Huawei Harapkan Kolaborasi Industri untuk Bangun Ekosistem 5G + AR Huawei Harapkan Kolaborasi Industri untuk Bangun Ekosistem 5G + AR ~ Teknogav.com

Huawei Harapkan Kolaborasi Industri untuk Bangun Ekosistem 5G + AR


Teknogav.com - Huawei menyelenggarakan Huawei “Better World Summit for 5G + AR” di Shenzhen, Tiongkok. Acara tersebut juga ditayangkan secara streaming. Pada acara tersebut, Bob Cai, CMO Huawei Carried BG mengumumkan peluncuran buku putih “AR Insight and Application Practice”. Buku putih tersebut berisi wawasan industri Augmented Reality (AR) dalam bentuk perangkat, aplikasi dan jaringan.Cai juga mengajak seluruh industri untuk bekerja sama demi ekosistem 5G + AR yang sejahtera.

Pengumuman peluncuran buku putih Huawei tersebut dilakukan saat Cai menyampaikan keynote yang berjudul “5G + AR, Mengubah Impian Jadi Kenyataan”. Pada pidatonya tersebut dikatakan bahwa 5G akan membangkitkan AR dan AR akan menyemarakkan 5G. Data Huawei dan pihak ketiga memprediksikan bahwa pasar AR akan bernilai USD300 miliar pada tahun 2025.

Baca juga: Kemkominfo dan Smartfren Laksanakan Uji Coba Teknologi 5G Tahap Kedua

Bob Cai, CMO Huawei Carried BG

“Adopsi AR besar-besaran akan diawali lima industri prioritas, yaitu edukasi, media sosial, belanja, traveling & navigasi, serta gaming. AR dapat benar-benar bisa mengaktifkan pengerucutan dunia fisik dan digital. Impian pun jadi kenyataan,” ucap Cai.

Pemanfaatan 5G + AR

Beberapa studi kasus mengenai penerapan AR oleh Huawei pun disampaikan oleh Cai. Pandemi COVID-19 menyebabkan konsumen dari seluruh dunia tak bisa mengunjungi Huawei langsung. Huawei pun menggunakan AR untuk mendemonstrasikan produk dan solusinya secara online sehingga komunikasi bisa jauh lebih efisien. Selain itu digunakan juga AR untuk persiapan 5G base station yang cepat sehingga sangat meningkatkan efisiensi penerapan.

Baca juga: Manfaat 5G, Mulai dari VR Canggih Sampai IoT Skala Besar

Pada ajang “Better World Summit for 5G + AR” ini, Cai memperagakan cara Huawei ‘memproduksi’ AR. Algoritma unik digunakan Huawei Air Photo untuk mengonversi foto 2D menjadi model 3D digital yang menyederhanakan pemodelan karakter 3D AR. Selain itu diperkenalkan juga Huawei AR Engine yang merupakan platform pengembangan AR untuk perangkat mobile. Huawei AR Engine memungkinkan pengembang hanya perlu menulis 10 baris pemrograman untuk menciptakan efek AR. Hal ini sangat meningkatkan efisiensi dalam pengembangan aplikasi AR.

Kolaborasi Semua Pelaku Industri

Sejumlah tamu penting menghadiri acara “Better World Summit for 5G +AR” dan menyampaikan keynote mereka. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • David MacQueen, Direktur Eksekutif Strategy Analytics
  • Fu Jie, Direktur Eksekutif Asosiasi AR Shenzhen
  • He Chengjian, Direktur Biro Manajemen Komunikasi Shenzhen
  • Hiroshi fukuda, CEO meleap
  • Huang He, Kepala Produksi Stasiun TV Shenzhen
  • Liang Jinhao, perwakilan dari HADO wilayah Tiongkok
  • Wei Rongjie, CEO Real Max

He Chengjian, Direktur Biro Manajemen Komunikasi Shenzhen

Mereka berbagi use case AR terkini dan pemikiran mereka mengenai tren masa depan AR. He Chengjian, Direktur Biro Manajemen Komunikasi Shenzhen menyampaikan keberhasilan Shenzhen menjadi kota yang sudah terjangkau jaringan 5G SA secara penuh. Layanan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yang direpresentasikan oleh AR berpotensi bisa diadopsi di lintas industri yang luas. Beberapa sektor industri tersebut termasuk dekorasi rumah, e-commerce, edukasi, kebudayaan, layanan kesehatan, olahraga, pariwisata, produksi, dan real estate. Penerapan AR menjadi mesin utama untuk transformasi digital dan merombak metode produksi, serta kehidupan sehari-hari.

Baca juga: Ericsson Indonesia dan XL Axiata Uji Coba Teknologi 5G di Jakarta

Seluruh pelaku industri harus bekerja bersama untuk menciptakan ekosistem 5G + AR. Hal ini merupakan pesan yang disampaikan Cai saat menutup pidatonya.

“Jika ingin pergi cepat, pergilah sendiri, jika ingin pergi jauh, pergilah bersama. Pengembangan AR membutuhkan seluruh pelaku industri untuk bekerja bersama dan menciptakan rantai nilai 5G + AR yang makmur. AR dan 5G digabungkan di waktu yang tepat,” ucap Cai.

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email