Tips Tingkatkan Eksposur dan Penghasilan dengan Video Marketing Tips Tingkatkan Eksposur dan Penghasilan dengan Video Marketing ~ Teknogav.com

Tips Tingkatkan Eksposur dan Penghasilan dengan Video Marketing

Teknogav.com – Bisnis di era internet saat ini memiliki beberapa pilihan untuk memasarkan bisnisnya. Beberapa cara pemasaran tersebut bisa melalui iklan televisi, flyers, iklan banner dan bahkan billboards jika memang memiliki anggaran. Tetapi salah satu bentuk pemasaran yang paling populer adalah video marketing. Pemasaran bentuk ini, konsumen dapat dengan mudah mencerna visual sehingga mereka ingat.Tak diragukan lagi jika lebih banyak bagian yang diingat dari melihat video dibandingkan apa yang dibaca atau dengar. Berikut ini adalah beberapa tips cara bisnis bisa meningkatkan eksposur dan pendapatannya dengan cepat menggunakan video marketing.

1.    Jaga Tetap Simpel

Orang tak akan bertahan pada video yang sama selama 10 menit, terlepas betapa luar biasanya video tersebut. Beberapa di antaranya bahkan tak menghiraukan untuk memutarnya karena durasi yang lama. Jadi salah satu hal pertama yang perlu dilakukan ketika membuat video adalah menjaga tetap pendek dan simpel. Waktu yang dimiliki untuk menarik perhatian pengguna hanya lima detik pertama. Oleh karena itu tentukan moto dari video dalam lima detik, lalu proses lebih lanjut.

Makin panjang video, makin besar kemungkinan akan menjadi hambar dan tak menarik. Gunakan bantuan animasi untuk menggunakan editor video online, tetapi tetap perlu menjaga penonton terhibur untuk waktu yang lebih lama. Sebaiknya jaga video dengan durasi antara 2-4 menit. Pembuatan video online dapat dilakukan menggunakan alat penyuntingan video online.

2.    Ciptakan Rasa Percaya

Seseorang bisa berada di situasi tak tahu apa yang ingin dilakukan berikutnya dan terlalu takut atau terintimidasi untuk meminta bantuan. Nah, video dengan masalah tersebut tentunya cocok untuk situasi tersebut dan membuat lega penontonnya. Jadi buatlah video untuk membantu penonton mempercayai apa yang ditayangkan. Ada banyak cara untuk mencapai ini. Contohnya pada iklan pasta gigi, dokter gigi merekomendasikan pasien mereka untuk menggunakan merek pasta gigi tertentu. 

Gunakan cara yang sama ketika merepresentasikan sesuatu atau menunjukkan beberapa fakta.  Persiapkan untuk menampilkan keahlian di bidang yang diberikan. Buat skrip untuk video tersebut jika dibutuhkan sebelum mulai merekam video.

3.    Siaran Langsung atau Go Live

Streaming merupakan tren saat ini. Metode ini memiliki kekuatan untuk menarik lebih banyak penonton dalam waktu singkat dibandingkan hasil rekaman. Jika bisnis yang dimiliki tergolong baru untuk video marketing maka cara terbaik adalah tingkatkan view dengan go live. Demonstrasikan keahlian atau produk-produk yang dimiliki. Kebanyakan platform sosial memiliki pilihan live-streaming untuk digunakan.

4.    Tambahkan Unsur Manusia

Salah satu kesalahan pendatang baru dalam membuat video marketing adalah membuat video seluruhnya animasi. Hasilnya adalah penonton tak bisa terhubung. Suatu video bisa cepat menjadi wajah brand jika seseorang dalam video membuat konsumen merasa terhubung dan meninggalkan dampak jangka panjang bagi mereka. Ketika seseorang berbicara mengenai brand atau produk di video, maka perlahan akan mendatangkan kesetiaan pada brand tersebut. Penonton pun mendapat wawasan mengenai cara brand tersebut bekerja dan apa yang terjadi di belakang layar.

5.    Tampilkan Testimonial

Seperti telah disinggung sebelumnya, kehadiran manusia dalam video akan membuat video lebih berharga. Ini sama ketika konsumen membicarakan layanan atau produk di dalam video, maka akan memberikan kredibilitas yang bagus bagi brand. Testimonial yang mereka berikan jujur, dan ketika penonton menontonnya, mereka merasa dapat mempercayai brand yang sama.

Pembuatan video online dapat dilakukan menggunakan video editor menggunakan rekaman yang ada dengan mudah. Jika konsumen tak bersedia menghadapi kamera, maka bisa meminta testimonial dan foto mereka. Cara demikian pun dapat membuat video memiliki dampak yang signifikan dan dapat menarik konsumen baru dalam jumlah banyak.

6.    Singkirkan Keraguan dengan Video FAQ

Konsumen bisa skeptis dalam menggunakan produk untuk pertama kali, bahkan setelah membaca dan menonton banyak review online. Orang-orang masih tak yakin ketika membuat pembelian akhir. Jadi perusahaan harus proaktif dalam menjawab pertanyaan konsumen. Gunakan video yang berisi FAQ dengan jawabannya demi menyingkirkan sisa-sisa keraguan dan menyingkirkan rintangan di saat-saat terakhir dari konsumen. Buat juga video tambahan untuk mengarahkannya menjadi konsumen yang senang.

7.    Buat Video Pribadi

Kendati terasa sulit, seluruh proses untuk membuat video yang dikustomisasi dapat dilakukan dengan cepat menggunakan video editor online. Aplikasi tersebut memudahkan untuk menempatkan nama dan foto konsumen dalam video dan mengirimkannya ke mereka melalui email.
Membuat video pribadi bagi konsumen akan membuat mereka merasa spesial dan menunjukkan seberapa besar kepedulian brand. Template video pribadi juga tak rumit, ketika sudah selesai dibuat, cukup buat beberapa perubahan untuk melakukan personalisasi.

Ketujuh teknik dan tips tersebut dapat membantu meningkatkan penjualan dan eksposur brand menggunakan video marketing. Tak perlu diragukan lagi bahwa video marketing telah melalui perjalanan panjang dan kini merupakan salah satu teknik pemasaran terbaik untuk memperoleh Return on Investment (ROI) yang maksimum.

Saat video selesai dibuat, maka bisa segera dibagikan ke berbagai platform sehingga ini selalu menjadi nilai lebih. Pastikan  selalu membuat video dioptimalkan untuk perangkat smartphone ya. Ini karena 75% dari trafik internet berasal dari perangkat mobile seperti smartphone.

Share:

Artikel Terkini