Kolaborasi Niagahoster dan IKA UM Mudahkan Penguasaan Keterampilan Digital Kolaborasi Niagahoster dan IKA UM Mudahkan Penguasaan Keterampilan Digital ~ Teknogav.com

Kolaborasi Niagahoster dan IKA UM Mudahkan Penguasaan Keterampilan Digital


Teknogav.com – Pandemi COVID-19 picu pesatnya transformasi digital.  Penguasaan keterampilan digital pun menjadi penting agar dapat terus beradaptasi, mengembangkan kreativitas dan dapat bersaing di era digital. Tuntutan akan keterampilan digital bagi berbagai industri di Indonesia pun disampaikan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Data Bank Dunia mennjukkan bahwa terjadi kesenjangan talenta digital di Indonesia saat ini, Kebutuhan akan talenta digital mencapai 9 juta dalam kurun waktu 15 tahun,  Berbagai program keterampilan digelar pemerintah Indonesia sesuai komitmen untuk mendukung gnerasi muda mengembangkan diri.  Beberapa program tersebut adalah Kartu Prakerja, Gerakan Nasional Literasi Digital. Digital Talent Scholarship, Digital Leaderhip Academy dan Sea Labs Academy.

Baca juga: Canon Gelar Kelas Jurnalis Cilik untuk Dukung Anak-anak Pesisir

Tujuan penyelenggaraan program keterampilan digital ini adalah untuk mendukung penduduk dalam usia produktif  yang mencapai lebih dari 191 juta orang. Penduduk dalam usia produktif ini didominasi Generazi Z dan Generasi Milenial. Harapannya program-program tersebut dapat. Harapannya para penduduk di usia produktif ini dapat mengoptimalkan berbagai kesempatan digitalisasi di bermacam sektor. Perkiraannya pengembangan keterampilan digital bisa berkontribusi sebesar Rp4,434 triliun pada PDB tahun 2030.

Niagahoster Turut Berpartisipasi dalam Pengembangan Keterampilan Digital

Dalam rangka percepatan pengembangan keterampilan digital, perusahaan web hosting Niagahoter pun meluncurkan Development Program. Program ini memberikan pelatihan keterampilan digital secara gratis. Pelatihan-pelatihan tersebut mencakup website berbasis WordPress dan Laravel, SEO, design thinking, branding dan digital marketing bagi UMKM. Semua orang dapat mengikuti program ini untuk belajar dan berkembang memanfaatkan teknologi digital.

Baca juga: Niagahoster Bersinergi dengan Pemerintah Dukung UMKM Go Online

Linggar Dwi Addieningtyas, Community Program Specialist Niagahoster

“Sejalan dengan visi Niagahoster, yaitu membantu jutaan orang di Indonesia untuk memaksimalkan potensi internet, Development Program diperuntukkan bagi mahasiswa, UMKM, dan masyarakat umum yang ingin mendalami skill digital dan memaksimalkan online presence di internet,” ujar Linggar Dwi Addieningtyas, Community Program Specialist Niagahoster yang biasa dipanggil Tyas.

Niagahoster juga konsisten berkolaborasi dengan lembaga pendidikan untuk memperluas jangkauan edukasi digital ke masyarakat. Lembaga-lembaga pendidikan ini mencakup perguruan tinggi dan platform edukasi digital.

Baca juga: Niagahoster Development Programs Tingkatkan Digital Skills Masyarakat

“Development Program Niagahoster sudah berkolaborasi dengan berbagai institusi maupun edutech, dari mulai 1000 StartUp Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika, Zenius, Komunitas Guru, hingga kampus-kampus. Selanjutnya pun kami akan terus mengadakan kegiatan kolaboratif untuk memperluas jangkauan sasaran edukasi digital,” lanjut Tyas.

Kolaborasi Niagahoster x IKA UM Fasilitasi Lulusan

Para lulusan baru perguruan tinggi merupakan generasi yang dapat beradaptasi dengan teknologi informasi. Mereka membutuhkan fasilitas dan motivasi untuk mengembangkan karir dan memasuki dunia kerja secara profesional di era yang penuh persaingan ini. Demi memenuhi kebutuhan tersebut, Niagahoster dan Ikatan Alumni Universitas Negeri Malang (IKA UM) berkolaborasi menggelar program WordPress Pro Course. Pelaksanaan program WordPress Pro Course dilakukan selama lima hari selama periode 6-10 Juni 2022. Program WordPress Pro Course berhasil mencetak 90 alumni yang siap memenuhi kebutuhan talenta digital di era digital ini.

Prof. Dr. Ainin, M.Pd., Ketua IKA UM

“Kami mewujudkan visi dan misi IKA UM dengan mengembangkan berbagai program kerja. Salah satu upayanya adalah berkolaborasi dengan Development Program Niagahoster melalui program WordPress Pro Course. Melalui program ini, Niagahoster membantu menghadirkan narasumber kredible yang berpengalaman di bidang design thinking, instalasi website, layouting, dan SEO,” ucap Prof. Dr. Ainin, M.Pd., Ketua IKA UM.

Harapannya kolaborasi IKA UM dengan Niagahoster berkelanjutan demi memberikan manfaat bersama, khususnya alumni UM dan para pemuda dalam mengembangkan karir. Nur Mega Aris Saputra yang merupakan salah satu lulusan Universitas Negeri Malang yang ikut serta dalam program WordPress Pro Course.  Berkat program tersebut, Aris dapat memiliki website sendiri padahal latar pendidikan kuliahnya adalah Bimbingan Konseling.

Nur Mega Aris Saputra yang biasa dipanggil Aris

“Penjelasan dari mentor Niagahoster sangat jelas dan mudah dipahami. Awalnya saya berpikir membuat website itu sulit karena harus coding. Sekarang justru bisa memiliki
website yang saya manfaatkan untuk kebutuhan branding diri saya sendiri,” ucap Aris.

Share:

Artikel Terkini