Review ASUS ROG Zephyrus G14, Andalkan Prosesor AMD Ryzen 6000 Series Review ASUS ROG Zephyrus G14, Andalkan Prosesor AMD Ryzen 6000 Series ~ Teknogav.com

Review ASUS ROG Zephyrus G14, Andalkan Prosesor AMD Ryzen 6000 Series

Teknogav.com – Setelah ASUS resmi menghadirkan serangkaian laptop gaming ROG bertenaga AMD Ryzen 6000 series, Teknogav.com berkesempatan mereview ROG Zephyrus G14 (GA402). Laptop gaming ini tak hanya ditenagai prosesor yang canggih, tetapi juga sistem pendingin mumpuni untuk menjaga kinerja tetap stabil. Selain menggunakan prosesor grafis AMD Radeon terintegrasi, ASUS juga membekali laptop ini dengan kartu grafis diskret AMD Radeon RX 6800S.

Seri ROG Zephyrus G14 diperkenalkan pertama kali pada tahun 2020 dan menjadi laptop gaming paling inovatif dengan desain yang stylish, ringkas dan ringan. Kini ROG Zephyrus G14 (GA402) yang diluncurkan pada tahun 2022 ini hadir lebih tangguh, modern dan makin stylish. Fitur AniMe Matrix yang menjadi ciri khas ROG Zephyrus G14 kini hadir dengan jumlah mini LED lebih banyak. Hasil,nya, tampilan gambar dan animasi terlihat lebih detail.

Baca juga: Review ASUS ROG Zephyrus G14, Andalkan Prosesor AMD Ryzen 6000 Series 

Fitur AniMe Matrix di belakang layar ROG Zephyrus G14 (GA402)

Layar ROG Zephyrus G14 keluaran baru ini pun memiliki rasio aspek 16:10 yang lebih mendukung produktivitas. Kendati demikian, bodi laptop ini tetap ringkas dan ringan dengan ketebalan kurang dari 2 cm dan bobot hanya sekitar 1,72 kg. Dimensi laptop gaming ini tentu saja memudahkan untuk dibawa bepergian dan mendampingi kegiatan pengguna setiap saat.

Kinerja AMD Ryzen 9 6900HS dan AMD Radeon RX 6800S

ROG Zephyrus G14 (GA402) yang direview Teknogav.com ini ditenagai AMD Ryzen 9 6900HS dengan prosesor grafis AMD Radeon terintegrasi. AMD Ryzen 9 6900HS memiiki delapan inti dan 16 thread. dengan kecepatan clock prosesor 3,3 GHz. Kendati demikian, kecepatan clock prosesor tersebut dapat di-boost sampai 4,9 Hz. Delapan inti prosesor ini dibangun menggunakan arsitektur Zen 3+. Arsitektur Zen3+ merupakan penyegaran dari Zen 3 dan tidak menawarkan banyak perubahan.  

Varian prosesor seri-HS menawarkan TDP lebih rendah 10 W, kinerja ini lebih rendah dari pada versi HX. Kinerja multi-thread prosesor ini setara dengan Intel Core i7-12800H tetapi jauh lebih pelan dibandingkan dengan AMD Ryzen 6900HX. Kinerja prosesor AMD Ryzen 9 6900JS ini didukun RAM DDR5 4800 MHz berkapasitas 16 GB. Media penyimpanannya pun sudah menggunakan teknologi SSD PCIe 4.0 untuk mendukung kinerjanya yang gesit. 

Prosesor grafis terintegrasi AMD Radeon 680 memberikan peningkatan besar yang kini dibangun pada arsitektur RDNA2. GPU ini memiliki 12 inti dan memiliki kecepatan clock sampai 2,4 GHz, menjadikannya GPU terintegrasi tercepat saat diumumkan. Kinerja grafis pada ROG Zephyrus G14 ini lebih gahar dengan keberadaan kartu grafis diskret AMD Radeon RX 6800S. Kartu grafis ini memiliki 32 unit komputasi dan memiliki daya GPU sampai 100 W.

