Gelar DANA Tech Talk, DANA Tekankan Pentingnya Teknologi Keamanan Canggih Gelar DANA Tech Talk, DANA Tekankan Pentingnya Teknologi Keamanan Canggih ~ Teknogav.com

Gelar DANA Tech Talk, DANA Tekankan Pentingnya Teknologi Keamanan Canggih


Teknogav.com -  Dompet digital DANA kembali menyelenggarakan ajang diskusi virtual DANA Tech Talk yang menghadirkan para pembicara yang kompeten di bidangnya. Tema yang diusung pada DANA Tech Talk kali ini adalah ‘Enabling Digital Financial Trust with Advanced Security Technology’. Para pembicara menekankan pentingnya keamanan data pengguna dan dukungan regulator untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam melakukan transaksi digital. Selain itu dibahas juga mengenai tips untuk menjaga keamanan data pribadi.

Saat ini adopsi dompet digital dan kepercayaan masyarakat pada transaksi digital makin meningkat. Seiring pesatnya adopsi tersebut, serangan siber pun makin ganas. Berdasarkan laman Exabytes, pada tahun 2021 tercatat terjadi serangan ke situs-situs internet global setiap 39 detik. Setiap 11 detik pun ransomware membanjiri dunia maya. Tantangan lain dari pesatnya adopsi transaksi digital adalah tak diimbanginya tren tersebut dengan tingkat literasi digital masyarakat. 

Baca juga: Utamakan Pengalaman Transaksi Digital, DANA Raih Pencapaian Positif

Andri Purnomo, VP Information Security DANA

“Menurut 2021 Data Breach Investigation Report, Verizon, aspek finansial masih menjadi motif dominan serangan-serangan siber. Dua sasaran utama seragan tersebut berkaitan dengan akun bank dan kartu kredit. Kejahatan di dunia digital diprediksi masih tinggi tahun ini dengan makin terorganisasinya kejahatan serta mudahnya mendapatkan perangkat untuk melakukan serangan. Di satu sisi, sistem pertahanan terhadap serangan-serangan tersebut acapkali tertinggal,” ucap Andri Purnomo, VP Information Security DANA.

DANA terus Berupaya Tingkatkan Keamanan Siber

Komitmen DANA dalam memberikan rasa aman dan menjaga kerahasiaan transaksi dan data-data pengguna sesuai nilai-nilai yang diusung perusahaan. Nilai-nilai tersebut adalah Trusted, Friendly dan Accessible. Demi memperkaya pengalaman bertransaksi digital, DANA mengadopsi berbagai teknologi inovasi terkini, terutama untuk meningkatkan keamanan pelanggannya. Fitur-fitur proteksi dan teknologi sistem keamanan diusung sesuai komitmen DANA terhadap keamanan data pengguna. Langkah tersebut dilakukan sesuai dengan kebijakan regulator dan standar internasional. 

Baca juga: Dompet Digital DANA Sandang Sertifikasi Keamanan ISO 27001:2013

Inovasi DANA demi tingkatkan keamanan pengguna

“Untuk mengantisipasi beragam serangan dan kejahatan agar terbangun kepercayaan masyarakat terhadap keuangan digital, DANA telah mengimplementasikan beragam upaya. Di antaranya, melakukan identifikasi secara berkala di berbagai aspek. Upaya DANA mencakup program kampanye yang sedang berjalan, produk, media sosial, maupun mitra untuk memitigasi risiko kemungkinan terjadinya ancaman,” lanjut Andri.

Andri pun memaparkan tiga faktor yang dapat menciptakan penerapan keamanan, yaitu sebagai berikut:

  1. kompetensi tim, yaitu dengan memastikan semua tim mengemban tanggung jawab untuk menjaga keamanan hingga mampu terhindar dari ancaman kejahatan siber
  2. proses yang modern termasuk tata kelola yang konsisten secara internal maupun dengan pihak eksternal
  3. penggunaan teknologi tidak hanya sebagai alat namun penggerak untuk memastikan proses yang sesuai dan memberikan nilai bagi operasional
Baca juga: DANA Jamin Kepraktisan Transaksi Digital dengan Kampanye “Pakai DANA #BebasDrama”

lapisan-lapisan keamanan yang digunakan DANA

Berbagai kebijakan dan teknologi yang digunakan DANA untuk meningkatkan keamanan pengguna adalah sebagai berikut:

