ASUS ROG Zephyrus G15, Laptop Gaming Stylish dengan ErgoLift 180° ASUS ROG Zephyrus G15, Laptop Gaming Stylish dengan ErgoLift 180° ~ Teknogav.com

ASUS ROG Zephyrus G15, Laptop Gaming Stylish dengan ErgoLift 180°

Teknogav.com - Laptop gaming ROG Zephyrus G15 menyandang slogan #BornToSlash bersama dengan ROG Zephyrus G14. Kedua laptop gaming dengan desain stylish dan prosesor AMD Ryzen 9 5900HS ini memiliki kinerja yang tangguh. ASUS meluncurkan kedua laptop gaming ini bersama dengan keempat laptop ROG lain di ajang “ROG Born Champion”. Keempat laptop gaming lainnya adalah ROG Zephyrus Duo 15 SE, ROG Flow X13, ROG Strix G dan ROG Strix SCAR. Kini mari simak fitur-fitur andalan dari ROG Zephyrus G15.

ROG Zephyrus G15 merupakan laptop gaming ringkas dengan desain yang stylish. Slogan #BornToSlash sendiri artinya adalah laptop gaming yang tangguh sekaligus stylish. Ketangguhan ROG Zephyrus G15 ditenagai oleh ARM Ryzen 9 5900HS yang merupakan prosesor AMD seri terkini. 

Baca juga: ASUS ROG Zephyrus G14, Laptop Gaming Stylish yang Tangguh

Produksi prosesor tersebut menggunakan metode 7 nm dan dibangun pada arsitektur Zen 3. Prosesor ini memiliki delapan inti dan 16 threads dengan kecepatan clock prosesor dasar 3,1 GHz. Kecepatan tersebut bisa di-boost sampai 4,5 GHz. Kecanggihan teknologi prosesor tersebut juga menunjang penggunaan daya baterai yang lebih hemat sehingga bisa lebih awet.

Kinerja prosesor tersebut didukung juga oleh RAM DDR4 3200 Mhz berkapasitas 16 GB. Sementara itu media penyimpanan pada ROG Zephyrus G15 ini menggunakan teknologi SSD PCIe® NVMe™ M.2 berkapasitas 1 TB.

Dari segi grafis, rog Zephyrus G15 mengandalkan chip grafis terkini NVIDIA GeForce RTX 3000 Series, yaitu NVIDIA GeForce RTX 3060. Jika dibandingkan dengan generasi sebelumnya, kinerja chip grafis ini meningkat signifikan dan sudah mendukung berbagai teknologi grafis terkini. Beberapa teknologi grafis tersebut mulai dari real-time ray tracing sampai fitur eksklusif seperti NVIDIA DLSS. Perpaduan prosesor dengan chip grafis ini menyajikan pengalaman gaming yang maksimal.

Desain ROG Zephyrus G15

ROG Zephyrus G15 merupakan bagian dari keluarga laptop ROG Zephyrus yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2006. Lini ini merupakan jajaran laptop gaming yang tipis, ringan dan memiliki tampilan yang menarik. Kini ketebalan laptop gaming tersebut hanya 1,99 cm dengan bobot 1,9 kg, sehingga sangat portabel. Tampilan laptop ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Eclipse Gray yang tampak mewah dan Moonlight White yang terliheat elegan. Pada bagian belakang layar terdapat 8279 lubang dengan tampilan efek berwarna dari lapisan Prismatic Film yang ada di dalamnya.

ASUS ROG Zephyrus G15

Keyboard ROG Zephyrus G15 memiliki tombol yang dilengkapi dengan backlit, teknologi Aura sync dan menyajikan 4 hotkeys. Travel distance tombol pada keyboard berjarak 1,7 mm. Tombol daya pada laptop ini terintegrasi dengan sensor sidik jari sehingga memudahkan pengguna untuk login dengan praktis saat menyalakan laptop.

