Fitur-fitur OPPO X 2021, OPPO AR Glass dan CyberReal AR Fitur-fitur OPPO X 2021, OPPO AR Glass dan CyberReal AR ~ Teknogav.com

Fitur-fitur OPPO X 2021, OPPO AR Glass dan CyberReal AR



Teknogav.com – OPPO INNO DAY 2020 dengan tema “Leap into the Future” digelar pada 17 November 2020. Pada ajang yang mengusung tema “Leap into the Future” tersebut OPPO memaparkan strategi pengembangan teknologi “3+N+X”. Selaras dengan strategi tersebut, OPPO pun meluncurkan tiga produk konsep yang mengusung teknologi masa depan. Ketiga produk konsep tersebut adalah OPPO AR Glass 2021, aplikasi OPPO CyberReal AR dan perangkat layar gulung OPPO X 2021.

 

OPPO AR Glass 2021

OPPO AR Glass 2021

Tiga produk konsep yang diperkenalkan OPPO memperlihatkan kemungkinan baru dari interaksi manusia dengan teknologi dan eksplorasi teknologi masa depan. Lompatan penjelajahan OPPO di dunia digital diwujudkan pada OPPO AR Glass 2021. Perangkat ini mengadopsi desain split baru yang sangat ringkas dan ringan. Bobot perangkat ini 75% lebih ringan dibandingkan pendahulunya.

Pengalaman yang imersif diberikan dengan solusi optik Birdbath yang membentuk komponen inti OPPO AR Glass 2021. Jika dibandingkan pendahulunya, solusi ini meningkatkan kontras 53%, keseragaman kecerahan layar 98%, dan piksel per derajat 40%. Peningkatan tersebut memberikan gambar yang lebih tajam dan halus. Layar OLED 0,71 inci memancarkan cahaya yang dibiaskan spektroskop ke mata manusia.

Sedangkan dari sisi audio, tersedia speaker dengan amplitudo besar yang sudah disesuaikan. Model semi terbuka digunakan pada desain akustik rongga belakang sehingga memberikan pengalaman menikmati home theater. Pengalaman ini sebanding dengan menonton layar 90 inci dari jarak 3 meter.



Jika dibandingkan dengan pendahulunya, OPPO AR Glass 2021 lebih ditingkatkan dalam hal pengalaman pemakaian, fungsi optik, interaksi dan ekosistem konten. Berbagai sensor dihadirkan pada OPPO AR Glass 2021 untuk mendukung sejumlah interaksi alami. Beberapa sensor tersebut mencakup stereo fisheye camera, satu sensor Time-of-Flight (ToF), dan satu kamera RGB.

Interaksi melalui perangkat smartphone pun didukung oleh OPPO AR Glass 2021. Dukungan juga diberikan untuk interaksi berbasis gerakan dan lokalisasi spasial untuk memberikan pengalaman yang nyata dan alami. Penghitungan lokalisasi spasial tiga dimensi mampu diselesaikan hanya dalam satuan milidetik untuk menyelesaikan lokalisasi yang tepat.

Baca juga: Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform, Tingkatkan Pengalaman Gaming Intuitif

Ketika disambungkan dengan Find X2 Pro dengan kabel USB tipe-C ke USB tipe-C, OPPO AR Glass 2021 mampu memberikan peningkatan kinerja komputasi yang signifikan. Kinerja tersebut berkat dukungan chipset Snapdragon 865 yang mengalami peningkatan kinerja CPU dan GPU masing-masing 40%. Pembaruan yang berkelanjutan dan umpan balik dari posisi real-time pengguna akan mengembangkan interaksi pada dunia AR.

Aplikasi CyberReal AR

OPPO CyberReal merupakan aplikasi Augmented Reality (AR) yang membangun dunia digital. Dunia digital dibangun CyberReal berdasarkan dunia fisik menggunakan teknologi OPPO Cloud. Lokalisasi dengan akurasi tinggi dan scene recognition dimungkinkan oleh teknologi kalkulasi spasial secara real-time yang mendukung aplikasi CyberReal AR. Tiga teknologi inti OPPO pada strategi 3+N+X, yaitu hardware, software dan teknologi layanan juga mendukung rekonstruksi dunia secara tepat. 

