Review VivoBook Pro 14 OLED (K3400), Laptopnya Kreator Muda Review VivoBook Pro 14 OLED (K3400), Laptopnya Kreator Muda ~ Teknogav.com

Review VivoBook Pro 14 OLED (K3400), Laptopnya Kreator Muda

Teknogav.com – ASUS memperkenalkan VivoBook Pro 14 OLED (K3400) berbarengan dengan VivoBook Pro 14X OLED (N7400) dan VivoBook Pro 15 OLED (K3500). Ketiganya merupakan jajaran Creators Series. Sebelumnya Teknogav.com telah mereview VivoBook Pro 14X OLED (N7400), kini saatnya menjajal VivoBook Pro 14 OLED (K3400) yang lebih terjangkau. Perbedaan mendasar antara kedua laptop tersebut adalah absennya fitur Dial Pad pada VivoBook Pro 14 OLED (K3400). Istimewanya, sistem operasi Windows 11 sudah dapat langsung digunakan pada VivoBook Pro 14 OLED (K3400) ini tanpa harus upgrade.

Secara fisik, perbedaan yang dapat terlihat langsung antara VivoBook Pro 14X dan VivoBook Pro 14 terletak pada tombol ESC. Pada VivoBook Pro 14 OLED (K3400), warna tombol tersebut sama dengan tombol lain. Pilihan warna yang tersedia pun agak berbeda, yaitu Quiet Blue dan Cool Silver. Pada unit yang kami review ini, warnanya adalah Quiet Blue, tetapi sekilas lebih mirip warna hitam keabuan. Bobot VivoBook Pro 14 pun lebih ringan jika dibandingkan VivoBook Pro 14X dengan selisih 0,05 kg. 

Pilihan prosesor yang mentenagai VivoBook Pro 14X dan VivoBook Pro 14 sama persis, demikian juga layarnya yang menggunakan teknologi OLED. Tentu saja hal ini menjamin keandalan kinerja VivoBook Pro 14 OLED. Prosesor yang digunakan adalah Intel Core generasi ke-11 seri H yang mumpuni. Pilihan prosesor tersebut adalah Intel Core i7-11370H dan Intel Core i5-11300H. Target pasar laptop ini pun masih sama, yaitu untuk segmen usia 18-30 tahun. 

ASUS VivoBook Pro 14 OLED (K3400)

 Konektivitas pada laptop ini juga disertai dengan port yang lengkap, sedangkan dari segi nirkabel sudah menggunakan teknologi terkini. Pada kamera laptop pun sudah dilengkapi dengan shutter yang siap menjaga privasi pengguna. Berbagai fitur-fitur canggih pada laptop ini tentunaya siap mendukung kreator makin produktif. Terutama keandalan layar OLED yang mampu menyajikan akurasi warna yang tinggi.

ASUS membekali VivoBook Pro 14 OLED dengan dua prosesor grafis. Selain GPU yang terintegrasi dengan prosesor Intel, laptop ini juga menggunakan GPU NVIDIA GeForce GTX 1650 yang didukung Studio Driver. Kendati mengguakan dua prosesor grafis, laptop ini tetap ringan dengan bobot 1,4 kg. 

Konektivitas yang disematkan pada VivoBook Pro 14 OLED ini cukup lengkap. Port yang tersedia mencakup USB tipe-C yang sudah didukung teknologi Thunderbolt 4 dan Power Delivery sampai 100 W. Pembuat konten dapat memanfaatkan port yang sudah didukuntg Thunderbolt 4 ini untuk menghubungkan berbagai perangkat tambahan sehingga menunjang produktivitas mereka. Teknologi koneksi nirkabelnya pun sudah menggunakan Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.0.

Kinerja VivoBook Pro 14 OLED (K3400)

Seperti telah disinggung sebelumnya, prosesor yang digunakan pada VivoBook Pro 14 OLED (K3400) sama dengan VivoBook Pro 14X OLED (N7400). Prosesor tersebut adalah Intel Core generasi ke-11 yang terdiri daru dua pilihan, yaitu Intel Core i7-11370H dan Intel Core i5-11300H. Tentu saja kinerja prosesor ini lebih tinggi dibandingkan seri U. Pada laptop yang kami review, prosesor yang digunakan adalah Intel Core i7-11370H yang hemat daya. 

