Review Lenovo Yoga Slim 7 Pro 14IHU5, Optimal dengan AI Review Lenovo Yoga Slim 7 Pro 14IHU5, Optimal dengan AI ~ Teknogav.com

Review Lenovo Yoga Slim 7 Pro 14IHU5, Optimal dengan AI


Teknogav.com – Kali ini, tim Teknogav.com berkesempatan menjajal Lenovo Yoga Slim 7 Pro 14IHU5 yang menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-11. Prosesor tersebut terintegrasi dengan GPU Intel Iris Xe Graphics. Selain itu, kemampuan grafis laptop juga didukung oleh kartu grafis diskret NVIDIA GeForce MX 450. Jika dibandingkan dengan Lenovo IdePad Slim, material pada Lenovo Yoga Slim ini terasa lebih premium dengan bahan aluminium. Laptop yang direview Teknogav.com ini tampil gagah dengan balutan warna Slate Grey.

Tentu saja Lenovo Yoga Slim 7 Pro 14IHU5 dibekali dengan berbagai fitur terdepan. Kinerja prosesor Intel Core i7-11370H ini didukung oleh RAM DDR4 berkapasitas 16 GB. Media penyimpanan pada laptop pun sudah menggunakan teknologi SSD dengan kapasitas 1TB. Teknologi SSD memungkinkan akses ke file yang tersimpan di dalamnya lebih cepat dan kemampuan memuat aplikasi lebih cepat juga.

Kisaran harga Lenovo Yoga Slim 7 Pro 14IHU5 ini sekitar Rp18 jutaan. Material rangka bodinya menggunakan bahan yang berkualitas sehingga terasa lebih kokoh. Laptop ini tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Slate Grey dan Light Silver yang terlihat premium. Paket pembelian laptop ini sudah dilengkapi dengan adaptor charger yang menggunakan port USB tipe-C untuk pengisian daya.

Layar laptop ini berukuran 14 inci dengan bezel yang tipis di keempat sisi. Pada bezel atas disematkan kamera IR camera yang sayangnya belum dilengkapi dengan shutter fisik. Tombol daya yang berada di sisi samping laptop pun belum terintegrasi dengan sensor sidik jari. Posisi tombol daya tersebut cukup nyaman karena tak menyatu dengan keyboard. Susunan keyboard nyaman untuk mengetik, apalagi juga dilengkapi backlit yang membantu mengenali karakter saat kondisi pencahayaan kurang.

Kinerja Lenovo Yoga Slim 7 Pro 14IHU5

Prosesor yang digunakan pada Lenovo Yoga Slim 7 Pro 14IHU5 yang direview oleh tim Teknogav.com menggunakan Intel Core i7-11370H. Seri H merupakan prosesor Intel yang berkinerja tinggi jika dibandingkan dengan seri U. Peluncuran Intel Core i7-11370H dilakukan pada kuartal pertama tahun 2021. 

Produksi prosesor ini menggunakan teknologi 10 nm SuperFin dan merupakan prosesor yang hemat daya. Prosesor ini memiliki empat inti dan delapan thread dengan kecepatan clock prosesor 3,3 GHz dan bisa di-boost sampai 4,8 GHz. Kinerja prosesor pada laptop ini didukung oleh DDR4 berkapasitas 16 GB, sehingga cukup mumpuni.

Lenovo Yoga Slim 7 Pro 14IHU5

Dari segi pemrosesan grafis, Lenovo Yoga Slim 7 Pro ini didukung oleh dua prosesor grafis. Pertama adalah Intel Iris Xe yang terintegrasi dengan prosesor, dan kedua adalah GPU NVIDIA GeForce MX 450. Prosesor grafis Intel Iris Xe yang terintegrasi mendukung visual yang lebih halus, detail dan nyata saat streaming atau mengedit video.

Baca juga: Review VivoBook Pro 14 OLED (K3400), Laptopnya Kreator Muda

Kartu grafis NVIDIA GeForce MX 450 ini menggunakan chip TU117 seperti yang digunakan pada GPU NVIDIA GeForce GTX 1650. Kinerja grafisnya mendukung penyuntingan foto dan video, serta gaming dengan lebih cepat. Kartu grafis ini juga bisa bekerja dengan mulus menggunakan teknologi NVIDIA Optpimnus sehingga memberika keseimbangan antara penghematan baterai dan kinerja. Peningkatan kinerja grafis GPU ini 30% lebih tinggi saat main game atau membuat konten jika dibandingkan kartu grafis generasi sebelumnya.

