Pinhome Gelar Property Academy untuk Edukasi Berinvestasi di Sektor Properti Pinhome Gelar Property Academy untuk Edukasi Berinvestasi di Sektor Properti ~ Teknogav.com

Pinhome Gelar Property Academy untuk Edukasi Berinvestasi di Sektor Properti

Teknogav.com – Pinhome menyelenggarakan webinar Property Academy bertajuk ‘Yuk, Mulai Berinvestasi Properti! Mengenal Serba-serbi Properti” bagi para jurnalis. Penyelenggaraan acara tersebut dilakukan secara online pada Rabu, 18 Mei 2022 dan diikuti 28 jurnalis dari seluruh Indonesia. Materi pada webinar tersebut dibawakan secara ringkas oleh Verlita Panca Satria, Head of Agent Account Management Pinhome.

tahap-tahap mencari properti

Sejumlah topik dibahas oleh Panca, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • tahapan pencarian properti
  • tantangan dalam membeli rumah, setidaknya ada empat, yaitu pekerjaan tetap, pendapatan tetap, lokasi, gaya hidup dan pola pikir
  • menentukan tujuan membeli properti
  • menentukan prioritas preferensi dalam memilih properti jika anggaran terbatas
  • jenis properti dan karakteristiknya
  • kelebihan dan kekurangan investasi properti
  • menentukan anggaran properti berdasarkan kemampuan

Baca juga: Data Lamudi.co.id Ungkap Pertumbuhan Permintaan Properti yang Tinggi

jenis-jenis properti dan karakteristiknya

Panca memaparkan bahwa ketika lokasi properti sudah cocok, nyaman dan dekat akses transportasi, maka harga jadi nomor dua. Biasanya properti dengan lokasi yang bagus, maka harga properti tersebut pun sudah tinggi. Pinhome menyediakan daftar properti dengan berbagai preferensi dan lokasi.

Kelebihan investasi di setiap jenis properti

Menurut Panca, harga properti biasanya naik 10% atau 15% dibandingkan tahun sebelumnya, sehingga menjadikannya investasi paling aman. Ini karena kenaikan gaji per tahun terkadang tak setinggi kenaikan harga properti. Saat membeli properti juga penting untuk menentukan tujuannya. Setidaknya ada tiga tujuan berbeda dalam membeli properti, yaitu sebagai berikut:

  • Tempat tinggal atau untuk investasi
    • Jika untuk investasi, sebaiknya dekat dengan perkantoran, industri dan universitas
    • Jika untuk tempat tinggal, pertimbangkan aksesibilitas ke kantor dan tempat yang sering dituju sehari-hari
  • Tempat tinggal sendiri atau dengan keluarga
    • Jika untuk tinggal sendiri, luas bangunan bukan menjadi pertimbangan utama
    • Jika untuk keluarga perlu mempertimbangkan luas bangunan, aksesibilitas pasangan ke kantor dan rayon sekolah anak
  • hunian sementara atau hunian permanen
    • Jika untuk sementara, pertimbangkan harga jual dan daya jual atau sewa
    • Jika untuk hunian permanen, pertimbangkan keberadaan ruang untuk properti bertumbuh  
Baca juga: Pinhome dan SMF Berkolaborasi Permudah Masyarakat Miliki Rumah

Kekurangan investasi di setiap jenis properti

Ketika anggaran terbatas, maka penting untuk menentukan prioritas preferensi dalam memilih properti. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan dalam memilih properti. Seringnya calon pembeli properti harus memilih salah satu dan mengorbankan aspek lainnya. Berikut ini adalah beberapa pertimbangan dalam memilih properti:

  • Lokasi, yaitu dengan mementingkan kedekatan jarak properti dengan tempat-tempat yang sering dituju. Anggaran terbatas tak lantas memperkecil pergaulan. Jadi penting untuk mempertimbangkan keberadaan beberapa meeting point untuk bertemu relasi, kolega dan lain-lain.
  • Luas tanah atau bangunan, penting untuk memprioritaskan faktor ini untuk mengakomodasi kebutuhan ruang yang lebih besar.
  • Fasilitas umum yang mencakup fasilitas penunjang kebersihan, keamanan dan penunjang kegiatan anak-anak penting untuk dipertimbangkan
  • Aksesibilitas seperti keberadaan transportasi umum atau jalan tol menuju area yang sering dikunjungi
  • Lingkungan yang baik, yaitu mencakup lingkungan sosial, ruang terbuka hijau, komunitas dan tetangga yang guyub
  • Berbagai preferensi tersebut bisa didapatkan pada hunian dengan anggaran terbatas, sehingga perlu melakukan pertimbangan dan riset pada hunian yang diincar.

Cicil di Pinhome

Pada webinar dipaparkan juga mengenai program #CicilDiPinhome oleh Aliananda Lubis, Project Manager Pinhome. Program #CicilDiPinhome menawarkan alternatif skema pembelian rumah dengan metode cicilan 1-20 tahun tanpa komitmen untuk menempati. Kehadiran program ini dapat mengatasi masalah yang dihadapi saat mengajukan KPR untuk pembelian rumah. 

skema program #CicilDiPinhome
Aliananda Lubis, Project Manager Pinhome

Baca juga: Program CicilDiPinhome Mudahkan Masyarakat Berpenghasilan Rendah Miliki Rumah

Program Cicil di Pinhome didukung proses yang fleksibel dan tidak ribet. Tujuan program ini adalah untuk memudahkan calon pembeli rumah membeli rumah dengan mudah dengan proses yang sangat simpel. Konsumen cukup menentukan rumah idaman yang indin dimiliki yang ada dalam daftar Pinhome di website dan aplikasi. Rumah yang ada di dalam daftar Pinhome sudah dikurasi dengan baik, jadi legalitas, kondisi dan lokasi pasti sudah terjamin. Khusus program Cicil di Pinhome, rumah-rumah yang tersedia adalah rumah-rumah yang dimiliki Pinhome. Kepemilikan awal properti ini atas nama PT Pinhome, sehingga legalitasnya jelas.

“Jika konsumen sudah pasti ingin membeli rumah, konsumen bisa menghubungi tim sales kami untuk bertanya lebih lanjut. Setelah itu, konsumen bisa mengirimkan dokumen persyaratan seperti KTP, NPWP, bukti penghasilan, serta membayar booking fee. Nantinya proses ini akan dibantu juga melalui aplikasi oleh agen. Setelah booking fee, kami juga memberi jangka waktu kepada konsumen untuk membayar first payment, bentuknya sama seperti DP,” ucap Aliananda.

Setelah konsumen sudah membayar first payment, Pinhome akan membantu membuat jadwal penandatanganan program cicilan. Kemudian rumah pun dapat ditempati, konsumen tinggal membayar cicilan setiap bulan sampai lunaas.

Property Academy by Pinhome menyelenggarakan kelas webinar secara rutin. Tema-tema yang diusung mencakup Property, Finance, dan Lifestyle yang menghadirkan pakar-pakar properti dan pembicara-pembicara yang kompeten di bidangnya. Selain itu, Property Academy juga memiliki komunitas sebagai wadah para anggota berdiskusi dan berkonsultasi langsung dengan pakar properti Pinhome. Komunitas dapat berinteraksi langsung di platform Telegram Komunitas Property Academy.

Share:

Artikel Terkini