Baca juga: Review VivoBook Pro 14X OLED (N7400), Inovatif dengan DialPad

Prosesor Intel Core i7-11370H diluncurkan pada kuartal pertama tahun 2021 dan menggunakan teknologi 10 nm SuperFin. Pada prosesor ini terdapat empat inti dan delapan thread. Kecepatan clock prosesor ini 3,3 GHz dan bisa di-boost sampai 4,8 GHz. Kinerja prosesor ini didukung oleh RAM DDR4 3200 MHz berkapasitas 8 GB. Media penyimpanan yang digunakan pada VivoBook Pro 14 OLED (K3400) ini adalah SSD PCIe Generasi ke-3 dengan kapasitas 512 GB.

Dari segi pemrosesan grafis, VivoBook Pro 14 OLED ini didukung oleh dua prosesor grafis. Pertama adalah Intel Iris Xe yang terintegrasi dengan prosesor, dan kedua adalah GPU NVIDIA GeForce GTX 1650 dengan Studio Driver. Kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1650 ini menggunakan arsitektur Turing Shaders. Kinerja prosesor grafiss ini didukung frame buffer GDDR6 berkapasitas 4 GB. Kehadiran Studio Driver pada laptop ini dapat mengoptimalkan perangkat lunak kreatif dalam menyunting foto dan video.

Panas yang dihasilkan perangkat keras tentu saja mempengaruhi kinerja. VivoBook Pro 14 OLED (N3400) ini pun dibekali sistem pendingin ASUS IceCool Plus yang didukung dua kipas. Desain sistem pendingin ini menggunakan dua pipa panas yang menjamin laptop tetap dingin sehingga kinerja pun maksimal. Mode penggunaan pada VivoBook Pro 14 OLED ini dapat diatur menggunakan aplikasi MyASUS. Tersedia tiga mode penggunaan, yaitu Silent, Standard dan Performance. Pemilihan mode ini juga dapat dilakukan dengan menekan tombol Fn + F.

Layar ASUS OLED

VivoBook Pro 14 OLED (K3400) memiliki layar berukuran 14 inci dengan rasio layar-ke-bodi 84%. Layar tersebut dikeliling bezel tipis berukuran 6,79 mm di bagian samping, dan 8,64 mm di tepi atas. Pada bezel bagian atas, terdapat kamera HD yang dilengkapi penutup fisik untuk melindungi privasi. Rasio aspek layar ini 16:10 yang lebih lega dibandingkan layar dengan rasio aspek 16:9. Ruang tambahan ini cocok menunjang kerja para pembuat konten.

ASUS VivoBook Pro 14

Layar ASUS OLED pada laptop VivoBook Pro 14 OLED (K3400) dirancang untuk menyajikan kualitas visual sesuai standar industri kreatif prefosional. Resolusi layar ini 2,8K (2880 x 1800 piksel) dan layar telah dikalibrasi dengan akurat. Tingkat reproduksi warna tinggi, yaitu 100% pada color space DCI-P3 yang setara 133% pada sRGB. Layar pun sudah menyandang sertifikasi PANTONE Validated.
Sertifikasi VESA HDR True Black pun dikantongi VivoBook Pro 14 OLED sehingga menjamin fitur HDR laptop ini sesuai standar global. Sementara itu rasio kontras layar sampai 1.000.000:1. 

Refresh rate layar laptop ini 90 Hz dengan waktu respon hanya 0,2 milidetik. Kemampuan tersebut mendukung tampilan animasi dan video yang detail di setiap frame. Pembuat konten pun dapat melakukan proses produksi lebih nyaman dan praktis tanpa memakai monitor eksternal yang biasanya dibutuhkan untuk proses grading.

Layar VivoBook Pro 14 OLED pun memilki paparan radiasi sinar biru yang 70% lebih rendah sehingga mencegah kerusakan mata. Jaminan kenyaman bagi mata pun diperkuat dengan sertifikasi low-blue light dan anti-flicker dari TÜV Rheinland yang disandang layar tersebut.

