Tokopedia Gelar Konferensi Teknologi START CX F1RST Summit 2022 Tokopedia Gelar Konferensi Teknologi START CX F1RST Summit 2022 ~ Teknogav.com

Tokopedia Gelar Konferensi Teknologi START CX F1RST Summit 2022


Teknogav.com – Tokopedia menyelenggarakan konferensi teknologi tahunan START CX F1RST Summit 2022 secara hybrid. Acara ini diselenggarakan pada Kamis, 8 September pukul 09.00 – 17.00 WIB. Penyelenggaraan konferensi ini secara online dilakukan di Tokopedia Academy, sedangkan secara offline di Tokopedia Tower, Jakarta. Tema yang diusung pada konferensi kali ini adalah ‘Redefining CX Strategies to Navigate the Complex Future of Business’.Sesuai tema, START CX F1RST Summit 2022 menekankan pentingnya strategi dan implementasi pengalaman pelanggan atau customer experience (CX). Strategi tersebut menggabungkan sentuhan manusia, teknologi dan data dalam lanskap usaha yang terus berkembang sehingga pelanggan puas dan loyal. 

Baca juga: Solusi Kualitas Data SAS Terdepan di Gartner Magic Quadrant

Baca juga: TCS dan Zoho Berkolaborasi Hadirkan Solusi untuk Tingkatkan Pengalaman Pelanggan

“Lewat konferensi ini, kami harap para praktisi CX dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman, serta berjejaring untuk meningkatkan kualitas strategi dan implementasi CX. Di sisi lain, para penjual dapat belajar dari praktisi industri untuk mengaplikasikan strategi dan implementasi CX yang teruji,” ucap SVP of Sales Operations & Product Tokopedia, Rudy Azhary Dalimunthe.

Konferensi START CX F1RST Summit 2022 merupakan kelanjutan dari START CX F1RST Summit 2021 yang diikuti 4.600. Pada START CX F1RST Summit 2021, ada 4.600 peserta yang hadir dengan melibatkan 30 mitra strategis. Acara tersebut telah disaksikan lebih dari 34 ribu kali melalui YouTube Tokopedia Academy. Kegiatan tersebut juga berada di bawah naungan Tokopedia Academy. Harapannya konferensi tahunan ini bisa meningkatkan semangat berinovasi dan mendorong kemajuan telenta digital di Indonesia, khususnya dalam hal pengalaman pelanggan.

Baca juga: Ini Inovasi-inovasi Aruba ESP untuk Kelola Jaringan dan Permudah Integrasi

Para tokoh CX terdepan dari berbagai industri, seperti perbankan, telekomunikasi, internet dan pemerintah pun turut menjadi pembicara pada konferensi ini. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Rudy Azhary Dalimunthe, SVP of Sales Operations & Product Tokopedia
  • Puput Hidayat, VP of Product and Seller Experience Tokopedia
  • Sri Safitri, Chairlady Indonesia Customer Experience Professional

“Manajemen CX akan berpengaruh pada kinerja perusahaan. Di era digital ini, praktisi CX perlu terus belajar untuk memastikan praktik CX-nya telah bertransformasi sesuai kebutuhan pelanggan. Hal ini demi menghasilkan dampak yang maksimal,” ucap Sri Safitri. 

Pembeli maupun penjual yang merupakan pengguna Tokopedia membutuhkan sejumlah inovasi yang mengutamakan sentuhan manusia dan teknologi untuk meningkatkan pengalaman mereka. Pembeli dapat memperoleh solusi yang lebih akurat dari Tokopedia Care berkat pengelompokan jalur penanganan pertanyaan sesuai topik. Selain itu, personalisasi CX memaksimalkan tim riset untuk selalu mendengar masukan pelanggan. Masukan tersebut dijadikan landasan dalam meningkatkan CX. Selain itu dibutuhkan juga kecerdasan buatan dan automasi dalam meningkatkan kualitas dan efisiensi pengalaman pelanggan, dan lain-lain. 

Baca juga: Solusi Kualitas Data SAS Terdepan di Gartner Magic Quadrant

Penjual pun membutuhkan self-service experience untuk memenuhi kebutuhan secara mandiri di platform Tokopedia. Kebutuhan tersebut mencakup membuka toko, membuat daftar produk, memproses pesanan, memantau kinerja, mengelola keuangan dan seterusnya. Sistem pengalaman pelanggan berbasis digital juga dapat bermanfaat bagi penjual. Para penjual bisa ikut serta dalam program edukasi atau berkomunikasi langsung dengan Relationship Manager atau Customer First Squad (CFS). Langkah ini dapat dilakukan dalam mengembangkan usaha penjual.

“Melalui START CX F1RST Summit 2022, kami berupaya untuk terus membantu para pelaku usaha di Indonesia khususnya UMKM, untuk bisa memanfaatkan teknologi dalam memberikan pengalaman  terbaik kepada pelanggan di era digital seperti saat ini,” ucap Puput.

Share:

Artikel Terkini