Review realme Watch 2 Pro, Pantau Segala Indikator Kebugaran Review realme Watch 2 Pro, Pantau Segala Indikator Kebugaran ~ Teknogav.com

Review realme Watch 2 Pro, Pantau Segala Indikator Kebugaran

Teknogav.com – Di masa pandemi ini, menjaga kebugaran tubuh sangat penting agar tetap imun dan tak mudah diserang virus. Salah satu cara menjaga kebugaran adalah berolahraga. Nah, realme menghadirkan smartwatch realme Watch 2 Pro yang dilengkapi dengan berbagai fitur latihan untuk kebugaran. Selain itu juga terdapat indikator kesehatan seperti kadar oksigen, detak jantung dan kualitas tidur.

Kali ini Teknogav.com berkesempatan melakukan review realme Watch 2 Pro. Perangkat ini merupakan salah satu dari jajaran produk AIoT dari realme. Paket realme Watch 2 Pro ini terdiri dari smartwatch beserta talinya, kabel untuk pengisian daya dan buku panduan.

isi paket realme Watch 2 Pro

Layar realme Watch 2 Pro berukuran 1,75 inci, di sisi samping terdapat tombol untuk mematikan dan menyalakan smartwatch. Resolusi layar tersebut 320 x 385 piksel,dengan refresh rate 30 fps dan kecerahan 600 nits.Saat ini smartwatch tersedia dalam dua pilihan warna. Pada produk yang kami review ini, pilihan warnanya adalah silver.

Baca juga: Hadir dengan Harga Terjangkau, Ini Fitur-fitur realme Watch 2 Series

Warna silver pada realme Watch 2 Pro tidak terlihat benar-benar silver, lebih mirip warna putih keabu-abuan. Tali jam ini dapat dilepas dengan menggeser pin dan menahannya tanpa menggunakan alat. Proses melepasnya agak sulit sih. 

pin untuk melepas tali dan bagian belakang smartwatch

Pengisian daya cukup mudah, hanya perlu menghubungkan kabel ke charger, lalu pasang jam di permukaan yang ada pin kontaknya. Uji coba untuk pairing dengan smartphone menggunakan aplikasi realme Link dan koneksi Bluetooth agak tersendat. Pada uji coba ini memang menggunakan smartphone dari brand lain. Akhirnya dicoba untuk melakukan reset dan restart smartwatch sampai akhirnya berhasil terhubung.

aplikasi realme Watch 2 Pro
Ketika reset dilakukan pada smartwatch, maka koneksi antara realme Watch 2 Pro dan smartphone harus dilakukan melalui QRcode. Pindai QRcode pada layar realme Watch 2 Pro menggunakan fitur pemindaian pada realme Link.

Setelah berhasil terhubung, koneksi selanjutnya berjalan lancar. Update pun dilakukan pada firmware smartwatch ini menggunakan versi 1.3.0.48. Pembaruan pada versi ini mencakup 91 mode olahraga, menambah watch face foto yang bisa dikustomisasi dan perbaikan bug.

Fitur-fitur realme Watch 2 Pro

Berikut ini adalah fitur-fitur yang tersedia pada realme Watch 2 Pro untuk mendampingi menjaga dan memantau kebugaran dan kesehatan:

  • Activity yang menampilkan jumlah langkah yang telah dilakukan, kalori yang berhasil dibakar dan waktu yang dihabiskan untuk berolahraga.
  • Heart Rate untuk mengukur detak jantung pengguna
  • SpO2 untuk menghitung kadar oksigen dalam darah
  • Sleep untuk memantau kualitas tidur pengguna, termasuk waktu dan tahapan tidur yang dipantau
  • Workout untuk mentau detak jantung, kalori yang dibakar dan durasi latihan. Tersedia 91 jenis olahraga, tetapi hanya 15 yang bisa dipilih untuk ditampilan pada smartwatch. Pemilihan jenis olahraga bisa dilakukan melalui aplikasi realme Link. Beberapa kegiatan olahraga mencakup lari di luar atau dalam ruangan, bersepeda, naik kuda, tenis meja, bulu tangkis, Tai chi, tenis, panahan, dansa latin, kickboxing, bela diri, naik turun tangga, dan lain-lain.
menu pilihan olahraga
  •  Workout Records untuk melihat langsung dari smartwatch riwayat data-data yang diperoleh dari latihan.
  • Alarm untuk menentukan jam untuk membunyikan alarm agar bisa terbangun
  • Weather untuk melihat kondisi cuaca
  • Stopwatch untuk menghitung waktu
  • Timer untuk menghitung mundur waktu
  • Music untuk mengendalikan pemutar musik pada smartphone
  • Camera untuk mengandalikan kamera di smartphone menggunakan aplikasi realme Link
  • Breathe untuk memandu mengatur pernapasan
  • Find My Phone untuk menemukan smartphone jika lupa meletakkan atau diambil seseorang.
  • realme Link untuk mengendikan perangkat lain yang terhubung pada aplikasi realme Link di smartphone
  • Setting adalah pengaturan yang mencakup pemilihan Watch Face, mengatur tampilan, mengaktifkan notifikasi, mengaktifkan mode untuk tak diganggu dan indikator kapasitas baterai. Tersedia juga fitur Power Saving Mode untuk menjaga agar baterai tetap awet.