Desain dan Konektivitas

VivoBook Pro 14 OLED memiliki ketebalan 1,89 cm, hanya terpaut 0,1 cm sedikit lebih tebal dibandingkan VivoBook Pro 14X OLED. Kendati demikian, bobot VivoBok Pro 14 OLED ini lebih ringan, yaitu 1,4 kg. Pada cover di belakang layar terlihat desain logo ASUS yang unik.

ASUS VivoBook Pro 14 OLED

 

Konektivitas nirkabel pada VivoBook Pro 14 OLED sudah didukung teknologi terkini, yaitu Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.0. Kapasitas jaringan Wi-Fi 6 ini empat kali lipat dibandingkan generasi sebelumnya. Kecepatan datanya pun sampai tiga kali lebih cepat dibandingkan standar AC. Selain itu latensinya pun bisa lebih rendah sampai 75%.

Fitur Wi-Fi Master mendukung koneksi Wi-Fi tersebut sehingga dapat otomatis beralih ke jaringan Wi-Fi terkuat saat berpindah posisi. Canggihnya, fitur tersebut juga dapat menyimpan hotspot mobile yang pernah terhubung dan memprioritaskan terhubung ke jaringan tersebut saat terdeteksi.

sisi kanan ASUS VivoBook Pro 14 OLED

sisi kiri ASUS VivoBook Pro 14 OLED

Port yang tersedia pada VivoBook Pro 14 OLED pun cukup lengkap. Pada sisi kanan terdapat port daya, USB 3.2 Gen 1 tipe-A, HDMI, USB tipe-C, slot micro SD dan jack audio combo 3,5 mm. Port USB tipe-C tersebut menggunakan teknologi Thunderbolt 4, Display Port dan Power Delivery sampai 100 W. Beralih ke kiri, terdapat dua port USB 2.0. Jajaran port tersebut mendukung untuk terkoneksi dengan berbagai perangkat eksternal lain seperti headphone, monitor dan proyektor.

Keyboard

Keyboard ASUS VivoBook Pro 14 OLED

Ukuran dish keyboard ini 0,2 mm dengan key travel 1,35 mm. Keyboard ini pun sudah disertai dengan Backlit. Tombol daya laptop ini disematkan pada pojok kanan atas keyboard dan sudah terintegrasi dengan sensor sidik jari. Sensor sidik jari ini mendukung fitur Windows Hello untuk memudahkan mengakses sistem dan menjaga keamanan. Kerennya, tombol enter pada keyboard pun memiliki corak unik seperti tenunan.

Audio

Teknologi ASUS AI Noise-Cancelling Technology pada VivoBook Pro 14 OLED menggunakan machine learning untuk menyingkirkan kebisingan. Fitur ClearVoice Mic akan memperjelas suara saat berbicara dan mengurangi kebisingan di sekitar. Selain itu juga terdapat mode Multi-Presenter untk menormalisasi seluruh suara individu di setiap posisi demi panggilan konferensi grup yang berkualitas. Detail audio yang berkualitas tinggi pada laptop ini pun sudah disertifikasi Harman Kardon.

Sistem Operasi dan Perangkat Lunak

VivoBook Pro 14 OLED sudah hadir dengan sistem operasi Windows 11. My ASUS merupakan aplikasi andalan pada laptop ini, bahkan pengaturan mode penggunaan pun dilakukan melalui aplikasi ini. Pengendalian perangkat lunak dann perangkat keras ASUS berpusat pada aplikasi My ASUS ini. Pengguna dapat melakukan diagnosa sistem, menghubungi layanan pelanggan, menggunakan fitur Link to My ASUS dan ASUS AppDeals dengan My ASUS. Fungsi Link to My ASUS mencakup transfer file, panggilan telepon, transfer tautan, menambah layar, mencerminkan layar dan mengakses file jarak jauh.

