VMware Tanzu Kini Makin Andal dan Dapat Diakses Gratis VMware Tanzu Kini Makin Andal dan Dapat Diakses Gratis ~ Teknogav.com

VMware Tanzu Kini Makin Andal dan Dapat Diakses Gratis

Teknogav.com – Pada ajang VMworld yang digelar pada Oktober 2021, VMware mengungkap berbagai tambahan kapabilitas pada VMware Tanzu. Peningkatan tersebut tentu saja mendukung manajemen dan operasi aplikasi dalam skala yang tepat. Para pengembang dapat memperoleh otonomi dalam membangun dan menerapkan aplikasi-aplikasi di berbagai jenis cloud yang digunakan. VMware juga memberikan akses gratis ke platform VMware Tanzu melalui VMware Tanzu Community Edition. Pelanggan pun dapat menjalankan dan mengelola aplikasi-aplikasi pada kontainer yang berbasis Kubernetes di lingkungan multi-cloud secara gratis.

Kesadaran organisasi mengenai dunia digital-first yang makin lumrah kian meningkat. Hal ini berdampak pada peningkatan kebutuhan untuk melakukan digitalisasi dan modernisasi operasional yang makin imperatif. Kendati demikian, digitalisasi dan transformasi juga menghadirkan kompleksitas tersendiri. Penerapan kedua hal tersebut harus dapat dilakukan tanpa harus mengkompromikan kemampuan perusahaan dalam mendukung setiap kebutuhan bisnis.

Pengembangan aplikasi yang lebih andal, aman, cerdas, adaptif dan dapat dihadirkan dengan cepat dalam skala yang tepat menjadi tantangan perusahaan. Tentu saja pengembangan tersebut juga harus dapat dilakukan di berbagai jenis cloud yang digunakan.

Ajay Patel, senior vice president and general manager, Modern Apps & Management Business Group, VMware

“Percepatan transformasi digital menghadirkan tantangan baru bagi tim pengembang. Tantangan tersebut adalah cara membangun aplikasi yang makin andal, aman, cerdas dan adaptif dalam waktu lebih singkat sesuai kebutuhan skalabilitas. Termasuk pengembangan di segala jenis cloud yang digunakan. Isu ini harus dapat diantisipasi organisasi yang sedang giat melakukan modernisasi,” ucap Ajay Patel, senior vice president and general manager, Modern Apps & Management Business Group, VMware.

Ajay Patel juga mengungkapkan bahwa portofolio Tanzu yang lengkap memungkinkan VMware mendukung pelanggan di berbagai tahap yang sedang dijalani pelanggan. Proses yang dilakukan pelanggan tersebut mencakup penyediaan peranti, pelatihan, dukungan dan layanan untuk mempercepat kemajuan proses modernisasi. Upaya tersebut dapat dilakukan di berbagai infrastruktur, aplikasi dan cloud yang diterapkan. Berikut ini adalah beberapa informasi penting mengenai VMware Tanzu.

Kapabilitas-kapabilitas Baru VMware Tanzu versi Beta

Pada ajang VMware SpringOne 2021, Tanzu® Application Platform™, kapabilitas-kapabilitas baru VMware Tanzy diperkenalkan dalam versi beta. Kapabilitas-kapabilitas tersebut dapat meningkatkan pengalaman pengembang dalam membangun dan nemerapkan aplikasi-aplikasi dan AI di semua Kubernetes yang digunaan. Platform ini mendukung tim memproduksi dengan cepat dan menopangnya dengan otomatisasi sumber ke pipeline produksi. Tim pengembang pun dapat melakukan koordinasi dalam setiap pengembangan dan operasional.

Sejumlah kapabliitas baru Tanzu Application versi beta. pun diumumkan VMware pada ajang Vmworld 2021. Kehadiran kapabilitas-kapabilitas baru ini merupakan bentuk dukungan bagi para pengembang dan operator agar mereka bisa merasakan pengalaman baru secara menyeluruh. Pengalaman-pengalaman tersebut mencakup hal-hal berikut ini:

  • Koreografi rantai pasokan berdasarkan proyek kartografer sumber terbuka. Kapabilitas ini mendukung operator aplikasi dalam membangun lajur produksi yang sudah disepakati sebelumnya. Pengembang pun dapat mengintegrasikan sumber-sumber Kubernetes dan rantai peranti yang ada.
  • Penyediaan peranti bagi pengembang, termasuk IDE plugins: memungkinkan pengembang berinteraksi dengan platform maupun komponen sumber terbuka yang ada. Interaksi ini mudah diakukan dengan efisien, sehingga bisa mengeksekusi tugas-tugas pengembangan penting dan yang sering dijadikan sebagai komitmen bersama.
  • Keamanan intrinsik yang mencakup fitur baru untuk signing, pemindaian, dan penyimpanan imaji, sekaligus lajur ke produksinya.
  • Service binding: merupakan kapabilitas yang memungkinkan operator bisa menentukan sendiri endpoint dan kredensial dari layanan data tersebut. Proses ekospos ke beban kerja akan dilakukan ke beban kerja melalui cara yang lebih ringkas dalam Kubernetes-native.
  • Pengendalian sumber untuk mendukung pengembang aplikasi dalam membuat atau memperbarui beban kerja  dari kode sumber setempat.
  • Layanan konvensi, yaitu framework untuk operator platform dalam mengkonfigurasi penerapan kebijakan beban kerja  yang sudah dikonfigurasikan sebelumnya. Hal ini agar penerapan seluruh beban kerja sesuai dengan praktik terbaiknya.