Baca juga: ROG Zephyrus G14 Alan Walker SE Padukan Musik dan Gaming

Berikut ini adalah fitur-fitur andalan yang menunjang kinerja ROG Zephyrus G14:

  • AMD SmartShift Max memungkinkan CPU dan GPU untuk berkomunikasi satu sama lain dan mengalokasikan daya di tempat yang dibutuhkan saat dibutuhkan dengan cepat. Fitur ini dipandu algoritma pembelajaran mesin, komponen CPU dan GPU dapat bereaksi dengan cepat terhadap beban kerja dinamis dengan menautkan CPU dan GPU melalui Infinity Fabric
  • AMD Smart Accesss Memory memungknkan prosesor AMD Ryzen mengakses penuh VRAM untuk meningkatkan kinrja, jadi tak hanya mengizinkan akses CPU ke sebagian VRAM saja.

Selain itu hadir juga fitur-fitur Radeon™ Chill, AMD Radeon™ Anti-Lag, AMD Radeon™ Boost, dan AMD Radeon™ Image Sharpening. Beberapa fitur tersebut mudah diakses melalui aplikasi Armoury Crate.  Sumber daya pada ROG Zephyrus G14 mengandalkan baterai yang awet dan didukung oleh pengisian daya cepat. Hanya dalam waktu 30 menit saja, baterai bisa terisi sampai 50% dari kondisi kosong.

Sistem Pendingin Vapor Chamber

Kinerja seluruh perangkat keras pada ROG Zephyrus G14 ini dijaga kestabilannya dengan sistem pendingin khusus yang menggunakan Vapor Chamber. Berbeda dengan heatpipe, Vapor Chamber lebih efektif melepas panas secara langsung, sehingga cocok untuk laptop berbodi ringkas seperti ROG Zephyrus G14 ini. 

Sistem pendingin juga ditunjang oleh Arc Flow Fans yang ditingkatkan sehingga mampu mengalirkan lebih banyak udara dengan lebih hening. Kipas ini memiliki 84 bilah melengkung yang dibentuk khusus untuk memaksimalkan aliran udara dengan kebisingan minimal. Ketebalan dan bentu bilah kipas ini bervariasi, secara bertahap berubah dari area bertekanan tinggi ke rendah sebelum mengeluarkan udara. Pada bilah variabel yang meruncing, ketebalan ujungnya  hanya 0,1 mm saja. Desain bilah kipas tersebut mengurangi turbulensi saat kipas mempercepat udara dengan gaya sentrifugal sehinga aliran udara meningkat sampai 32% dengan 2 dB lebih hening. Diameter sumbu kipas pun dikurangi, sehingga aliran udara 5% lebih tinggi dibandingkan Arc Flow Fans dengan kecepatan putaran yang sama.

Liquid metal pun digunakan pada prosesor dan chip grafis sebagai thermal compound. Selain itu, hadir juga penyaring debu di bagian bawah bodi. Modul Anti-Dust Tunnels 2.0 pun mengalami peningkatan dengan terowongan anti-debu yang lebih pendek sehingga menyisakan lebih banyak ruang di sekitar kipas. Desasin ini menyisakan lebih banyak ruang di sekitar kipas, sehingga meningkatkan aliran udara sampai 15% dan mencegah penumpukan debu. Perpaduan seluruh komponen sistem pendingin tersebut menjamin kinerja ROG Zephyrus G14 selalu optimal sepanjang waktu.

Desain dan Konektivitas ROG Zephyrus G14 (GA402)

ROG Zephyrus G14 (GA402) memiliki bodi yang cukup ringkas untuk laptop gaming, dengan layar 14 inci. Dimensinya hanya 31,2 x 22,7 x 1,95 cm dengan bobot hanya 1,72 kg. Pada bagian belakang layar terdapat AniMe Matrix yang menjadi ciri khas ROG Zephyrus G14. AniMe Matrix ini dapat dikustomisasi tanpa batas, seperti menambahkan teks, menampilkan gambar atau animasi pribadi dan status laptop. Kini bahkan laptop ini dapat menampilkan sosok Omni, yaitu maskot resmi ROG dengan ragam animasi yang sangat unik.

