Antisipasi Trafik Data Liburan Akhir Tahun, Smartfren Tingkatkan Kapasitas Jaringan Antisipasi Trafik Data Liburan Akhir Tahun, Smartfren Tingkatkan Kapasitas Jaringan ~ Teknogav.com

Antisipasi Trafik Data Liburan Akhir Tahun, Smartfren Tingkatkan Kapasitas Jaringan

Teknogav.com – Smartfren berusaha memastikan kelancaran koneksi internet pelanggan saat perayaan Natal 2021 dan tahun baru 2022. Upaya tersebut dilakukan dengan meningkatkan kapasitas jaringan dan pengoptimalan jaringan. Harapannya peningkatan kapasitas tersebut menjamin kelancaran koneksi internet pelanggan saat dalam perjalanan atau ketika menikmati kebersamaan di rumah.

Kenaikan trafik layanan internet diprediksi terjadi pada perayaan Natal dan Tahun Baru 2022 seiring dengan perubahan pola mobilitas masyarakat. Diperkirakan keniakan trafik internet tertinggi berada di wilayah pemukiman. Prediksinya kenaikan trafik data secara nasional mencapai 5-8% dibandingkan hari biasa. Kenaikan trafik tertinggi saat perayaan Natal diperkirakan  mencapai 10% di region Jabodetanek.

Baca juga: Trafik Data Indosat Ooredoo Naik 68,53% Saat Liburan Lebaran 

Jika dibandingkan hari biasa, diperkirakan akan terjadi kenaikan trafik data sebesar 10% pada perayaan tahun baru. Prediksinya kenaikan trafik tertinggi terjadi di Jabodetabek dengan peningkatan 15%.

“Peningkatan trafik ini didorong perubahan perilaku masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan secara online, dan hingga sekarang semuanya tetap berlangsung secara online. Kegiatan tersebut mencakup pertemuan secara virtual maupun hiburan film dan musik menggunakan aplikasi streaming video, termasuk kegiatan sehari-hari lainnya. Semua kegiatan yang banyak memanfaatkan layanan internet tersebut memicu peningkatan trefik,” ucap Agus Rohmat, VP Network Operations Smartfren.

Baca juga: Huawei Dukung XL Axiata Tingkatkan Jaringan Demi Lancarkan Trafik Telekomunikasi

Smartfren telah meningkatkan kapasitas jaringan sampai 15% secara nasional demi mengantisipasi potensi kenaikan trafik internet tersebut. Peningkatan kapasitas bahkan sampai 20% dibanding hari biasa bahkan dilakukan di Jabodetabek dan Jawa Tengah. Upaya ini dilakkan karena sejumlah wilayah diprediksi mengalami peningkatan kebutuhan layanan yang lebih.

Baca juga:  Smartfren Berikan Extra Unlimited Malam Full Speed Sejak Januari 2021

Tak hanya kapasitas jaringan, Smartfren juga sudah memakai teknologi canggih di seluruh jaringan. Beberapa teknologi tersebut mencakup beam forming, full duplex, 256 QAM, milimeter wave, multiple carrier, 4x4 MIMO dan small cell. Teknologi-teknologi tersebut siap menyajikan koneksi internet terbaik berkecepatan tinggi. Pelanggan pun bisa nyaman mengakses internet, dan bahkan mencapai 4G+ pada perangktat yang mendukung.

Share:

Artikel Terkini