VMware Tanzu Community Edition tersedia Gratis

Kini VMware Tanzu Community Edition tersedia secara gratis, sehingga memudahkan pengguna yang masih dalam proses belajar mengelola platform Kubernetes. Perangkat lunak open source ini didistribusikan dengan dukungan komunitas. Instalasi dan konfigurasi perangkat lunak di workstation atau di cloud dapat dilakukan dengan cepat. Automasi aplikasi secara menyeluruh dapat dilakukan perangkat lunak ini. Para pengembang dan operator TI pun dapat memanfaatkan platform lengkap yang tersedia pada perangkat lunak tersebut.

Berikut ini adalah sejumlah kapabilitas yang tersedia di VMware Tanzu Community Edition bagi pengguna atau bagi yang baru mempelajarinya.

  • Dukungan perangkat lunak dan layanan yang tersdia gratis untuk mengeksplorasi Tanzu secara mandiri. Perangkat lunak open source ini dapat diunduh secara gratis, dengan penggunaan dan operasional yang tak dibatasi. Perangkat lunak ini dapat dipelajari dan dipraktikkan secara leluasa. Komunitas yang didukung para pakar bepengetahuan mendalam mengenai hal ini pun menyediakan arahan dalam mempelajari dan mempraktikannya.
  • Semua kendala dapat dihadapi dengan dukungan perangkat lunak yang sama seperti yang digunaan pada Tanzu edisi komersial. Perangkat lunak kelas enterprise ini mendukung automasi dalam mengantarkan aplikasi secara menyeluruh. Kemampuan, pemahaman dan peranti yang sudah dimiliki pun dapat dialihkan penggunaannya dengan Tanzu edisi komersial
  • Persiapan cepat dan dapat segera di jalankan di workstation lokal atau di lingkungan cloud pilihan. Platform berbasis Kubernetes lengkap dapat dibangun dengan cepat sesuai kebutuhan. Pengoperasian aplikasi pun dapat dilakukan pada workstation lokal, vSphere atau public cloud secara ringkas, dengan konfigurasi node tunggal atau multiklaster.

VMware juga mengumumkan ketersediaan tier gratis untuk Tanzu Mission Control. Solusi Tanzu Mission Control dapat mengeloa Kubernetes multiklaster dan multi-cloud dalam bentuk SaaS. Visibilitas dan pengendalian kebijakan pada klaster Kubernetes dapat dilihat menggunakan Tanzu Mission Control Starter di berbagai lokasi. Hal ini berlaku di on-premise atau public cloud.

Tanzu Mission Control Starter dapat digabungkan dengan Tanzu Community Edition. Perpaduan tersebut memungkinkan aplikasi-aplikasi dalam kontainer berbasis Kubernetes dapat dijalanan dan dikelola dengan cepat secara gratis. Jika sudah menggunakan Tanzu tetapi menjalankan Kubernetes dengan penyedia lain seperti AKS, EKS, GKS, maka bisa menyematkan klaster-klaster pada Tanzu Mission Control Starter. Hal ini memungkinkan pengelolaan klaster-klaster tersebut secara terpusat.

Keandalan VMware Tanzu bagi Pelanggan

Salah satu perusahaan yang telah mendapatkan manfaat menggunakan VMware Tanzu adalah Drax Group, yaitu perusahaan energi terbarukan. Penggunaan VMware Tanzu tersebut dilakukan setelah menilai sejumlah solusi yang ada di industri untuk mendukung modernisasi TI perusahaan. Drax Group menyediakan layanan digital di industri bagi pelanggannya, mengelola armada kendaraan listrik mereka. Layanan-layanan digital tersebut dijalankan di VMware Tanzu.

Baca juga: VMware Tanzu Siap Modernisasi Aplikasi dengan Cepat 

“VMware Tanzu menghadirkan keandalan substantif karena mudah digunakan pengembang. Solusi ini juga memberikan keleluasaan, mengeliminasi kompleksitas ketika menggunakan peranti public cloud yang biasanya menjadi kendala bagi tim DevOps,” ucap Mark Leonard, Director of IT, Drax Group.

Pengembangan AI dengan Kolaborasi VMware dan NVIDIA

Pada Maret 2021, VMware dan NVIDIA mengumumkan kolaborasi pengembangan platform enterprise yang menyeluruh dan didukung kecerdasan buatan (AI). Platform hasil kolaborasi tersebut mencakup NVIDIA AI Enterprise software suite yang sudah disertifikasi, diptimalkan dan didukung NVIDIA for VMware vSphere.

