VMware Resmikan Digital Innnovation Hub di Singapura VMware Resmikan Digital Innnovation Hub di Singapura ~ Teknogav.com

VMware Resmikan Digital Innnovation Hub di Singapura


Teknogav.com – VMware meresmikan kehadiran Digital Innovation Hub di Singapura. Harapannya Digital Innovation Hub ini dapat mendukung perusahaan-perusahaan mewujudkan cara bekerja masa depan. Peresmian Digital Innovation Hub VMware ini dilakukan Alvin Tan, Menteri Negara Perdagangan dan Industri, yang merangkap Menteri Negara Kebudayaan, Masyarakat dan Pemuda. Kehadiran Alvin Tan tersebut mewakili pemerintah Singapura. Selain itu, hadir juga Chad Norberg, Economic Unit Chief dari Kedutaan Besar Amerika Serikat.

Pemerintah Singapura memang sangat aktif menggerakkan perwujudan inisiatif smart nation di Singapura melalui agenda kebijakan digital yang kuat. Langkah pemerintah Singapura tersebut sangat diapresiasi VMware. Harapannya Digital Innovation Hub di Singapura ini dapat memicu pertumbuhan di kawasan Asia Tenggara. 

Alvin Tan, Menteri Negara Perdagangan dan Industri, yang merangkap Menteri Negara Kebudayaan

Baca juga: Gandeng Mitra Terkemuka, Ini Solusi Hybrid Cloud VMware 

Sebelumnya, VMware telah mengembangkan fasilitas Virtual Briefing Centers di sembilan negara. Lokasi fasilitas-fasilitas tersebut berada di Bangalore, Beijing, Tokyo dan Sidney untuk daerah Asia Pasifik. Digital Innovation Hub akan melengkapi fasilitas Virtual Briefing Centers yang sudah dikembangkan terlebih dahulu tersebut. Harapannya Hub ini dapat berperan sebagai hub teknologi yang berkembang pesat, sehingga dapat mendukung perusahaan-perusahaan menerapkan cara bekerja masa depan. 

Digital Innovation Hub VMware ini dibangun di lokasi strategis Singapura yang menurut laporan KPMG merupakan pusat inovasi layaknya Silicon Valley. Lokasi tersebut merupakan gerbang utama bagi bisnis dalam mengakses seluruh pasar di kawasan Asia Tenggara. Harapannya hub ini dapat mendorong perusahaan menerapkan kerangka kerja dan solusi teknologi dalam mengatasi tantangan tersendiri di seluruh kawasan. 

“Kami berkomitmen mendukung untuk mempercepat perusahaan melaksanakan visualisasi dan implementasi peta jalan digital mereka. Hal ini seiring menyambut ASEAN menjadi kekuatan baru ekonomi digital bernilai USD1 triliun di tahun 2030 dan sebagai pusat inovasi. Digital adalah masa depan, terutama bagi bisnis. Kami berharap dapat menciptakan lini edge yang bersaing bagi pelanggan kami melalui pengembangan platform yang aman untuk mendukung eksperimen,” ucap Paul Simos, Vice President dan Managing Director untuk Kawasan Asia Selatan dan Korea.

Pelanggan dapat merasakan pengalaman layaknya di masa depan, teknologi bisa dikembangkan dahulu dalam sistem sebelum benar-benar diterapkan di dunia nyata. Hub ini memungkinkan untuk mengantisipasi ke depan dan memiliki otonomi penuh pada setiap siklus inovasi yang dikembangkan. Peranti-peranti canggih seperti digital whiteboarding, virtual reality (VR) dan radio-frequency identification (RFID) tersedia pada hub ini.

Virtual Briefing Center

Solusi-solusi bisnis VMware juga bisa diakses para pimpinan bisnis menggunakan Virtual Briefing Center (VBC). Mereka dapat berkolaborasi bersama pakar-pakar lain di bidangnya atau mengunjungi zona-zona demi untuk menyelenggarakan rapat secara hybrid atau virtual. Ketika melakukan rapat secara hybrid, tersedia layar seukuran dinding yang dilengkapi kontrol sentuh untuk navigasi dan papan tulis interaktif. Peranti-peranti canggih tersebut diharapkan dapat memicu tercetusnya berbagai gagasan, sehingga diskusi bersama peserta lain yang hadir secara virtual lebih kolaboratif. Selain itu tersedia pula ruang-ruang multifungsi untuk berkolaborasi dan digital lounge privat yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

demo penggunaan Virtual Briefing Center

Gagasan-gagasan brilian dapat tercetus dan didiskusikan dengan dukungan fitur dan teknologi masa depan yang terdapat di VBC. Perusahaan dapat mengembangkan petajalan dalam menghadirkan solusi bagi bisnis dalam mengatasi tantangan-tantangan utama yang dihadapi saat ini dan mendatang. Berikut ini adalah sejumlah penerapan yang tersedia di empat zona demi untuk melihat berbagai opsi yang tersedia:

  • Penerapan Teknologi Informasi (TI) terkini di hub digital dengan gambaran lingkungan kerja masa depan
  • Percepatan kehadiran pengalaman digital bagi karyawan
  • Perwujudan Zero IT dan Tanzu Labs
  • Perwujudan inovasi dengan Tanzu Labs
Baca juga: VMware Tanzu Kini Makin Andal dan Dapat Diakses Gratis
demo penggunaan Virtual Briefing Center

Digital Innovation Lab di Singapura terhubung dengan seluruh VBC VMware lain yang tersebar di seluruh dunia. Perusahaan pun bisa terhubung dengan pakar-pakar dan tim teknis dari berbagai lokasi. Harapannya penerapan solusi-solusi yang tepat untuk setiap kebutuhan pelanggan dapat mengatasi kendala teknis dan rancangan petajalan teknologi yang dikustomisasi. Teknologi-teknologi, konsep dan pilot project terkini dapat diuji coba para pemimpin perusahaan sebelum peluncuran resmi. Hub ini berperan sebagai sandbox inovasi dalam membangun inovasi konsep-konsep baru dan mendukung transformasi pengembangan petajalan.

VMware juga memperkenalkan kembali kantor baru di Singapura yang dirancang ulang dengan serangkaian fasilitas baru. Berbagai fasilitas tersebut mendukung kolaborasi dan otonomi sehingga menyediakan serangkaian pilihan bagi karyawan dalam bekerja. Kantor baru ini merupakan bentuk komitmen berkelanjutan sebagai pusat inovasi dan inklusivitas di kawasan. 

Baca juga: VMware Luncurkan Jajaran Solusi untuk Percepat Inovasi dan Transformasi Digital

demo seorang karyawan berkonsultasi dengan teknisi atas laptopnya yang rusak di ruang khusus, karyawan tersebut pun mendapat pinjaman perangkat sampai laptopnya diperbaiki sehingga tetap dapat bekerja

Peranti-peranti pemurni udara, area daur ulang, ruang yoga dengan loker, studio jamming, serta ruang ibu hamil dan menyusui pun tersedia. Penyediaan fasilitas tersebut mengusung semangat kelestarian dan inklusivitas dari kantor yang sudah disertifikasi tersebut. Keberadaan teknologi canggih yang interaktif merupakan kunci untuk memampukan perusahaan-perusahaan mengoptimalkan solusi-solusi dan kepiawaian kelas dunia VMware dalam berinovasi.

Share:

Artikel Terkini