Review HP Pavilion Aero, Laptop Super Ringan Berkinerja Tinggi Review HP Pavilion Aero, Laptop Super Ringan Berkinerja Tinggi ~ Teknogav.com

Review HP Pavilion Aero, Laptop Super Ringan Berkinerja Tinggi


Teknogav.com – HP Pavilion Aero merupakan laptop yang dirancang untuk menunjang mobilitas dengan bobotnya yang begitu ringan. Bobot HP Pavilion Aero ini bahkan kurang dari 1 kg. Keistimewaan lain dari HP Pavilion adalah fitur-fitur yang ramah lingkungan. Sementara keandalan kinerjanya mengandalkan prosesor AMD Ryzen 7 5800U yang berkinerja tinggi menggunakan arsitektur Zen 3.

Kepedulian HP terhadap lingkungan diterapkan pada HP Pavilion Aero. Bahan-bahan yang digunakan pada laptop ini menggunakan bahan daur ulang pasca-konsumen dan limbah plastik di lautan (Ocean-bound plastics). Jaminan laptop ini ramah lingkungan pun diperkuat dengan sertifikasi ENERGY STAR dan EPEAT® Gold registered. Pewarnaan laptop pun menggunakan cat berbasis air yang lebih aman bagi manusia. Seluruh kotak dan kemasan laptop ini menggunakan bahan ramah lingkungan dan dapat didaur ulang sesuai kampanye Sustainability yang diusung HP.

HP Pavilion Aero

Kendati memiliki dimensi mungil dan ringan, HP Pavilion Aero dibekali dengan pilihan konektivitas yang lengkap. Port yang tersedia mencakup port HDMI, port USB tipe-A, port USB tipe-C, jack audio 3,5 mm dan port daya. Sementara itu dari sisi koneksi nirkabel sudah menggunakan koneksi Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.2. Seluruh keandalan HP Pavilion Aero ini dibanderol dengan harga Rp14 jutaan.

Kinerja AMD Ryzen 7 5800U

HP Pavilion Aero ditenagai prosesor AMD Ryzen 7 5800U yang ditujukan untuk laptop tipis dan ringan. Prosesor ini memiliki delapan inti dan 16 thread dengan kecepatan clock dasar 1,9 GHz dan dapat di-boost sampai 4,4 GHz. Produksi AMD Ryzen 7 5800U menggunakan metode 7 nm pada arsitektur Zen 3. Arsitektur Zen 3 menawarkan instructions per clock (IPC) yang lebih tinggi secara signifikan diibandingkan dengan Zen 2. 

Pemrosesan grafis pada HP Pavilion Aero ini menggunakan GPU AMD Radeon yang terintegrasi. GPU tersebut memiliki delapan inti dengan kecepatan sampai 2000 MHz.  AMD Ryzen 7 5800U memiliki TDP (Thermal Design Power) 15 watt dan ditujukan untuk laptop kelas menengah. TDP ini bisa dikonfigurasi 10 sampai 25 W oleh vendor laptop. Ini berarti prosesor ditujukan untuk laptop yang tipis dan ringan tetapi masih menggunakan kipas.

Baca juga: Ini Jajaran Laptop dengan Prosesor Mobile AMD Ryzen 5000 Series 

Kinerja prosesor ini didukung oleh RAM DDR4 3200 MHz dengan kapasitas 16 GB. Media penyimpanan notebook ini lapang dan dapat diakses dengan cepat berkat SSD PCIe NVMe M.2 berkapasitas 512 GB. Audio pada laptop ini didukung speaker stereo ganda dengan teknologi Bang & Olufsen. Pengaturan audio pada laptop ini dapat menggunakan HP Audio Boost yang dapat menyeimbangkan kenyaringan, kejernihan, dan meningkatkan bass. Fitur ini juga menyediakan mode otomatis untuk beralih dari suara, ke musik, dan ke film demi pengalaman audio terbaik.

Desain HP Pavilion Aero

Layar HP Pavilion Aero berukuran 13,3 inci dengan bezel yang cukup tipis sehingga dimensinya pun ringkas. Rasio aspek layar 16:10 sehingga ruang kerja di layar terasa lebih lapang. Layar ini pun flicker-free atau bebas kedipan sehingga lebih nyaman untuk mata.

HP Pavilion Aero

Bodi laptop ini terasa kokoh dengan bahan full magnesium, namun tetap ringan. Dimensi laptop ini hanya 29,7 x 20,9 x 1,69 cm, bobotnya pun kurang dari 1 kg, hanya 963 gram. Pada bingkai atas layar terdapat webcam berupa kamera HP Wide Vision 720p HD yang memiliki mikrofon dual array digital terintegrasi. Sayangnya pada kamera tersebut belum dilengkapi dengan shutter fisik untuk mendukung privasi.


