MediaTek Pentonic 1000 Dukung Pengalaman Nonton TV 4K Flagship MediaTek Pentonic 1000 Dukung Pengalaman Nonton TV 4K Flagship ~ Teknogav.com

MediaTek Pentonic 1000 Dukung Pengalaman Nonton TV 4K Flagship


Teknogav.com - MediaTek Pentonic 1000 merupakan System-on-chip untuk smart TV terkini. Chipset ini dirancang untuk dapat menyajikan tampilan 4K dengan refresh rate 120 Hz. Berbagai teknologi canggih siap didukung oleh chipset Pentonic 1000, termasuk teknologi konektivitas Wi-Fi 6/Wi-Fi 6E. Kualitas video yang lebih halus pun dapat didukung oleh MMEC dan Dolby Vision IQ yang disertai fitur Precision Detail. Beberapa konten streaming pun dapat ditonton sekaligus berkat dukungan fitur Intelligent View 8 layar.

“Kami merancang MediaTek Pentonic 1000 secara khusus untuk mengakomodasi tren smart TV saat ini, termasuk streaming 4K, game cloud, konferensi video, dan aktivitas menonton bersama. Dengan dukungan untuk konten 4K HDR, frame rates 120 Hz, MEMC, peningkatan AI, konektivitas Wi-Fi 6/6E, dan codec canggih seperti VVC, Pentonic 1000 akan menghadirkan pengalaman menonton 4K terbaik,” ucap Alex Chen, General Manager Unit Bisnis TV di MediaTek. 

Baca juga: MediaTek Pentonic 700 Siap Tenagai Smart TV Premium 4K 120 Hz

TV yang didukung chipset MediaTek Pentonic 1000 juga didukung codec video canggih dan standar siaran TV global dalam satu platform. MediaTek Pentonic 1000 dibangun oleh CPU multi-core yang kuat, GPU dual-core, AI Processing Unit (APU) khusus, dan mesin decoding video. Chipset tersebut mendukung tampilan dengan Variable Refresh Rate (VRR) sampai 4K pada 144 Hz untuk aplikasi game. Permainan yang lebih halus pun didukung oleh frame rate super cepat yang disajikan chipset Pentonic 1000 ini. Selain itu, hadir juga fitu Auto Low Latency Mode (ALLM) untuk menyajikan pengalaman bebas lag.

Berbagai sumber media yang berbeda dan konferensi video dapat dilakukan secara bersamaan berkat teknologi Intelligent View dari MediaTek. Teknologi ini dapat menampilkan sampai delapan tampilan dalam satu layar. Sinkronisasi video dan grafis pun terlihat mulis ketika memindahkan, menukar dan menyesuaikan ukuran jendela tampilan. Dukungan teknologi AI yang dimiliki MediaTek turut mendukung kualitas gambar yang ditampilkan.

Baca juga: Chipset MediaTek Pentonic Dukung Dolby Vision IQ dengan Precision Detail

Fitur Precision Detail yang mendukung teknologi Dolby Vision IQ menyajikan tampilan yang begitu detail di area terang dan gelap. Tampilan di smart TV 4K terlihat lebih tajam dengan tekstur dan kedalaman tambahan. Sementara itu, Teknologi Intelligent View memungkinkan pemrosesan beberapa streaming Dolby Vison secara serentak. Sumber media berbeda dapat ditonton secara bersamaan di Dolby Vision daam beberapa jendela dengan tampilan yang detail.

“Dengan mengintegrasikan Dolby Vision IQ dan Precision Detail, Pentonic 1000 memungkinkan smart TV 4K untuk memperluas pengalaman Dolby Vision. Dolby akan bekerja sama dengan MediaTek dan mitra OEM kami untuk menghadirkan pencitraan Dolby Vision yang menakjubkan. Kolaborasi ini dilakukan agar makin banyak orang menggunakan Smart TV 4K,” ucap Mathias Bendull, Vice President, Living Room di Dolby Laboratories. 

MediaTek Pentonic 100 meningkatkan AI dengan kinerja dan efisiensi daya yang lebih tinggi. Peningkatan teknologi AI Super Resolution (AI-SR) meperhalus tepi dan rekonstruksi detail untuk menampilkan resolusi FHD layaknya 4K. Sementara itu peningkatan kualitas gambar untuk persepsi kedalaman yang realistis dilakukan teknologi AI-Picture Quality (AI-PQ), sehingga konten terlihat hidup.

Baca juga: MediaTek Pentonic 2000, Chipset 7 nm untuk TV 8K 

Berikut ini adalah beberapa fitur utama lain yang dihadirkan oleh MediaTek Pentonic 1000:

  • Dukungan Wi-Fi 6/Wi-Fi 6E untuk konektivitas cepat sehingga menyajikan game cloud dengan latensi rendah dan streaming video 4K dengan lancar
  • Video Global dan Decoding 4K120p Built-in dengan dukungan standar ATSC 3.0, AV1, HEVC, VP9, AVS3 dan VVC (H.266). Penggunaan VVC (H.266) ini mengantarkan gelombang pertama adopsi format VVC.
  • Dukungan asisten suara canggih sehingga memungkinkan menghubungkan perangkat rumah lain dengan smart TV. Selaini itu didukung juga dengan suara Dolby Atmos yang imersif.

Smart TV yang ditenagai Pentonic 1000 siap beredar di pasaran pada kuartal pertama tahun 2023.

Share:

Artikel Terkini