Review ROG Strix SCAR 17 (G733Z), Tangguh dengan Intel® Core™ i9-12900H Review ROG Strix SCAR 17 (G733Z), Tangguh dengan Intel® Core™ i9-12900H ~ Teknogav.com

Review ROG Strix SCAR 17 (G733Z), Tangguh dengan Intel® Core™ i9-12900H


Teknogav.com – ASUS memperkuat ROG Strix SCAR 17 (G733Z) dengan prosesor Intel terkini, yaitu Intel Core Seri H Generasi ke-12. Tak tanggung-tanggung, prosesor yang digunakan adalah Intel® Core™ i9-12900H. Desain ROG Strix SCAR 17 pun masih kental dengan nuansa gaming. Fitur-fitur khas ROG Strix seperti Keystone II dan Armor Cap yang bisa dikustomisasi pun kembali hadir di ROG Strix SCAR 17.

Kinerja grafis laptop gaming ini pun makin gahar dengan kartu grafis diskret sampai NVIDIA® GeForce RTX™ 3080 Ti. Namun pada review kali ini, kartu grafis yang digunakan adalah NVIDIA® GeForce RTX™ 3070 Ti. Keandalan tampilan grafis juga ditunjang fitur inovatif MUX Switch dan teknologi Adaptive Sync yang menjamin tampilan game terlihat mulus.

Kestabilan kinerja setiap komponen pada ROG Strix SCAR 17 pun dijaga oleh sistem pendingin ROG Intelligent Cooling™. Sistem pendingin ini dirancang khusus untuk mendinginkan semua komponen penting agar kinerja tetap prima. Pada setiap tombol keyboard disematkan RGB LED, sedangkan pada bagian bawah bodi terdapat RGB bezel glow.

Ketersediaan port pada ROG Strix SCAR 17 pun cukup lengkap. Port yang tersedia mencakup USB 3.2 tipe-A, USB tipe-C, HDMI dan jack audio combo 3,5 mm. Konektivitas nirkabel pun sudah didukung teknologi Wi-Fi 6E yang merupakan teknologi Wi-Fi terkini.

Desain dan Konektivitas ROG Strix SCAR 17

Dimensi ROG Strix SCAR 17 cukup besar, yaitu 395 x 282 x 23,4 mm dengan bobot 2,9 kg. Kendati demikian dimensi dan bobot tersebut sepadan dengan ukuran layar yang memang cukup besar, yaitu 17 inci. Logo ROG yang berkilau merah dan keunguan terlihat mentereng di belakang layar berukuran 17,3 inci laptop gaming ini.Selain itu, di bagian bawah bodi terdapat RGB bezel glow yang menegaskan kehadiran ROG Strix SCAR 17 sebagai laptop gaming.

ASUS ROG Strix SCAR 17 (G733Z) dengan port pada sisi belakang

Nuansa gaming pada ROG Strix SCAR 17 ini terasa kental dengan keberadaan RGB LED di setiap tombol keyboard. Tombol pada keyboard ini menggunakan desain chiclet berwarna hitam dengan warna huruf abu-abu transparan. Setiap tombol memiliki backlit RGB yang nyalanya dapat diatur per zona dengan aplikasi Armoury Crate. Keyboard ini sangat responsif dan cepat, demikian juga touchpad yang terletak di bawahnya yang responsif dan akurat saat digunakan menelusuri website atau dokumen.

keyboard ASUS ROG Strix SCAR 17 (G733Z)

Fasilitas konektivitas pada ROG Strix SCAR 17 lengkap sesuai kebutuhan para gamer, termasuk opsi konektivitas nirkabel dengan teknologi terkini. Uniknya ROG Strix SCAR 17 menyediakan port di ketiga sisinya, yaitu di sisi kiri, kanan dan belakang. Di sisi kiri terdapat dua port USB 3.2 tipe-A dan jack audio combo 3,5 mm. Sementara itu di sisi kanan hanya terdapat slot Keystone yang bisa menyimpan pengaturan profil. Keystone II dan Armor Cap pada laptop gaming ini pun bisa dikustomisasi.

sisi kiri ROG Strix SCAR 17 (G733Z)

sisi kanan ROG Strix SCAR 17 (G733Z)

Beralih ke sisi belakang terdapat port HDMI 2.1, Thunderbolt 4, port USB 3.2 tipe-C, port gigabit ethernet dan port daya.Biasanya gamer lebih mengandalkan port ethernet untuk koneksi internet yang lebih stabil. Istimewanya port Thunderbolt 4 ini dapat dihubungkan dengan berbagai perangkat kelas profesional dan monitor beresolusi tinggi. Kehadiran Thunderbolt 4 ini membuat ROG Strix SCAR 17 hadir sebagai mesin gaming tangguh sekaligus penunjang produktivitas yang andal. Port USB tipe-C pun sudah didukung dengan teknologi power delivery sehingga mendukung pengisian daya, bahkan bisa pakai power bank juga.

