Shopee Berbagi Tips Ciptakan Konten Makanan yang Menggugah Selera Shopee Berbagi Tips Ciptakan Konten Makanan yang Menggugah Selera ~ Teknogav.com

Shopee Berbagi Tips Ciptakan Konten Makanan yang Menggugah Selera


Teknogav.com – Shopee menyelenggarakan BincangShopee 7.7 Mega Elektronik Sale yang menghadirkan fotografer makanan dan pembuat konten sebagai narasumber. BincangShopee ini membahas tren dan cara berkreasi dalam membuat konten makanan yang menarik. Para narasumber yang dihadirkan adalah MGDALENAF yang berprofesi sebagai pembuat konten san Silva Sandiarini yang merupakan fotografer makanan.

Media sosial awalnya merupakan platform untuk berbagi tulisan dan terhubung dengan kerabat. Kini fungsi media sosial pun berkembang menjadi platform untuk berbagi segala jenis konten, termasuk konten foto dan video. Selain itu media sosial pun kerap dijadikan sumber informasi, termasuk konten kuliner atau yang berkaitan dengan makanan. Seiring perkembangan jenis konten ini, maka makin banyak orang yang berkreasi dalam karya visual.

Baca juga: ShopeePay Berbagi Tips Fotografi Kuliner dari Food Blogger

Mengabadikan makanan yang akan disantap dalam bentuk foto maupun video telah menjadi salah satu tren yang berkembang. Konten-konten makanan memang menarik dan menggugah selera, sehingga fotografer makanan dan pembuat konten makanan pun banyak dicari. Putri Lukman, Head of Electronics & FMCG Shopee Indonesia mengungkapkan bahwa banyaknya konten makanan merupakan peluang dan wadah kreasi. Para pehobi fotografi dapat memanfaatkan hal ini untuk menciptakan konten dengan objek makanan.

Shopee pun menggelar acara talk show BincangShopee 7.7 Mega Elektronik Sale - Gugah Selera Lewat Kreasi Konten Makanan. Narasumber acara ini adalah MGDALENAF, pembuat konten dan Silva Sandiarini, fotografer makanan.

Silva Sandiarini, fotografer makanan

“BincangShopee ini merupakan dukungan untuk masyarakat agar dapat menuangkan kreativitasnya dalam pembuatan konten dan mendapatkan inspirasi serta trik yang tepat. Kami harap inisiatif dalam menyambut hari puncak 7.7 Mega Elektronik Sale, dapat melahirkan kreator-kreator baru dari dalam negeri. Inisiatif ini juga diharapkan makin memperkaya kreasi konten visual,” ucap Putri Lukman.

Pada acara BincangShopee tersebut, para narasumber membahas tips dalam membuat konten makanan. Mereka akan memberikan cara jitu dalam membuat konten visual dengan objek makanan yang menarik. Membuat konten makanan terlihat mudah, siapa pun dapat membuat konten hanya berbekal smartphone dan kamera. Tetapi untuk menghasilkan konten makanan yang menarik dibutuhkan teknik tertentu.

MGALENAF, pembuat konten

“Ketertarikan dan suka mengabadikan makanan yang dimakan bisa jadi awal menjadi kreator konten makanan, sama seperti aku saat memulai dulu. Setelahnya baru kamu bisa mulai pelajari teknik-teknik untuk membuat hasil visualnya lebih menarik agar objek makanan nya dapat menggugah selera. Jangan lupa selain teknik dan skill, alat-alat fotografi atau videografi yang dipakai juga bisa membantu hasil konten kamu. Momen Shopee 7.7 Mega Elektronik Sale tepat sekali bagi yang mau investasi alat-alat dan perlengkapan elektronik untuk mempercantik konten makanan. Kapan lagi kan beli barang elektronik sambil dapat keuntungan?” ucap MGDALENAF.

Baca juga: Tips Fotografi Makanan dengan Samsung Galaxy A33 5G

Silva Sandiarini yang merupakan fotografer makananan pun berbagi tips dan trik untuk membuat konten makanan yang menggugah selera. Berikut ini adalah tips-tips tersebut.

