WIR Group Bahas Teknologi Tinggi di NXC International Summit 2022 WIR Group Bahas Teknologi Tinggi di NXC International Summit 2022 ~ Teknogav.com

WIR Group Bahas Teknologi Tinggi di NXC International Summit 2022


Teknogav.com – NXC International Summit adalah program eksklusif yang digelar Nexticorn Foundation untuk mempercepat perkembangan perusahaan rintisan teknologi di Indonesia. Ajang ini digelar sejak tahun 2018, dan kini akan kembali digelar di Merusaka Nusa Dua, Bali, 31 Agustus-2 September 2022. WIR Group turut mendukung ajang ini dengan menyajikan serangkaian sesi High Level Technology Discussion dan High Level Performance Forum. Beberapa teknologi yang akan dibahas mencakup Web3 Conference & Expo, NXC Startup Conference dan NXC VC-Startup Matchmaking.

Harapannya NXC International Summit 2022 dapat mendukung percepatan perkembangan calon startup unicorn di Indonesia. Para startup Indonesia akan dipromosikan dan dipertemukan langsung dengan para investor dari berbagai negara di tiga benua. Upaya ini dilakuaun demi memikat para investor untuk berinvestasi di Indonesia. Sejumlah pembicara kelas dunia juga akan hadir berbagi analisa dan pandangan terkait perkembangan teknologi global terkini. Selain itu, mereka juga akan membahas berbagai potensi sinergi positif untuk memicu pertumbuhan unicorn-unicorn baru di Indonesia.

Baca juga: Kolaborasi APJII dan WIR Group Dicanangkan di DEWG Presidensi G20

Michael Budi, Direktur Utama WIR Group menyampaikan antusiasmenya dalam mendukung ajang NXC International Summit 2022 ini. WIR Group berharap forum tersebut dapat membuka jalan pertumbuhan generasi baru startup unicorn Indonesia di masa depan. Di acara ini, WIR Group juga akan menyediakan Experience and Exhibition Area. Pengunjung dapat merasakan dan mencoba langsung teknologi-teknologi Web3 yang mencakup Augmented Reality, Virtual Reality, Extended Reality dan berbagai teknologi lainnya. 

“Kami melihat relevansi yang kuat antara perkembangan teknologi terutama Web3 dengan munculnya startup baru, sehingga mereka dapat berjalan secara paralel. Sebagai perusahaan pengembang teknologi Augmented Reality dan Virtual Reality kami meyakini bahwa metaverse merupakan solusi digital reality yang mampu menghadirkan berbagai potensi pengembangan bisnis baik dalam hal pemasaran, pelayanan maupun penciptaan berbagai peluang yang dapat mendorong tumbuhnya startup baru di Indonesia,” ucap Michael Budi.

Baca juga: WIR Group Berencana Perkenalkan Purwarupa Metaverse Indonesia di G20

Saat ini perkembangan teknologi dan bisnis startup di Indonesia sedang mencapai kinerja terbaik. Tahun 2016 merupakan tahun kelahiran unicorn pertama asal Indonesia, dan mencapai enam unicorn pada tahun 2019. Pandemi pun memicu semangat pertumbuhan dan percepatan unicorn dengan tercatatnya 8 unicorn baru di Indonesia pada tahun 2020 dan 2021.

“Melihat besarnya potensi startup ini, kami merasa perlu mengawal dan mendukung akselerasi pertumbuhan segmen ini. Saat ini banyak startup asal Indonesia yang berstatus soonicorn. Mengingat besarnya potensi mereka, kami yakin mereka dapat berkembang menjadi lebih besar," ucap Edward Ismawan Chamdani  selaku Ketua Komite  NXC Summit dan perwakilan Yayasan Nexticorn.

Baca juga: Purwarupa Metaverse Besutan WIR Group Menarik Perhatian di WEF 2022

Dukungan bagi startup selaras dengan visi ’25 by 25’ yang disampaikan Rudiantara, Chairman Nexticorn Fondation. Sesuai namanya, visi tersebut mengejar target kehadiran 25 startup unicorn di Indonesia pada tahun 2025. Hal tersebut juga selaras dengan visi Indonesia di peta Asia yang diusung sebagai The Digital Energy of Asia.

Yayasan Nexticorn menyelenggarakan NXC International Summit setiap tahun untuk menghubungkan startup yang paling menjanjikan untuk diinvestasikan dengan para investor. Misi ajang tersebut untuk menjadikan Indonesia sebagai surga investasi digital dengan mempertemukan startup terbaik Indonesia secara langsung para investor mancanegara. Tujuannya adalah untuk mendorong kinerja para startup tersebut sampai dapat mencapai status unicorn

Potensi teknologi Web3 dan turunannya akan menjadi salah satu fokus dari acara NXC International Summit 2022 (Nexticorn). Topik tersebut akan dibahas secara mendalam dalam sesi High Level Discussion. Menurut Rudiantara, topik Web3 menarik diikuti, hal tersebut terlihat dari makain beragamnya peluang dan potensi startup menerapkan teknologi tersebut.

Baca juga: Kadin dan WIR Group Berkolaborasi Hadirkan Transformasi Digital Melalui Metaverse

Sejumlah pendukung strategis juga akan menghadiri NXC International Summit, yaitu Alpha JWC Ventures, Erns & Young Indonesia, dan Tokocrypto.  Berikut ini adalah beberapa pembicara pada ajang tersebut:

  • Benjamin Denis (EdgeGap)
  • Edward Tirtanata (Kopi Kenangan)
  • George Hendrata (Tiket.com)
  • Gwendolyn Regina (Binance)
  • Katleen Evers (The Sandbox)
  • Kevin Aluwi (Founder Gojek)
  • Tessa Wijaya (Xendit)

Selain itu hadir juga puluhan pembicara kelas dunia dari industri web3. Beberapa investor dan Top-tier Global VCs yang akan hadir adalah sebagai berikut:

  • 1982 Ventures
  • BEENEXT
  • DST Global
  • GIC
  • IFC
  • L’Catterton Partner
  • MUFG Innovation Partners
  • Saison Capital
  • Sequoia Capital

Totalnya akan ada 125 Venture Capital dari tiga benua yang akan hadir. NXC International Summit 2022 juga merupakan bagian dari serangkaian program B20 Indonesia bersama KADIN.

Share:

Artikel Terkini