Pertumbuhan Esports Indonesia Jadi Perhatian di Konferensi AIBC 2022 Pertumbuhan Esports Indonesia Jadi Perhatian di Konferensi AIBC 2022 ~ Teknogav.com

Pertumbuhan Esports Indonesia Jadi Perhatian di Konferensi AIBC 2022

Teknogav.com – Pada ajang Konferensi Australia Indonesia Business Council (AIBC) 2022, pertumbuhan esports di Indonesia menjadi perhatian para peserta dari mancanegara. Pertumbuhan esports di Indonesia menjadi hal yang ditanyakan oleh peserta yang hadir. Pertanyaan tersebut pun dijawab oleh Yudistira Adipratama, S.H., LL. M., yang merupakan perwakilan dari delegasi Indonesia. Beliau juga merupakan Kepala Bidang Hukum dan Legalitas merangkap juru bicara Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI).

Penyelenggaraan Konferensi Australia Indonesia Business Council (AIBC) 2022 dilangsungkan di Darwin, Australia. Tema yang diusung pada ajang tersebut adalah “Partnering for Growth: Stronger, Together.” Acara tersebut diselenggarakan secara rutin sekali setiap dua tahun. Topik-topik yang dibahas di acara tersebut termasuk agribisnis, pendidikan dan pelatiha, infrastruktur dan transisi energi. Konferensi bisnis tingkat tinggi ini melibatkan pelaku usaha dan pejabat negara dari Australia maupun Indonesia. Berikut ini adalah para pejabat yang ikut serta dalam konferensi tersebut:

  • Dr. Siswo Pramono, Duta Besar Indonesia untuk Australia
  • Arsjad Rasjid, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri
  • Senator Don Farrell, Menteri Perdagangan Australia

Baca juga: Delegasi Indonesia Paparkan Potensi Esports di IESF World Esports Summit 2022 

Pemerintah Indonesia pun sangat suportif mendukung industri esports ini selama beberapa tahun terakhir. Dukungan pemerintah terhadap ekosistem game dan esports tanah air termasuk dengan mengakui esports sebagai cabang olahraga yang bersaing. Pengakuan ini terdapat dalam poin pembahasan di Undang-undang Nomor 11 tahun 2022 mengenai Keolahragaan. Peraturan ini juga memperkuat peran PB ESI sebagai induk organisasi cabang olahraga. Selain itu juga memperkuat kepastian hukum sesuai kebutuhan para pelaku industri esports.

Menurut Yudistira, tingkat perkembangan esports tinggi, sehingga merupakan sektor pasar baru yang perlu menjadi perhatian Australia dan komunitas internasional. Hal ini juga karena esports merupakan bagian dari perekonomian Indonesia yang tumbuh pesat. 

Yudistira Adipratama, S.H., LL. M., Kepala Bidang Hukum dan Legalitas merangkap juru bicara Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI).

Baca juga: IESF World Championship ke-14 Siap Digelar Besar-besaran di Bali

“Momentum perkembangan esports di Indonesia maupun secara global sangat positif. Terdapat 465 juta penonton esports di seluruh dunia, naik 6,7% dari tahun sebelumnya. Selain itu, ada lebih dari 3,24 miliar pemain game secara keseluruhan. Indonesia sendiri memiliki lebih dari 53 juta pemain game dan terus bertambah,” ucap Yudistira.

Antusiasme terhadap esports juga terlihat dari ajang Indonesia Esports Summit 2022 dan Bali 14th World Esports Championships 2022. Penyelenggaraan Bali 14th World Esports Championships 2022 akan digelar pada 30 November-12 Desember 2022 di Bali, Indonesia. Ajang tersebut akan memadukan kompetisi, budaya dan semangat wirausaha dan juga UMKM. Penyelenggaraan ajang tersebut sekaligus menjadi sinyal peningkatan kesadaran seluruh pemangku kepentingan mengenai potensi esports untuk memajukan perekonomian digital.

Baca juga: PB ESI dan Anantarupa Studios Berkomitmen Dukung Pertumbuhan Perdagangan 4.0 

“Kami pun mengundang Australia dan komunitas internasional untuk bersama-sama menikmati perhelatan tersebut.”

Share:

Artikel Terkini