Tips Gratis Kirim Barang Sampai 10 Kali Pakai Lion Parcel Tips Gratis Kirim Barang Sampai 10 Kali Pakai Lion Parcel ~ Teknogav.com

Tips Gratis Kirim Barang Sampai 10 Kali Pakai Lion Parcel

Teknogav.com – Lion Parcel meluncurkan layanan Jagopack untuk pengiriman keluar kota dengan tarif sangat murah, yaitu mulai dari Rp4.500. Tetapi ternyata tarif pengiriman Lion Parcel bisa lebih murah lagi lho jika jadi member. Tarif tersebut bisa didiskon 5% untuk member Basic, 7% untuk member Reguler dan 10% untuk member Premium. Nah, serunya lagi untuk pengguna baru bisa memanfaatkan 10 kali pengiriman gratis! Tentu saja ada tips yang harus diikuti untuk bisa melakukan pengiriman gratis tersebut.

Jenis Layanan Lion Parcel

Layanan Lion Parcel di aplikasi tersedia dalam empat pilihan, yaitu OnePack, RegPack, Jago Pack dan BigPack. Tim Teknogav.com melakukan uji coba pengiriman barang pertama kali menggunakan One Pack. Tarif yang dikenakan adalah Rp8.500, namun paket dijamin sampai esok hari. Tetapi ternyata biaya tersebut didiskon 5%, sehingga total biaya yang harus dibayar hanya Rp8.075.

Baca juga: Layanan Jagopack dari Lion Parcel Tawarkan Ongkir Mulai dari Rp4.500

Nah, setelah itu kami pun menjajal pengiriman menggunakan RegPack, ternyata tarifnya jauh lebih murah yaitu Rp4.500. Itu pun ternyata masih didiskon lagi sebesar 7%, jadi total pembayaran hanya Rp4.185. Kendati layanan RegPack bisa sampai keesokan hari, tetapi Service Level Agreement layanan ini adalah 2-3 hari. Jadi masih ada kemungkinan paket baru sampai setelah tiga hari. Sementara itu layanan JagoPack menjanjikan estimasi pengiriman 2-4 hari.

Pilihan terakhir adalah BigPack yang melayani pengiriman barang mulai dari 10 kg. Estimasi waktu pengiriman menggunakan layanan ini adalah 1-5 hari. Serunya menggunakan layanan ini adalah tersedia pilihan untuk Pick Up atau Drop Paket saat ingin mengirim barang. Tentunya pilihan Pick Up sangat membantu kaum rebahan untuk tetap bisa mengirim barang tanpa harus keluar rumah. Layanan ini praktis dan tidak dikenakan biaya tambahan. Saat kurir sudah ditugaskan, pelanggan bahkan bisa melihat posisi kurir yang akan menjemput layaknya menggunakan aplikasi ojek online.

Baca juga: Tips Kirim Barang Cepat dan Super Murah via Alfatrex

Cara Mengirim Barang Secara Gratis

Lalu cara gratisnya bagaimana? Nah, pengguna baru bisa mendapatkan poin 10.000 dan tambahan 35.000 hanya dengan memasukkan kode referal. Tak usah bingung mencari kode referal, langsung saja masukkan kode ‘ENDA8925’ untuk bisa mendapatkan poin tambahan 35.000. Total poin yang diperoleh setelah selesai melakukan pendaftaran adalah 45.000. Seluruh poin tersebut bisa digunakan untuk membayar ongkos kirim secara penuh, jadi bukan dalam bentuk diskon sebagian lho.
Poin tersebut jangan disimpan berlama-lama lho, karena setelah 30 hari akan hangus. Jadi sebaiknya buru-buru deh digunakan. Lumayan lho bisa kirim barang sampai 10 kali jika memilih layanan RegPack atau JagoPack, bahkan masih tersisa. 

perolehan poin dengan kode promo dan skema diskon membership

Diskon

Di awal telah disinggung ada beberapa jenis membership untuk mendapatkan diskon. Saat pertama kali membuat akun, pengguna otomatis menjadi member Basic dan akan mendapatkan diskon 5% untuk pembayaran pertama. Setelah sudah pernah melakukan sekali pengiriman, pengguna akan naik tingkat member menjadi Regular dan memperoleh diskon 7%. Jika sudah melakukan transaksi sebanyak delapan kali dalam jangka waktu 60 hari, maka otomatis membership naik menjadi Premium.  Pengguna pun berhak mendapat diskon pengiriman sebesar 10% untuk setiap transaksi.

