Hasil Uji Kinerja Gaming Laptop ROG Strix G15 Advantage Edition Hasil Uji Kinerja Gaming Laptop ROG Strix G15 Advantage Edition ~ Teknogav.com

Hasil Uji Kinerja Gaming Laptop ROG Strix G15 Advantage Edition

Teknogav.com – ASUS menghadirkan laptop gaming tanggih edisi khusus sebagai hasil kolaborasi dengan AMD, yaitu ROG Strix G15 Advantage Edition. Kinerja laptop gaming ini didukung prosesor tangguh AMD Ryzen 9 5900HX dan kartu grafis AMD Radeon RX 6800M. Perpaduan prosesor dan kartu grafis tersebut tentu saja unik, mengingat sebagian besar laptop gaming menggunakan kartu grafis dari NVIDIA.

Desain ROG Strix G15 Advantage Edition terlihat sporty dengan customizable armor cap yang dilengkapi dengan armor cap khusus berwarna merah. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, maka laptop gaming ini memiliki desain yang lebih 7% ringkas. Pada bagian bawah bodi dan keyboard terdapat RGB LED yang didukung fitur Aura Sync sehingga menyajikan unsur kustomisasi tambahan. Gamer dapat memanfaatkan kemampuan tersebut untuk menjadikan tampilan ROG Strix G15 Advantage Edition miliknya lebih unik dan personal.

Baca juga: ROG Strix G15 Advantage Edition, Laptop Gaming Tangguh Bertenaga AMD

dimensi ROG Strix G15 Advantage Edition

Kinerja Prosesor dan Kartu Grafis AMD

ROG dan AMD sudah sering berkolaborasi sejak tahun 2006 untuk menyajikan produk terbaik bagi para gamer. ROG Strix G15 Advantage Edition merupakan salah satu puncak kolaborasi antara ROG dan AMD yang berlangsung lebih dari 15 tahun. Perpaduan dua komponen high-end AMD terbaik menyajikan kinerja ROG Strix G15 Advantage Edition yang lebih kencang untuk berbagai kegiatan. Pengguna dapat menggunakan laptop gaming ini untuk main game, streaming, menikmati hiburan dan lain-lain.

Prosesor yang digunakan pada ROG Strix G15 Advantage Edition adalah AMD Ryzen 9 5900HX yang tangguh. Produksi prosesor tersebut menggunakan metode 7 nm FinFET pada arsitektur Zen 3. Metode produksi tersebut menyajikan kinerja prosesor yang kencang dan hemat daya. Prosesor ini memiliki konfigurasi delapan inti prosesor dan 16 thread sehingga cocok untuk multitasking.

Overclock pun sudah dilakukan pada prosesor AMD Ryzen 9 5900HX yang digunakan pada ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition ini. Motherboard pada laptop gaming tersebut memiliki desain 6-phase power yang dapat memasok daya untuk prosesor sampai 90 W. Angka tersebut 10 W lebih tinggi jika dibandingkan dengan seri Strix 6 biasa.

motherboard ROG Strix G15 Advantage Edition

ROG Strix G15 Advantage Edition merupakan laptop pertama yang menggunakan kartu grafis Radeon RX 5900HX. Kartu grafis tersebut merupakan GPU flagship terkini dari keluarga AMD Radeon RX 6000 Mobile Series. GPU Radeon RX 5900HX ini dirancang untuk memberikan kinerja dan efisiensi daya terbaik pada laptop gaming. Arsitektur RDNA 2 terkini melandasi struktur GPU Radeon RX 5900HX ini. Perpaduan efek grafis modern dan sistem komputasi canggih diusung arsitektur RDNA 2 untuk menyajikan kualitas visual lebih nyata dan imersif. Animasi grafis mulus dan kualitas visual imersif yang disajikan Radeon RX 5900HX siap meningkatkan pengalaman gaming penggunanya.

GPU modern ini bisa berjalan pada kecepatan dan juga daya yang berbeda-beda tergantung konfigurasinya. Fitur SmartShift pada ROG Strix G15 Advantage Edition memungkinkan CPU dan GPU dapat menyesuaikan kinerja secara dinamis sesuai beban kerja. Ketika laptop menjalankan aplikasi yang lebih membutuhkan kinerja CPU (CPU-bound), secara otomatis GPU akan menurunkan kinerja. Kemudian daya ekstra yang tak digunakan pada GPU akan dialihkan ke CPU.

Sebaliknya, pada skenario aplikasi GPU-bound, daya ekstra yang tak digunakan pada CPU akan dialihkan ke GPU. Metode ini memungkinkan aplikasi dan game selalu berjalan dengan baik di ROG Strix G15 Advantage Edition. Pada laptop ini, daya tinggi yang dikombinasikan dengan AMD SmartShift memanfaatkan 10-phase power design yang membuat GPU bisa mendapatkan headroom yang lebih tinggi secara langsung yang pada akhirnya akan menghasilkan peningkatan frame rate lebih lanjut.

motherboard ROG Strix G15 Advantage Edition

Teknologi Smart Acces Memory pada ROG Strix G15 Advantage Edition memungkinkan CPU dapat mengakses seluruh memori GPU. Metode ini memungkinkan komunikasi data yang lebih cepat. Smart Access Memory memanfaatkan jalur data PCIe 3.0 secara maksimal dan meningkatkan kinerja gaming secara keseluruhan.