ASUS ROG Zephyrus G14 (GA402)

Layar pada laptop ini menggunakan engsel ErgoLift yang dapat diputar sampai 180˚ sehingga lebih fleksibel. Desain Ergolift ini mengangkat keyboard dengan kemiringan tertentu sehingga membuat posisi mengetik lebih nyaman. Tampilan keyboard terlihat berkilau prismatik sehingga terlihat mempesona. Pada keyboard terdapat hotkey khusus untuk mengatur volume, membisukan mikrofon dan menjangkau aplikasi ROG Armory Crate lebih mudah. Tombol pintas pun dapat disesuaikan sesuai kebutuhan.

sisi kiri ASUS ROG Zephyrus G14 (GA402)

Pada sisi kiri laptop ini, tersedia dua port USB 3.2 tipe-A, USB 3.2 Gen 2 tipe-C dan slot micro SD reader. Beralih ke sisi kanan, terdapat jack audio 3,5 mm, port USB 3.2 Gen 2 tipe-C, HDMI 2.0 b dan port daya. Teknologi DisplayPort dan Power Delivery pun sudah menunjang port USB tipe-C tersebut. Kerennya, konektivitas nirkabel pada laptop ini pun sudah menggunakan teknologi tercanggih, yaitu Wi-Fi 6E.

sisi kanan ASUS ROG Zephyrus G14 (GA402)

Layar dan Audio

Layar laptop gaming ini memiliki waktu respon 3 milidetik dan kecerahan sampai 400 nits.  Akurasi warna pun sudah menyandang Pantone Color Validation yang memastikan warna akurat. Kecepatan refresh layar didukung oleh teknologi AMD FreeSync Premium yang mensinkronisasi dengan kecepatan frame sehingga mengurangi stuttering dan lag.

Ketajaman tampilan layar pun sudah didukung teknologi Dolby Vision yang ditingkatkan pada video standar 4K HDR. Teknologi ini dapat menyesuaikan visual secara dinamins untuk membuat gambar lebih kaya, cerah dan hidup. Pembuat konten dapat merekam dan menyunting video streaming dan konten lain dalam format yang biasa digunakan para profesional industri.

Laptop gaming ini juga sudah dibekali kamera infra merah yang terintegrasi dengan fitur Windows Hello facial recognition login. Fitur ini memungkinkan untuk masuk ke sistem melalui sistem pemindai wajah.

Audio pada ROG Zephyrus G14 ini pun tak kalah canggihnya dengan suara surround 5.2.1-channel virtual yang didukung teknologi Dolby Atmos. Laptop ini menggunakan empat speaker, dengan tweeter kembar dan woofer Smart Amp ganda. 

Tweeter kembar mengeluarkan suara langsung ke arah pengguna, sementara woofer Smart Amp ganda memantulkan suara dari meja di bawah mesin. Tersedia  6 mode preset yang disetel untuk game dan film yang mengoptimalkan pengaturan  atau modifikasi manual sesuai preferensi. Tersedia juga AI Noise Cancelation dua arah yang akan menyaring audio input dan output. Fitur ini akan membuat streaming, obrolan dan perekaman terdengar lebih jelas.

Laptop ini juga dilengkapi mikrofon 3D Mic Array yang memberikan kendali lebih besar pada suara input. Mikrofon ini menyediakan tiga mode sebagai berikut:

  • Mode cardioid yang menangkap suara tepat di depan laptop sambil meminimalkan input dari belakang, sehingga ideal untuk streaming dan main game.
  • Mode Stereo yang menggunakan saluran kanan dan kiri untuk merekam lanskap suara yang lebih luas untuk musik live atau pengalaman imersif lain
  • Mode omnidirectional yang mengambil suara dari semua arah secara merata untuk konferensi video yang lebih jelas

Benchmark

Kini saatnya menguji ROG Zephyrus G14 (GA402) dengan benchmark menggunakan PassMark. Nilai keseluruhan yang berhasil diraih adalah 6.493, jauh di atas skor rata-rata yang hanya 2.711. Skor tersebut pun masih lebih tinggi ketimbang hasil benchmarking ROG Zephyrus Duo SE yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 9 5900HX. Nilai yang diperoleh ROG Zephyrus Duo SE tersebut adalah 6.153.

Baca juga: Review ROG Zephyrus Duo 15 SE, Laptop Gaming Pendukung Kreativitas

skor uji kinerja dengan PassMark

Beralih ke benchmarking CPU, nilai yang berhasil diperoleh ROG Zephyrus G14 (GA402) adalah 21.136. Sayangnya nilai ini sedikit lebih kecil dibandingkan ROG Zephyrus Duo SE yang meraih nilai 22.939. Kendati demikian, kedua nilai tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan nilai rata-rata dunia yang hanya 6.872.

skor uji kinerja CPU dengan PassMark

PassMark juga menyusun peringkat prosesor, dapat dilihat bahwa peringkat AMD Ryzen 9 6900HS ini masih di atas Apple M1 8 Core dan Apple M1 Max 10 Core. Sayangnya, peringkat ini masih di bawah prosesor Intel Core i7-9750H.