  • kebijakan zero data sharing
  • teknologi keamanan yang mencakup PIN dan verifikasi wajah menggunakan DANA VIZ (Visual Identity Authorization)
  • penerapan standar ISO dan PCI-DSS
  • DANA Protection yang menjamin pengembalian uang pengguna apabila terjadi kegagalan dalam transaksi

Peningkatan sistem keamanan yang terus dilakukan DANA terlihat dari Security Score Card yang meraih nilai A. Nilai tersebut merupakan peringkat teratas dan menunjukkan postur keamanan domain yang diukur oleh penilai independen menggunakan 10 komponen keamanan. Saat ini skor tersebut berada di atas rata-rata industri global. Pada tahun 2021, nilai Security Score Card yang diraih DANA masih B.

Fath Ade Surya, VP Risk Management DANA

Baca juga: DANA Perbarui Sertifikasi PCI-DSS Demi Perkuat Keamanan 

“DANA menerapkan konsep Manajemen Risiko terintegrasi yang didukung teknologi Risk Engine. Teknologi ini menggunakan data perangkat hingga karakteristik transaksi pengguna untuk memitigasi risiko. Selain itu, DANA senantiasa juga membangun risk aware culture untuk seluruh karyawan. Budaya ini berguna untuk memahami dan mengenai berbagai jenis risiko untuk dapat bersama-sama menjaga dan memitigasi risiko perusahaan,” ucap Fath Ade Surya, VP Risk Management DANA.

Kemampuan Risk Engine DANA

Lebih dari 100 juta pengguna dan 5.000 online merchants telah menggunakan aplikasi DANA dengan rata-rata transaksi mencapai 7 juta/hari. Transaksi tersebut melibatkan lebih dari 8.500 sistem TI, 200 aplikasi dan 300 API (application programming interface).

Pentingnya Literasi Digital

Data WeAreSocial 2022 menunjukkan bahwa 36,4% masyarakat mengaku masih merasa cemas jika perusahaan menggunakan data pribadi mereka. Sejumlah 36,4% di antaranya bahkan belum bisa membedakan informasi yang asli dan hoaks di internet. Temuan-temuan studi tersebut menunjukkan tingginya keraguan masyarakat pada privasi data mereka dan keamanan siber. Demi mengatasi hal tersebut perlu upaya-upaya berkelanjutan untuk meningkatkan inovasi keanaman, serta edukasi dan kampanye literasi digital.

Data WeAreSocial

Survei Indeks Literasi Digital Indonesia menunjukkan bahwa indeks literasi digital Indonesia termasuk dalam kategori sedang, dengan skor indeks 3,49. Pilar Digital Culture meraih skor indeks tertinggi, yaitu 3,9, sedangkan indeks pilar Digital Safety memiliki skor indeks terendah, yaitu 3,1. Pada ajang diskusi virtual DANA Tech Talk, DANA memaparkan pentingnya kesadaran pengguna. Teguh Aprianto, Cyber Security Researcher & Consultant pun memaparkan langkah-langkah preventif yang bisa diterapkan untuk menjaga keamanan data pribadi.

Teguh juga mengakui bahwa langkah dan upaya yang dilakukan DANA sudah memberikan perlindungan transaksi digital yang optimal. Verifikasi yang digunakan untuk login dan pembayaran sudah diterapkan dengan baik. Pengamanan yang diterapkan tersebut tak hanya sekadar menggunakan OTP melalui SMS, tetapi juga PIN dan verifikasi wajah. Cara ini efektif untuk mencegah pengambilalihan akun yang kerap terjadi dengan memanfaatkan celah mendapatkan OTP.

Teguh Aprianto, Cyber Security Researcher & Consultant

Forum diskusi DANA Tech Talk digelar secara rutin untuk membahas potensi teknologi dan inovasi dompet digital dalam memajukan ekonomi digital. Berbagai gagasan baru mengenai pemanfaatan teknologi berserta berbagai tips berguna dapat digali melalui forum ini.

Share:

Artikel Terkini