Kinerja prosesor juga didukung oleh RAM DDR4 3200 dengan kapasitas 16 GB (2 x 8 GB). Laptop gaming mendukung konfigurasi channel ganda sehingga dapat meningkatkan kapasitas RAM tersebut sampai 32 GB. Kemampuan ini memungkinkan gamer menyesuaikan skenario penggunaan, multitasking pun bukan masalah bagi laptop gaming ini.

Media penyimpanan pada ROG Strix G15 Advantage Edition menggunakan teknologi SSD PCIe 3.0 NVMe M.2 dengan kapasitas 1 TB. Jika membutuhkan ruang penyimpanan lebih lapang, maka bisa memanfaatkan slot PCIe 3.0 M.2 kedua yang tersedia.

Sistem Pendingin pada ROG Strix G15 Advantage Edition

ROG Strix G15 Advantage Edition didukung sistem pendingin ROG Intelligent Cooling yang menjaga kinerja tetap cepat dan stabil. Tentunya hal ini akan mendukung gamer agar tetap dapat lancar bermain dan melakukan kegiatan multitasking. ROG Intelligent Cooling ini memberikan thermal headroom lebih baik sehingga memastikan seluruh komponen dalam laptop berjalan stabil dan optimal. Penerapan sistem pendingin yang eksklusif tersebut membuat CPU dan GPU berjalan lebih cepat dari spesifikasi dasarnya.

Sistem pendinginan pada laptop gaming ini menggunakan liquid metal sebagai thermal compound yang diaplikasikan pada CPU dan GPU. Hal ini menghasilkan kinerja yang lebih cepat secara keseluruhan karena distribusi panas makin baik. Suhu operasional yang dicapai pun lebih rendah, yaitu sampai 14˚C lebih dingin.

sistem pendingin pada ROG Strix G15 Advantage Edition

Sementara itu penghantara panas dari komponen lain seperti VRM dan VRAM dilakukan oleh lapisan vapor chamber berukuran besar. Lapisan vapor chamber ini dapat menjangkau bagian laptop yang sebelumnya tak dapat terhubung ke heatpipe tradisional. Hal ini memungkinkan penghantaran panas yang berjalan lebih efektif dan efisien. Jika dibandingkan dengan sistem pendingin dengan heatpipe tradisional, maka vapor chamber meningkatkan thermal headroom sampai 25 watt lebih tinggi.

Teknologi pendingin khusus pada laptop gaming ini memungkinkan prosesor AMD Ryzen 9 5900HX dapat berjalan pada 90 W secara stabil. Kecepatan prosesor tersebut bahkan dapat ditingkatkan menggunakan aplikasi utilitas Armoury Crate pada ROG Strix G15 Advantage Edition ini.

Berbagai fitur pendingin pada seri ROG Strix terkini pun sudah diadopsi oleh ROG Strix G15 Advantage edition. Salah satu fitur tersebut adalah kipas Arc Flow dengan bilah kipas lebih banyak dan dirancang khusus untuk memperlancar aliran udara. Desain ini memungkinkan bunyi kipas tak lagi bising. Bahan liquid crystal polymer yang digunakan pada kipas membuatnya kokoh dan memiliki durabilitas tinggi.

Baca juga: ASUS ROG Strix SCAR, Laptop Gaming Sang Juara

Aliran udara pun diperlancar dengan fitur self-cleaning cooling pada sistem pendingin tersebut. Fitur ini menghadirkan terowongan pada sistem pendingin yang dirancang khusus untuk membuang debu dan partikel yang berpotensi menyumbat sistem pendingin. Peningkatan pada sistem self-cleaning cooling tersebut dapat membuang debu lebih efektif sehingga aliran udara meningkat sampai 15%.

Pendinginan tak hanya dilakukan pada komponen utama ROG Strix G15 Advantage Edition tak hanya sebatas pada komponen utama. Sistem pendingin tersebut dirancang untuk membuat keyboard tak mudah panas saat bermain game dengan menghadirkan fitur CoolZone. Fitur tersebut merupakan ventilasi udara khusus di bagian keyboard yang sering dipakai gamer saat main game. Selain itu juga terdapat sensor inframerah khusus yang membuat bagian keyboard nyaman digunakan walau main game dalam jangka waktu lama.

Layar ROG Strix G15 Advantage Edition

Layar yang digunakan pada ROG Strix G15 Advantage Edition berukuran 15,6 inci dengan resolusi QHD (2560 x 1440 piksel). Tampilan resolusi tersebut lebih tinggi sehingga visual terlihat lebih detail dan pengalaman gaming lebih imersif. Refresh rate 165 Hz dan waktu respons 3 milidetik pun membuat tampilan terlihat lebih mulus. Tampilan visual game juga bebas efek stuttering dan tearing berkat teknologi AMD FreeSync.  