Koneksi internet nirkabel pada ROG Strix SCAR 17 pun mumpuni berkat modul Wi-Fi 6E terbaru. Jika dibandingkan teknologi Wi-Fi 6, maka Wi-Fi 6E memiliki opsi koneksi di frekuensi 6 GHz yang lebih cepat dan stabil. Latensi di frekuensi 6 GHz ini lebih rendah dibandingkan latensi pada frekuensi 5 GHz dan 2,4 GHz.

Tampilan Layar dan Audio

Layar pada ROG Strix SCAR 17 yang di-review ini memiliki resolusi 2.560 x 1.440 piksel dengan refresh rate 240 Hz. Selain itu tersedia juga opsi layar dengan resolusi 1.920 x 1.080 piksel dengan refresh rate 300 Hz. Tampilan layar ini memang tidak begitu terang, tetapi terlihat tajam dan kaya warna. Kinerja tampilan layar pun begitu mulus dan maksimal saat digunakan untuk main game dan nonton video. Waktu respon layar ini 3 milidetik dengan teknologi Adaptive Sync yang mencegah efek tearing dan stuttering.

ASUS ROG Strix SCAR 17 (G733Z)

Sayangnya pada tepi atas layar belum disematkan webcam. Audio pada ROG Strix SCAR 17 pun menyajikan kinerja yang memukau. Saat memutar musik, suara bass yang dihasilkan terdengar dalam, kencang dan jernih. Pengalaman audio yang didukung Dolby Atmos ini terdengar sempurna.

Kinerja ROG Strix SCAR 17

Seperti telah disebutkan di awal, ROG Strix SCAR ini dibekali dengan prosesor Intel® Core™ i9-12900H. Peluncuran prosesor ini dilakukan pada kuartal pertama tahun 2022. Prosesor ini menggunakan pemrosesan berbasis Intel 7 dengan konfigurasi core yang terdiri dari Performance Core (P-core) dan Efficient Core (E-core). P-core bertugas memproses tugas-tugas berat, sedangkan E-core akan menjalankan tugas-tugas ringan secara efisien dan hemat daya. Perpaduan P-Core dan E-core menghasilkan prosesor hybrid yang berkinerja tinggi dan optimal untuk gaming dan pembuatan konten, sekaligus hemat daya. 

Baca juga: Jajaran Prosesor Intel Core™ Generasi ke-12 Siap Penuhi Berbagai Kebutuhan

Intel® Core™ i9-12900H memiliki 14 inti yang terdiri dari 6 P-core dan 8 E-core, serta 20 thread. Kecepatan clock prosesor ini dapat dimaksimalkan sampai 5 GHz. Kinerja prosesor tersebut didukung oleh RAM DDR5 4800 MHz berkapasitas 32 GB (2 x 16 GB). Tentu saja teknologi DDR5 ini memiliki kecepatan lebih tinggi dari DDR4, sehingga dapat meningkatkan frame rate. Kemampuan ini juga turut mendukung pengalaman gaming yang lancar tanpa stuttering.

Beralih ke grafis, ROG Strix SCAR 17 yang diuji ini menggunakan dua prosesor grafis. Kedua prosesor grafis tersebut adalah Intel Iris Xe Graphics yang terintegrasi dan NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti. Kendati demikian tersedia varian dengan kartu grafis sampai NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti.

NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti adalah kartu grafis high end yang diluncurkan pada akhir Mei tahun 2021. Kartu grafis diskret ini diproduksi menggunakan proses 8 nm dan berbasis prosesor grafis GA104 yang mendukung DirectX 12 Ultimate. Teknologi ini menjamin seluruh game modern berjalan mulus di kartu grafis GeForce RTX 3070 Ti. 

Kemampuan DirectX 12 Ultimate juga menjamin dukungan hardware-raytracing, variable-rate shading dan lain-lain. Pada kartu grafis ini terdapat 48 raytracing acceleration core dan dipasangkan dengan memori GDDR6X berkapasitas 8 GB. Kecepatan clock kartu grafis ini 1.575 MHz yang bisa di-boost sampai 1.770 MHz dengan memori yang berjalan di 1.188 MHz. Tentu saja GeForce RTX 3770 Ti ini memiliki kinerja lebih baik jika dibandingkan GeForce RTX 3770.

