OMRON Permudah Pantau Tekanan Darah dengan Tensimeter yang Terkoneksi Aplikasi OMRON Permudah Pantau Tekanan Darah dengan Tensimeter yang Terkoneksi Aplikasi ~ Teknogav.com

OMRON Permudah Pantau Tekanan Darah dengan Tensimeter yang Terkoneksi Aplikasi


Teknogav.com – Produsen alat kesehatan OMRON menghadirkan alat ukur tekanan darah (tensimeter) yang dilengkapi koneksi nirkabel untuk terhubung dengan aplikasi OMRON Connect. Aplikasi tersebut kompatibel dengan perangkat dengan sistem operasi Android dan iOS, serta memiliki fitur Blood Preasure Diary (BP Diary). Fitur BP Diary dapat menyimpan data hasil pengukuran tekanan darah, sehingga memudahkan pemantauan kesehatan dan deteksi penyakit sejak dini. Jajaran perangkat OMRON BPM ini adalah tipe 7156T, 7142T, dan 7143T.

Pemeriksaan tekanan darah secara rutin dapat membantu untuk mendeteksi penyakit secara dini, termasuk hipotensi dan hipertensi yang memicu penyakit jantung. Data WHO menunjukkan bahwa 1,2 miliar orang di dunia mengidap 2019. Sementara Data Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan menunjukkan bahwa lebih dari 63 juta penduduk Indonesia mengidap hipertensi pada tahun 2018. Hipertensi merupakan penyakit mematikan yang sering tak disadari kehadirannya.

Biasanya hipertensi baru terdeteksi setelah ada penyakit penyulit atau komplikasi hipertensi. Pemantauan tekanan darah secara rutin penting dilakukan walau merasa sehat, karena hipertensi sering datang tanpa gejala. Pemantauan tekanan darah dari waktu ke waktu memudahkan diagnosa sehingga mencegah risiko penyakit jantung, stroke, penyakit ginjal, dan lain-lain. 

"Di OMRON, kami berusaha keras untuk membuat tensimeter atau monitor tekanan darah yang memungkinkan semnua pengguna pengukur tekanan darah dengan mudah dan akurat. Perangkat kesehatan OMRON berhasil meraih penghargaan  dari majalah SWA dan Business Digest dalam acara Indonesia Healthcare Award 2022," ucap Herry Hendrayadi, Marketing Manager, OMRON Healthcare Indonesia. 

Herry Hendrayadi, Marketing Manager, OMRON Healthcare Indonesia

Baca juga: Review realme Watch 2 Pro, Pantau Segala Indikator Kebugaran

OMRON BPM dan OMRON Connect

OMRON memudahkan pemeriksaan tekanan darah setiap saat dan di mana saja untuk mengetahui kondisi kesehatan. Alat ukur OMRON ideal bagi banyak pengguna dengan pemantauan yang akurat. Akurasi perangkat ini dalam mendeteksi fibrasi atrium telah divalidasi secara klinis sebagai EKG. Kemampuan tersebut memungkinkan deteksi dini sehingga dapat melakukan pencegahan pembekuan darah, stroke atau gagal jantung.

Jajaran perangkat OMRON terkini yang merupakan seri T sudah dibekali koneksi Bluetooth untuk menghubungkan ke aplikasi di smartphone. Perangkat ini yang dibanderol dengan harga terjangkau. Pada kategori entry level, tersedia OMRON-7142T1 dan HEM-7143T1. Sementara itu pada core range, tersedia HEM-7156T dan HEM-7156T-AAP.

Baca juga: Siemens Healthineers Luncurkan Alat MRI dengan AI dan Entertainment

Pemantauan pun dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi yang otomatis menyimpan data tanpa harus menulis secara manual. Aplikasi OMRON Connect memberikan gambaran terkait analisa hasil pengukuran tekanan darah, sehingga dapat mengetahui pengaruh gaya hidup terhadap kesehatan. Grafik kesehatan pada aplikasi menggambarkan kondisi kesehatan dari waktu ke waktu. Selain itu, tersedia juga fasilitas dialog yang fokus dengan petugas kesehatan.

