VMware Aria Sempurnakan Pengelolaan Multi Cloud VMware Aria Sempurnakan Pengelolaan Multi Cloud ~ Teknogav.com

VMware Aria Sempurnakan Pengelolaan Multi Cloud

Teknogav.com ¬ - VMware menyelenggarakan ajang VMware Explore 2022 di San Francisco selama 29 Agustus sampai 1 September 2022. Pada ajang tersebut, VMware melulncurkan VMware Aria, yaitu platform pengelolaan multi-cloud yang menyediakan solusi dari hulu ke hilir. Platform tersebut dapat digunakan untuk mengelola biaya, kinerja, konfigurasi sampai menghantarkan infrastruktur maupun aplikasi cloud native.

Kini makin banyak organisasi yang menjalankan aplikasi di berbagai public cloud dan edge. Penggunaan Kubernetes untuk pengelolaan dan penskalaan aplikasi modern dan cloud native pun meningkat. Pengelolaan aplikasi dan infrastruktur di multi-cloud ini begitu kompleks, baik di public-cloud maupun di lingkungan multi teknologi. Perusahaan harus bisa mengendalikan biaya, menjamin kestabilan kinerja dan konsisten mengelola kebijakan keamanan di lingkungan yang makin beragam dan terdistribusi.

Guru Venkatachalam, Chief Technology Officer for VMware's Asia Pacific and Japan business

Purnima Padmanabhan, senior vice president and general manager, Cloud Management, VMware mengungkapkan tantangan yang ada seiring makin meluasnya penggunaan multi-cloud. Tantangan tersebut dipicu pengelolaan belanja cloud secara keseluruhan, pemanfaatan sumber daya, kinerja aplikasi, keamanan dan kelaikan di berbagai lingkungan cloud. Berbagai hal tersebut menyebabkan belanja yang berlebihan, tak efisien dan meningkatkan risiko tersendiri. Developer harus melihat data biaya, kinerja, keamanan dan konfigurasi yang tersedia di peranti berbeda. Hal ini perlu dilakukan untuk memahami semua karakteristik aplikasi yang dikembangkan.

Serangkaian kapabilitas baru telah disematkan pada VMware Aria. Platform ini juga dibekali peningkatan dari kapabilitas-kapabilitas yang sudah ada sebelumnya untuk mendukung pengelolaan cloud-native dan multi-cloud pada tiga kategori. Ketiga kategori tersebut adalah VMware Aria Cost yang diperkuat Cloud Health, VMware Aria Operations dan VMware Automation. VMware Aria melengkapi dan memperluas kapabilitas pengelolaan dalam pengembangan, penghantaran, DevSecOps sampai lifecycle aplikasi-aplikasi cloud native pada VMware Tanzu.

Baca juga: VMware Tanzu Kini Makin Andal dan Dapat Diakses Gratis

VMware Aria diperkuat dengan VMware Aria Graph, yaitu teknologi penyimpanan data berbasis grafis yang dapat memangkas kompleksitas multi-cloud pelanggan. Penyederhanaan kompleksitas ini dapat dilkukan VMware Aria Graph terlepas dari jenis lingkungan cloud dan aplikasi yang digunakan, serta penggunanya. Selain itu VMware Aria juga didukung VMware Aria Hub yang memberi gambaran dan kendali terpusat untuk mengelola seluruh lingkungan multi-cloud. VMware Aria Hub juga memanfaatkan VMware Aria Graph dalam menentukan aplikasi, sumber-sumber daya, roles dan akun.

“Pendekatan VMware Aria API-first memudahkan tim pengembang, SREs dan Platform Engineering mengambil data yang relevan dari beragam sumber untuk analisis dan debugging aplikasi dengan cepat, sekaligus mampu menghadirkan visibilitas yang lengkap mengenai pembiayaan, performa, dan konfigurasi aplikasi maupun workloads di lingkungan cloud untuk tim-tim Platform Ops, IT Ops, dan Cloud Ops,” ucap Purnima Padmanabhan.

Ajang VMware Explore 2022 juga memperkenalkan solusi dari hulu ke hilir yang menduknug tata kelola dan migrasi cloud. Selain itu VMware Explore 2022 juga menyajikan wawasan bagi perusahaan sesuai skalanya.

VMware Aria Graph dan VMware Aria Hub

Pusat kapabilitas pengelolaan public cloud pada VMware Aria terdapat pada VMware Aria Graph. Solusi ini merupakan penyimpanan data berbasis grafis yang menampilkan sumber-sumber daya dan relasi antar mereka di lingkungan multi-cloud

VMware Aria Graph dirancang untuk mengatasi tantangan terkait operasional aplikasi-aplikasi dan lingkungan cloud native. Skema single source of truth pada VMware Aria Graph diperbarui secara hampir real-time. Saat ini solusi lain yang ada di pasar dirancang untuk memenuhi kebutuhan yang pergerakannya tidak begitu cepat. Hal ini sangat jauh berbeda dengan VMware Aria Graph yang dapat menyajikan solusi begitu cepat untuk operasi cloud-native.

Kebutuhan pengelolaan multi-cloud tingkat tinggi perusahaan dapat dipenuhi oleh VMware Aria Graph. Solusi ini memanfaatkan arsitektur yang berbeda-beda yang melandasi berbagai kebutuhan. Kebutuhan tersebut termasuk dalam menjalin realasi many-to-many, penskalaan sampai ratusan juga objek dan bisa diperbarui secara nyaris real-time.

