Terampil Sediakan Modul Pelatihan Bersertifikat dengan Trainer Terkemuka Terampil Sediakan Modul Pelatihan Bersertifikat dengan Trainer Terkemuka ~ Teknogav.com

Terampil Sediakan Modul Pelatihan Bersertifikat dengan Trainer Terkemuka

Teknogav.com – Terampil merupakan platform pelatihan daring yang mampu menyesuaikan keterampilan penting yang perlu dikuasai dengan kebutuhan seseorang. Serunya pelatihan-pelatihan tersebut disajikan secara menarik oleh trainer-trainer ternama dengan kualitas tinggi.  Sebelum diluncurkan secara resmi pada 5 Oktober 2021 yang bertepatan dengan Hari Guru Sedunia, Terampil sudah beroperasi sejak Juni 2021.

“Mimpi kami ketika mendirikan Terampil adalah menjadikannya sebagai Sarana Utama untuk pembelajaran dan peningkatan keahlian. Sarana ini ditujukan untuk para lulusan universitas sebagai persiapan memasuki dunia industri dan para profesional muda yang ingin meningkatkan kariernya. Selain itu juga untuk pelaku usaha (entrepreneur) yang ingin membesarkan usahanya. Upaya ini dilakukan agar mereka bisa bersaing dan bertumbuh di industri yang sangat kompetitif di masa kini dan masa depan,” ucap Amrullah Azmy, Chief Executive Officer (CEO) Terampil.

Baca juga: Huawei dan Kemendikbud Berkolaborasi Dukung Transformasi SDM Digital di Kampus-kampus

Amrullah Azmy, Chief Executive Officer (CEO) Terampil

Terampil mengusung tagline ‘Your Future Starts Now‘ yang merupakan ajakan bagi generasi muda untuk mulai mempersiapkan masa depan yang cerah. Ajakakn tersebut tentunya dengan mengembangkan diri di Terampil. Harapannya tagline tersebut dapat menginspirasi dan memacu generasi muda untuk mengembangkan diri.

Peserta pun tak perlu bingung memilih pelatihan, karena sebelumnya bisa mengikuti short assessment  yang dapat diikuti secara gratis. Fungsi short assessment adalah untuk mengetahui aspek yang perlu dikembangkan untuk meningkatkan karir dan mengetahui profil diri secara singkat. Short assessment ini cocok diikuti pembelajar, orang yang baru memasuki dunia kerja atau profesional muda.

Setelah mengikuti pelatihan, perserta dapat mengikuti post-test untuk menguji pemahaman materi yang dipelajari. Jika hasil tes sesuai kualifikasi, maka peserta bisa mendapatkan sertifikat yang bisa diunduh langsung dari platform Terampil. Kerennya lagi pada setiap sertifikat tersebut dibubuhi barcode yang menjamin keabsahan sertifikat tersebut. Sertifikat ini bisa dipakai saat melamar kerja atau meningkatkan karir.

Baca juga: Huawei Gelar Program Sertifikasi untuk Penuhi Kebutuhan SDM TIK Kompeten

Visi Terampil

Data dari ADB Papers on Indonesia 2016 menunjukkan bahwa 52% dari pekerja formal di Indonesia memiliki kualifikasi di bawah rata-rata. Sementara itu 8 dari 10 perusahaan kesulitan mendapatkan lulusan yang siap pakai. Penyebab hal ini adalah terbatasnya akses pada pelatihan praktis, ketidaktahuan mengenai keterampilan yang harus dimiliki dan biaya pelatihan yang tinggi. Selain itu juga tidak ada link & match antata universitas dan dunia industri. Beberapa skill yang penting pun belum diajarkan di kampus-kampus. Berdasarkan penelitian Terampil tahun 2020, terungkap bahwa informasi detail mengenai ekspektasi dunia industri terhadap lulusan simpang siur dan tidak spesifik.

Data United Nations Development Programme (UNDP) menunjukkan bahwa Indeks Pembangunan Manusia Indonesia tahun 2010-2020 hanya 0,78% per tahun. Sementara itu nilai indeks Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia tahun 2020 hanya 0,54%. Nah, demi meningkatkan kualitas SDM Indonesia, platform pelatihan pengembangan kualitas diri dan keahlian profesional pun menjadi solusi, termasuk Terampil.