Kini Tanzu Kubernetes Grid Service, termasuk yang ada di VMware vSphere dengan Tanzu pun sudah terintegrasi dangan NVIDIA AI Enterprise. Hal ini memungkinkan otomatisasi proses pengantaran beban kerja dalam kontainer. Pengelolaan aplikasi pun bisa dilakukan secara proaktif.

Baca juga: VMware Gandeng NVIDIA Kembangkan Next-Gen Hybrid Cloud dan AI 

Pelanggan juga bisa mencoba proyek AI mereka di NVIDIA AI Enterprise menggunakan vSphere dengan Tanzu. Tim operasional TI perusahaan pun dapat memanfaatkan lingkungan vSphere yang sudah dibangun sebelumnya untuk mengantarkan klaster Kubernetes ke tim pengembang AI dengan cepat. Hal ini juga mendukung tata kelola, keandalan dan keamanan sistem tingkat enterprise.

Pemanfaaatan virtualisasi dapat dioptimalkan untuk meningkatkan pengembangan AI ke dalam infrastruktur enterprise yang sudah dibangun. Hal ini memungkinkan untuk menghindari AI silo. Proses pengelolaan pun dapat dilakukan dengan cara yang lebih sederhana sehingga mempercepat pengadopsian AI di enterprise.

VMware Tanzu Kubernetes Grid Dukung GPU NVIDIA di AWS dan Azure

Saat ini GPU NVIDIA sudah mendukung berbagai lingkungan, termasuk Tanzu Kubernetes Grid. Dukungan tersebut terdapat di Vmware vSphere, Amazon Web Services (AWS) dan Azure. Berbagai fitur-fitur yang sudah dinantikan kini sudah dihadirkan pada Vmware Tanzu Kubernetes Grid. Hal ini dilakukan VMware sebagai bentuk keseriusan dalam menghadirkan platform distribusi Kuberntes multi-cloud tingkat enterprise.

Platform aplikasi modern dengan kinerja konsisten dihadirkan Vmware agar dapat dijalankan di berbagai tempat. Tanzu Kubernetes Grid 1.4 merupakan bentuk dukungan Vmware pada GPU NVIDIA pada sejumlah lingkungan. Contohnya adalah lingkungan Tanzu Kubernetes Grid pada AWS dan Azure. Teknologi upstream yang dipakai untuk mengelola siklus klaster kini mendukung jenis-jenis GPU instance untuk AWS dan Azure. Siklus klaster-klaster yang didukung GPU di Tanzu Kubernetes Grid untuk AWS dan Azure kini bisa dibuat dan dikelola oleh pengembang.

Baca juga: Peningkatan Portofolio VMware Cloud Dukung Percepatan Inovasi dan Mobilitas Perusahaan

Dukungan VMware Tanzu pada Cloud Mitra

Berbagai kapabilitas VMware kini makin kaya dan dapat dilakukan secara mandiri seperti VMware Tanzu. Para mitra dapat menawarkan layanan cloud yang terkelola penuh dan siap digunakan pengembang. Pengembang dapat menjalankan layanan tersebut secara on-premise, private cloud atau VMware Cloud di AWS.

Kehadiran Vmware Tanzu di berbagai lingkungan mendukung pelanggan dari mitra-mitra VMware dalam membangun dan menguji aplikasi-aplikasi cloud native dengan cepat. Hal tersebut dapat dilakukan menggunakan layanan Kubernetes yang terkelola. Pelanggan dapat merasakan manfaat dengan mengantarkan Vmware App Launchpad melalui VMware Cloud Director. 

Salah satu manfaat yang diperoleh pelanggan adalah akses ke fondasi yang dibutuhkan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi modern. Pengembangan tersebut dapat dilakukan secara cloud-native atau menggunakan platform yang sama untuk menggelar aplikasi-aplikasi kustom ke proses produksi.

Teknologi kontainer yang diantarkan dari lingkungan dengan keamanan yang kokoh sangat dibutuhkan. Pelanggan juga membutuhkan dukungan dalam memenuhi tuntutan kedaulatan data dan privasi.

“Tanzu Kubernetes Grid yang berjalan di infrastruktur VMware Cloud dan VMware Cloud Director dapat mengelola model sewa multi. Solusi tersebut dapat mendukung penyedia seperti TietoEVRY dalam menawarkan pengelolaan beban kerja terpadu yang berjalan di VM dan di kontainer. Perpaduan tersebut mendukung mitra-mitra dalam menyajikan keamaan dalam berbagai tingkat. Dukngan tersebut juga untuk proses isolasi secara spesifik di setiap jenis lingkungan yang dimiliki pelanggan,” ucap Pasi Sutinen, head of hybrid cloud at TietoEVRY.

Baca juga: Pembaruan Jajaran Solusi VMware Mudahkan Modernisasi Aplikasi dengan Lincah

Strategi baru VMware dapat membantu pelanggan untuk melakukan navigasi di era multi-cloud. Keleluasaan, fleksibilitas dan keamanan yang ditawarkan VMware dapat membantu pelanggan dalam menciptakan inovasi.

Share:

Artikel Terkini