Trafik Internet Smartfren Naik 9% Selama Natal dan Tahun Baru Trafik Internet Smartfren Naik 9% Selama Natal dan Tahun Baru ~ Teknogav.com

Trafik Internet Smartfren Naik 9% Selama Natal dan Tahun Baru


Teknogav.com – Selama perayaan Natal dan Tahun Baru 2022, Smartfren mencatat kenaikan trafik internet nasional rata-rata 9%. Peningkatan tersebut sesuai dengan prediksi dan antisipasi yang telah disiapkan sehingga selama liburan pelanggan tetap lancar menikmati layanan internet.Berdasarkan wilayah, trafik internet yang meningkat ini kebanyakan terjadi di pemukiman. Berikut ini adalah kegiatan yang menyumbang peningkatan trafik internet tersebut:

  • Media Sosial 11%
  • Aplikasi streaming 8%
  • Game 6%

Baca juga: Antisipasi Trafik Data Liburan Akhir Tahun, Smartfren Tingkatkan Kapasitas Jaringan

Wilayah yang menyumbang peningkatan trafik internet Smartfren terbesar berada di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek). Selama hari raya Natal, peningkatan tersebut mencapai 10% lebih tinggi dibandingkan trafik internet di hari biasa. Sedangkan di Tahun Baru 2022, peningkatan tersebut 12% lebih tinggi dibandingkan trafik internet di hari biasa.

Jawa Tengah juga mengalami peningkatan trafik internet yang cukup signifikan. Peningkatan trafik internet tersebut rata-rata mencapai 9% dibandingkan hari biasa. Salah satu penyebab terjadinya peningkatan tersebut adalah perubahan pola mobilitas masyarakat yang sebagian besar berada di rumah. Mereka tidak melakukan perjalanan ke luar kota karena memang masih adanya pembatasan demi mengantisipasi pandemi COVID-19, terutama varian Omicron.

Baca juga: Trafik Data Indosat Ooredoo Naik 68,53% Saat Liburan Lebaran 

“Selain mengantisipasi lonjakan trafik internet Natal dan Tahun Baru, Smartfren secara rutin terus melakukan optimasi dan peningkatan kapasitas jaringan. Ini adalah wujud komitmen Smartfren untuk memberikan layanan terbaik guna mendukung masyarakat membuka berbagai peluang digital dari internet,” ucap Agus Rohmat, VP Network Operation Smartfren.

Baca juga: Huawei Dukung XL Axiata Tingkatkan Jaringan Demi Lancarkan Trafik Telekomunikasi

Smartfren menerapkan berbagai teknologi canggih di seluruh jaringan demi menjamin layanan terbaik bagi pelanggan mereka. Beberapa teknologi tersebut mencakup 256 QAM, 4x4 MIMO, Beam Forming, Full Duplex, milimeter wave, multiple carrier, dan small cell. Semua teknologi tersebut berperan dalam menyajikan koneksi internet yang mendukung akses berkecepatan tinggi dan stabil. Pelanggan pun dapat merasakan pengalaman 4G+ pada perangkat yang sudah mendukung jaringan tersebut.

Share:

Artikel Terkini