Baca juga: Review ROG Zephyrus Duo 15 SE, Laptop Gaming Dukung Kreativitas

Konektivitas ROG Zephyrus G15

Ketersediaan konektivitas pada ROG Zephyrus G15 ini cukup lengkap. Pada sisi kiri terdapat port HDMI 2.0b, USB 3.2 Gen 2 Tipe-A, dan dua port USB 3.2 Gen 2 DP1.4 tipe-C. Sementara pada sisi kanan terdapat slot Micro SD 4.0 dan port USB 3.2 Gen 2 tipe-A. Konektivias nirkabel pada ROG Zephyrus G15 pun sudah menggunakan teknologi tertinggi, yaitu Wi-Fi 6. Teknologi ini mendukung kapasitas jaringan sampai empat kali lipat dan latensi 75% lebih rendah.

sisi kiri ROG Zephyrus G15

sisi kanan ROG Zephyrus G15

Layar ROG Zephyrus G15

Layar laptop ini berukuran 15,6 inci dengan bezel yang sangat tipis, hanya 4,6 mm sehingga rasio layar-ke-bodi sampai 85%. Pada layar terdapat engsel ErgoLift yang dapat mengangkat bodi utama sebesar 2°. Mekanisme ini akan membentuk rongga udara tambahan sehingga meningkatkan sirkulasi udara yang mendukung sistem pendingin. Posisi keyboard pun menjadi lebih nyaman untuk digunakan mengetik. Kerennya lagi, layar laptop ini bisa dibuka sampai 180° untuk memudahkan berbagi konten dengan rekan seluruh tim.

ROG Zephyrus G15

Resolusi layar WQHD (2560 x 1440 piksel) sangat memadai bagi pembuat konten yang membutuhkan resolusi tinggi. Reproduksi warna pada layar juga sangat tinggi, yaitu sampai 100% di color gamut DCI-P3 dengan kecerahan layar 300 nits. Sertifikasi PANTONE Validated Display pun menjamin akurasi warna dengan kalibrasi yang sudah dilakukan sejak awal. 

Baca juga: ROG Flow X13, Laptop Ultrathin Convertible Canggih dan Ringan

Gamer pun mendapatkan pengalaman gaming yang lancar berkat refresh rate 165 Hz dan waktu respon layar yang hanya 3 milidetik. Teknologi Adaptive Sync akan mensinronisasi refresh rate layar dengan frame rate GPU untuk menghilangkan tearing dan meminimalkan stuttering. Jadi tampilan gameplay pun terlihat dan terasa lebih alami.

ASUS ROG Zephyrus G15

Kalibrasi warna pada ROG Zephyrus G15 dapat dilakukan melalui Armoury Crate. X-Rite i1 Display PRO merupakan alat kalibrasi warna bagi para profesinoal kreatif yang ingin mendapatkan hasil yang akurat. ROG GameVisual kini dapat mendukung X-Rite i1 Display PRO dan memungkinkan pengguna mengkalibrasi layar laptop mereka sendiri untuk keakurasian warna.


Sistem Pendingin dan Baterai

Kinerja ROG Zephyrus G15 tetap prima karena sistem pendingin khusus yang dilengkapi fitur eksklusif menjaga agar terhindar dari overheating. Sistem pendingin tersebut terdiri dari kipas Arc Floq, Self-Cleaning Cooling dan liquid metal yang berperan sebagai thermal compound. Kipas Arc Flow pada sistem pendingin ini meningkatkan efisiensi aliran udara sampai 13%. Sedagnkan self-cleaning cooling meningkatkan kinerja kipas sampai 15%. Lalu liquid metal pada CPU menurungkan suhu CPU sampai 10°C.

Baterai pun mengalami peningkatan yang kini memiliki kapasitas 90 WHr. Pengisian daya baterai kini bisa menggunakan adapter charger melalui port USB tipe-C yang didukung fitur USB Power Delivery. Kemampuan baterai ini kuat sampai 14 jam untuk memutar video dan 13,4 jam untuk menjelajahi situs internet.

