Indosat Ooredoo Hutchison Gandeng Huawei untuk Integrasikan RAN Indosat Ooredoo Hutchison Gandeng Huawei untuk Integrasikan RAN ~ Teknogav.com

Indosat Ooredoo Hutchison Gandeng Huawei untuk Integrasikan RAN


Teknogav.com – Operator telekomunikasi digital Indonesia, Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) terus berinovasi demi menyajikan pengalaman digital yang terbaik di Indonesia. Kali ini, upaya tersebut dilakukan dengan menggandeng Huawei yang merupakan penyedia Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) global. Kerja sama kedua perusahaan tersebut berkaitan dengan pengintegrasian jaringan akses radio atau radio access network (RAN). Pengumuman kemitraan strategis kedua perusahaan tersebut dilakukan di Mobile World Congress (MWC) 2022 yang digelar di Barcelona, Spanyol.

”Huawei merupakan mitra strategis kami dalam teknologi RAN dan E2E. Saya menyambut gembira atas pemilihan Huawei dalam mendukung pelanggan IOH di Indonesia. Kami percaya bahwa IOH dan Huawei akan meraih sukses bersama melalui kerjasama yang erat ini,” ucap Vikram Sinha, CEO IOH.

Baca juga: Huawei dan Indosat Ooredoo Bangun Jaringan 5G Ready Berbasis SRv6

Peresmian kemitraan strategis antara IOH dan Huawei dilakukan dengan penandatanganan kesepakatan yang fokus pada percepatan integrasi RAN secara menyeluruh. Penandatanganan dilakukan oleh Vikram Sinha Presiden Direktur CEO IOH dan Dennis Xiao, Chief Executive Officer Huawei Asia Pacific CNBG. Turut hadir pula Desmond Cheung, Chief Technology Officer IOH.

”Kami memiliki kerjasama jangka panjang dengan Huawei. Kami percaya bahwa kami dapat memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik berkat dukungan besar Huawei melalui teknologi terbaru dan canggih. Kolaborasi dengan Huawei pun dapat menghasilkan sinergi penghematan karena kecepatan capaian Huawei,” ucap Desmon Cheung, CTO IOH.

Baca juga: Telkomsel dan Huawei Demonstrasikan Penerapan Teknologi 5G di Berbagai Industri 

Pada kemitraan tersebut, Huawei akan menyediakan teknologi 4G dan 5G terkini bagi IOH untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Hal ini sejalan dengan visi IOH untuk menjadi perusahaan telekomunikasi digital pilihan di Indonesia. Integrasi RAN dibutuhkan untuk meningkatkan pengalaman digital bagi pelanggan dan menghemat biaya proyek tersebut. Ini karena RAN merupakan bagian dari jaringan yang mewakili antarmuka pelanggan dan titik paling ujung dari jaringan.

”Kami sangat yakin IOH akan mencapai kesuksesan bersama dengan kepemimpinan dari manajemen baru. Berkat dukungan dari para pakar terbaik kami, kami mendukung sepenuhnya IOH melalui teknologi termutakhir serta capaian yang cepat,” ucap Dennis Xiao, CEO Huawei Asia Pacific CNBG.

Baca juga: Ericsson Cloud RAN Buka Peluang Bisnis dan Beragam Penggunaan 5G

Kolaborasi IOH dengan Huawei juga selaras dengan tujuan IOH untuk menghubungkan dan memberdayakan masyarakat Indonesia serta mempercepat transformasi digital. Cepatnya integrasi IOH setelah Indosat Ooredoo dan Hutchison 3 merger Januari lalu membuktikan bahwa IOH merupakan mitra Huawei yang tangguh. Kini IOH berada lebih fokus untuk mendorong sinergi di seluruh aset dan jaringan dalam skala dan kekuatan lebih besar. Hal ini demi menciptakan nilai lebih bagi pelanggan dan pemegang saham. Dan tentunya untuk mempercepat transformasi digital di Indonesia.

”Kemitraan kami dengan Indosat Ooredoo Hutchison bertujuan mendukung perusahaan mencapai pertumbuhan yang stabil dan sukses yang lebih besar. Tujuan ini diwujudkan melalui solusi TIK yang inovatif. Kami akan menyediakan dukungan penuh bagi Indosat Ooredoo Hutchison dengan jaminan jaringan berkualitas tinggi yang memastikan kesuksesan bisnis perusahaan ini,” ucap Saif Wang, Presiden, Key Account Ooredoo pada Huawei.

Kemitraan IOH dan Huawei secara jangka panjang ini juga akan mendukung pemerintah dalam pemerataan akses teknologi digital di Indonesia. Dukungan tersebut diberikan dalam bentuk penguatan infrastruktur jaringan.

Share:

Artikel Terkini