Jajaran ASUS ROG Bertenaga AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile Segera Hadir Jajaran ASUS ROG Bertenaga AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile Segera Hadir ~ Teknogav.com

Jajaran ASUS ROG Bertenaga AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile Segera Hadir


Teknogav.com – ASUS segera menghadirkan serangkaian laptop gaming yang ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile bagi para gamer. Serangkaian laptop tersebut jajaran seri ROG Zephyrus bagi game yang merangkap pembuat konten. Selain itu hadir juga seri ROG Strix G bagi pemain profesional di dunia esports. Tak hanya ASUS ROG, akan hadir juga laptop gaming mainstream TUF Gaming A15. Totalnya ada lima laptop gaming bertenaga AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile terkini yang diperkenalkan ASUS.

Antusiasme AMD dalam meluncurkan produk terkininya bersama ASUS disampaikan oleh Dustin Beadle, Pimpinan AMD APAC. Kolaborasi tersebut sesuai komitmen AMD dalam mendorong komputasi berkinerja tinggi dan memberikan pengalaman teknologi yang ditingkatkan bagi gamer dan kreator.

“Prosesor AMD Ryzen™️ 6000 Series Mobile menggabungkan arsitektur inti “Zen 3+” terbaru dengan grafis AMD RDNA™️ 2. Produksi prosesor tersebut dilakukakn menggunakan teknologi proses 6 nm terdepan di industri. GPU diskrit AMD Radeon 6000S series terbaru juga hadir di ASUS ROG Zephyrus G14 2022 dengan fitur-fitur AMD Advantage. Laptop gaming premium ASUS terbaru dengan prosesor AMD Ryzen™️ 6000 Series Mobile menawarkan kinerja gaming dan daya tahan baterai yang luar biasa,” ucap Dustin.

Kehadiran jajaran laptop gaming dengan prosesor AMD Ryzen™ ini membuktikan komitmen ASUS bagi para gamer di Indonesia. Jajaran laptop gaming tersebut juga mengalami peningkatan dari sisi hardware, desain dan software di seluruh lini laptop gaming tahun 2022. Berikut ini adalah fitur-fitur andalan dari jajaran laptop gaming besutan ASUS.

Prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile

Jajaran laptop gaming terkini ASUS ROG ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile yang dibangun menggunakan arsitektur Zen 3+. Kinerja prosesor dan efisiensi prosesor tersebut lebih baik dibandingkan prosesor generasi sebleumnya. Peningkatan tersebut tentunya memberikan performance-per-watt pada laptop gaming ASUS terkini sehingga daya baterai lebih awet. Prosesor tersebut juga memiliki chip grafis AMD Radeon™ dengan arsitektur RDNA2 terintegrasi yang lebih tangguh dan efisien. Kehadiran chip grafis tersebut memberikan akses kinerja grafis mumpuni bagi pengguna tanpa harus menguras daya berlebih.

Fitur-fitur dan teknologi modern pun dihadirkan pada prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile, yang mencakup dukungan PCIe 4.0. Seluruh jajaran laptop gaming ASUS ROG terkini di tahun 2022 akan hadir dengan fitur tersebut. ProsesorAMD Ryzen™ 6000 Series Mobile juga mendukung penggunaan port USB 4.0 yang kecepatan transfernya sangat tinggi, yaitu sampai 40 Gbps.

Kelengkapan Konektivitas

Jajaran laptop gaming ASUS terbaru yang ditenagai prosesor AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile dibekali fitur konektivitas yang sangat lengkap. Kelengkapan port tersebut mencaku USB 3.2 Type-C dan Type-A, HDMI 2.1, dan 3,5 mm combo audio jack. Fitur DisplayPort 1.2 dan USB Power Delivery pun sudah mendukung port USB 3.2 tupe C tersebut. Kedua fitur tersebut memungkinkan penggunaan port tersebut sebagai display port dan pengisian daya menggunakan adapter atau powerbank dengan USB tipe-C.

Konektivitas nirkabel pada jajaran laptop gaming ini juga sudah didukung teknologi Wi-Fi 6E yang memiliki tambahan frekuensi koneksi 6 GHz. Frekuensi tersebut menyajikan koneksi berkecepatan lebih tinggi dan stabil sesuai kebutuhan gamer. Tentu saja teknologi Wi-Fi 6E juga masih mendukung penggunaan frekuensi standar 2,4 GHz dan 5 GHz di Wi-Fi 6.

