IBM Solutions Summit 2022, Ajang Berbagi Wawasan Transformasi Digital IBM Solutions Summit 2022, Ajang Berbagi Wawasan Transformasi Digital ~ Teknogav.com

IBM Solutions Summit 2022, Ajang Berbagi Wawasan Transformasi Digital

Teknogav.com – Setiap tahun, IBM menyelenggarakan ajang IBM Solutions Summit untuk mempertemukan mitra, pelanggan dan pemangku kepentingan lain. Mereka dapat berbagi wawasan dan pengalaman dalam perjalanan transformasi digital mereka. Kali ini, ajang tersebut digelar 8 September 2022 di The Ritz Cartlon Ballroom, Pacific Place, Jakarta. Tema IBM Solutions Summit 2022 kali ini adalah 'Leading in A Changing World'.

Dalam dunia yang berubah pesat ini, terkadang banyak faktor luar yang tak dapat dikendalikan. Kendala-kendala tersebut mulai dari kurangnya sumber daya manusia, peningkatan serangan keamanan siber, sampai model bisnis baru. Seluruh tantangan ini begitu kompleks dan sangat medesak untuk diatasi.

Pentingnya Hybrid Cloud dan AI dalam Transformasi Digital

IBM meyakini bahwa kendala-kendala tersebut dapat dipecahkan dengan hybrid cloud dan AI yang dipadukan dengan keahlian mendalam, ekosistem terbuka dan semangat ko-kreasi. IBM dan para ekosistem mitra selalu bekerja untuk menemukan, merancang, memajukan dan menskalakan teknologi yang menentukan setiap era dan menerapkannya lebih dahulu.

Baca juga: Platform Hybrid Cloud VMware Sajikan Operasi yang Konsisten

Kini hybrid cloud dan kecerdasan buatan merupakan dua kekuatan dominan yang mendorong transformasi digital di seluruh Industri. Laporan IBM Institute of Business Value (IBV) memaparkan hasil survei terhadap para CEO di Indonesia. Hasil survei menunjukkan bahwa 88% CEO meyakini bahwa cloud merupakan pendorong utama ketangkasan bisnis. Sejumlah 42% CEO pun mengakui manfaat yang ditawarkan AI terhadap bisnis mereka.

Para Pembicara Utama dan Sesi Presentasi IBM Solutions Summit 2022

IBM Solutions Summit 2022 dipersembahkan oleh ekosistem mitra yang menyajikan solusi-solusi berfokus industri, skenario dunia nyata, dan pembicara ahli. Selain itu turut hadir juga para eksekutif lain dan tokoh-tokoh industri untuk mempercepat organisasi, menciptakan ulang sistem digital organisasi, serta membangun bisnis yang lebih baik, andal dan pintar. Kini transformasi digital dipandang sebagai sumber keunggulan organisasi. Organisasi yang melakukan transformasi dapat meningkatkan produksi, menghemat biaya operasional, dan sumber daya, serta membuka lapangan kerja baru.

Baca juga: IBM Partner Solutions Summit 2021: Teknologi Percepat Digitalisasi Berbagai Industri

Berikut ini beberapa para pembicara utama yang turut memeriahkan acara IBM Solutions Summit 2022:

  • Setiaji, Kepala Kantor Transformasi Digital, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia
  • Shinta Indriyaty, Senior VP/Kepala Divisi Strategi dan Tata Kelola TI
  • Akmal Kusumajaya, Head Executive IT & CIO Astra Mobil Group
  • Cin Cin Go, Technology and Country Leader IBM Indonesia
  • Kalyan Madala, CTO IBM Technology ANZ, ASEAN, Korea

Selain pemaparan pembicara ahli, ajang IBM Partner Solusion Summit 2022 juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan lain. Kegiatan tersebut mencakup  diskusi panel dan pemaparan 20 solusi terkini dari 19 mitra IBM. Tersedia juga stan yang menawarkan berbagai solusi untuk industri perbankan, keuangan, asuransi, kesehatan, pelayanan publik, perkebunan/pertanian, telekomunikasi, manufaktur dan lain-lain.

