Aiven Tawarkan Teknologi Open Source Pengelolaan Data Berfitur Lengkap Aiven Tawarkan Teknologi Open Source Pengelolaan Data Berfitur Lengkap ~ Teknogav.com

Aiven Tawarkan Teknologi Open Source Pengelolaan Data Berfitur Lengkap

Teknogav.com – Volume data meningkat pesat seiring kegiatan bisnis perusahaan di era digital. Data merupakan aset penting perusahaan, namun pengelolaan data yang sangat besar tak mudah. Teknologi pengelolaan data propietary biasanya mahal, sedangkan teknologi yang lebih terjangkau biasanya fiturnya tak lengkap. Aiven berusaha menjawab hal tersebut dengan menawarkan teknologi pengelolaan data yang bersifat terbuka dengan fitur lengkap. Solusi Aiven memungkinkan perusahaan mengelola data untuk mendapatkan insight yang dibutuhkan dalam mengambil keputusan bisnis yang penting.

Aiven adalah perusahaan open source cloud data platform yang berpusat di Helsinski dan didirikan pada tahun 2016. Misi Aiven adalah memberdayakan developer dalam mengembangkan aplikasi berbasis infrastruktur open source dan fokus membangun aplikasi-aplikasi penting yang memberi diferensiasi. Beberapa teknologi data open source terkelola yang ditawarkan di semua cloud besar Aiven mencakup PostgreSQL, Apache Kafka dan Open Search. Solusi-solusi Aiven telah digunakan berbagai sektor industri, termasuk lembaga keuangan, retail, marketplace, logistik, transportasi, streaming dan pendidikan. 

Heikki Nousiainen, CTO dan Co-Founder Aiven

“Kami bisa mengambil alih pengelolaan infrastruktur sehingga membuatnya senantiasa available, ter-backup, aman dan semua patches diaplikasikan. Dengan begitu, para developer bisa fokus pada tugas mereka. Sementara bagi perusahaan, kami membantu mereka untuk bergerak lebih cepat dalam menjawab berbagai kebutuhannya di tengah lansekap bisnis yang berubah cepat melalui pemanfaatan data di pusat operasionalnya,” ucap Heikki Nousiainen, CTO dan Co-Founder Aiven.

Platform Aiven adalah cloud-agnostic, Aiven telah bermitra dengan berbagai hyperscaler global. Di Indonesia, Aiven telah bermitra dengan Google Cloud. Cloud merupakan pendorong utama dalam mndukung organisasi mempercepat transformasi digital. Pendekatan yang mengedepankan teknologi digital akan menurunkan Total Cost of Ownership (TCO), mempercepat inovasi dan menghasilkan outcome lebih tinggi. Aiven berusaha menjadi mitra transformasi cloud-native dan berkontribusi dalam percepatan transformasi digital di Indonesia.

Baca juga: Amazon Aurora Serverless v2, Hemat Biaya Pengelolaan Database Sampai 90%

Pelanggan Aiven

Sejak diluncurkan, Aiven telah tumbuh dua kali lipat dari tahun ke tahun. Kini Aiven pun sudah melayani 1.000 pelangan dari seluruh benua dan bekerja sama dengan brand-brand besar global. Beberapa brand di Indonesia yang telah bekerja sama dengan Aiven mencakup Go To Financial, Swift Logistics dan Vidio.

Swift Solution merupakan perusahaan logistik asal jakarta yang didirikan tahun 2020 yang baru-baru ini diakusisi Tokopedia. Layanan yang ditawarkan Swift Solution mencakup layanan delivery dan order fulfillment. Solusi full managed service dari Aiven membantu Swift Solution mengatasi masalah kekurangan tenaga kerja dan memenuhi permintaan pelanggan. Peningkatan reliability dan stability yang ditawarkan layanan Aiven membuat Swift Solutions berhasil mecapai TCO lebih rendah.

Aiven juga mendukung Video mengembangkan database untuk mengakomodasi volume pengguna yang fluktuatif. Hasilnya customer experience dan tingkat kenyamanan pengguna pun terus meningkat.