Media penyimpanan pada ROG Strix SCAR 17 menggunakan SSD NVMe PCIe Gen 4 x 4. Teknologi ini yang mampu mengakses file dan memuat aplikasi dengan cepat dibandingkan generasi sebelumnya. Daya tahan baterai ROG Strix SCAR 17 ini cukup baik. Saat digunakan untuk menelusuri website saja bisa bertahan sekitar 6,5 jam.

Baca juga: ASUS ROG Strix SCAR 17 Special Edition, Laptop Gaming Tangguh

MUX Switch

Pengalaman gaming pada ROG Strix SCAR 17 makin baik dengan kehadiran fitur MUX Switch. Fitur ini merupakan chip khusus untuk mengatur jalur data visual. MUX Switch dapat menampilkan data visual dari kartu grafis diskret langsung di layar tanpa melalui prosesor atau kartu grafis terintegrasi. Ketika laptop sedang bekerja dengan kartu grafis diskret seperti saat bermain game, maka MUX Switch dapat meningkatkan kinerja sekitar 10-30%.

Sistem Pendingin

Kinerja tangguh ROG Strix SCAR 17 dijaga tetap stabil dengan sistem pendingin yang mumpuni yang didukung Intelligent Cooling™. Sistem pendingin ini dirancang khusus untuk mendinginkan semua komponen penting dalam laptop gaming ini.

ROG Intelligent Cooling™ dibekali berbagai fitur eksklusif untuk mengoptimalkan proses pendinginan dan tetap hening. Fitur ini termasuk Arc Flow Fans™ yang merupakan kipas yang dirancang khusus untuk menghasilkan aliran udara lebih baik. Kipas ini dilengkapi 84 bilah yang dapat mengurangi kebisingan sehingga dapat bekerja lebih hening. Selain itu ROG Intelligent Cooling™ juga dibekali dengan liquid metal conductonaut extreme sebagai thermal compound. Bahan ini menggantikan thermal paste berbahan silikon yang kurang optimal dalam menghantarkan panas.

Berbagai teknologi canggih pada sistem pendingin ROG Intelligent Cooling™ membuat ROG Strix SCAR  17 beroperasi optimal dengan kinerja maksimal. Ketika suhu CPU dan GPU kedua laptop ini berada di bawah 50⁰C, kipas akan otomatis berhenti berputar. Pada kondisi tersebut pendinginan dilakukan secara pasif.

Benchmark

Kini saatnya menguji ROG Strix SCAR 17 dengan beberapa aplikasi Benchmark. Pada uji coba menggunakan PC Mark 10, skor keseluruhan yang diperoleh ROG Strix SCAR 17 adalah 8.062. Angka ini lebih tinggi jika dibandingkan ROG Zephyrus Duo 15 SE bertenaga AMD Ryzen 9 5900HX yang meraih skor 7.235. 

Baca juga: Review ROG Zephyrus Duo 15 SE, Laptop Gaming Pendukung Kreativitas

Nilai Essential ROG Strix SCAR 17 juga lebih tinggi dari ROG Zephyrus Duo 15 SE, masing-masing adalah 11.126 dan 10.536. Skor tersebut menunjukkan keandalan untuk mengerjakan tugas-tugas sederhana. Keduanya meraih nilai yang luar biasa tinggi jika dibandingkan nilai batas kinerja baik, yaitu 4100. Jika dilihat dari kategori jenis kerja, berikut ini adalah rincian skornya.

Hasil benchmarking dengan PC Mark 10

Pada pengujian benchmarking menggunakan PassMark, nilai yang diperoleh cukup lumayan yaitu 5.518, sedangkan skor rata-rata hanya 2.813. Jika dilihat dari benchmarking CPU, nilai yang diperoleh ROG Strix SCAR 17  adalah 19.034. Sementara nilai rata-rata kinerja CPU secara global hanya 7.267.

skor uji kinerja dengan PassMark
skor uji CPU dengan PassMark

Berdasarkan peringkat prosesor yang disusun PassMark, kinerja Intel® Core™ i9-12900H berada di posisi teratas.