Sesi presentasi materi pun dibagi menjadi empat track dengan masing-masing kategori sebagai berikut:

  • Tata Kelola Data dan Kecerdasan Buatan
  • Manajemen Keamanan dan Ancaman
  • Automasi Bisnis
  • Modernisasi Sistem dan Ketahanan Data

Ekosistem Mitra IBM

Di Indonesia, IBM memiliki beberapa mitra, salah satunya adalah Talian. Mitra tersebut turut berperan penting dalam perjalanan transformasi digital PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membangun pabrik pintar berbasis teknologi. Kehadiran pabrik pintar ini mampu meningkatkan efisiensi proses produksi dan memberikan layanan terbaik bagi pelanggan. ADM berkolaborasi dengan IBM melalui Talian untuk menerapkan sistem IBM Maximo Enterprises Asset Management (EAM), yaitu solusi manajemen aset perusahaan. Solusi ini dapat membantu perusahaan mengembangkan program menyeluruh untuk pemeliharaan preventif, prediktif, rutin ataupun yang tak terencana. Kemampuan solusi ini tak bergantung pada ukuran bisnis, jumlah situs atau lokasi.

Cin Cin Go, Technology and Country Leader, IBM Indonesia

“Setiap organisasi memiliki kebutuhan atas solusi teknologi yang unik, sehingga kami melihat momentum yang luar biasa. Momentum tersebut adalah saat IBM bersama ekosistem mitra kami dapat menjadi bagian dari perjalanan tranformasi digital bagi bisnis di Indonesia. Peran ini dilakukan dengan memberikan berbagai solusi teknologi terbaik untuk membantu pelaku bisnis dalam menjawab tantangan di era digital ekonomi. Di industri apa pun kesuksesan hanya terjadi dengan kolaborasi yang baik,” ucap Cin Cin Go, Technology and Country Leader, IBM Indonesia.

Solusi IBM Maximo EAM

Manajemen aset yang terintegrasi memungkinkan pemimpin perusahaan untuk mengurangi downtime sekaligus meningkatkan pendapatan, seperti saat membangun pabrik baru. IBM Maximo dapat memaksimalkan kerja ADM dalam mengendalikan aset dan memelihara infrastruktur sehingga dapat menekan risiko kegagalan sampai 1%.

ADM dapat meningkatkan angka produksi dengan pemeliharaan aset berbasis teknologi. Manajemen aset secara digital juga dapat mengurangi biaya produksi dan angka downtime, sehingga meningkatkan pendapatan perusahaan secara keseluruhan.

Akmal Kusumajaya, Head of Corporate IT Division PT. Astra Daihatsu Motor dan CIO Astra Mobil 3 Group

 “Transformasi digital di Astra dipicu juga oleh faktor eksternal, termasuk dari pemerintah yang menggaungkan mengenai transformasi digital. Cost reduction pun harus diterapkan di semua lini dan pentingnya membuat road map digital. Pembelajaran literasi digital sendiri pun tak hanya sebatas teknologi tetapi juga organisasinya. Ini merupakan tantangan dalam transformasi digital,” ucap Akmal Kusumajaya, Head of Corporate IT Division PT. Astra Daihatsu Motor dan CIO Astra Mobil 3 Group.

Akmal juga mengungkapkan bahwa IBM Maximo dapat mendukung fixed asset control dan plant maintenance untuk menunjang produksi dengan baik. Solusi IBM Maximo mendukung ADM untuk mampu menghasilkan satu mobil dalam 1,5 menit. Dalam satu bulan ADM mampu memproduksi 40.000 mobil.

Seno Hardijanto, CEO, Talian Infodinamika

“Bersama IBM, kami bangga telah menjadi bagian dari perjalanan transformasi digital di ADM. Dengan menggunakan IBM Maximo, ADM dapat menggunakan platform manajemen aset terintegrasi penuh yang menggunakan alat analitik dan data berbasis IoT untuk meningkatkan performa operasional, dan mengoptimalkan sumber daya yang ada” ucap Seno Hardijanto, CEO, Talian Infodinamika.

Share:

Artikel Terkini