Fitur-fitur cerdas laptop ini didukung kecerdasan buatan (AI) sehingga memaksimalkan waktu dan tenaga saat pengoperasian. Penghematan daya baterai juga didukung Intelligent Cooling yang mengoptimalkan daya secara otomatis. Fitur ini dapat melakukan distribusi dinamis yang mengarahkan daya ke bagian laptop yang paling membutuhkan nuntuk meningkatkan kinerja. Sistem pendinginan dilengkapi bilah kipas yang kecil untuk memastikan laptop tetap ringan dan sistem bekerja efektif

Fitur Flip to Boot pada Lenovo Yoga Slim  7 Pro memungkinkan untuk menyalakan laptop secara otomatis saat membuka layar. Login pun bisa lebih cepat dengan teknologi pengenalan wajah. Privasi juga terjamin dengan adanya sensor notifikasi yang memberikan Peringatan Privasi jika ada yang mengintip dari bahu. Laptop juga bisa melakukan logout secara otomatis saat menjauh.

Layar Lenovo Yoga Slim 7 Pro 14IHU5

Lenovo Yoga Slim 7 Pro memiliki layar berukuran 14 inci dengan resolusi 2,8K (2880 x 1800 piksel). Bezel pada keempat sisi layar cukup tipis, sehingga rasio layar-ke-bodi sampai 91%. Sedangkan rasio aspek layar adalah 16:10 sehingga memberikan ruang lebih untuk bekerja dibandingkan dengan rasio 16:9. Kerennya, layar pada laptop ini pun dapat diputar sampai 180°.

Lenovo Yoga Slim 7 Pro 14IHU5

Rentang warna pada layar sampai 100% sRGB dengan kecerahan sampai 400 nits. Akurasi warna memiliki nilai Delta E kurang dari 2. Tampilan layar terlihat tajam dengan 1,07 corak warna yang dioptimalkan dengan Dolby Vision dan densitas 246 piksel per inci. Refresh rate 90 Hz pada layar tentu saja dapat mengurangi proses loading saat streaming atau main game. Kecanggihan layar tersebut tentu saja didampingi juga dengan audio memukau dari speaker stero Dobly Atmos. Sepaker tersebut dioptimalkan untuk audio visual yang intens dan imersif.   

Desain Ringkas, Bobot Ringan

Dimensi Lenovo Yoga Slim 7 Pro cukup ringkas dengan dimensi 312,4 mm x 221,4 mm x 14,9-16,9 mm. Bobotnya pun ringan, hanya sekitar 1,3 kg sehingga nyaman untuk dibawa bepergian. Desain di belakang layar terlihat logo YOGA di pojok kiri atas, sedangkan logo Lenovo berada di pinggiran kanan bawah. Logo Lenovo ini juga terdapat di panel yang sejajar dengan touchpad, tepatnya di pinggiran kanan.

Lenovo Yoga Slim 7 Pro 14IHU5
sisi depan Lenovo Yoga Slim 7 Pro 14IHU5

Touchpad pun dirancang lebih lapang dengan ukuran 25% lebih besar sehingga memberikan kenyamanan menavigasi. Sayangnya pada touchpad ini tidak dilengkapi dengan tombol klik fisik. Selain itu juga tidak ada fitur sensor sidik jari.

Ketika laptop awal dinyalakan, tampak backlit pada keyboard yang menyala. Jika ingin lebih menghemat baterai, bisa juga mematikan backlit tersebut dengan menekan tombol Fn + spasi. Tingkat kecerahan backlit pun dapat dilakukan menggunakan tombol tersebut dengan menekannya beberapa kali.

keyboard dan touchpad Lenovo Yoga Slim 7 Pro 14IHU5

Beralih ke sisi kiri laptop, terdapat dua port USB tipe-C. Port ini merupakan port USB 4.0 yang didukung teknologi Thunderbolt 4, fitur Display Port dan fitur Power Delivery. Sedangkan di sisi kanan, dari belakang ke depan terdapat tombol daya, port USB 3.2 Gen 1 tipe-A (always on), dan jack audio 3,5 mm. Fitur always on pada USB tipe-A ini memungkinkan untuk mengisi daya perangkat lain saat laptop dalam kondisi mati.                                                                                                                                                                       

sisi kiri Lenovo Yoga Slim 7 Pro 14IHU5
                                       
sisi kanan Lenovo Yoga Slim 7 Pro 14IHU5

Perangkat Lunak

Lenovo Yoga Slim 7 Pro ini hadir dengan sistem operasi Windows 11 Home 64. Laptop ini juga sudah dibekali dengan perangkat lunak Office Home and Student 2021 dengan pembaruan rutin. Tak perlu repot lagi mencari perangkat lunak Office untuk bekerja atau mengerjakan tugas.