peringkat prosesor yang disusun PassMark

Pada benchmarking grafis memakai PassMark, nilai yang diperoleh untuk 2D Mark dari ROG Strix SCAR adalah 666. Nilai di atas rata-rata perangkat secara global, yaitu 604. Sedangkan untuk 3D Mark nilai yang diperoleh adalah 8.505, jauh lebih tinggi dari nilai rata-rata dunia 3.856.

uji grafis 2D
uji grafis 3D

Jika dilihat dari kinerja memori, skor yang diperoleh adalah 2.412, lebih tinggi dari rata-rata 1.781. Terakhir dalam pengujian di PassMark adalah DiskMark, skornya 30.842 yang jauh di atas rata-rata dunia 3.664.

uji memori
uji diskmark

Ketika melakukan uji coba dengan GeekBench, skor kinerja inti prosesor untuk single core adalah 4.428 dan multi core 32.142.

Benchmarking ROG Strix SCAR 17 G733Z dengan Geekbench 4

Rincian nilai hasil uji menggunakan CPU-Z adalah sebagai berikut:

CPU-Z ASUS ROG Strix SCAR 17

Harga yang dibanderol pada ASUS ROG Strix SCAR 17 ini adalah Rp46.408.000. Nampaknya harga ini sepadan dengan kinerja luar biasa yang diusungnya, bahkan ketangguhan tersebut pun terbukti pada hasil benchmark.

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ROG Strix SCAR 17 di Blibli
Klik untuk membeli ROG Strix SCAR 17 di Tokopedia

Kelebihan

Keistimewaan ROG Strix SCAR 17 ini tentu saja pada penggunaan prosesor Intel tercanggih saat ini, yaitu Intel® Core™ i9-12900H. Prosesor grafis yang diusung pun mumpuni dengan NVIDIA GeForce RTX 3070 Ti. Keandalan ROG Strix SCAR 17 ini tak hanya ditujukan bagi gamer, tetapi juga para pembuat konten. Teknologi RAM yang menunjang kinerja prosesor pun tercanggih dengan DDR5. Kapasitas RAM tersebut pun begitu lapang dengan 32 GB. Media penyimpanan dan konektivitas pun sudah menggunakan teknologi terkini.

Tampilan layar pun luar biasa menyajikan pengalaman yang begitu mendalam, ditambah audio yang didukung Dolby Atmos. Keyboard pun begitu nyaman digunakan dan tampil dengan dukungan RGB khas gaming. Daya tahan baterai pun cukup mumpuni untuk laptop gaming.

Kekurangan

ROG Strix SCAR 17 ini belum dibekali dengan webcam internal. Bobotnya pun cukup berat untuk ditenteng ke mana-mana.

Spesifikasi ROG Strix SCAR 17 (G733Z)

CPU

Prosesor 12th Gen Intel® Core™ i9-12900H 2,5 GHz (24M Cache, sampai 5,0 GHz, 14 cores: 6 P-cores and 8 E-cores)

Sistem Operasi

Windows 11 Home

Memori

DDR5 4800 MHz 2 x 8 GB

Media Penyimpanan

SSD PCIe® 4.0 NVMe™ M.2 2 TB/1 TB

Layar

17.3”, FHD (1920 x 1080) 16:9, IPS-level, 100% sRGB, 360Hz, 3ms, Adaptive Sync, Mux Switch

17.3”, QHD (2560 x 1440) 16:9, IPS-level, 100% DCI-P3, 240Hz, 3ms, Adaptive Sync, Mux Switch

Grafis

NVIDIA® GeForce RTX™ 3080 Ti Laptop GPU

NVIDIA® GeForce RTX™ 3070 Ti Laptop GPU

NVIDIA® GeForce RTX™ 3060 Laptop GPU

Input/Output

1x 2.5G LAN port, 1x Thunderbolt™ 4 support DisplayPort™, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery + G-SYNC, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x 3.5mm Combo Audio Jack

Kamera

ROG GC21 External Webcam (1080p, 60fps)

Konektivitas

Wi-Fi 6E(802.11ax)+Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2

Audio

AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification, Smart Amp Technology

Baterai

90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimensi

39.5 x 28.2 x 2.34 ~ 2.83 cm

Bobot

2,9 kg

Warna

Hitam

Harga

Rp66.999.000 (Core i9 / RTX 3080 Ti / 2x16GB RAM / 2TB SSD)

Rp46.408.000 (Core i9 / RTX 3070 Ti / 2x16GB RAM / 1TB SSD)

Rp35.399.000 (Core i9 / RTX 3060 / 2x8GB RAM / 1TB SSD)

Garansi

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Share:

Artikel Terkini