Berbagai Kegiatan Seru Meriahkan AWS Cloud Day Indonesia 2022 Berbagai Kegiatan Seru Meriahkan AWS Cloud Day Indonesia 2022 ~ Teknogav.com

Berbagai Kegiatan Seru Meriahkan AWS Cloud Day Indonesia 2022


Teknogav.com – Amazon Web Services (AWS) menyelenggarakan AWS Cloud Day Indonesia 2022 yang digelar di Ballroom The Ritz Carlton, Pacific Place, Jakarta. Ajang ini mempertemukan para pelanggan, mitra, dan pemain kunci dari seluruh penjuru Indonesia. Berbagai kegiatan menarik memeriahkan acara, termasuk games dan demo produk. Para pembicara dari perusahaan-perusahaan terkemuka yang memanfaatkan solusi AWS dalam melakukan transformasi bisnis pun berbagi pengalaman di ajang ini.

Secara konsisten AWS bekerja sama dengan seluruh pihak untuk mewujudkan potensi Indonesia dalam mempercepat perekonomian digital. Pada AWS Cloud Day Indonesia, AWS juga berbagi mengenai informasi terkini mengenai berbagai program pelatihan AWS di Indonesia. Haris Izmee, Director, ASEAN Growth Market AWS menyampaikan komitmen dan kontribusi AWS untuk meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia. Berbagai program pelatihan dan sertifikasi yang digelar AWS merupakan upaya untuk menutup kesenjangan keterampilan dalam teknologi cloud.

Baca juga: AWS Paparkan Contoh-contoh Penerapan Machine Learning Pada Transformasi Digital

Kisah transformasi digital berbagai perusahaan terkemuka yang merupakan pelanggan AWS pun menarik untuk disimak. Berikut ini adalah beberapa pembicara yang turut berbagi pengalaman dalam melakukan transformasi digital:

  • Bharat Alva, CIO, Telkomsel
  • Herman Widjaja, CTO, Tokopedia
  • Dody Lukito, Co-Founder & CBO, Halodoc
  • Timothy Delahunty, Director of Tech, Ops & Finance, Commonwealth Bank Indonesia
  • Rivaldi Rivai, President Director, Mitra Solusi Telematika (Trakindo Group)

Dody Lukito, Co-Founder & CBO, Halodoc

Dody Lukito, Co-Founder & CBO, Halodoc menyampaikan bahwa AWS telah menjadi mitra terpercaya yang memungkinkan Halodoc berinovasi dan mengatasi masalah kesehatan masyarakat Indonesia. Jumlah penduduk Indonesia lebih dari 270 juta jiwa yang tersebar di 17.000 pulau. Sebagian besar penduduk masih mengalami terbatasnya akses terhadap layanan kesehatan. Halodoc memiliki misi untuk menyederhanakan akses ke layanan kesehatan, sehingga masyarakat dapat berkonsultasi langsung dengan dokter setiap saat dan dari mana saja. Mereka dapat memesan obat dari apotek yang berpartisipasi dan membuat jadwal kunjungan di fasilitas kesehatan.

Solusi AWS pun mendukung PT Bank Commonwealth untuk mendukung strategi digital-first untuk menyediakan layanan-layanan digital terkini bagi nasabah. Pemanfaatan solusi AWS secara optimal juga mentransformasi bisnis lending & funding tradisional. Timothy Delahunty, Director of Operations, Information Technology & Finance Bank Commonwealth juga memberikan tiga tips agar terus dapat berinovasi. Tips tersebut adalah sebagai berikut:

  • Secara aktif terus mencari perspektif orang lain. 
  • Seiring berjalannya waktu dan perkembangan teknologi, lakukan hal secara berbeda. Jangan melakukan hal yang sama menggunakan alat yang berbeda.
  • Jangan puas di zona nyaman, rasa sedikit tidak nyaman merupakan salah satu pemicu dalam berinovasi