Berbagai aplikasi standar lain pun sudah tersedia pada laptop ini, termasuk Dolby Audio, Film & TV. Tentu saja berbagai perangkat lunak Lenovo pun sudah siap digunakan yang mencakup Lenovo Vantage, Lenovo Voice, dan Lenovo Hotkey. Penyimpanan cloud default pada laptop ini menggunakan One Drive yang merupakan bawaan dari sistem operasi Microsoft.

Benchmark

Pengujian Lenovo Yoga Slim 7 Pro 14IHU5 ini dilakukan menggunakan beberapa aplikasi benchmark. Hasil skor keseluruhan ketika dilakukan pengujian menggunakan PC Mark 10 adalah 5.121. Skor ini masih lebih rendah dari hasil benchmark Lenovo Ideapad Slim 3 15ALC6 yang menggunakan prosesor Ryzen 7 5700U. Skor yang diperoleh Lenovo Ideapad Slim 3 15ALC6 tersebut adalah 5320. 

Beralih ke skor Essential, skor yang diperoleh adalah 8.585 yang jauh di atas rata-rata. Parameter Essential ini menunjukkan keandalan saat mengerjakan tugas-tugas sederhana. Sayangnya angka ini masih berada di bawah Lenovo Ideapad Slim 3 15ALC6 dengan prosesor AMD Ryzen 7 5700U yang meraih skor 9.097. Skor yang diperoleh Lenovo ini pun masih lebih rendah dibandingkan ASUS VivoBook S14 yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 5500U. Skor yang diraih ASUS VivoBook S14 M433 adalah 9200.

Berikut ini adalah rincian skor berdasarkan kategori jenis kerja:

Benchmarking pada mode Standard menggunakan PCMark 10

 Baca juga: Review Lenovo IdeaPad Slim 3 15ALC6, Andalkan Ryzen 7 5700U

Benchmarking berikutnya dilakukan menggunakan PassMark. Skor yang diperoleh untuk kinerja sistem adalah 3.997 yang di atas nilai rata-rata 2.814. Namun, nilai ini masih rendah dibandingkan skor Lenovo Ideapad Slim 3 15ALC6 dengan prosesor Ryzen 7 5700U, yaitu 4524. Skor kinerja CPU pada Lenovo Yoga Slim 7 Pro ini cukup mengecewakan, yaitu 7.201, sedikit di bawah rata-rata 7.271.

skor uji kinerja dengan PassMark
skor uji CPU dengan PassMark

PassMark juga membuat daftar peringkat prosesor dari beberapa data prosesor yang data. Daftar tersebut menunjukkan kinerja Intel Core i7-11370H masih di bawah AMD Ryzen 7 4800H. Peringkat tersebut bahkan masih di bawah Apple M1 8 Core 3200 MHz dan Intel Core i7-10750H.

Daftar peringkat prosesor yang disusun PassMark

Dari sisi grafis, skor benchmarking menggunakan PassMark menghasilkan skor 607 untuk 2D Mark tipis di atas rata-rata 604. Sedangkan untuk skor 3D Mark hasilnya adalah 4.839 yang cukup memuaskan karena di atas rata-rata 3.858. Skor yang diperoleh untuk memori cukup memuaskan, yaitu 2.215, di atas nilai rata-rata 1.781. Sedangkan skor Disk Mark sangat luar biasa, yaitu 13.750, padahal nilai rata-rata dunia hanya 3.668.

Uji Video Card 2D

 
Uji Video Card 3D

Uji Memori

 
Uji Disk Mark

Kinerja inti prosesor juga diuji dengan aplikasi benchmark Geekbench, nilai yang diperoleh untuk single core adalah 6.520. Nilai ini lebih tinggi dari skor single core pada Lenovo Ideapad Slim 3 15ALC6, yaitu 5.116. Sementara itu skor kinerja multi-core pada Lenovo Yoga Slim 7 Pro ini adalah 20.002. Nilai tersebut sedikit lebih rendah dari nilai multi-core yang diperoleh Lenovo IdeaPad Slim 3 15ALC6, yaitu 22.492.