Display ROG Nebula HDR™, Standar Baru Layar Laptop gaming Terbaik

Layar ROG Nebula HDR™ akan hadir pertama kali di ROG Zephyrus Duo 16. Ini merupakan standar baru layar laptop gaming yang akan memenuhi kebutuhan dasar gaming, yaitu kecepatan, tingkat kecerahan dan kualitas visual. Standar ini menjamin panel memiliki color gamut 100% DCI-P3, tingkat kecerahan 1100 nits, adaptive sync, dan waktu respons 3 ms. Sertifikasi PANTONE® Validated Display juga disandang layar ROG Nebula HDR™ sehingga menjamin akurasi warna. Selain itu juga ada sertifikasi TÜV Rheinland untuk low blue light dan anti-flicker, serta dukungan teknologi Dolby Vision®. 

Berbeda dengan layar laptop gaming pada umumnya, ROG Nebula HDR™ menggunakan panel mini LED yang memiliki 512 dimming zone. Adaptasi panel Mini LED menungkinkan laptop yang menggunakan ROG Nebula HDR™ mendukung dan menampilkan konten HDR bersertifikasi VESA DisplayHDR™ 1000 dengan polling rate hingga 5400Hz.. Kecepatan tersebut sepuluh kali lebih cepat dibandingkan layar laptop lainnya berkat Nebula HDR Engine.

MUX Switch

Chip khusus MUX Switch akan mengatur jalur data visual yang ditampilkan di layar laptop sehingga pengalaman gaming makin baik. MUX Switch akan mengarahkan jalur data visual prosesor grafis diskret langsung ke layar laptop tanpa melalui prosesor dan GPU terintegrasi. Fitur ini sangat berguna saat laptop bekerja menggunakan prosesor grafis diskret seperti saat main game. Ini karena data visual bisa ditayangkan langsung dari prosesor grafis diskret ke layar, sehingga kinerja game dapat ditampilkan lebih baik. Kinerja game saat menggunakan MUX Switch ini dapat meningkat sekitar 10-30%.

ROG Strix G15 dan G17

ROG Strix G15/G17

Laptop gaming ROG Strix G15 dan G17 dirancang khusus bagi pemain profesional di dunia esports dan pecinta game kompetitif. Kartu grafis diskret yang digunakan pada laptop ini adalah NVIDIA® GeForce RTX™ generasi terkini. Kinerja tangguh dari laptop ini didukung juga oleh RAM DDR5 4800 MHz dan media penyimpanan SSD PCIe 4.0. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, kapasitas baterai laptop pun lebih besar, yaitu 90 Whr. Laptop ini juga mendukung pengisian daya baterai cepat menggunakan adapter USB tipe-C melalui fitur USB power delivery.

Baca juga: Hasil Uji Kinerja Gaming Laptop ROG Strix G15 Advantage Edition

Layar pada kedua seri laptop ini sangat responsif dengan refresh rate tinggi sehingga dapat memenuhi kebutuhan para pecinta game. Tersedia opsi layar sampai FullHD 360 Hz. Teknologi Dolby Vision HDR™ dan Adaptive Sync mendukung layar sehingga menghilangkan efek screen tearing dan stuttering. Waktu respons cepat 3 milidetik menjamin gamer selalu unggul di medan pertempuran.

ROG Zephyrus G15

ROG Zephyrus G15

Para pembuat konten menggemari laptop gaming ROG Zephyrus G15 sejak pertama kali diperkenalkan tahun 2020. Ini karena laptop tersebut sangat portabel, tangguh dan memiliki layar berstandar tinggi. Kini laptop gaming ini dibekali dengan kartu grafis diskret NVIDIA® GeForce RTX™ generasi terkini. Kinerja laptop didukung juga oleh RAM DDR5 4800 MHz dan media penyimpanan SSD PCIe 4.0 x 4.

Bodi laptop gaming ROG Zephyrus G15 sangat portabel, namun kinerjanya tetap tangguh sehingga dapat memenuhi kebutuhan pembuat konten. Layar berukuran 15 inci laptop ini menggunakan resolusi QHD (2K) dengan color gamut 100% DCI-P3. Sertifikasi PANTONE® Validated Display pun sudah disandang layar tersebut sehingga menjamin pengalaman gaming dan pembuatan konten yang sangat baik. Layar tersebut nyaman untuk bermain game dengan refresh ate 165 Hz dan waku respons 3 milidetik. Kendati demikian laptop ini tetap menggunakan rasio 16:9.

Baca juga: ASUS ROG Zephyrus G15, Laptop Gaming Stylish dengan ErgoLift 180°

ROG Zephyrus Duo 16

ROG Zephyrus Duo 16

Kinerja grafis pada ROG Zephyrus Duo 16 ini didukung kartu grafis NVIDIA® GeForce RTX™ generasi terkini. Selain itu, kinerja laptop juga didukung oleh RAM DDR5 4800 MHz dan media penyimpanan SSD PCIe 4.0 x4.