Logo khas HP dengan pola bundar mengkilap menghias cover belakang layar laptop. Pada sisi kiri laptop terdapat port HDMI, port USB tipe-A, port USB tipe-C dan jack audio 3,5 mm. Sementara itu di sisi kanan laptop terdapat port daya dan port USB tipe-A. Demi menjaga laptop tetap tipis, kedua port USB tipe-A ini menggunakan desain engsel untuk membuka permukaan port lebih luas.

sisi kiri HP Pavilion Aero
sisi kanan HP Pavilion Aero

Desain keyboard cukup nyaman digunakan untuk mengetik dengan desain tombol chiclet. Untuk membantu mengenali tombol di tempat gelap, bisa menyalakan backlit keyboard dengan menekan F4. Tingkat terang backlit ini bisa diatur terang atau agak redup. Number pad tidak tersedia pada keyboard, sehingga untuk mengetik angka cukup mengandalkan tombol-tombol angka yang ada di barisan atas.

keyboard dan touchpad pada HP Pavilion Aero

Beralih ke bawah keyboard, terdapat touchpad yang cukup luas dan sudah mendukung multi-touch. Pada touchpad ini tidak disertai dengan tombol klik fisik, pada touchpad pun tak ditandai batas klik kanan dan klik kiri. Lebar touchpad ini melebihi tombol spasi pada keyboard. Di samping kanan touchpad, tepatnya di kanan bawah keyboard terdapat sensor sidik jari untuk mendukung keamanan pada laptop. Sensor sidik jari ini sudah terintegrasi dengan Windows Hello sehingga memudahkan untuk mengakses laptop tanpa harus mengetikkan kata sandi.

Perangkat Lunak

Sistem operasi yang digunakan pada HP Pavilion Aero sudah menggunakan Windows 11 Home. Perangkat lunak lain yang sudah dibekali pada laptop termasuk Microsoft Office Home and Student 2019, serta McAfee LiveSafe.

Baterai

Sumber daya pada HP Pavilion Aero ini menggunakan baterai Li-ion polymer 3-cell berkapasitas 43 Wh. Ketika baterai dalam kondisi daya penuh, maka dapat digunakan sekitar 9 jam 45 menit. Pengisian daya pada laptop ini menggunakan 65 W Smart AC power adapter.

Benchmark

Beberapa aplikasi Benchmark digunakan untuk menguji coba HP Pavilion Aero ini. Uji coba pertama menggunakan PC Mark 10, dan memperoleh nilai keseluruhan 4.282. Skor tersebut jauh lebih tinggi dari HP EliteBook 735 G6 yang menggunakan AMD Ryzen PRO 3700U dengan skor 3,225. Kendati demikian skor tersebut masih di bawah Lenovo IdeaPad Slim 3 15ALC6 dengan prosesor AMD Ryzen 7 5700U. Skor yang diperoleh Lenovo IdeaPad Slim 3 15ALC6 tersebut adalah 5.320.

Nilai Essential yang diperoleh cukup tinggi, yaitu 8.811, jauh di atas nilai batas kerja baik, yaitu 4100. Parameter Essential ini menunjukkan keandalan saat mengerjakan tugas-tugas sederhana. Berikut ini adalah rincian skor berdasarkan kategori jenis kerja.

PC Mark 10 HP Pavilion Aero

Benchmarking berikutnya dilakukan menggunakan Pass Mark. Skor yang diperoleh untuk kinerja sistem adalah 4.716, Nilai ini di atas Lenovo IdeaPad Slim 3 15ALC6 dengan prosesor AMD Ryzen 7 5700U yang memperoleh nilai 4.524.Keduanya memperoleh skor di atas nilai rata-rata, yaitu 2.814.

skor uji kinerja dengan PassMark

Beralih ke kinerja CPU, skor yang diperoleh adalah 16.496. Nilai ini di atas Lenovo IdeaPad Slim 3 15ALC6 dengan prosesor AMD Ryzen 7 5700U yang memperoleh skor 15.365. Tentu saja keduanya memperoleh nilai ini jauh di atas nilai rata-rata 7.270.

skor uji CPU dengan PassMark

Baca juga: Review Lenovo IdeaPad Slim 3 15ALC6, Andalkan Ryzen 7 5700U

PassMark juga membuat peringkat prosesor dari beberapa data prosesor yang ada. Tampak bahwa kinerja AMD Ryzen 7 5800U di atas Intel Core i7-10750H dan Apple M1 8 Core. Kendati demikian masih di bawah AMD Ryzen 7 5800H.

peringkat dengan CPU Mark


Dari sisi grafis, skor benchmarking menggunakan PassMark menghasilkan skor 736 untuk 2D Mark. Nilai ini di atas rata-rata dunia yaitu 604. Sedangkan skor yang diperoleh untuk 3D Mark adalah 2.532. Sayangnya nilai 3D Mark ini di bawah rata-rata 3.858.