Benchmarking CPU dengan GeekBench 4

Uji Open CL pun dilakukan pada masing-masing GPU. Saat menggunakan Iris Xe nilai yang diperoleh adalah 101.090 dan NVIDIA GeForce MX450 adalah 97.701.

Benchmarking Open CL Intel Iris Xe dengan Geekbench 4
Benchmarking Open CL NVIDIA GeForce MX450 dengan Geekbench 4


Ketika menggunakan aplikasi CPU-Z diperoleh rincian nilai hasil uji sebagai berikut. 

CPU-Z

Lenovo Yoga Slim 7 Pro 14IHU5 dengan prosesor Intel Core i7-11370H dibanderol dengan kisaran harga Rp16-18 jutaan. Harga ini cukup terjangkau untuk laptop yang dibekali dengan dua kartu grafis dan prosesor Intel Core generasi ke-11. Pembelian dapat dilakukan pada beberapa marketplace berikut ini:

https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli Lenovo YOGA Slim 7 Pro 14IHU5 di Blibli
Klik untuk membeli Lenovo YOGA Slim 7 Pro 14IHU5 di Bhinneka
Klik untuk membeli Lenovo YOGA Slim 7 Pro 14IHU5 di Tokopedia
Klik untuk membeli Lenovo YOGA Slim 7 Pro 14IHU5 di Lazada

Klik untuk membeli Lenovo YOGA Slim 7 Pro 14IHU5 di Shop

Kelebihan

Bodi laptop dibuat dengan material premium berupa aluminium yang kokoh namun tetap ringkas. Layar laptop berukuran 14 inci dengan bezel cukup tipis dengan tampilan yang tajam. 

Kinerja prosesor cukup mumpuni dengan Intel Core i7-11370H. Kemampuan grafisnya pun didukung dua prosesor, yaitu Intel Iris Xe yang terintegrasi dan kartu grafis diskret NVIDIA GeForce MX450. Kinerja prosesor didukung RAM yang kapasitasnya cukup besar, yaitu 16 GB. Media penyimpanan sudah menggunakan teknologi SSD dengan kapasitas sangat lapang 1 TB. Teknologi AI pun sudah mendampingi berbagai fitur pada laptop.

Kekurangan

Sayangnya privasi pada laptop tidak didukung penutup webcam. Keamanan pada laptop juga tidak didukung sensor sidik jari. Layar pun belum mengadopsi teknologi layar sentuh, sehingga agak susah jika pengoperasian agak tersendat. Lenovo pun belum melengkapi laptop ini dengan trackpoint.

Baca juga: Review VivoBook Pro 14X OLED (N7400), Inovatif dengan DialPad

Spesifikasi Lenovo Yoga Slim 7 Pro

Sistem Operasi

Windows 11 Home

Prosesor

Intel Core i7-11370H

Form Factor

Laptop

Memori

DDR4 16 GB

Media Penyimpanan Internal

SSD PCIe M.2 1 TB

Layanan awan

OneDrive

Layar

14" (16:10) 2.8K (2880x1800), 100%sRGB, 400 nits, Dolby Vision, Delta E<2 color accuracy, 243ppi, Glass only, 91% AAR

Grafis

Intel Iris Xe Graphics

NVIDIA GeForce MX450

Port

USB-A 3.2 Gen 1 (always on), 2 x USB-C (USB 4.0 + Thunderbolt™ 4 + DP + PD), Headphone / mic jack

Audio

2 x 2W HARMAN-branded speakers with Dolby Atmos®

Webcam

IR Camera

Keyboard

Backlit, Anti-FPR finish

Nirkabel

2 x 2 AX Wi-Fi 6 dan Bluetooth® 5.0

Baterai

61 Whr Lithium-Polymer

Dimensi

312,4 mm x 221,4 mm x 14,9-1,.9 mm (WxDxH)

Bobot

1,3 kg

Warna

Slate Grey

Aplikasi

Lenovo Smart Assist, Smart Display, Smart Player, Q-Control, Flip-to-Boot

Garansi

2 tahun

Share:

Artikel Terkini