Reproduksi warna pun dilakukan layar dengan baik dan layar memiliki color gamut 100% DCI-P3. Kemampuan tersebut membuatnya cocok digunakan untuk pembuatan konten.

Audio Premium

Serangkaian speaker Smar Amp yang diarahkan langsung ke pengguna menghadirkan sistem audio premium pada ROG Strix G15 Advantage Edition. Speaker tersebut juga menggunakan teknologi Dolby Atmos yang memberikan sensasi spatial audio yang presisi. Teknologi Dolby Atmos ini dapat dikonfigurasikan juga saat mengenakan headphone. Fitur virtual 5.1.2-channel surround sound pada teknologi tersebut akan memberikan kualitas suara terbaik.

Suara bising dapat dihilanggkan dengan teknologi kecerdasan buatan khusus pada fitur Two-Way AI Noise-Cancellation yang melengkapi virtual 5.1.2-channel surround sound. Fitur tersebut pun berlaku dua arah, yaitu pada suara yang dikirim dan suara yang diterima saat menggunakan laptop gaming ini.

Baca juga: ROG Zephyrus G14 Alan Walker SE Padukan Musik dan Gaming

Konektivitas Lengkap Terbaik

Opsi konektivitas pada ROG Strix G15 Advantage Edition tetap lengkap walau laptop gaming ini mengusung desain bodi yang lebih ringkas. Port yang tersedia mencakup port HDMI, port ethernet, USB tipe-A dan USB tipe-C yang dapat digunakan sebagai Display Port. Fitur USB Power Delivery pun sudah menyertai port USB tipe-C tersebut. Gamer pun dapat memilih terhubung dengan jaringan menggunakan konektivitas kabel berkat ketersediaan port ethernet.

ROG Strix G15 Advantage Edition

ROG Strix G15 Advantage Edition menyediakan koneksi nirkabel melalui teknologi Wi-Fi 6 (802.11ax) dan Bluetooth 5.1. Teknologi Wi-Fi 6 tersebut siap mendukung gamer untuk terhubung ke jaringan internet. Fitur ROG RangeBoost pada laptop ini pun siap menangkap sinyal Wi-Fi lebih baik sehingga selalu mendapatkan kualitas sinyal Wi-Fi terbaik. Gamer juga dapat menghubungkan berbagai perangkat nirkabel mereka menggunakan koneksi Bluetooth 5.1.

Baterai

Kapasitas daya baterai yang digunakan pada ROG Strix G15 Advantage Edition ini besar, yaitu sampai 90 WHr. Daya pada baterai tersebut dapat mentenagai laptop sampai 11,4 jam untuk pemutaran video. Baterai juga didukung dengan fitur fast charging yang dapat mengisi daya baterai sampai 50% hanya dalam 33 menit. Pengisian daya juga bisa dilakukan melalui port USB tipe-C berkat dukungan fitur USB Power Delivery sampai 100 W.

Kinerja baterai pada ROG Strix G15 Advantage Edition

Hasil Kinerja ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition pada Beberapa Game Populer

Berikut ini adalah kinerja ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition ketika memainkan sejumlah game populer.

Harga dan Ketersediaan

ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY ini dibanderol dengan harga Rp33.999.000. Pembelian dapat dilakukan di e-commerce berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ROG Strix G15 Advantage Edition di Blibli



Spesifikasi ROG Strix G15 Advantage Edition G513QY

CPU

AMD Ryzen™ 9 5900HX Mobile Processor 3.3 GHz (16M Cache, up to 4.6 GHz)

Sistem operasi

Windows 10 with Office Home & Student 2019 Pre-Installed

Memori

RAM DDR4 3200 MHz (Dual Channel) 2 x 8 GB

Media Penyimpanan

SSD PCIe® 3.0 NVMe™ M.2 1 TB

Layar

15,6" (16:9) IPS-Level QHD (2560x1440), 100% DCI-P3, 165Hz, 3ms, Free Sync

Grafis

AMD® Radeon™ RX 6800M, 12GB GDDR6, AMD RDNA™ 2 (2300Mhz Game Clock  up to 2600Mhz Max)

Input/Output

1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.0b, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C, 2x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort and power delivery

Konektivitas

Wi-Fi 6 (Gig+) (802.11ax), Bluetooth 5.1 (Dual band) 2*2

Audio

1x RJ45 LAN port, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ / power delivery / G-SYNC, 3x USB 3.2 Gen 1 Type-A//1x 3.5mm Combo Audio Jack

Baterai

90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimensi

35,4 x 25,9 x 2,26 ~ 2,72 cm

Bobot

2,5 kg

Warna

Original Black

Harga

Rp33.999.000

Garansi

2 tahun garansi global + 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Share:

Artikel Terkini