Kapabilitas penyimpanan data grafis dan layanan API pada VMware Aria memudahkan dalam berintegrasi dengan solusi-solusi pihak ketiga. Solusi-solusi tersebut mencakup peranti manajemen untuk observabilitas dan performa aplikasi. Data pada native public cloud, on premise cloud, peranti-peranti VMware dan pihak ketiga diambil dan dinormalisasi lingkup VMware Aria Graph. Data-data tersebut kian memperkaya operasi, automasi, dan metrikulasi biaya pada produk-produk yang sudah digunakan oleh pelanggan. Beberapa produk tersebut mencakup VMware vRealize, CloudHealth by VMware dan VMware Tanzu Observability. Selain ke native public cloud, solusi ini menghadirkan manajemen yang tanggap dengan aplikasi pada private cloud maupun public cloud.

Harapannya VMware Aria Graph dapat segera dinikmati pelanggan dalam bentuk kapablitas yang tercakup dalam VMware Aria Hub. Perkenalan VMware Aria Hub pertama kali dilakukan pada VMworld 2021 dalam bentuk Project Ensemble. Solusi VMware Aria Hub memungkinkan untuk memantau dan mengendalikan pengelolaan seluruh lingkungan multi-cloud secara terpusat.

Baca juga: Peningkatan Baru VMware Cloud Dukung Migrasi Lebih Cepat dan Hemat

Kapabilitas utama VMware Aria Graph meliputi:

  • Berskalabilitas tinggi – mendukung lingkungan cloud native
    • Skalabilitas hingga ratusan juta nodes
    • Penyimpanan data grafis menangkap relasi many-to-many sesuai kebutuhan agar bisa memahami dependensi secara penuh
    • Mendukung pengguna melihat konfigurasi secara historis. Ini krusial dalam melakukan analisis akar permasalahan
  • Pengumpulan berbasis kejadian – mendukung pengubahan secara cepat
    • Menangkap setiap kali terjadi perubahan
    • Menangkap granularitas kejadian secara penuh
  • Arsitektur modular dan terfederasikan – mendukung agregasi data dari sumber yang ada
    • Pendekatan plug-and-play yang memungkinkan pelanggan melakukan lapir data dari peranti-peranti pihak ketiga
    • Menyelaraskan data operasional ke source of truth secara holistik, sehingga mendukung tim mengambil keputusan lebih baik dan lebih efisien.
  • GraphQL API terpadu – penyederhanaan penggunaan bagi pengembang dan tim operasional
    • Membangun antarmuka yang konsisten dan ramah bagi tim pengembang ke lingkungan multi-cloud
    • GraphQL queries yang tepat akan mempercepat akses ke data secara efisien

Solusi VMware dari Hulu ke Hilir

Lingkungan multi-cloud menimbulkan tantangan berupa lingkungan yang penuh kompleksitas dan terdiristribusi. Serangkaian fitur dan fungsi VMware Aria mencakup manajemen dan cloud dalam menyajikan nilai tersendiri. Nilai-nilali tersendiri tersebut termasuk pada tata kelola multi-cloud, migrasi cloud dan menyajikan wawasan bisnis. Berikut ini adalah tiga layanan untuk manajemen dari hulu ke hilir yang dibangun pada VMware Aria Hub dan VMware Aria Graph:

  • VMware Aria Guardrails – mengautomasi penerapan cloud guardrails untuk jaringan, keamanan, pembiayaan, dan konfigurasi sesuai ukuran untuk lingkungan multi cloud. Layanan ini tersedia dalam bentuk layanan everything-as-code
  • VMware Aria Migration – mempercepat dan menyederhanakan perjalanan migrasi multi-cloud. Proses ini dilakukan dengan menerapkan automasi pada proses penilaian, perencanaan, dan eksekusi yang selaras dengan VMware HCX
  • VMware Aria Business Insights – Menyajikan wawasan bisnis yang relevan melalui korelasi full-stack event memanfaatkan AI/ML analytic

Jajaran Produk VMware Aria

VMware Aria merupakan penawaran Cloud Management bagi pelanggan solusi pengelolaan multi-cloud VMware yang disesuaikan dengan penawaran VMware Aria. Solusi-solusi tersebut seperti VMware vRealize, CloudHealth by VMware Suite, dan Tanzu Observability by Wavefront. VMware Aria Cost, VMware Aria Operations, dan VMware Aria Automation menghadirkan serangkaian solusi menyeluruh. Solusi-solusi ini untuk mendukung penghantaran dan operasi layanan infrastruktur dan aplikasi terlepas jenis dan banyaknya cloud yang digunakan.

Pada ajang VMware Explore 2022, VMware meluncurkan penawaran-penawaran baru  dan yang sudah ditingkatkan untuk layanan VMware Cross-Vloud. Tujuan peningkatan ini adalah untuk mendukung pelanggan terus tumbuh di era multi-cloud dan menyajikan keleluasaan fleksibilitas dan keamanan bagi pelanggan.

Baca juga: VMware Anywhere Workspace, Ciptakan Lingkungan Kerja Jarak Jauh yang Aman

Portofolio layanan VMware Cross-Cloud terdiri dari layanan-layanan yang menghadirkan metode yang simpel namun terpadu. Layanan-layanan ini mendukung pembangunan, operasi, akses, serta penerapan keamanan, terlepas jenis aplikasi, perangkat, maupun lingkungan cloud yang digunakan. Lima pilar layanan Cross-Cloud mencakup App Platform, Cloud Management, Cloud & Edge Infrastructure, Security & Networking, dan Anywhere Workspace.

Share:

Artikel Terkini