Purwarupa Metaverse Besutan WIR Group Menarik Perhatian di WEF 2022 Purwarupa Metaverse Besutan WIR Group Menarik Perhatian di WEF 2022 ~ Teknogav.com

Purwarupa Metaverse Besutan WIR Group Menarik Perhatian di WEF 2022

Teknogav.com – WIR Group memamerkan purwarupa pertama sektor pendidikan di dalam metaverse pada World Economic Forum (WEF) 2022 di Davos. Purwarupa ini melibatkan pengalaman virtual reality (VR) dan augmented reality (AR). Nantinya purwarupa tersebut juga akan menggunakan teknololgi artificial intelligence (AI) dan menjadi bagian platform metaverse yang sedang dibangun WIR Group. Harapannya kehadiran sektor pendidikan dalam metaverse dapat menunjukkan kemajuan pengembangan teknologi, khususnya teknologi digital di Indonesia kepada dunia.

Tahun 2022 ini merupakan ketiga kalinya WIR Group ikut serta dalam WEF. Pada kesempatan kali ini WIR Group kembali bekerja sama dengan Kementerian Investasi/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM). Johnny Gerard Plate, Menteri Komunikasi dan Informatika pun menyampaikan dukungan untuk membangun metaverse bisnis yang lebih kuat di Indonesia. 

Baca juga: WIR Group Gandeng Cakap Hadirkan Dunia Pendidikan di Metaverse 

“PT WIR Asia Tbk, salah satu perusahaan yang menyiapkan dan berhubungan dengan metaverse hadir di sini. Pada waktu yang bersamaan, pemerintah juga sedang mempersiapkan dukungan deployment 5G di seluruh Indonesia. Saat itulah metaverse akan bertumbuh dan  berkembang pesat.  Kita tidak boleh ketinggalan dan harus mengambil inisiatif,” ucap Johnny.

Baca juga: WIR Group Berencana Perkenalkan Purwarupa Metaverse Indonesia di G20

WIR Group berpartisipasi mengisi Indonesia Pavilion di WEF 2022 untuk menunjukkan Indonesia yang modern dengan visi global dan futuristik. Michel Budi, Direktur Utama WIR Group mengungkapkan rasa terhormatnya dengan kepercayaan yang diberikan dalam mengisi Indonesia Pavilion tersebut. Kepercayaan tersebut akan dilanjutkan denagn menunjukkan keandalan teknologi metaverse yang dikembangkan sebagai karya anak bangsa yang patut dibanggakan. Ini menandakan bahwa Indonesia dapat menciptakan peluang dan siap bersaing secara global  dalam teknologi tinggi.

“Kami juga terus berupaya untuk memastikan adanya integrasi O2O (online to offline) agar terjadi kesinambungan dampak dan manfaat,” ucap Michel Budi.

WIR Group optimis teknologi metaverse dapat membantu pengembangan Pendidikan Indonesia dalam menciptakan talenta-talenta berdaya saing global. Purwarupa aplikasi teknologi metaverse untuk sektor pendidikan ditunjukkan dan didemonstrasikan WIR Group pada delegasi WEF di ajang WEF 2022 ini.

Kolaborasi Cakap dan WIR Group

Apresiasi terhadap platform e-learning Cakap pun disampaikan oleh Michel Budi. Kolaborasi Cakap dan WIR Group untuk mengembangkan sistem pembelajaran dan pendidikan dua arah membuat sistem pembelajaran daring interaktif makin menarik. Hasil kolaborasi tersebut juga memberikan pengalaman baru dengan memanfaatkan teknologi metaverse.

Baca juga: Program Pelatihan Cakap Teacher Academy Siap Asah Kompetensi Pengajar

Yohan Limerta, CTO dan Co-Founder Cakap mengatakan bahwa kolaborasi dengan WIR Group selaras dengan visi Cakap. Visi tersebut adalah meningkatkan daya saing SDM Indonesia dengan pendidikan berkualitas tinggi yang mudah diakses, diterima dan terjangkau. Saat ini Cakap memiliki lebih dari dua juta pengguna. Aplikasi pembelajaran dua arah Cakap secara online ini memberikan pembelajaran bahasa asing dan vokasi dengan menghubungkan siswa dan pakar.

Share:

Artikel Terkini