Kampanye CurrenShe Bank OCBC NISP Apresiasi Peran Perempuan bagi Negara Kampanye CurrenShe Bank OCBC NISP Apresiasi Peran Perempuan bagi Negara ~ Teknogav.com

Kampanye CurrenShe Bank OCBC NISP Apresiasi Peran Perempuan bagi Negara


Teknogav.com – Hari Oeang Republik Republik Indonesia (HORI) diperingati setiap 30 Oktober. Berdekatan dengan peringatan HORI ke-76, Bank OCBC NISP meluncurkan kampanye bertajuk CurrenShe yang merupakan bagian dari #TAYTB Women Warriors. Tujuan kampanye ini adalah untuk menyebarkan semangat mendukung perempuan agar makin berkontribusi pada perekonomian negara secara maksimal. Kampanye ini merupakan wujud dari komitmen Bank OCBC NISP dalam memberdayakan perempuan Indonesia.

Peran womenpreneur yang signifikan dalam mendukung perekonomian Indonesia ditunjukkan oleh data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Berdasarkan data tersebut, kontribusi UMKM terhadap Pendapatan Nasional Negara pada tahun 2021 mencapai 61,1%. Sementara, 64,5% atau sekitar 37 juta UMKM di Indonesia tersebut dikelola perempuan. Hasil survei Bank Indonesia juga menunjukkan makin meningkatnya proporsi perempuan di posisi strategis perusahaan. Proyeksinya, PDB dunia juga akan bertambah sebesar USD28 triliun jika kesetaraan gender tercapai. 

Baca juga: Huawei Gelar Women in Tech untuk Dukung Peran Perempuan di Industri TIK

Kampanye CurenShe

Pentingnya peran perempuan dalam dunia bisnis dan ekonomi berusaha diangkat Bank OCBC NISP dengan kampanye CurrenShe. Kampanye disampaikan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) dengan media berupa uang yang merupakan simbol ekonomi. Selain itu, Bank OCBC NISP juga menghadirkan Art Installation bertajuk ‘Perempuan Kuat Ekonomi Bangsa Hebat’ di Sarinah, Thamrin. Art Installation ini digelar selama 3-24 November 2022.

Peresmian pembukaan Galeri Perempuan Hebat oleh Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP

Masyarakat dapat mengenal lebih dekat beberapa tokoh pahlwawan perempuan Indonesia yang berperan besar dalam perjuangan kemerdekaan melalui kampanye CurrenShe ini. Metodenya adalah dengan memindai uang kertas mulai dari nominal Rp2.000 sampai Rp100.000 melalui situs currunshe.com. Setelah pemindaian, maka akan tampil gambar dan audio mengenai kisah para pahlawan perempuan yang gambarnya ada di setiap uang tersebut.  Berikut ini adalah para pahlawan perempuan yang gambarnya ada di setiap nominal uang kertas:

  • Laksamana Malahayati dari Aceh (nominal Rp2000)
  • Nyi Ageng Serang dari DI Yogyakarta (nominal Rp5.000)
  • Andi Depu dari Tinambung, Sulawesi Barat (nominal Rp10.000)
  • Maria Walanda Maramis dari Sulawesi (nominal Rp20.000)
  • Hj Rangkayo Rasuna Said, pahlawan dari Sumatera Barat (nominal Rp50.000)
  • Opu Daeng Risadju dari Tanah Luwu Sulawesi Selatan (nominal Rp100.000)

Art Installation di Galeri Perempuan Hebat, Sarinah, Thamrin, Jakarta

“Dukungan terhadap perempuan merupakan suatu langkah yang cerdas dan tepat untuk memajukan ekonomi bangsa. Insiatif CurrenShe diharapkan dapat mengingatkan kembali bahwa Indonesia juga dibangun oleh para perempuan tangguh dan hebat. Kami mendorong para perempuan untuk terus berkarya, berbisnis dan terjun langsung serta jangan segan menjadi pemimpin di sektor ekonomi. Karena kami percaya bahwa perpaduan antara kekuatan pria dan perempuan akan saling mengisi dan menciptakan dampak positif yang lebih besar. Perpaduan tersebut juga sekaligus mendukung akselerasi Indonesia mewujudkan Indonesia Emas 2045. Untuk itu dukungan nyata dari semua pihak yang terkait sangatlah dibutuhkan untuk merealisasikan inklusivitas tersebut,” ucap Parwati Surjaudaja, Presiden Direktur Bank OCBC NISP.

Baca juga: Huawei Tegaskan Dukungan terhadap Perempuan di Ajang Kartini Digital 2023

Program #TAYTB Women Warriors

Bank OCBC NISP terus mendukung Indonesia 2045 dengan komitmennya untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia. Salah satu dukungan bagi perempuan Indonesia adalah dengan menghadirkan program #TAYTB Women Warriors. Program ini merupakan solusi keuangan bagi para perempuan pengusaha dengan memadukan kebutuhan individu dan bisnis melalui layanan beyond banking.

Solusi #TAYTB mencakup Manage, Grow dan Live, berikut ini adalah masing-masing solusi tersebut:

  • Manage adalah layanan perbankan untuk mengatur keuangan pribadi dan bisnis setiap saat dan setiap waktu dengan gratis biaya transfer.
  • Growth adalah solusi kredit usaha untuk mengembangkan usaha dengan bunga spesial dan gratis biaya admin khusus untuk perempuan
  • Live adalah dukungan berupa pembelajaran berkelanjutan dan komunitas bisnis di ruangmenyala.com

Baca juga: Solusi Financial Fitness by NYALA OCBC NISP Dukung Kesehatan Keuangan

Penyaluran kredit melalui solusi Growth telah mencapai Rp3 triliun atau meningkat 38% dibandingkan tahun sebelumnya per 30 September 2022. Jumlah perempuan yang melakukan wirausaha pun mencapai 1.248 atau meningkat 22,5% dibandingkan tahun sebelumnya. Bank OCBC NISP terus berkomitmen untuk mendukung perempuan berkarya, hal ini terlihat dari komposisi karyawan bank dengan persentase 54% perempuan. Jajaran manajemen Bank OCBC NISP pun banyak dijabat perempuan. Komposisi perempuan di jaajran Dewan Komisaris adalah 25%, sedangkan di jajaran Dewan Direksi mencapai 44%.

Share:

Artikel Terkini