Baca juga: Lenovo Yoga Slim 7i Pro OLED Dukung Mobilitas dan Produktivitas

Pada pembelian VivoBook Pro 14 OLED ini sudah termasuk paket berlangganan Adobe Creative Cloud selama tiga bulan gratis. Platform ini didukung berbagai aplikasi kreatif populer seperti After Effect, Lightroom, Photoshop, dan Premiere Pro. Seluruh layanan dan aplikasi Adobe Creative Cloud tersebut dapat digunakan selama dalam masa berlangganan.

Benchmark

Ketika melakukan benchmarking VivoBook Pro 14 OLED pada mode Performance menggunakan PC Mark 10, nilai keseluruhan yang diperoleh adalah 4.910. Sementara itu nilai Essential yang diperoleh adalah 7.899 yang menunjukkan keandalan dalam mengerjakan tugas-tugas sederhana. Nilai Productivity yang diraih laptop ini adalah 7.665. Jika dibandingkan nilai yang diraih VivoBook Pro 14X OLED pada mode Standard, maka nilai tersebut sedikit lebih rendah. Berikut ini adalah rincian nilai yang diperoleh.

Benchmarking pada mode Standard menggunakan PCMark 10
Pada pengujian menggunakan Pass Mark, nilai keseluruhan yang diperoleh adalah 5959. Nilai tersebut lebih tinggi jika dibandingkan nilai yang diraih pada VivoBook Pro 14X OLED pada mode Full Speed, yaitu 5175. Kedua laptop tersebut meraih nilai di atas rata-rata dunia yang hanya 2.809.

skor uji kinerja dengan PassMark

skor uji CPU dengan PassMark
Sayangnya kinerja Intel Core i7-11370H ini masih jauh di bawah AMD Ryzen 7 4800H berdasarkan peringkat yang disusun PassMark. Kinerja Intel Core i7-11370H ini pun masih sedikit di bawah Intel Core i7-10750H. 

Daftar peringkat prosesor yang disusun PassMark

Nilai yang diperoleh pada benchmarking grafis 2D adalah 936, nilai ini jauh di atas rata-rata yang hanya 602. Jika dibandingkan nilai 787 yang diraih VivoBook Pro 14X OLED, bahkan masih lebih tinggi. Pada benchmarking grafis 3D, nilai yang diperoleh VivoBook Pro 14 OLED ini adalah 7332. Nilai tersebut pun masih di atas nilai yang diraih VivoBook Pro 14X OLED, yaitu 6414. Rata-rata dunia nilai grafis 3D ini adalah 3607.

Uji Video Card 2D
Uji Video Card 3D

Baca juga: Review ASUS ZenBook Duo (UX482), Optimalkan Produktivitas dengan Dua Layar

VivoBook Pro 14 OLED berhasil meraih 2442 pada benchmarking kinerja memori. Nilai ini pun masih di atas nilai yang diraih VivoBook Pro 14X OLED, yaitu 2324. Sementara itu nilai rata-rata dunia jauh di bawahnya, yaitu 1743. Pada benchmarking Disk Mark, nilai yang diraih VivoBook Pro 14 OLED adalah 19613. Nilai tersebut jauh di atas rata-rata dunia 3184.

uji memori

uji diskmark

Pada benchmarking CPU menggunakan GeekBench 4, skor kinerja inti prosesor untuk single core adalah 6805 dan multi core 21480. Kedua nilai tersebut masih lebih tinggi dibandingkan nilai yang diraih VivoBook Pro 14X. Sedangkan untuk uji Open CL dilakukan pada masing-masing GPU. Saat menggunakan Iris Xe nilai yang diperoleh adalah 76.893 dan NVIDIA GeForce GTX 1650 adalah 115.953.

