Practicum Gelar Bootcamp Online untuk Penuhi Kebutuhan Tenaga Kerja Digital Practicum Gelar Bootcamp Online untuk Penuhi Kebutuhan Tenaga Kerja Digital ~ Teknogav.com

Practicum Gelar Bootcamp Online untuk Penuhi Kebutuhan Tenaga Kerja Digital


Teknogav.com - Practicum merupakan perusahaan bootcamp digital online yang mendukung mereka yang ingin mendalami dunia teknologi. Berbagai kemampuan yang dibutuhkan di bidang analisa data, data science dan web development diajarkan oleh Practicum. bootcamp online yang digelar oleh Practicum ini berstandar Internasional sehingga siap mencetak lulusan yang terampil digital yang siap kerja. Tentunya ini dapat memenuhi kebutuhan 17 juta tenaga kerja terampil digital sampai tahun 2030 seiring dengan pesatnya pertumbuhan ekonomi digital.

Hasil penelitian World Economic Forum yang melibatkan beberapa negara menujukkan bahwa pekerjaan paling diminati tahun 2021 dapat dilakukan jarak jauh. Data tersebut juga mengungkap bahwa 84% pengusaha berencana memperluas kerja jarak jauh. 

Daftar pekerjaan paling diminati di tahun 2021
Sumber: https://www.weforum.org/agenda/2021/02/most-in-demand-jobs-2021/

Baca juga: Huawei dan Kemenaker RI Berkolaborasi Kembangkan dan Sertifikasi SDM Indonesia 

Saat ini 80% perusahaan besar Indonesia mencari tenaga ahli yang memiliki pengetahuan dalam bidang Digital terutama terampil di bidang Data. Ini karena Data merupakan elemen terpenting dalam menjalankan semua lini bisnis di masa sekarang dan mendatang. Selain itu hampir semua startup teknologi di Indonesia dan dunia membutuhkan tenaga kerja yang memiliki pengetahuan dalam bidang ini.

Penyebab Kendala Kurangnya Tenaga Terampil Digital

Tingginya kebutuhan akan talenta digital sayangnya tak diimbangi dengan jumlah tenaga terampil yang ada. Salah satu faktor yang menyebabkan kurangnya tenaga terampil digital adalah bahasa, karena sebagian besar pendidikan teknologi digelar dalam bahasa Inggris. Faktor-faktor lainnya adalah terbatasnya akses ke teknologi dan kurikulum yang ketinggalan karena lebih bersifat teori ketimbang praktik. Kini Practicum menyelenggarakan program bootcamp online dengan bahasa Indonesia bagi siapa pun yang ingin berkarir di bidang teknologi. Practicum juga memastikan lulusannya memiliki standar internasional dengan metode praktek menggunakan data nyata dan berasal dari studi kasus perusahaan global.

“Practicum Indonesia dibuat khusus bagi masyarakat Indonesia. Kami telah khusus membuat program dalam Bahasa Indonesia untuk memudahkan siapa saja yang tertarik untuk meningkatkan kemampuan, yang ingin mendapatkan pekerjaan lebih baik di masa mendatang serta membantu memotivasi pengalihan karir ke bidang teknologi,” ucap Herdian Mohammad, Direktur Practicum Asia Tenggara.

Herdian Mohammad, Direktur Practicum Asia Tenggara

Baca juga: PINTAR Integrasikan Kursus, Kuliah dan Korporasi dalam Satu Platform

Practicum telah berhasil diluncurkan secara internasional, termasuk Amerika Serikat dan Eropa. Berbagai program yang ditawarkan Practicum berdasarkan profesi Data Scientist, Data Analyst dan Web Developer banyak diminati fresh-graduate dan profesional. Para lulusan baru di seluruh dunia tersebut tertarik pada bidang teknologi dan ingin meningkatkan keahlian. Mereka ingin bertumbuh dan bekerja di lingkungan modern. 

Dalam kurun dua tahun, lebih dari 5.000 tenaga terampil digital telah dicetak Practicum. Hampir 80% alumni Practicum langsung mendapat pekerja setelah lulus tanpa pendidikan teknis. Sejumlah 70,4% alumni Practicum pun berhasil mendapatkan pekerjaan tanpa memiliki pengalaman bidang TI sebelumnya. Practicum telah berhasil menempatkan para alumni mereka di perusahaan teknologi ternama seperti Apple, Google, Cisco, Microsoft, Nielsen, Spotify dan lain-lain. Para lulusan di Amerika Serikat dan beberapa negara bagian Eropa pun telah dibantu Practicum untuk meningkatkan karir mereka.

Baca juga: Terampil Sediakan Modul Pelatihan Bersertifikat dengan Trainer Terkemuka

Penghargaan dari berbagai pengulas kursus online dunia di bidang data dan digital yang telah diterima Practicum

 
Tahun ini, Practicum masuk dalam salah satu program terbaik di dunia The Best 41 Online Bootcamps yang diterbitkan website CourseReport.com.

Share:

Artikel Terkini