Sistem Audio

ROG Zephyrus G15 mengugunakan enam speaker yang terdiri dari dua tweeter dan empat woofer. Teknologi Dolby Atmos akan menyajikan efek suara berlapis dengan lebih bernuansa baik saat menggunakan headphone atau speaker. Efek ini pun bisa lebih dioptimalkan menggunakan preset mode untuk movie dan game. Algoritma DAX3 akan mentuning speaker untuk meningkatkan tingkat kekerasan suara dan kejernihannya. Suara Dolby Atmos ini akan melepas detail penuh dan nuansa musik dalam game untuk memperkaya pengalaman. 

ROG Zephyrus G15

Resonansi suara yang tak diinginkan akan diminimalkan menggunakan dual Force-Cancelling Woofer sehingga suara terdengar lebih jelas dan alami. Sementara itu teknologi Smart Amp akan memantau keluaran audio dan membuat penyesuaian real-time untuk menjaga speaker dalam batas suhu untuk mencegah kerusakan cone. Teknologi ini memperkeras suara 2,85 kali dan memperdalam bass 1,71 kali.

Baca juga: ROG Strix G Series Dukung Gamer Jadi Juara, Ini Spesifikasinya!

Tiga mikrofon ditempatkan untuk menangkap suara dari berbagai arah sehingga memungkinkan untuk merekam suara dalam tiga mode yang dioptimalkan untuk skenario berbeda. Skenario ini mulai dari perekaman suara solo sampai menangkap suara dalam ruangan saat melakukan conference call. Ketiga mode yang tersedia adalah mode Cardiodid untuk game atau streaming, mode stereo untuk membuat musik dan mode omni untuk meeting.

Selain itu tersedia juga fitur Two-way AI Noise Cancellation untuk menyingkirkan suara  yang tak diinginkan dari upstream dan downstream. Fitur ini akan memperjelas audio dari mikrofon pengguna atau rekan kerja. Pengaturan dapat diatur berdasarkan aplikasi untuk menyaring aplikasi tertentu seperti voice chat tanpa menyentuh game audio. Teknologi ini berjalan pada CPU, sehingga GPU bebas dalam memaksimalkan frame rate.

Harga dan Ketersediaan

ROG Zephyrus G15 dibanderol dengan harga Rp30.999.000 dan dapat dibeli pada beberapa e-commerce berikut ini: 

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ROG Zephyrus G15 di Blibli
Klik untuk membeli ROG Zephyrus G15 di Lazada
Klik untuk membeli ROG Zephyrus G15 di Tokopedia
Klik untuk membeli ROG Zephyrus G15 di Bukalapak
Klik untuk membeli ROG Zephyrus G15 di Shopee


Spesifikasi ROG Zephyrus G15 (GA503)

CPU

AMD Ryzen™ 9 5900HS Processor 3.1 GHz (16M Cache, up to 4.5 GHz)

Sistem Operasi

Windows 10 with Office Home & Student 2019 Pre-Installed

Memori

2 x RAM DDR4 3200 MHz 8 GB

Media Penyimpanan

SSD PCIe® NVMe™  M.2 1 TB  

Layar

15,6" (16:9) IPS-Level WQHD (2560 x 1440), 100% DCI-P3, 165Hz, 3ms, Adaptive Sync, PANTONE Validated Display

Grafis

NVIDIA GeForce RTX 3060

Input/Output

1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.0b, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort and power delivery, 1x RJ45 LAN port, 1x card reader (microSD)

Kamera

ROG GC21 External Webcam, 1080p 60fps

Konektivitas

Wi-Fi 6 (Gig+) (802.11ax), Bluetooth 5.1 (Dual band) 2*2

Audio

Smart Amp Technology, Audio by Dolby Atmos, AI mic noise-canceling, Built-in array microphone, 4x 2.5W speaker with Smart Amp Technology, 2x 2W tweeter

Baterai

90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimensi

35.5 x 24.3 x 1.99 ~ 1.99 cm

Bobot

1,9 kg

Warna

Moonlight White, Eclipse Gray

Harga

Rp30.999.000

Garansi

2 tahun garansi global + 1 Tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email