Baca juga: Resmi Meluncur, Ini Harga dan Spesifikasi realme Watch S Pro

Uji Coba Fitur Latihan dan Kebugaran

Jika ingin melihat statistik data latihan lebih lengkap, maka dapat menghuungkan ke smartphone dengan aplikasi realme Link. Pada uji coba ini dilakukan latihan Free training dan Yoga. Selain menghitung kalori yang terbakar, detak jantung dan durasi. Kendati demikian jumlah langkah saat berolahraga pun dihitung. 

tampilan data saat berolahraga

 

pemantauan kegiatan olahraga dan tidur

Sayangnya ketika dilakukan olahraga hanya dengan duduk besrila sambil menggerakkan tangan, ternyata aplikasi tetap menghitung jumlah langkah. Fitur dual-satellite GPS pada realme Watch 2 Pro ini memudahkan pelacakan lokasi saat melakukan kegiatan olahraga di luar ruangan.

Baca juga: Tampil dengan Layar Bundar, Ini Fitur-fitur realme Watch S 

Ketika melakukan uji coba fitur Breathe, pengguna dapat memilih durasi waktu melakukan latihan pernapasan. Pilihan durasi yang tersedia adalah 1 menit, 3 menit, 5 menit dan 10 menit. Ikuti panduan untuk menarik napas dan mengembuskan napas untuk hasil terbaik.

Nah, istimewanya, realme Watch 2 Pro memiliki fitur SpO2 yang kini sedang populer untuk membantu mengetahui kadar oksigen dalam darah. Jadi pengguna tak perlu lagi membeli oximeter untuk bisa rutin mengukur kadar oksigen dalam darah. Saat menggunakan fitur ini, posisi tangan harus benar-benar stabil agar bisa terbaca dengan baik.

Serunya lagi realme Watch 2 Pro dan realme Watch 2 sudah menyandang sertifikasi IP68. Jadi tak perlu khawatir tetap mengenakan smartwatch ini saat melakukan kegiatan yang berhubungna dengan air seperti cuci tangan. Apalagi cuci tangna merupakan salah satu protokol kesehatan yang penting dilakukan saat pandemi.

Bebas Pilih Watch Face dan Pengaturan Sesuai Kebutuhan

Lebih dari 100 watch face tersedia untuk dipilih dan dapat diganti setiap saat. Tampilan pada smartwatch juga bisa disesuaikan dengan fungsi. Beberapa menampilkan indikator kesehatan di halaman depan seperti detak jantung dan langkah yang sudah dilakukan. Selain itu tersedia juga Live Watch Face. 

beberapa pilihan Watch Face

Selain pengaturan Watch Face, pada menu Settings juga bisa dilakukan pengaturan tampilan. Beberapa parameter yang bisa diatur mencakup tingkat kecerahan, Screen timeout, dan Raise to Wake. Ketika fitur Raise to Wake aktif, maka pengguna tak perlu memencet tombol atau menyentuh layar untuk bisa melihat tampilan layar. Cukup gerakkan layar layaknya ingin melihat jam.

Kerennya lagi, pengguna bisa mengaktifkan fitur-fitur untuk memberikan notifikasi kebugaran pada menu Settings. Notifikasi yang bisa diaktifkan mencakup beberapa kondisi berikut ini:

  • Terlalu lama tidak bergerak (Sedentary)
  • Target tercapai
  • Pengingat minum
  • Latihan pernapasan

Selain itu tersedia juga fitur Do Not Disturb pada menu Settings. Fitur ini dapat segera diaktifkan atau dibuat jadwal aktifnya, Selain itu tersedia juga pilihan Smart Mode. Ketika memilih mode ini, maka saat smartwatch tak dikenakan atau pengguna terdeteksi tidur, smartwatch tak akan memberikan notifikasi dan bergetar. Tentu saja pengecualian jika notifikasi tersebt berupa alarm dan pewaktu.

realme Watch 2 Pro

Pada pengaturan umum, tersedia pilihan untuk menampilkan aplikasi secara grid atau daftar dan kekuatan getaran, Nah, bagi yang ingin mematikan smartwatch, restart maupun reset, bisa juga dilakukan dari menu pengaturan ini.

Baterai

Seperti telah disinggung di awal, pengisian baterai pada realme Watch 2 Pro cukup mudah. Tinggal meletakkan smartwatch pada bidang bundar pengisian daya. Waktu pengisian cukup cepat dan ketika terisi penuh bisa bertahan sampai 14 hari. Jika ingin baterai lebih henat, maka aktifkan fitur Power Saving Mode yang bisa diakses dari menu Settings.

pengisian daya baterai

Kelebihan realme Watch 2 Pro

  • Layar yang lapang sehingga mudah membaca berbagai informasi
  • Fitur olahraga yang lengkap
  • Fitur kebugaran yang dibutuhkan saat pandemi
  • Baterai awet

Kekurangan realme Watch 2 Pro

  • Agak sulit melepas tali strap
  • Pendeteksian langkah kurang akurat
  • Tak ada panduan untuk melakukan olahraga

Harga dan Ketersediaan

Harga resmi yang dibanderol pada realme Watch 2 Pro adalah Rp899 ribu. Setiap pembelian smartwatch tersedia juga bonus keanggotaan Joox.Bagi yang ingin membeli secara online bisa melakukannya melalui Shopee, akulaku, dan realme.com/id.

Klik untuk membeli realme Watch 2 Pro di Shopee

Share:

Artikel Terkini

Follow by Email