ClickHouse

Baru-baru ini Aiven juga memperluas portofolio ke market cloud data warehousing dengan ClickHouse. Aiven for ClickHouse menawarkan analitik yang real-time dan dapat disesuaikan dengan situasi. Solusi ini menawarkan kueri berkecepatan tinggi, dashboard real-time dan dapat menggabungkan data warehousing ke dalam strategi perusahaan secara keseluruhan. ClickHouse memanfaatkan open source columnar database yang efisien untuk menghasilkan analitik yang akan memberi insight untuk pengambilan keputusan. Harapannya ClickHouse dapat menarik pelanggan baru Aiven dan lebih dari 1.000 pelanggan lama yang sudah dilayani Aiven.

Baca juga: Peningkatan Baru VMware Cloud Dukung Migrasi Lebih Cepat dan Hemat

Akuisisi Kafkawize

Setelah berhasil meraih pendanaan Seri D, Aiven pun berinvestasi di Kafkawize untuk bergabung dengan Aiven. Akuisisi perdana ini menandai evolusi Aiven dari kontributor open source menjadi komunitas open source. Upaya ini dilakukan untuk mengejar pertumbuhan perusahaan dan komitmennya terhadap program open source.

“Kami juga mencapai tonggak penting dalam perjalanan Aiven, yaitu hadirnya Kafkawize, yang sekarang berubah menjadi Klaw, ke dalam Open Source Program Office kami. Klaw adalah open source data governance tool untuk Apache Kafka, dengan tujuan simpel membuat developer lebih mudah dalam menggunakan Apache Kafka data governance. Dengan data governance yang tepat, pengguna bisa mengambil keputusan yang lebih baik, lebih patuh pada berbagai regulasi dan audit, serta meningkatkan efisiensi,” ucap Heikki Nousiainen, CTO dan Co-Founder Aiven.

Baca juga: Ini Jajaran Solusi Red Hat Managed Cloud Terkini dan Fitur-fiturnya

Setelah bergabung dengan Open Source Program Office Aiven, Kafkawize berganti nama menjadi Klaw. Pendiri dan developer Kafkawize, Murali Basani pun akan bergabung dengan Open Source Program Office Aiven untuk mengembangkan Klaw. Klaw akan terus dikembangkan sebagai proyek open source di bawah Apache License 2.0. Solusi ini menyediakan governance interface Kafka untuk mengelola operasional di topic-level dalam memenuhi kebutuhan para developer

“Ketika sebagian besar organisasi mengadopsi Kafka secara luas dalam teknologi stack mereka, perusahaan mengalami masalah otorisasi dan governance yang salah terhadap ratusan topik yang tercipta. Saya memulai Kafkawize pada 2018 untuk membantu menjawab pertanyaan penting seputar topik ownership dan security. Saya ingin menutup celah ini dan celah yang lain seputar governance topik, acls, skema, dan konektor di Kafka, dengan cara yang bisa diaudit. Dukungan Aiven memungkinkan Klaw meraih potensi penuhnya pada tahun-tahun mendatang. Saya sangat antusias untuk meneruskan perjalanan open source ini di Aiven,” ucap Basani. 

Klaw menyediakan data governance dengan security kelas enterprise dan fungsi user management. Layanan ini dapat memecahkan masalah yang dihadapi organisasi saat mengembangkan penggunaan Apache Kafka®, seperti user management dan operasional di topic-level. Seiring makin luasnya penggunaan Apache Kafka® dan terus tumbuhnya ekosistem, maka penggunaannya pun makin rumit. Klaw membantu pengambilan keputusan lebih baik, peningkatan compliance terhadap regulasi dan pengoptimalan efisiensi penggunaan Apache Kafka® dalam skala lebih besar. 

Aiven memulai Open Source Program Office sejak April 2021. Selain itu, Aiven juga mendukung karyawan yang ingin mengejar karya open source mereka melalui Plankton Program. Karyawan dapat mengklaim kompensasi atas waktu melakukan kegiatan open source di luar pekerjaan melalui program tersebut. Program ini merupakan komitmen Aiven untuk mendukung dan menghargai kerja keras ekstra dan kemajuan yang dicapai karyawan di seluruh ekosistem open source.

Share:

Artikel Terkini