Uji grafis 2D

Uji grafis 3D

Kinerja memori cukup baik dengan skor 1.901 yang berada di atas rata-rata dunia 1.781. Sedangkan nilai DiskMark adalah 24.484 yang jauh di atas rata-rata dunia 3.668.

Uji RAM

 

Uji Disk Mark

Pengujian kinerja prosesor juga dilakukan dengan aplikasi benchmark Geekbench. Pada pengujian single-core dan multi-core pada HP Pavilion Aero memperoleh nilai masing-masing 5.679 dan 26.212. Kedua nilai tersebut juga lebih tinggi dari nilai yang diraih Lenovo Ideapad Slim 3 dengan AMD Ryzen 5700U. Nilai kinerja single-core dan multi-core pada AMD Ryzen 5700U pada Lenovo Ideapad Slim 3 adalah 5.116 dan 22.492.

Uji CPU GeekBench 4

Sementara itu pada pengujian dengan OpenCL pada Geekbench, nilai yang diperoleh HP Pavilion Aero adalah 47.853. Nilai tersebut melampaui nilai yang diraih Lenovo Ideapad Slim 3 dengan AMD Ryzen 5700U, yaitu 44.590.

Uji Open CL GeekBench 4



Ketika menggunakan aplikasi CPU-Z diperoleh rincian nilai hasil uji sebagai berikut. 

CPU-Z

Baca juga: Review HP EliteBook 735 G6, Notebook Profesional Kaya Port

HP Pavilion Aero dengan AMD Ryzen 5800U dibanderol dengan harga Rp14 jutaan. Harga ini cukup terjangkau, jika dibandingkan dengan berbagai fitur andal yang diusungnya. Bobotnya yang ringan menunjang untuk di bawa ke mana-mana. Pembelian dapat dilakukan di beberapa marketplace berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli HP Pavilion Aero di Blibli
Klik untuk membeli HP Pavilion Aero di Bhinneka
Klik untuk membeli HP Pavilion Aero di Tokopedia
Klik untuk membeli HP Pavilion Aero di Lazada
Klik untuk membeli HP Pavilion Aero di Shopee

Kelebihan

Kinerja HP Pavilion Aero begitu canggih berkat prosesor AMD Ryzen 5800U yang mentenagainya. Ketangguhan kinerja tersebut pun didukung kapasitas RAM yang cukup lapang dan media penyimpanan dengan teknologi terkini. Port yang tersedia pun cukup lengkap sehingga tak perlu membawa dongle tambahan. Bobot yang sangat ringan di bawah 1 kg pun menunjang mobilitas penggunanya. 

Keamaan pada HP Pavilion Aero pun sudah didukung dengan sensor sidik jari. Fitur ini juga mempermudah pengguna untuk mengakses laptop tanpa harus mengetik kata sandi. Keyboard pun cukup nyaman untuk mengetik, tampilannya pun didukung oleh backlit yang memudahkan mengenali karakter saat di tempat gelap.

Kekurangan

Kamera pada bingkai atas layar belum disertai dengan shutter untuk melindungi privasi. Kemungkinan desain ini demi menjaga laptop tetap ringkas. Tombol daya pada HP Pavilion Aero masih menyatu dengan tombol-tombol keyboard lain, sehingga ada risiko salah tekan.

Spesifikasi HP Pavilion Aero

Sistem Operasi

Windows 11 Home


Prosesor

AMD Ryzen 7 5800U (boost sampai 4,4 GHz, 16 MB L3 cache, 8 core, 16 thread)


Form Factor

Laptop


Memori

DDR4 3200 MHz 16 GB


Memori Internal

SSD PCIe NVMe M.2 512 GB


Layanan awan

25 GB Dropbox 12 bulan setelah pendaftaran


Layar

13,3" WQXGA (2560x1600) IPS micro edge, anti glare, 400 nits, 100% sRGB


Grafis

AMD Radeon


 

Port

1 x HDMI; 2 x USB tipe-A; 1 x USB Type-C™; 1 x  jack audio headphone/microphone combo; 1 x AC power


Audio

Bang & Olufsen, speaker dual stereo, HP Audio Boost


Webcam

HP Wide Vision 720p HD camera with integrated dual array digital microphones


Keyboard

Full-size, Touchpad HP Image Pad with multi-touch gesture support, Precision TouchPad Support


Nirkabel

Realtek Wi-Fi 6 (2x2) and Bluetooth® 5.2 combo (Supporting Gigabit data rate)


 

Jenis Catu Daya

65 watt Smart AC power Adapter


Baterai

43 Wh 3-cell Li-polymer, mampu bertahan 9 jam 45 menit


Dimensi

29,7 x 20,9 x 1,69 cm (WxDxH)


Bobot

Kurang dari 1 kg


Warna

Natural Silver dan Warm Gold


Aplikasi

Microsoft Store, One Drive, Microsoft Office Home & Student 2019, McAfee LifeSafe™


Garansi

1 tahun


Harga

Rp14.199.000



Share:

Artikel Terkini