Platform Zyllem Siap Dukung Pengelolaan Logistik Perusahaan Platform Zyllem Siap Dukung Pengelolaan Logistik Perusahaan ~ Teknogav.com

Platform Zyllem Siap Dukung Pengelolaan Logistik Perusahaan


Teknogav.com – Zyllem merupakan perusahaan Software-as-a-Service (SaaS) yang berdiri sejak tahun 2014 dan bergerak dalam pengelolaan logistik. Solusi yang ditawarkan Zyllem melayani berbagai sektor, termasuk F&B, farmasi, logistik dan ritel untuk mendukung rantai pasokan di seluruh Asia.

Kantor pusat Zyllem berada di Singapura dan sudah beroperasi di delapan negara di Asia. Setiap bulan, Zyllem mengelola dua juta pesanan dengan 60% kegiatan berasal dari Indonesia. Laporan Google mengungkap bahwa Gross Merchandise Value (GMV) e-commerce di Indonesia tumbuh 52% menjadi USD53 miliar pada tahun 2021. 

Baca juga: Platform SaaS Quincus Dukung Logistik Berbagai Sektor Usaha

Sektor logistik dan transportasi memilki peluang pasar sebesar USD8,13 miliar. Berdasarkan laporan Mordor Intelligence nilai tersebut dapat ditingkatkan lagi dengan digitalisasi. Digitalisasi merupakan faktor pendorong ekonomi digital Asia Tenggara. Zyllem siap memenuhi kebutuhan digitalisasi perusahaan dalam memenuhi kebutuhan pelanggan.

Zyllem menyediakan perangkat lunak berbasis cloud untuk mengelola dan mengoperasikan seluruh jaringan distribusi logistik secara efisien, mudah dan transparan. World Economic Forum telah memberikan penghargaan kepada Zyllem sebagai Technology Pioneer pada tahun 2021.Beberapa perusahaan di Indonesia yang sudah menggunakan solusi Zyllem adalah PT Anugerah Pharmindo Lestari, Datascrip, Garudafood dan Informa. Salah satu investor utama Zyllem adalah Wavemaker Partners yang merupakan perusahaan modal ventura. 

pemantauan armada secara real-time dan antarmuka pengendara

Baca juga: Ritase Tawarkan Solusi Logistik B2B Mengandalkan Teknologi Cloud AWS

Biaya logistik di Indonesia termasuk yang tertinggi di Asia. Proses pengiriman logistik domestik dan internasional memiliki tantangan tersendiri terkait kondisi geografis yang membuat tergantung pada transportasi laut. Beberapa perusahaan juga masih bergantung pada sistem distribusi multimoda yang lebih rumit. 

Perencanaan logistik menjadi tantangan bagi perusahaan karena buruknya kondisi infrastruktur dan bencana alam. Pesatnya perkembangan e-commerce pun membutuhkan ekosistem yang cepat dan efisien demi operasional yang lancar. Berbagai hal tersebut menjadi hambatan sekaligus peluang bagi Zyllem dalam memberikan solusi efisien dan terjangkau bagi bisnis lokal.

Baca juga: Transporta Jalin Kemitraan Strategis dengan OLI untuk Dukung Industri Logistik

“Indonesia memiliki jaringan logistik yang rumit dengan berbagai tantangan di setiap proses pemenuhan rantai pasokan. Zyllem memberikan solusi optimal dengan mencatat seluruh kegiatan operasional logistik dalam satu dasbor yang langsung dapat dilihat dan diatur pengguna. Solusi tersebut memungkinkan Zyllem mengurangi waktu perencanaan hingga 85% dan memungkinkan untuk meningkatkan produktivitas hingga 30% per hari. Sistem pengiriman yang lebih cepat dan pelacakan real-time juga membuat pengalaman nyaman dan mengurangi keluhan bagi pelanggan,” ucap  Joanna Pawluczuk, Head of Sales Zyllem.

Keandalan Zyllem

Zyllem memberikan kendali penuh pada jaringan logistik perusahaan. Hal ini dilakukan dengan melakukan digitalisasi dan automasi ditribusi. Operasi antar fungsi bisnis pun dapat dipersingkat. Seluruh armada sendiri dan operator pihak ketiga dapat dikumpulkan dalam satu platform.

Perencanaan rute dapat dilakukan dalam hitungan menit bukan jam. Hal ini meningkatkan pengiriman sampai lebih dari 30% per hari. Perusahaan dapat memenuhi SLA, kapasitas kendaraan, menghindari hambatan di jalan dan lain-lain. Penghitungan ulang dan pengoptimalan ulang rute dapat dilakukan secara real-time. Proses data entry pun dapat dipersingkat dari 3-5 hari menjadi 0 hari.

Biaya pun dapat ditekan lebih dari 30% dengan mengoptimalkan produktivitas pengendara dan pemanfaatan aset. Semua proses dari hulu ke hilir dapat dilakukan tanpa kertas. Kepuasan pelanggan pun dapat ditingkatkan dengan mengurangi telepon konsumen sampai 75%. Pengantaran dapat tepat waktu dan dapat diprediksi.

Share:

Artikel Terkini