GoSend Perkuat Logistik Online dengan Inovasi dan Inklusivitas GoSend Perkuat Logistik Online dengan Inovasi dan Inklusivitas ~ Teknogav.com

GoSend Perkuat Logistik Online dengan Inovasi dan Inklusivitas

Teknogav.com – GoSend perkuat layanan logistik dengan mempersiapkan serangkaian inovasi demi mengoptimalkan layanan logistik online bagi pelaku usaha dan konsumen. Selama pandemi, layanan logistik telah menjadi andalan pelaku usaha agar tetap dapat menjalankan bisnisnya. Seiring tren e-commerce dan peningkatan kebutuhan pengiriman, kolaborasi GoSend dan Tokopedia pun memberikan dampak positif bagi ekosistem.

“Pada periode awal 2021, kami mencatatkan peningkatan 116% jumlah seller pengguna GoSend di platform partner e-commerce dibandingkan awal pandemi. Selain itu,  rata-rata jumlah order mitra driver Gojek naik 70% di tahun 2021. GoSend dapat menghadirkan layanan yang cepat, aman, dan hemat bagi para pengguna dan pelaku usaha serta mendukung pendapatan mitra driver,” ucap Steven Halim, Head of Logistics Gojek.

Selama pandemi, para pelaku usaha merasakan tuntutan pengiriman yang cepat. GoSend menerapkan ekosistem berbasis pengiriman hyperlocal-on-demand untuk pengiriman cepat on-demand dan dipercaya pelaku usaha dan konsumen. Layanan GoSend dapat dengan mudah digunakan mitra dan seller melalui GoSend API (Application Programming Interface) yang mengintegrasikan platform usaha. Berdasarkan data internal GoSend, jumlah total transaksi GoSend API melalui mitra-mitra teratas mereka meningkat 41% pada semester pertama tahun 2021.

 Baca juga: Transporta Jalin Kemitraan Strategis dengan OLI untuk Dukung Industri Logistik

“Pandemi tanpa diragukan telah meningkatkan perilaku belanja online dan permintaan masyarakat terhadap layanan pengiriman barang. Hal ini mempengaruhi pertumbuhan eksponensial pengiriman first mile-last mile, kebutuhan teknologi pelacakan barang real-time dan jaminan keamanan barang yang dipercaya. Di sinilah kami melihat GoSend telah hadir menjawab pergeseran kebutuhan serta tuntutan masyarakat tersebut melalui inovasi layanannya. Hasilnya, GoSend menjadi pilihan top of mind bagi banyak orang untuk mengirimkan barang secara aman, cepat, dan ekonomis,” ucap Yudo Anggoro, Direktur Center for Policy and Public Management Sekolah Bisnis dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung (SBM ITB).

Seiring meningkatnya kebutuhan pengiriman paket dan terus bertambahnya ekspektasi pengguna, GoSend akan sigap layaknya mitra driver mereka. Upaya ini dilakukan demi menjemput peluang layanan logistik masa depan melalui berbagai inovasi dan menghadirkan layanan logistik terbaik. 

Di tahun 2022 ini, masyarakat sangat mengharapkan kecepatan dan keandalan pengiriman barang kebutuhan sehari-hari, termasuk sembako, perlengkapan kantor dan kesehatan. Penggunaan layanan pengiriman untuk menunjang bisnis online pun makin memprioritaskan kemudahan pengiriman.

Gebrakan-gebrakan GoSend Tahun 2022

Berikut ini adalah beberapa gebrakan telah disiapkan GoSend di tahun 2022 ini yang fokus pada inovasi dan inklusivitas.