Baca juga: Huawei Dukung SMK Persiapkan SDM Berkualitas dengan Pelatihan TIK

Terampil sendiri memiliki visi untuk membangun generasi terampil yang siap bersaing secara global. Hal ini tentunya membuat Terampil berperan dalam membangun Indonesia di sisi pendidikan SDM. Fokus Terampil adalah menyediakan modul training berkualitas yang selalu diperbarui setiap bulan sesuai kebutuhan industri dan pasar. Materi yang disediakan Terampil tak hanya teori, tetapi langsung bisa diterapkan secara efektif dan efisien di lingkup profesional dan bisnis.

Materi dan Metode Pelatihan di Terampil

Sejak beroperasi penuh di bulan Juni 2021, Terampil sudah berkolaborasi dengan 100 praktisi dan pakar yang berpengalaman di bidangnya. Pelatihan di Terampil juga dilengkapi dengan Forum Diskusi, Live Q&A, dan short assessment. Setiap materi pelatihan di Terampil dibuat berdasarkan nilai-nilai dan jiwa intrapreneurship sehingga dapat memotivasi peserta yang mengikutinya. Mereka dapat proaktif, dan berinisiatif untuk menunjang karir dan masa depan.

Berikut ini adalah tujuh kategori pelatihan yang tersedia di terampil:

  1. Personal Foundation
  2. Business Foundation
  3. Marketing & Branding
  4. Sales
  5. Operation & Technology
  6. Finance & Accounting
  7. Human Capital

Pada setiap kategori tersebut terdapat berbagai materi pelatihan dengan nilai-nilai intrapreneurship yang dikemas dengan modul praktis untuk dipilih. Materi-materi tersebut praktis untuk diterapkan dan sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Saat ini sudah terdapat lebih dari 2.500 video pelatihan dengan animasi dan ilustrasi menarik yang tersedia secara on-demand. Pada setiap modul pelatihan terdapat Forum Diskusi untuk membahas materi tersebut. 

Baca juga: Program Pelatihan Cakap Teacher Academy Siap Asah Kompetensi Pengajar

coach Yohanes G. Pauly

Metode Hybrid Learning di Terampil mencakup Intra-Active dan Inter-Active yang membedakan Terampil berbeda dengan platform lain. Peserta pelatihan dapat lebih aktif meningkatkan kapasitas diri dengan metode intra-active. Sedangkan metode inter-active memungkinkan peserta aktif berinteraksi langsung dengan sesama peserta dan trainer dalam Forum Diskusi dan Live Q&A. Fitur Live Q&A memungkinkan peserta untuk berinteraksi langsung dengan trainer dan perta lain menggunakan audio.

Salah satu trainer pada fitur Live Q&A ini adalah coach Yohanes G. Pauly dengan jadwal Senin sampai Jumat pukul 08.00 sampai 08.30 WIB. Diskusi mendalam pada Live Q&A ini akan meningkatkan pemahaman peserta. 

pilihan paket Terampil

Trainer dan Cara Ikut Serta

Para trainer di Terampil berasal dari berbagai perusahaan seperti Google, Xiaomi, Lazada, Indofood, BCA, DANA, dan Halodoc. Beberapa di antaranya pun merupakan trainer terkemuka yang sudah tak asing lagi seperti Helmy Yahya, Tompi dan Ade Rai. Bagi yang berminat untuk bergabung menjadi trainer Terampil pun bisa mendaftarkan diri untuk nantinya dikurasi sesuai kualifikasi.

Baca juga: Tips Belajar Bahasa Inggris yang Santai, bahkan Bisa Sambil Rebahan!

Saat ini Terampil telah melayani lebih dari 10.000 peserta dari seluruh Indonesia. Bagi yang berminat untuk ikut serta, bisa mengunjungi website www.terampil.com atau mengunduh aplikasi di smartphone. Aplikasi terampil dapat diunduh melalui Google Play dan App Store. Tersedia free trial sebanyak lima video pelatihan untuk pengguna baru lho.

“Kami ingin Terampil bukan sekadar menjadi platform pelatihan online pilihan utama dari masyarakat. Lebih dari itu, kami ingin Terampil menjadi selayaknya guru dan orang tua yang bangga apabila anak didik kami sukses meraih cita-citanya dan mendapatkan masa depan yang cerah. Di sisi bisnis, kami bermimpi Terampil menjadi salah satu edutech unicorn yang membanggakan Indonesia,” ucap Amrullah. 

Share:

Artikel Terkini