Benchmarking CPU dengan GeekBench 4
Benchmarking Open CL Intel Iris Xe dengan Geekbench 4

Benchmarking Open CL NVIDIA GeForce GTX 1650 dengan Geekbench 4

Rincian nilai hasil uji menggunakan CPU-Z adalah sebagai berikut:

CPU-Z

Harga yang dibanderol pada ASUS VivoBook Pro 14 OLED (K3400) yang kami review ini adalah Rp14.599.000.


https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli VivoBook Pro 14 OLED (K3400) di Blibli
Klik untuk membeli VivoBook Pro 14 OLED (K3400) di Bhinneka
Klik untuk membeli VivoBook Pro 14 OLED (K3400) di Tokopedia
Klik untuk membeli VivoBook Pro 14 OLED (K3400) di Bukalapak
Klik untuk membeli VivoBook Pro 14 OLED (K3400) di Shopee

Kelebihan

Layaknya VivoBook Pro 14X OLED, kelebihan VivoBook Pro 14 OLED terletak ada layar ASUS OLED. Selain itu tentu saja dari segi prosesor terkini yang menggunakan seri berkinerja tinggi, yaitu Intel Core generasi ke-11 seri H. Pada laptop ini tepatnya adalah Intel Core i7-11370H. Hebatnya dari hasil benchmarking sebagian besar nilai VivoBook Pro 14 OLED lebih tinggi dibandingkan nilai VivoBook Pro 14X OLED.

Grafis yang disajikan pun cukup mumpuni dengan kartu grafis diskret NVIDIA GeForce GTX 1650. Kendati demikian, nilai benchmarking Open CL kartu grafis ini masih di bawah NVIDIA GeForce RTX 3050. Kartu grafis tersebut pun sudah didukung Studio Driver untuk meningkatkan kinerja para pembuat konten. Segala kecanggihan teknologi pada VivoBook Pro 14 OLED (K3400) ini terbukti dengan nilai benchmarking yang tinggi. Semua kecanggihan dari VivoBook Pro 14 OLED dikemas dalam dimensi laptop yang tipis dan ringan. Logo dan keyboard pada laptop ini pun terlihat istimewa. 

Konektivitas nirkabel pada VivoBook Pro 14 OLED (K3400) ini sudah didukung teknologi terkini, yaitu Wi-Fi 6 dan Bluetooth 5.0. Port yang tersedia juga cukup lengkap, termasuk USB tipe-C yang sudah didukung teknologi Thunderbolt 4 dan Power Delivery.

Keamanan pada saat menggunakan laptop pun terjaga, berkat tombol daya yang terintegrasi dengan sensor sidik jari. Demikian juga dengan privasi karena sudah menggunakan shutter pada webcam. Ini adalah laptop ASUS seri VivoBook pertama yang menggunakan shutter tersebut.

Kekurangan

Layar tidak dapat dibuka sampai 180˚ dan belum didukung teknologi layar sentuh.

Spesifikasi VivoBook Pro 14 OLED (K3400)

CPU

Intel® Core™ i7-11370H Processor 3.3 GHz (12M Cache, up to 4.8 GHz)

Intel® Core™ i5-11300H Processor 3.1 GHz (8M Cache, up to 4.4 GHz)

Sistem Operasi

Windows 11

Memori

DDR4 3200 MHz 16 GB

DDR4 3200 MHz 8 GB

Media Penyimpanan

SSD PCIe® Gen3 x4 512 GB

Layar

14”, 2.8K (2880x1800) 16:10, OLED, 100% DCI-P3, 90Hz, PANTONE Validated, VESA HDR True Black, TÜV Rheinland low-blue light, anti-flicker

Grafis

NVIDIA GeForce GTX 1650 with Studio Driver

Intel Iris X integrated GPU

Input/Output

1x USB 3.2 Gen 1 Type-A, 2x USB 2.0 Type-A, 1x Thunderbolt™ 4 supports display and power delivery, 1x HDMI 1.4, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, Micro SD card reader

Kamera

HD Web Camera with privacy shutter

Konektivitas

Wi-Fi 6(802.11ax), Bluetooth 5.0 (Dual band) 2*2

Audio

Built-in array microphone qith AI noise-cancelling, harman/kardon certified audio

Baterai

63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

Dimensi

31.74 x 22.85 x 1.92 ~ 1.93 cm

Bobot

1.4 kg

Warna

Quiet Blue, Cool Silver

Harga

Rp14.599.000 (Core i5 / GTX 1650 / 512GB HDD/ 8GB RAM)

Rp19.799.000 (Core i7 / GTX 1650 / 512GB HDD/ 16GB RAM)

Garannsi

2 tahun garansi global

Share:

Artikel Terkini