WIR Group Berencana Perkenalkan Purwarupa Metaverse Indonesia di G20 WIR Group Berencana Perkenalkan Purwarupa Metaverse Indonesia di G20 ~ Teknogav.com

WIR Group Berencana Perkenalkan Purwarupa Metaverse Indonesia di G20

Teknogav.com – Perusahaan teknologi augmented reality (AR) asal Indonesia, WIR Group, berupaya mengembangkan platform Metaverse Indonesia. Upaya tersebut berusaha diwujudkan dengan mengajak perusahaan global seperti Meta dan Microsoft sebagai pengembang perangkat keras AR dan VR. Rencananya WIR Group akan memperkenalkan purwarupa Metaverse Indonesia kepada dunia internasional di ajang Presidensi G20 tahun ini di Bali Indonesia.

Selama ini, WIR Group telah berpengalaman dalam menyediakan solusi yang memadukan teknologi VR dan AI bagi industri di Asia Tenggara. Sejak tahun 2009 ribuan proyek telah dikerjakan WIR Group bagi 20 negara di Amerika Serikat, Eropa, Asia dan Afrika. Pada tahun 2022 ini, WIR Group berhasil menjadi perusahaan yang masuk dalam daftar “Metaverse Companies to Watch in 2022”. Daftar tersebut disusun oleh  majalah binis internasional Forbes GE. Pengakuan internasional lain yang berhasil diraih WIR Group adalah sebagai berikut:

  • Excellent Communications Design Apps dalam German Design Award 2020
  • AR Best Campaign at the Augmented World Expo’s 7th Annual Auggie Awards 2015 dan 2016 di Silicon Valley
  • Innovation 40 dari The New Economy London di London Stock Exchange

Baca juga: Hadir di Senayan Park, Brightspot Market ‘Convergence’ Tampilkan NFT Gallery

Metaverse merupakan semesta kolaboratif yang memadukan interaksi manusia dengan avatar serta produk-produk dan layanan-layanan antara dunia nyata dengan dunia digital. Semesta ini tanpa batas, semua bisa berlangsung secara simultan dan paralel. Nantinya dalam dunia teknologi metaverse ini, semua yang terjadi dalam dunia digital akan menjadi hampir senyata dunia aslinya. Metaverse Indonesia dirancang WIR Group dengan platform yang didukung teknologi AI, VR dan AR.

“Platform Metaverse Indonesia akan menghadirkan kota-kota besar di Indonesia dengan tata kelola kredibel dan berdasarkan nilai-nilai dan kearifan budaya bangsa,” ucap Daniel Surya, Executive Chairmand & Co-Founder WIR Group.

Kolaborasi WIR Group dalam Pengembangan Metaverse Indonesia

Dalam pengembangan Metaverse Indonesia tersebut, WIR Group didukung pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Selain itu, kolaborasi telah dijalin WIR Group dengan berbagai entitas dari berbagai sektor, termasuk perbankan, pendidikan, properti, budaya dan kuliner. Berikut ini adalah beberapa entitas yang sudah menjalin kerja sama dengan WIR Group:

  • PT Bank Rakyat Indonesia Tbk.,
  • PT Bank Negara Indonesia Tbk..
  • Trisakti School of Multimedia
  • Museum Boga Indonesia

Kolaborasi dengan berbagai pihak dalam merintis dan mewujudkan metaverse versi Indonesia ini pun terus digalakkan oleh Kemenkominfo. Hal ini demi memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia di era digital.

Baca juga: Huawei Harapkan Kolaborasi Industri untuk Bangun Ekosistem 5G + AR

 “Metaverse Indonesia telah mulai terbentuk dari sektor yang ekosistem user-nya paling adaptif untuk mengadopsi inovasi digital. Hal ini pun akan terus berevolusi dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Tentunya perkembangan ini menggunakan sumber daya, konektivitas, dan semua elemen informatika di Indonesia. Perkembangan ini juga melibatkan berbagai perusahaan yang telah berfokus untuk mengembangkannya,” ucap Johnny G. Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate.

Pengembangan Metaverse Jakarta, Bali dan Ibu Kota Nusantara

Gupta Sitorus, Chief Marketing Officer WIR Global mengungkapkan bahwa pembangunan Metaverse Indonesia membutuhkan waktu cukup lama karena kompleksitas yang tinggi. Pembangunan tersebut akan dilaksanakan secara bertahap sampai tahun 2024. Saat ini sedang dilakukan persiapan fase pengembangan platform Metaverse di Jakarta, Bali dan Ibu Kota Nusantara. WIR Group dibimbing Kemenkominfo dan Kementerian Investasi/BKPM untuk menciptakan inovasi baru yang relevan dan selaras dengan visi dan tujuan negara.

Baca juga: Fitur-fitur OPPO X 2021, OPPO AR Glass dan CyberReal AR

“Metaverse yang awalnya merupakan konsep fiksi ilmiah dapat menjadi kenyataan yang terus bertambah dan makin nyata. Hal ini seiring berkembangnya teknologi dan konektivitas. Dunia metaverse tidak terbatas, namun untuk menavigasi serta berinteraksi di dunia ini diperlukan cara-cara khusus. Kami turut serta membangun metaverse dengan keahlian kami dalam pengembangan augmented reality terkini yang bisa menjawab kebutuhan metaverse masa depan,” ucap Gupta.

Gupta Sitorus optimistis, sumber daya manusia dalam negeri dapat mengembangkan teknologi metaverse. Dukungan pemerintah yang dilakukan secara masif akan sangat mempengaruhi pengembangan berbagai sektor kehidupan. Visi pengembangan sektor teknologi metaverse yang pesat di Indonesia dapat diwujudkan dalam waktu relatif cepat.

Share:

Artikel Terkini