Timothy Delahunty, Director of Tech, Ops & Finance, Commonwealth Bank Indonesia

Baca juga: JPMorgan Chase & Co Terus Lakukan Reinvent Bersama AWS 

“Kolaborasi kami dengan AWS merupakan kunci dan strategi teknologi Bank Commonwealth untuk terus berinovasi. Upaya ini dilakukan untuk memenuhi peningkatan permintaan akan layanan keuangan digital yang aman di Indonesia. AWS meningkatkan kemampuan kami untuk bereksperimen dan berkembang seiring dengan perubahan kondisi pasar dan permintaan nasabah. Kami juga dapat menghadirkan dan mempertahankan talenta-talenta terbaik Semua anggota tim TI kami telah berkesempatan menggunakan teknologi cloud secara lansung. Sementara sebagian tim pun menerima pelatihan dari AWS. Kami senang menjadi salah satu bank pertama di  kawasan Asia Tenggara yang menggunakan AWS. Kami berharap dapat memanfaatkan secara penuh semua kandalan yang ditawarkan AWS dalam menjalankan strategi kami,” ucap Timothy Delahunty.

Pemanfaatan cloud pun dilakukan Tiara Marga Trakindo (TMT) Group untuk melakukan transformasi bisnis demi mendukung pertumbuhan. Mitra Solusi Telematika merupakan bagian dari TMT Group dan unit bisnis Teknologi Informasi dan Komputasi (TIK) dari PT Mahadana Dasha Utama. Unit bisnis ini didirkan pada tahun 1999 dan melayani pelanggan dengan berbagai industri vertikal. Sektor industri ini mecakup pertambangan, manufaktur, lembaga keuangan, dealer, retail, hospitality dan logistik. Rivaldi Rivai, President Director, Mitra Solusi Telematika (Trakindo Group) memaparkan tiga driver utama dalam bermigrasi ke cloud. Ketiga driver tersebut adalah finansial, teknologi dan operasi.

Rivaldi Rivai, President Director, Mitra Solusi Telematika (Trakindo Group)

Perjalanan cloud Trakindo dimulai pada tahun 2017 dengan membuat business case dan membandingkan TCO antara cloud dan on-premise. Kemudian dilakukan peninjauan terhadap penyedia cloud yang potensial, hingga pilihan jatuh pada AWS. Transformasi digital pun dimulai TMT pada kisaran tahun 2018-2019 dengan perencanaan migrasi cloud. Pengoptimalan penggunaan teknologi ini pun dilakukan di tahun 2020-2021. Sejak tahun 2021 hingga saat ini, TMT pun terus berinovasi bersama dengan AWS untuk mengembangkan bisnisnya.

Komitmen AWS dalam Pengembangan Talenta Digital

Selain pemaparan para pembicara dari berbagai perusahaan diselenggarakan pula talk show yang dimoderasi oleh Gunawa Susanto, Country Manager Indonesia, AWS. Berikut ini adalah para narasumber dalam talkshow tersebut:

  • Ray Frederick Djajadinata, CFA - CTO, Traveloka
  • M. Yusuf Kamal, pelajar SLB Cicendo Jawa Barat  dan partisipan program Laptops for Builders 2022
  • Irvan Dandung, Alumni of Backend Developer learning path in Dicoding

Baca juga: AWS Asah Keterampilan Digital Siswa-siswi Penyandang Disabilitas dengan C4

Pada talkshow ini, M. Yusuf Kamal berbagi pengalaman saat mengikuti program Laptops for Builders 2022 dan mengasah bakatnya di bidang teknologi informasi, khususnya cloud. AWS telah berhasil melakukan pelatihan bagi 29 juta talenta digital secara global. Sejak tahun 2017, jumlah talenta digital yang berhasil dilatih di Indonesia mencapai 300 ribu. Program Laptops for Builders pun turut berkontribusi dalam jumlah tersebut.

Share:

Artikel Terkini