Layar ganda pada ROG Zephyrus Duo 16 akan memberikan ruang kerja lebih luas bagi para gamer yang merangkap pembuat konten. Dua layar pada laptop gaming ini sangat mendukung produktivitas game streamer. Laptop gaming ini hadir dengan desain dan fitur lebih baik. Ini merupakan laptop gaming dengan desain dua layar pertama yang menggunakan layar utama berukuran 16 inci. Layar utama laptop tersebut menggunakan rasio 16:10 dan ROG Nebula HDR™.

Standar ROG Nebula HDR™ menjamin konten HDR yang sudah disertifikasi VESA DisplayHDR™ 1000. Kemampuan tersebut dihadirkan oleh panel Mini LED dengan 512 dimming zone. Layar Nebula HDR™ juga menyajikan warna yang kaya dan akurat dengan color gamut 100% DCI-P3, tingkat kecerahan sampai 1100 nits. Selain itu, layar tersebut juga sudah menyandang sertifikasi PANTONE® Validated Display, serta refresh rate dan waktu respons yang cepat

ROG Zephyrus G14

ROG Zephyrus G14

Sejak dihadirkan pertama kali pada tahun 2020, ROG Zephyrus G15 merupaakn laptop gaming yang paling digemari. Kini laptop gaming ini ditenagai perpaduan AMD Ryzen™ 6000 Series Mobile dan kartu grafis AMD Radeon™ terkini. Perpaduan tersebut tentu saja memberikan kinerja yang lebih tangguh dibandingkan generasi sebelumnya. Kinerja yang maksimal pun dijaga tetap stabil dengan kehadiran Vapor Chamber khusus yang mendukung sistem pendingin khusus. Selain itu sistem pendingin juga didukung Liquid Metal Thrmal Compound pada CPU dan GPU demi memaksimalkan pendinginan.

Fitur-fitur eksklusif pada laptop gaming ini mencakup AMD SmartShift, AMD Smart Access Memory, Radeon™ Chill, AMD Radeon™ Anti-Lag, AMD Radeon™ Boost, dan AMD Radeon™ Image Sharpening. Beberapa fitur tersebut mudah diakses melalui aplikasi Armoury Crate. 

Baca juga: ASUS ROG Zephyrus G14, Laptop Gaming Stylish yang Tangguh

Layar utama laptop ini berukuran 14 inci dengan rasio 16:10 yang memberikan ruang lebih luas sehingga ideal menunjang berbagai kegiatan. Sekeliling layar tersebut menggunakan bezel yang sangat tipis sehingga rasio layar-ke-bodi sampai 91%. Jurus tersebut membuat dimensi laptop tetap ringkas. Kini di bezel atas pun sudah dilengkapi dengan webcam.

Pada bagian belakang layar utama terdapat layar AniMe Matrix™ yang menggunakan jumlah LED lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya. Jumlah LED tersebut mencapai 1449 LED sehingga tampilan animasi dan gambar lebih detail. AniMe Matrix™ ini merupakan fitur eksklusif yang hanya ada di seri laptop gaming ROG Zephyrus G14.

ASUS TUF Gaming A15

TUF Gaming A15

Laptop gaming mainstream ASUS TUF Gaming A15 banyak diminati gamer Indonesia karena menawarkan price to performance terbaik di kelasnya. Berbagai fitur baru pada TUF Gaming ini membuat laptop gaming entry-level ini lebih tangguh dan hemat daya. TUF Gaming A15 kini ditenagai kartu grafis NVIDIA generasi terkini yang tangguh untuk bermain game. Fitur MUX Switch juga sudah hadir sehingga dapat meningkatkan kinerja gaming sampai 10% di sebagian besar game modern.

Kali ini, TUF Gaming A15 pun fokus pada pendinginan dengan menggunakan dua kipas Arc Flow. Istimewanya, kini kipas tersebut memiliki bilah kipas lebih banyak, yaitu 84 bilah. Ketebalan setiap bilah hanya 0,1 mm di bagian ujungnya. Desain tersebut akan mengurangi turbulensi sehingga memperlancar aliran udara tanpa mempercepat putaran kipas. Inovasi ini memungkinkan sistem pendinginan lebih hening dengan aliran udara 13% lebih baik dibandingkan generasi sebelumnya.

Opsi layar Full HD 144 Hz pun tersedia di TUF Gaming A15 terkini. Desain laptop ini terinspirasi dari mecha anime. Ketangguhan laptop gaming ini pun sudah menyandang sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar militer Amerika Serikat (MIL-STD 810H).

Share:

Artikel Terkini