Kemenkominfo Gelar Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Kemenkominfo Gelar Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital ~ Teknogav.com

Kemenkominfo Gelar Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital


Teknogav.com - Gerakan Nasional 1000 Startup Digital telah dicanangkan Kemeterian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama para penggerak ekosistem digital sejak tahun 2016. Tujuan gerakan ini adalah untuk meningkatkan jumlah kewirausahaan ekonomi digital di Indonesia. Harapannya, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dapat membuka kesempatan yang sama bagi calon pendiri perusahaan rintisan untuk terhubung pada ekosistem digital. Hal ini pun selaras dengan visi 'Indonesia Digital Nation 2025' yang dideklarasikan Joko Widodo, Presiden Republik Indonesia. Salah satu target transformasi digital adalah mencetak 5.000 Startup.

Jimlah wirausaha merupakan salah satu faktor pendukung yang menentukan kemajuan negara. Sampai tahun 2021, jumlah wirausaha di Indonesia baru mencapai 3,47% dari total penduduk. Gerakan Nasional 1000 Startup Digital berusaha menciptakan banyak startup berbasis digital untuk mentransformasi Indonesia menjadi negara maju dan anak muda sebagai penggeraknya. Lebih dari 100.000 calon pendiri startup telah berhasil dijaring gerakan ini sejak tahun 2016. Selain itu lebih dari 400 mentor dan 300 penggerak lokal dari berbagai sektor industri pun telah dilibatkan program ini.

Baca juga: Program Huawei AI Creation Asah Keterampilan Mahasiswa Bangun Startup

Sebelumnya Gerakan Nasional 1000 Startup hanya fokus untuk menciptakan solusi digital untuk masalah lokal. Kini gerakan tersebut juga memprioritaskan pengembangan talenta berkualitas dan membantun ekosistem startup digital yang kolaboratif dan inklulsif. Upaya ini dilakukan agar produk startup dapat menjadi inovasi dan bisnis yang berkelanjutan.

Pada tahun 2021, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital digelar di 20 daerah di Indonesia dalam beberapa tahap. Kini di tahun 2022, Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dapat diakses dari seluruh daerah dan setiap saat dengan dukungan aplikasi 1000 Startup Digital.

Program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

jadwal program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Kegiatan Gerakan Nasional 1000 Startup Digital diawali dengan serangkaian kegiatan seminar untuk menanamkan pola pikir kewirausahaan. Para calon pendiri startup juga dapat memahami mengenai startup yang dilanjutkan dengan lokakarya secara daring melalui platform Gerakan Nasional 1000 Startup Digital. Lokakarya ini akan memberikan pembekalan keahlian yang dibutuhkan untuk membangun startup digital.

Baca juga: Orbit Future Academy Sediakan Pelatihan Cloud Computing “AWS re/Start” Gratis

Tahap berikutnya adalah Hacksprint untuk membuat purwarupa produk dari gagasan solusi berbasis teknologi digital. Selanjutnya tip startup akan memasuki tahap Bootcamp yang merupakan sesi mentoring mendalam untuk menyiapkan strategi peluncuran produk. Nantinya 40 startup terpilih akan diinkubasi melalui bimbingan intensif bertajuk Hatch! Program by Gerakan Nasionall 1000 Startup Digital. Waktu inkubasi akan dilakukan selama tiga bulan untuk mempercepat produk dan traction startup.

Roadshow Gerakan Nasional 1000 Startup Digital

Gerakan Nasional 1000 Startup Digital tahun ini digelar di 17 hub di Indonesia yang mencakup 34 provinsi di Indonesia. Dalam mensosialisasikan Gerakan 1000 Startup Digital di daerah, maka dilakukan roadshow yang mencakup tiga topik utama. Ketiga topik tersebut adalah pengenalan startup, pengalaman membangun startup digital dan potensi pengembangan startup di daerah. Kegiatan roadshow ini dilakukan dengan konsep daring hybrid di setiap daerah yang mencakup seminar dan diskusi panel. Para pembicara seminar mencakup perwakilan dari pemerintah, pendiri startup, akademisi, alumni program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital dan pemain industri lain.

Baca juga: Kolaborasi Niagahoster dan IKA UM Mudahkan Penguasaan Keterampilan Digital

Roadshow di Jabodetabek dan Banten diselenggarakan pada Selasa, 16 Agustus 2022 secara daring menggunakan aplikasi zoom. Kegiatan ini terbuka untuk masyarakat umum dengan target 1.000 - 1.200 peserta dari setiap daerah. Pendaftaran roadshow dapat dilakukan melalui tautan s.id/1000Roadshow2022.

Share:

Artikel Terkini