Langkah-langkah Mengirim Barang

Setelah melakukan pendaftaran dan mendapatkan poin, tekan Pick Up untuk memesan penjemputan atau Drop Packet untuk mendropnya. Pick Up Reguler digunakan untuk memanggilan kurir secara random. Sedangkan untuk Pick Up favorit bisa memilih POS untuk mengirim kurir yang akan menjemput barang.

Cara memfavoritkan POS Pick Up

Ketika melakukan Pick Up Reguler, langkah selanjutnya adalah menentukan jadwal pengambilan. Jam operasional kurir adalah pukul 09.00 sampai 18.00, tersedia lima pilihan slot jadwal pengambilan. Masing-masing durasi slot adalah dua jam. Setelah menentukan jadwal, langkah selanjutnya adalah menentukan alamat penjemputan, kemudian tekan Lanjut.

Langkah-langkah pengiriman barang

Jika belum pernah melakukan pengiriman sebelumnya, masukkan nama penerima paket, nomor ponsel dan alamat lengkap. Setelah itu tekan Masukkan Kontak & Alamat. Kemudian masukkan jumlah paket yang akan dikirim, berat dan dimensi barang, jenis barang serta pilih jenis layanan pengiriman.

Pada halaman pembayaran, maka bisa memilih untuk melakukan pembayaran dengan poin. Selain itu tersedia juga metode pembayaran dengan mengisi saldo atau menghubungkannya dengan dompet digital DANA. Jika tersedia voucher, maka pelanggan juga bisa memanfaatkan voucher untuk menambah diskon biaya pengiriman.

Baca juga: Kini Bayar JNE Lebih Cepat dan Cashless Pakai DANA

Setelah selesai melakukan pembayaran, maka pelanggan tinggal menunggu kurir ditugaskan. Pelanggan dapat mencantumkan kode booking pada paket, tentu saja paket juga harus sudah dilabeli alamat pengiriman yang lengkap. Ketika sudah ada kurir yang ditugaskan, maka pada layar akan tampil posisi kurir dan barcode. Fungsi barcode tersebut untuk memudahkan kurir menginput data paket yang dijemput. Pelanggan dapat menunjukkan langsung pada kurir dari smartphone, tetapi kami biasanya mencetak barcode tersebut pada paket agar lebih praktis.

menunggu kurir dan melacak pengiriman paket
Pelacakan paket sudah dapat dilakukan setelah barcode tersebut sudah dipindai oleh kurir. Nah, pelanggan bisa memantau posisi paket secara berkala. Jika sudah sampai, biasanya aplikasi juga akan mengeluarkan notifikasi. Buka aplikasi untuk melihat nama penerima paket.

Kelebihan dan Kelemahan Aplikasi Lion Parcel

Hal yang kami sukai pada aplikasi ini tentunya adalah bisa memanfaatkan poin untuk melakukan pembayaran biaya kirim paket. Biaya yang murah memungkinkan kami dapat mengirim 10 paket dengan modal 45.000 poin yang diberikan di awal. Tentu saja poin tersebut pun masih berlebih karena adanya diskon member. Sayangnya poin ini otomatis hangus jika tidak digunakan selama 30 hari. Kelebihan lain dari aplikasi ini adalah dapat melihat posisi kurir yang akan menjemput sehingga bisa siap menyerahkan paket jika sudah dekat.

Tetapi tentu saja ada beberapa hal yang kami masih kurang sreg pada aplikasi ini. Ketika sudah melakukan booking pengambilan paket, maka tidak bisa melakukan booking lain. Pengguna harus menunggu penugasan kurir untuk bisa melakukan pemesanan pengiriman kembali. Jadi jika ingin mengirim beberapa barang sekaligus, sebaiknya tentukan jumlah barang yang akan dikirim sejak awal.

Demikianlah tips dalam mengirim paket menggunakan Lion Parcel, jangan lupa gunakan kode promonya ya! Aplikasi Lion Parcel dapat diunduh melalui Google Play Store atau Apps Store.

Share:

Artikel Terkini