Ayoconnect Jalin Kerja Sama dengan Bank Mandiri dan ICON+ Ayoconnect Jalin Kerja Sama dengan Bank Mandiri dan ICON+ ~ Teknogav.com

Ayoconnect Jalin Kerja Sama dengan Bank Mandiri dan ICON+


Teknogav.com – Platform Open Finance di Asia Tenggara, Ayoconnect berkolaborasi dengan Bank Mandiri dan Icon+ untuk mendukung pertumbuhan sektor pembayaran digital. Kolaborasi tersebut dituangkan dalam perjanjian kerja sama yang ditandatangani di ajang BUMN Startup Day di ICE BSD City. Ajang BUMN Startup Day tersebut digelar selama 3 hari, yaitu 26-28 September 2022.

Sinergi antara Ayoconnect dan Bank Mandiri serta Ayoconnect dan ICON+ dilakukan untuk memperluas akses ke Open Banking dan solusi pembayaran. Upaya ini diyakini akan mempercepat misi bersama perusahaan dalam meningkatkan inklusi keuangan masyarakat sekaligus mencapai pemulihan ekonomi Indonesia. Kolaborasi dua kerja sama tersebut disambut antusias oleh Jakob Roast, founder dan CEO Ayoconnect.

“Kolaborasi dari berbagai sektor industri dan fintech memiliki potensi yang luar biasa dalam meningkatkan inklusi keuangan masyarakat. Hal ini sekaligus mengakselerasi pertumbuhan bisnis perusahaan berbagai skala. Ke depannya, kami akan terus menggandeng lebih banyak institusi untuk bergabung dalam jaringan API Ayoconnect dan berkontribusi dalam akselerasi pertumbuhan ekonomi nasional,” ucap Jakob Roast.

Baca juga: Terima Pendanaan Seri-C, Xendit Berencana Ekspansi ke Negara-negara Asia Tenggara

Baru-baru ini, Ayoconnect juga telah menyandang lisensi Payment Service Provider (PSP) atau penyedia layanan pembayaran kategori 1 dari Bank Indonesia. Lisensi tersebut menjami manfaat krediilitas, kepastian mengikuti regulasi dan kepatuhan lisensi bank sentral.

Kolaborasi Ayoconnect dengan Bank Mandiri

Kerja sama antara Ayoconnect dan Bank Mandiri mencakup biller sharing dan metode pembayaran dengan Mandiri Virtual Account. Kerja sama kedua belah pihak tersebut memungkinkan pengintegrasian lebih dari 300 produk digital dan lebih dari 1.000 perusahaan penyedia tagihan.

kiri ke kanan: Alex Jatra, Chief Financial Officer Ayoconnect; Chiragh Kirpalani, Chief Operating Officer Ayoconnect dan Timothy Utama Information Technology Director Bank Mandiri

Sinergi antara Bank Mandiri dan Ayoconnect ini dimungkinkan oleh produk API solusi pembayaran dan perbankan milik Ayoconnect. Solusi Ayoconnect tersebut membangun metode pembayaran baru dengan mengintegrasikan sistem antara sistem non-perbankan dengan bank. Harapannya fitur Mandiri Virtual Account yang dimungkinkan jaringan Ayoconnect dapat membantu lebih dari 11 juta nasabah pengguna aplikasi Mandiri Livin’.

“Kolaborasi antara industri perbankan dan fintech merupakan fondasi kuat untuk ekosistem ekonomi digital yang sehat dan kompetitif. Bank Mandiri terus berkomitmen dalam meningkatkan layanan mobile banking yang aman, mudah, dan cepat untuk mendukung produktivitas nasabah kami,” ucap Darmawan Junaidi, Direktur Utama PT Bank Mandiri (Persero) Tbk.

Baca juga: Huawei Digital Payment Cloud Solution Dukung Ekosistem Pembayaran Terpusat

Kolaborasi Ayoconnect dengan ICON+

Ayoconnect juga bekerja sama dengan PT Indonesia Comnets Plus (ICON+) yang merupakan anak perusahaan PT PLN (Persero). Kerja sama tersebut didukung dan difasilitasi Mandiri Capital Indonesia (MCI) yang merupakan investor dari Ayoconnect. Dalam kolaborasi tersebut, Ayoconnect memberikan akses ke produk-produk yang ditawarkan ICON+ ke jaringan yang dimiliki Ayoconnect. Produk-produk tersebut mencakup tagihan prabayar dan tagihan pascabayar PLN, tagihan ICONNET dan non tagihan listrik lain. Upaya ini tentunya akan meningkatkan transaksi bulanan bagi ICON+.

“Tingkat penetrasi internet di Indonesia tahun 2022 mencapai 77,02% dengan lebih dari 210 juta masyarakat terkoneksi internet. Namun demikian, 75% dari total pengguna tercatat belum memasang jaringan fixed broadband di rumah. Kerja sama strategis antara Ayoconnect dan ICON+ bertujuan tidak hanya memperluas jaringan fixed broadband yang andal dan cepat. Namun, meningkatkan pengalaman melakukan transaksi digital,” ucap Ari Rahmat Indra Cahyadi Direktur Utama PLN ICON+.

Baca juga: ShopeePay Gandeng Xendit untuk Jangkau Lebih Banyak Merchant

Tahap awal kolaborasi antara Ayoconnect dan ICON+ dilakukan dengan mengintegrasikan ICON+ ke jaringan Ayoconnect. Integrasi ini memungkinkan penawaran produk-produk digital ICON+ ke rekanan Ayoconnect. Produk-produk tersebut mencakup PLN prabayar, PLN pascabayar dan pembayaran internet Iconnect dari ICON+. Digital Products (PPOB) dan Bill Payment dari Ayoconnect juga akan diadopsi ICON+ untuk melengkapi kerja sama tahap awal. Adopsi ini dilakukan untuk memudahkan pengguna ICON+ dalam melakukan berbagai transaksi produk digital dari 25 kategori melalui aplikasi ICON+.

“Ayoconnect sangat serius dalam menggarap API Open Finance yang dikembangkannya. Hadirnya ICON+ ke dalam jajaran biller Ayoconnect mampu menambah daya tarik dan tingkat transaksi dari semua rekan di jaringan Ayoconnect. Sebaliknya, ICON+ juga bisa menambahkan berbagai produk digital yang telah tersedia di API Ayoconnect ke dalam aplikasi mereka. Kerja sama ini tentunya memberikan dampak yang sangat positif untuk kedua belah pihak,” ucap Dennis Pratistha selaku Direktur Investasi dari Mandiri Capital Indonesia.

Share:

Artikel Terkini