Tips Membuat Konten Makanan yang Menggugah Selera

1.    Siapkan peralatan fotografi atau videografi yang tepat

Persiapan peralatan fotografi dan videografi yang tepat akan membuat sesi pengambilan gambar menjadi efektif. Tentunya hal yang paling utama adalam menyiapkan kamera, baik untuk menghasilkan foto maupun video. Kamera yang digunakan bisa kamera profesionaln maupun smartphone dengan kamera memadai. Lensa yang tidak terlalu wide seperti lensa 50 mm, 85 mm dan 105 mm dapat digunakan untuk hasil visual maksimal menggunakan kamera profesional.

Properti pendukung seperti triplek dan karton putih pun diperlukan untuk latar belakang, demikian juga properti lain. Beberapa properti lain untuk mempercantik bisa berupa daun kering, variasi mangkuk dan piring. Gunakan juga tripod untuk membantu menopang kamera dan smartphone sehingga konten yang dihasilkan stabil.

2.    Teknik pencahayaan yang sesuai

Pencahayaan merupakan salah satu unsur terpenting dalam pengambilan gambar. Teknik pencahayaan yang tepat dapat meningkatkan hasil visual yang diinginkan. Berikut ini adalah beberapa teknik penggunaan cahaya:

  • Natural Lighting merupakan teknik yang paling mudah digunakan karena menggunakan cahaya alami seperti matahari untuk mempercantik makanan
  • Artificial Lighting atau pencahayaan buatan dapat digunakan jika lokasi pengambilan gambar tak mendapatkan cahaya matahari alami yang baik.

Posisi cahaya akan mempengaruhi hasil visual, serta tone dan mood dari visual tersebut. Nuansa visual dengan banyangan foto tak menyeluruh dapat diciptakan dengan meletakkan pencahayaan dari samping objek atau side light. Teknik pencahayaan dari belakang objek atau rim light maupun cahaya dari ¾ objek atau oval light juga bisa digunakan. Semua teknik tersebut dapat disesuaikan dengan nuansa yang diinginkan.

tips membuat fotografi makanan kreatif

3.    Tentukan sudut pengambilan gambar

Saat sesi pengambilan gambar, harus cermat menentukan bagian makanan yang akan ditonjolkan untuk mendapatkan hasil maksimal. Salah satu caranya adalah dengan mengatur sudut pengambilan gambar agar hasil visual dapat membuat audiens tertarik mencicipi makanan.

Sudut pengambilan gambar makanan terbaik adalah 0°, 10-20°, 45°, dan 90° maupun dari sudut sejajar mata atau eye-level. Contohnya untuk memperlihatkan seluruh isi piring nasi campur dengan bermacam lauk pauk di atas piring, dapat menggunakan sudut 45°.

Baca juga: Transaksi dengan Youtap di Drive-Thru McDonalds Naik 4 Kali Lipat

4.    Percantik Sentuhan Akhir dengan plating dan properti

Properti pendukung yang tertata rapi dan penataan makanan di piring atau mangkuk pun dapat menambah visual dari konten. Teknik food styling yang tepat memungkinkan untuk menghasilkan visual maksimal dari objek makanan. Langkah awalnya adalah dengan memahami objek makanan, lalu susun properti pelengkap sesuai penempatan agar terlihat presisi pada hasil akhir konten. Contoh properti pelengkap yang bisa digunakan adalah piring, peralatan makanan seperti garpu dan sendok, cut board kayu dan lain-lain. Semua properti ini harus disesuaikan dengan jenis makanan untuk mendapatkan hasil visual yang lebih menarik.

Kampanye Shopee 7.7 Mega Elektronik Sale akan berlangsung sampai 7 Juli 2022. Manfaatkan berbagai penawaran menarik di kampanye tersebut untuk melengkapi kebutuhan elektronik untuk mendukung kreasi konten. Tersedia juga Garansi Ori Cicilan 0%, Pesta Diskon 77%, dan Gratis Ongkir Semua Toko untuk berbagai kategori produk elektronik. Informasi mengenai kampanye Shopee 7.7 Mega Elektronik Sale ini dapat dilihat pada tautan ini.

Share:

Artikel Terkini