peringkat dengan CPU Mark

Pada benchmarking grafis memakai PassMark, nilai yang diperoleh untuk 2D Mark dari ROG Zephyrus G14 (GA402) ini adalah 863. Nilai ini di atas rata-rata dunia 602 dan di atas nilai yang diraih ROG Zephyrus Duo 15 SE, yaitu 824. Hasil benchmarking memori pada ROG Zephyrus G14 (GA402) ini adalah 2.133. Nilai ini juga masih lebih tinggi dibandingkan rata-rata dunia 1.743. Skor tersebut pun hanya terpaut sedikit dari yang diraih ROG Zephyrus Duo 15 SE, yaitu 2.192.

Uji Video Card 2D
Uji Memori

Beralih ke pengujian DiskMark, skor yang diperoleh ROG Zephyrus G14 (GA402) adalah 30.672. Nilai tersebut jugajauh lebih tinggi dari yang diperoleh ROG Zephyrus G14 (GA402), yaitu 20.555. Keduanya memperoleh nilai jauh di atas rata-rata dunia 3.184.

Uji disk mark

Rincian nilai hasil uji menggunakan CPU-Z adalah sebagai berikut:

CPU Z

Harga dan Ketersediaan

ROG Zephyrus G14 (GA402) yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 9 6900HS dibanderol dengan harga mulai dari Rp30 jutaan. Harga laptop gaming ini yang sudah menggunakan kartu grafis diskret AMD Radeon 6800HS adalah mulai dari Rp32 jutaan. Harga ini cukup sepadan mengingat kinerjanya yang begitu tangguh dan inovasi yang dihadirkannya.

Kelebihan

Keistimewaan ROG Zephyrus G14 (GA402)  ini tentu saja pada prosesor AMd Ryzen 6000 Series yang diusungnya. Kecanggihan laptop ini pun dikemas dalam bodi laptop gaming yang sangat ringkas dan ringan. Serunya lagi, tersedia juga fitur AniMe Matrix yang dapat dimodifikasi untuk membuat penampilan laptop makin keren.

Kerennya lagi, laptop gaming ini pun sudah disertai dengan webcam yang terintegrasi dengan Windows Hello untuk mempermudah login ke sistem.

Kekurangan

Suhu cukup tinggi ketika digunakan untuk memainkan game berat dan mengerjakan beban tinggi

Spesifikasi ROG Zephyrus G14 (GA402)

CPU
Prosesor AMD Ryzen™ 9 6900HS (8-core/16-thread, 16MB cache, sampai 4,9 GHz max boost)
AMD Ryzen™ 7 6800HS Processor (8-core/16-thread, 20MB cache, sampai 4,7 GHz max boost)
Sistem Operasi
Windows 11 Home
Memori
DDR5 4800 MHz 1 x 16 GB
DDR5 4800 MHz 2 x 8 GB
Media Penyimpanan
SSD PCIe®4.0 NVMe™ M.2 1 TB
SSD PCIe®4.0 NVMe™ M.2 512 GB
Layar
14”, FHD (1920 x 1200) 16:10, IPS, 144Hz, 3ms, Adaptive Sync, Mux Switch, PANTONE Validated, 100% sRGB, 400 nits
Kartu Grafis
AMD Radeon™ RX 6800S
AMD Radeon™ RX 6700S
Input/Output
1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x card reader (microSD) (UHS-II), 1x 3.5mm Combo Audio Jack
Kamera
720P HD IR camera with Windows Hello facial recognition
Konektivitas
Wi-Fi 6E (802.11ax) + Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2
Audio
4-speaker system with Smart Amplifier Technology, AI noise-canceling technology, Dolby Atmos, Hi-Res certification
Baterai
76WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion
Dimensi
31.2 x 22.7 x 1.95 ~ 1.95 cm
Bobot
1,72 Kg
Warna
Eclipse Gray, Moonlight White
Harga
Rp28.999.000 (Ryzen™ 7/RX 6700S/144Hz/2x8GB RAM/512GB SSD)
Rp30.999.000 (Ryzen™ 9/RX 6700S/144Hz/2x8GB RAM/512GB SSD)
Rp32.499.000 (Ryzen™ 9/RX 6800S/144Hz/1x16GB RAM/1TB SSD)
Garansi
2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty
Share:

Artikel Terkini