konstruksi
  • Juniar Bakti Alfianto Senior Manager Creative Engineering and Technology PT PP (Persero) Tbk., menyampaikan program kegiatan Health, Safety and Environment (HSE) di bidang konstruksi dan kasus kecelakaan kerja
  • Usman Niandinata, Senior Business Development Huawei Cloud memaparkan mengenai Huawei Cloud Enables Intelligent Industry.

Kegiatan ini diikuti oleh para peserta dari berbagai perusahaan konstruktsi, pertambangan dan manufaktur yang tertarik dengan teknologi AI dan K3.

Huawei Cloud Dukung Inovasi Berkelanjutan

Pada kata sambutannya, Jason Zhang mengatakan bahwa ‘Making Indonesia 4.0’ merupakan roadmap terintegrasi untuk memasuki era Industri 4.0. Prinsip penting dari transformasi digital industri adalah berorientasi pada manusia yaitu dengan melindungi keselamatan pekerja sambil meningkatkan efisiensi. Dalam berinovasi, cloud dan AI merupakan alat yang terbaik. Huawei Cloud mendukung inovasi berkelanjutan bagi para mitra sesuai tujuan untuk menggunakan ‘Semuanya dalam Satu Layanan’. Berikut ini adalah beberapa layanan yang disediakan Huawei Cloud:

  • Infrastructure as a service dengan infrastuktur cloud yang baik dan biaya rendah untuk solusi mitra. Layanan ini mengandalkan pusat data global dan jaringan akselerasi Huawei Cloud.
  • Technology as a service yang diterapkan Huawei dengan inovasi untuk mengubah teknologi menjadi berbagai layanan di Huawei Cloud. Huawei pun berinvestasi besar pada penelitian dan pengembangan setiap tahun.
  • Experience as a service yaitu mengandalkan pengalaman keberhasilan dan praktik terbaik untk bekerja dengan mitra ekosistem. Hal ini dilakukan untuk membantu lebih banyak pelanggan industri melakukan transformasi digital.

Jason Zhang, Presiden Huawei Indonesia

Baca juga: Huawei Perkenalkan Atlas Intelligent Computing Platform dalam Seminar dengan BINUS 

Lebih banyak solusi inovasi untuk industri dapat dikembnagkan dengan cepat menggunakan Huawei Cloud, AI, IoT dan kemampuan sinergi perangkat cloud. Para pelanggan dan mitra kerja dapat membangun landasan untuk mewujudkan Indonesia yang terhubung sepenuhnya dan cerdas.

Intelligent Gate Dukung Transformasi pada Industri

Widya Robotics adalah perusahaan yang bergerak dibidang kecerdasan buatan (AI), automasi dan robotika. Teknologi terkini hasil kolaborasi Widya Robotics dan Huawei Indonesia adalah Intelligent Gate yang merupakan sistem palang pintu otomatis menggunakan AI. Intelligent Gate ini dapat mendeteksi wajah, masker dan kelengkapan APD. Pemanfaatan teknologi ini  dapat mentransformasi industri konstruksi, pertambangan dan manufaktur di masa depan.

“Kami telah memiliki teknologi baru di bidang konstruksi yang dapat membantu bisnis-bisnis konstruksi di Indonesia. Selama kurang lebih enam bulan terakhir Widya Robotics telah bekerjasama dengan Huawei. Widya Robotics masih berusia kurang lebih 3 tahun tapi telah berkolaborasi dengan Huawei, tentu ini merupakan loncatan yang besar. Huawei merupakan salah satu perusahaan terbesar di dunia dalam bidang teknologi dan merupakan perusahaan yang sangat capable di berbagai bidang. Ke depan, kami berharap bisa menciptakan solusi-solusi bersama dengan Huawei tidak hanya saat ini tapi juga pada tahun-tahun mendatang,” ucap Alwi. 

Huawei Hilens Kit Edge Device

Intelligent Gate diintegrasikan dengan HiLens dari Huawei. HiLens ini adalah single board computer yang mampu menjalankan inference AI untuk mendeteksi objek. Inference yang dijalankan adalah video yang diakses melalui stream dari kamera bawaan HiLens dan diproses pada perangkat HiLens. Perangkat HiLens ini ditenagai perangkat komputasi Ascend dari Huawei. Hasil pemrosesan dari deteksi objek APD yang valid akan memicu palang pintu untuk otomatis membuka.

Baca juga: Ascend Partner Program Asia Pasifik, Kokohkan Ekosistem AI yang Berkelanjutan

Harapannya Intelligent Gate dapat menjadi simbol transformasi K3 dan menurunkan angka kecelakaan kerja di Indonesia. Widya Robotics akan terus berkolaborasi dan meningkatkan kualitas produk untuk menyediakan solusi AI yang bisa bersaing secara nasional dan internasional.

Share:

Artikel Terkini