Berikut ini adalah beberapa fitur yang disediakan aplikasi OMRON Connect:

  • Sinkronisasi pembacaan dan pengukuran ke smartphone
  • Berbagai data perkembangan kesehatan melalui email ke keluarga atau tenaga medis
  • Pelacakan riwayat kesehatan dengan perekaman dan penyimpanan data
  • Tampilan lengkap tekanan darah dengan pembacaan sistolik, diastolik, dan denyut nadi
  • Peringatan saat terdeteksi perubahan penting dalam tekanan darah
  • Menentukan tujuan kegiatan fisik dan pelacakan perkembangannya
  • Memantau durasi, kualitas tidur, berat badan dan indeks massa tubuh (BMI)
  • Histori data kesehatan tambahan seputar tidur, berat badan, EKG, aktivitas, dan lain-lain

Saat melakukan pengukuran tekanan darah pastikan penggunaan alat dilakukan dengan benar. Lakukan pengukuran secara rileks dan nyaman, sebaiknya jangan saat sedang stres, nyeri atau kesakitan. Pengukuran dilakukan dua kali dengan jeda satu menit sebelum ke pengukuran berikutnya. Sebaiknya pengukuran dilakukan pada waktu yang sama setiap hari, misalnya setiap jam 8. Ketika berkonsultasi dengan dokter, bawa data hasil pengukuran tekanan darah tersebut.

Uji Penggunaan OMRON BPM 7156T

Tim teknogav.com berkesempatan untuk menjajal alat ukuran tekanan darah OMRON BPM 7156T. Sebelum menggunakan alat tersebut, penting untuk menginstal aplikasi OMRON Connect terlebih dahulu pada smartphone. Kemudian buat akun terlebih dahulu dan login menggunakan akun tersebut, jangan lupa menyalakan koneksi Bluetooth di smartphone. Setelah baterai dan selang manset terpasang pada alat ukur, tekan tombol Bluetooth pada alat sekitar dua detik. Lakukan saat layar kosong sampai muncul huruf P. Kemudian pilih alat tersebut di tampilan aplikasi smartphone, sehingga pairing pun berhasil dilakukan.

tampilan aplikasi OMRON Connect saat pairing, hasil pengukuran dan grafik hasil pengukuran

Pasang manset pada lengan, lalu tekan tombol Start dan tunggu beberapa saat. Alat pun mengukur tekanan darah sistolik, diastolik dan denyut nadi yang akan otomatis disimpan pada alat dan disinkronisasi pada aplikasi. Tekan hasil pengukuran pada layar smartphone untuk melihat grafik pengukuran dari waktu ke waktu.

Seperti telah disinggung di awal, aplikasi OMRON Connect memiliki fitur BP Diary yang dapat digunakan untuk memantau tekanan darah. Fitur ini mencakup pemantauan tren, memo pengingat pengobatan, logbook tekanan darah dan sharing PDF.

Baca juga: Hati-hati, Saat Telehealth Ternyata Privasi Data Pasien Terancam Dilanggar

tampilan menu BP Diary pada aplikasi OMRON Connect

Serunya,  OMRON Connect juga memiliki fitur HealthGift yang memotivasi pengguna melakukan pengukuran rutin. Aktivasi fitur ini dengan melengkapi profil dengan jenis gender dan tanggal lahir. Fitur ini menyediakan satu tiket setiap hari untuk  bermain roda keberuntungan. Hadiah roda keberuntungan ini bisa berupa koin atau kupon. Koin juga diperoleh dengan melakukan pengukuran darah setiap hari. Koin yang terkumpul dapat digunakan untuk melakukan penawaran pada menu Hadiah yang mencakup Hadiah Kuartal dan Hadiah Bulanan. Makin banyak penawaran maka akan makin banyak peluang untuk menang. Di kuartal Oktober-Desember 2022 ini hadiahnya Apple Watch lho!

tampilan menu HealthGift pada aplikasi OMRON Connect

Sayangnya baik di perangkat maupun di aplikasi hanya dapat mencatat pengukuran tekanan darah, tidak bisa langsung dimasukkan di beberapa profil sekaligus. Satu aplikasi hanya bisa digunakan untuk memantau satu orang. Jika ingin menggunakan alat untuk anggota keluarga lain, sebaiknya instal aplikasi di perangkat masing-masing. Kelemahan lain adalah saat data disinkronisasi, seluruh data pada alat akan masuk ke aplikasi. Kendati demikian, pengguna dapat menghapus data yang bukan pengukuran tekanan darah dirinya secara manual di aplikasi. Pengukuran tekanan darah juga dapat dilakukan untuk mode Guest jika tidak ingin data tersebut direkam pada alat.

Harga yang dibanderol pada OMRON BPM 7156T adalah Rp790 ribu. Selain itu tersedia juga OMRON BPM 7156T-A yang sudah dilengkapi dengan adaptor AC. Pembelian OMRON BPM 7156T dapat dilakukan di beberapa marketplace berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli OMRON HEM 7156T di Blibli
Klik untuk membeli OMRON HEM 7156T di Shopee
Klik untuk membeli OMRON HEM 7156T di Tokopedia
Klik untuk membeli OMRON HEM 7156T Lazada


Share:

Artikel Terkini