Baca juga: OPPO Perkenalkan Strategi 3+N+X pada INNO DAY 2020

Identifikasi lokasi pengguna dapat dilakukan secara real-time dan tepat setiap milidetik. Pendeteksian pengguna dilakukan dalam satuan terkecil 1 milimeter dan toleransi sudut 1°.

CyberReal adalah perpaduan komplek dari berbagai teknologi penginderaan. Aplikasi ini memanfaatkan status gabungan antara Intertia Measurement Unit (IMU), GPS, WiFi, Bluetooth dan informasi jaringan untuk menentukan suatu posisi. Kemudian kamera dan algoritma simultaneous localization and mapping (SLAM) digunakan untuk mencapai lokalisasi spasial yang akurat.

Pembelajaran semantik AI memungkinkan smartphone dengan CyberReal memahami apa yang ditangkapnya. Teknologi lokalisasi dengan akurasi tinggi secara real-time memungkinkan penentuan posisi yang lebih tepat di peta navigasi.

OPPO X 2021

Tim penelitian dan pengembangan OPPO berhasil melakukan pencapaian terkini dengan konsep perangkat layar gulung OPPO X 2021.  Produk konsep ini memungkinkan pengguna untuk memiliki format smartphone dan tablet dalam satu perangkat. Hal ini dimungkinkan dengan keberadaan inovasi layar berjenis continuously variable OLED display yang dapat memiliki dua ukuran. Layar tersebut bisa memiliki ukuran terkecil 6,7 inci dan ukuran terbesar 7,4 inci. Fleksibilitas pada layar gulung ini memberikan pilihan untuk menyesuaikan ukuran layar berdasarkan kebutuhan pengguna.

OPPO X 2021

Ketika sedang berada dalam format layar 6,7 inci, maka perangkat terasa ringkas dan mudah digenggam, serta dioperasikan dengan satu tangan. Sedangkan ketika sedang berada pada ukuran 7,4 inci, layar bisa menampilkan lebih banyak konten. Dimensi layar yang besar memungkinkan tampilan konten multimedia lebih memuaskan dan main game online lebih seru. Pengguna bebas menyesuaikan ukuran layar berdasarkan kebutuhan. Desain OPPO X 2021 ini memberikan pengalaman interaktif alami bagi penggunanya.

Produk konsep ini mengadopsi tiga paten teknologi OPPO yang dibuat dan dikembangkan sendiri oleh OPPO. Ketiga paten teknologi tersebut adalah Powertrain Roll Motor, 2-in-1 Plate dan laminasi layar berkekuata n tinggi Warp Track. Dalam proses pengembangan OPPO X 2021 ini, berbagai pengalaman dikumpulkan, termasuk hak paten. Khusus OPPO X 2021, sudah diajukan 122 paten, dari paten tersebut 12 di antaranya berkaitan dengan mekanisme layar gulung.

OPPO X 2021

OPPO X 2021 adalah wujud eksplorasi OPPO dalam merumuskan smartphone masa depan. Proses eksplorasi sudah dilakukan OPPO sejak tahun 2013 saat meluncurkan OPPO N1. OPPO mengklaim bahwa perangkat tersebut merupakan yang pertama mengadopsi kamera berputar 206°. Kemudian inovasi pun dilanjutkan dengan meluncurkan Find X pada tahun 2018. Perangkat tersebut menggunakan struktur dual-track periskop inovatif dan bisa menyembunyikan kamera dan 11 komponen lain dalam smartphone.

Baca juga: Huawei Pamer Mate X Lipat dengan Layar Lebih Tangguh

Selama dua tahun berturut-turut OPPO telah berhasil menggelar OPPO INNO DAY. Pada ajang kali ini, Tony Chen menekankan bahwa OPPO berharap bisa menciptakan dunia yang penuh kebaikan melalui inovasi yang bijak. OPPO mengintegrasikan inovasi teknologi dengan sentuhan manusia untuk memberikan nilai bagi pengguna. Nilai ini mencakup teknologi personalisasi yang relevan. OPPO akan terus menggandeng para mitra untuk membangun masa depan teknologi yang lebih berorientasi untuk manusia.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email