Inovasi layanan GoSend

  • Pengiriman khusus untuk mitra e-commerce yang disesuaikan yang memungkinkan untuk pengiriman lebih awal sebelum jam operasional sehingga dapat mempercepat pengiriman
  • Premium insurance untuk memberikan perlindungan tambahan barang yang dikirim sehingga paket lebih aman. Inovasi ini imelengkapi opsi asuransi yang sudah diberikan. Nilai tanggungan perlindungan Premium Insurance dari GoSend ini sampai Rp20 juta.
  • Armada mobil GoSend untuk pengiriman barang dalam jumlah banyak dengan ukuran lebih besar
  • GoSend Multi-Delivery untuk pengiriman ke banyak alamat sekaligus yang hadir dalam skala nasional. Mitra driver GoSend dapat mengambil paket dari satu alamat pengiriman dan mengantarkannya sampai ke lima lokasi pengiriman berbeda. Metode pengiriman ini lebih efisien, menghemat biaya pengiriman sampai 30%, mudah dilacak dan mengurangi jejak karbon.
Baca juga: Aplikasi MyBlueBird Kini Sediakan Layanan Logistik BirdKirim

Solusi untuk tingkatkan inklusivitas

  • GoSend akan terus memperkuat kolaborasi dengan berbagai e-commerce dan memudahkan sinergi GoSend API: Platform Layanan Online Logistik untuk semua. Inisiatif ini memberikan solusi logistik online untuk meningkatkan integrasi dengan berbagai platform e-commerce dan banyak mitra usaha lain.
  • GoSend Sameday telah berhasil dihadirkan di wilayah Jadetabek, Bandung dan Surabaya. Demikian juga dengan GoSend Intercity di Jadetabek, Bandung, Yogyakarta, Solo, Malang, Sidoarjo dan Semarang. Kini kedua layanan tersebut akan dihadirkan di wilayah pulau Jawa. Setelah keberhasilan di Vietnam, GoSend pun siap berekspansi menghadirkan GoSend Instant di negara-negara lain di Asia Tenggara.
  • Peluncuran berbagai inisiatif yang mempertegas komitmen GoSend yang berkelanjutan dalam mendukung pelaku usaha, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM)

pencapaian logistik Gojek tahun 2021

“Melalui berbagai inovasinya yang akan hadir tahun 2022, saya menilai bahwa GoSend siap menjawab tren layanan logistik online masa depan. GoSend pun makin memperkuat posisinya sebagai layanan pengiriman yang dipercaya masyarakat,” ucap Yudo. 

Pada diskusi Gojek Logistics Outlook 2022, Yudo juga mengungkapkan bahwa aspek kecepatan dan keandalan pengiriman akan makin diprioritaskan pengguna layanan.

Baca juga: Tips Gratis Kirim Barang Sampai 10 Kali Pakai Lion Parcel

GoSend BestSeller Dukung Gerakan #BangkitBersama UMKM

Inovasi dan inklusivitas layanan yang menjadi fokus GoSend merupakan wujud keterlibatan GoSend dalam gerakan #BangkitBersama. Solusi logistik, mobilitas, e-commerce dan layanan keuangan digabungkan dalam ekosistem GoTo untuk membantu masyarakat, termasuk UMKM dan pekerja sektor informal. Harapannya gerakan tersebut dapat mendukung kebangkitan kembali dan mempercepat pertumbuhan ekonomi lokal.


Hasil survei LD FEB UI tahun 2021 menunjukkan bahwa 35% social seller mengalami peningkatan pendapatan usaha online sejak menggunakan GoSend. Biasanya mereka terbantu dengan tiga layanan yang ditawarkan GoSend, yaitu Live Tracking, fitur chat dengan driver dan promosi/diskon pengiriman.

“GoSend melangkah jauh dalam memberi dukungan untuk UMKM dan pelaku usaha melalui kampanye BestSeller. Kami tak berhenti pada inovasi produk yang makin memudahkan. Serangkaian program juga telah kami siapkan untuk mendukung mereka menjadi penjual-penjual terbaik (Best Seller). Bentuknya beragam mulai dari promo spesial, Grup BestSeller, program loyalti, penghargaan, hingga kegiatan sosialisasi dan edukasi,” ucap Marsela Renata, Head of Marketing Logistic Gojek.

Share:

Artikel Terkini