Cara Kerja Firefox Monitor dan Tips Jaga Keamanan Setelah Peretasan Cara Kerja Firefox Monitor dan Tips Jaga Keamanan Setelah Peretasan ~ Teknogav.com

Cara Kerja Firefox Monitor dan Tips Jaga Keamanan Setelah Peretasan

Teknogav.com – Selama beberapa hari ini Indonesia dibombardir berita tak mengenakkan mengenai peretasan dan pelanggaran privasi. Beberapa e-commerce mengalami peretasan data dan kini mengenai data sensitif penduduk yang diekspos KPU saat pemilu 2014 lalu. E-commerce seperti Bukalapak sepertinya memang sudah langganan diretas. Seolah tak mau kalah, tahun ini Bukalapak pun menyusul Tokopedia yang kebobolan database online mereka yang kemudian diikuti Bhinneka.

Bocornya data pengguna Tokopedia yang dijual di darkweb tentu saja sempat mengagetkan. Sejumlah 91 juta identitas pengguna dijual USD5000 atau sekitar Rp74,6 juta. Cukup mengenaskan karena satu data dijual kurang dari Rp1. Kebocoran data atau data breach ini tentu saja menimbulkan kekhawatiran.

Data breach terjadi ketika pelaku kejahatan siber mencuri, menyalin dan membongkar informasi pribadi dari akun online. Peristiwa ini dapat terjadi ketika peretas menemukan celah dari keamanan situs web. Data tersebut biasanya mencakup alamat email dan kata sandi. Tetapi bisa juga ke data yang lebih sensitif seperti nomor kartu kredit, nomor paspor dan data pribadi lain.

Mozilla merupakan salah satu perusahaan yang berkomitmen menciptakan perlindungan untuk menjaga keamanan pengguna di internet. Produk-produk Mozilla selalu dilengkapi dengan fitur-fitur baru untuk mencegah berbagai ancaman di internet.

Firefox Monitor adalah salah satu solusi yang mendukung pengguna untuk melawan kebocoran data. Solusi ini mengirimkan pemberitahuan jika mereka mengunjungi situs web yang pernah bocor. Pengguna dapat belajar mengenai langkah apa yang harus diambil untuk menjaga akun online mereka. Mereka juga menerima notifikasi bila informasi diri mereka bocor,” ucap Stan Leong, VP and General Manager of Emerging Markets, Mozilla.


Cara Kerja Firefox Monitor

  • Firefox Monitor melakukan pencarian dasar untuk menemukan informasi mengenai email yang dimasukkan apakah termasuk dalam kebocoran data tahun 2007. Sebagian besar kebocoran data akan ditampilkan, tetapi bukan data yang berisi informasi pribadi yang sensitif.
  • Jika ingin memantau email dan segera mengetahui jika data bocor, maka bisa mendaftar Firefox Account. Selain memberi notifikasi keamanan jika data di situs tertentu bocor, Firefox Account juga akan dipandu untuk melakukan pengamanan.
  • Nah, dengan adanya Firefox Monitor dan Firefox Account ini, maka pengguna bisa dengan mudan melakukan pengecekan mengenai kebocoran akun. Tools tersebut juga menyajikan informasi komponen data yang bocor. Mozilla tak membutuhkan kata sandi pengguna, jadi tak perlu khawatir adanya penyalahgunaan informasi pribadi. Setiap data menjadi anonym ketika informasi mengenai data yang bocor dikirim ke pengguna.
Tak perlu cemas jika ternyata akun pengguna merupakan bagian dari data yang bocor. Penggna tetap bisa menyelamatkan akun dari masalah kemanan. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi untuk menjaga keamanan akun.
  1. Ketahui rincian mengenai data apa saja yang bocor dari akun. Ketika sudah mengetahui data yang bocor, tetunya bisa mengambil langkah berdasarkan informasi tersebut dengan memilah informasi yang harus dilindungi.
  2. Lakukan penguncian akun dengan kata sandiri baru. Pulihkan atau tutup akun jika tak bisa mengakses akun sendiri. Jika menemukan akun tak dikenal dengan alamat email tersebut, kemungkinan situs mengganti nama. Bisa juga ada orang yang membuatkan akun baru dari akun lama.
  3. Ketika kata sandi yang sama digunakan untuk akun lain, maka ubah kata sandi tersebut. Idealnya sebenarnya jangan membuat kata sandi sama untuk setiap situs web. Sebaiknya gunakan kata sandi berbeda untuk akun keuangan, email dan situs wes lain yang menyimpan informasi pribadi.
  4. Jika data keuangan misalnya nomor rekening atau nomor kartu kredit bocor segera lapor ke bank untuk menghindari kemungkinan penipuan. Periksa selalu riwayat transaksi untuk mengawasi jika ada transaksi tak dikenal.
Lalu bagaimana jika ternyata data aman dan tidak ada kebocoran? Tetap saja perlu untuk selalu waspada. Yuk cek ke Firefox Monitor dan mendaftarkan diri untuk mempersiapkan diri jika terjadi kebocoran data kembali. Ingat untuk selalu menjaga keamanan diri dan data. Mozilla juga memberikan tips untuk menjaga privasi di internet pada tautan ini.
Share:

Follow by Email