Review ASUS ROG Flow X16 (GV601), Laptop Gaming Convertible Layar Besar Review ASUS ROG Flow X16 (GV601), Laptop Gaming Convertible Layar Besar ~ Teknogav.com

Review ASUS ROG Flow X16 (GV601), Laptop Gaming Convertible Layar Besar

Teknogav.com –  Tahun lalu, ASUS menghadirkan laptop gaming convertible ROG Flow X13 yang begitu tipis dan ringan. Nah, ASUS kembali menghadirkan laptop gaming convertible, kali ini dengan layar yang lebih lapang, yaitu ROG Flow X16. Tak tanggung-tanggung, layar yang diusung oleh laptop gaming convertible ini 16 inci! Kinerjanya pun luar biasa dengan dukungan prosesor AMD Ryzen 6000 HS-Series. Tim Teknogav.com berkesempatan mereview varian yang menggunakan prosesor AMD Ryzen 7 6800HS, sementara varian tertingginya menggunakan AMD Ryzen 9 6900HS.

Tentu saja AMD Ryzen 6000 HS-series adalah prosesor yang canggih. Kerennya lagi, kinerja grafis pun didukung oleh kartu grafis diskret NVIDIA GeForce RTX sampai RTX 3070Ti. Namun pada review ini, kartu grafis diskret yang digunakan adalah NVIDIA GeForce RTX 3050Ti. Keandalan kartu grafis tersebut pun didukung fitur MUX Switch yang dapat memintas jalur data visual langsung ke layar. 

Baca juga: ROG Flow X13, Laptop Ultrathin Convertible Canggih dan Ringan

Kestabilan kinerja perangkat keras tersebut pun dijaga oleh sistem pendingin baru yang tangguh dan baterai berkapasitas besar. Sistem pendingin ini menggunakan ROG Intelligent Cooling yang didukung Pulsar Heatsink dan Frost Force Technology. Penghematan daya baterai pun didukung oleh 50 fitur manajemen daya sehingga bisa tahan seharian. Teknologi pengisian daya cepat mampu mengisi baterai dari kondisi kosong sampai 50% hanya dalam 30 menit.

Sebagai laptop convertible, tentu saja ROG Flow X16 ini dibekali dengan layar sentuh.  Uniknya ukuran layar begitu lapang, yaitu 16 inci sehingga nyaman bagi pekerja kreatif untuk menjadikannya sebagai kanvas digital. Kendati mengusung layar yang besar, bobot laptop ini masih tergolong ringan untuk ukuran laptop gaming, yaitu 2,1 kg saja. Ketebalan ROG Flow X16 (GV601) ini pun kurang dari 2 cm. Bobot laptop yang ringan ini berkat penggunaan bahan magnesium alloy yang ringan, tetapi tetap tangguh.

Baca juga: ROG Flow X16, Laptop Gaming Convertible 16-inci Pertama di Dunia

Layaknnya ROG Flow X13, maka ROG Flow X16 (GV601) juga dapat menggunakan GPU eksternal ROG XG Mobile. Tahun ini, ASUS bahkan memperkenalkan ROG XG Mobile baru yang menggunakan GPU AMD Radeon RX 6850M XT. Laptop gaming ROG Flow X16 (GV601) juga menyediakan slot untuk meng-upgrade memori dan media penyimpanan. Hal ini menjadikan ROG Flow X16 (GV601) sebagai laptop yang fleksibel dan tak lekang waktu.

Kinerja AMD Ryzen 7 6800HS dan NVIDIA GeForce RTX 3050Ti

ROG Flow X16 (GV601) yang direview Teknogav.com ini direnagai AMD Ryzen 7 6800HS dengan prosesor grafis AMD Radeon terintegrasi. AMD Ryzen 7 6800HS memiiki delapan inti dan 16 thread. dengan kecepatan clock prosesor 3,2 GHz. Kendati demikian, kecepatan clock prosesor tersebut dapat di-boost sampai 4,7 GHz. Delapan inti prosesor ini dibangun menggunakan arsitektur 3+ dan teknologi 6 nm. Arsitektur Zen3+ merupakan penyegaran dari Zen 3 dan tidak menawarkan banyak perubahan.  

Prosesor tersebut mendukung kinerja laptop sekelas desktop, tetapi dengan rentang TDP yang cukup rendah, hanya 35 watt. Kinerja prosesor tersebut didukung memori DDR5 4800 MHz SO-DIMM berkapasitas 16 GB. Ketersediaan dua slot SO-DIMM pada laptop memungkinkan untuk meningkatkan kapasitas DDR5 sampai 64 GB agar kinerjanya makin ngebut. Kinerja laptop tersebut sanggup menunjang kelancaran proses render video. Penghematan daya baterai pun dapat dihemat berkat dukungan 50 fitur manajemen daya.

Sementara itu, media penyimpanan pada ROG Flow X16 (GV601) didukung teknologi PCIe 4.0 Performance SSD dengan kapasitas 512 GB. Teknolgi tersebut memiliki kecepatan baca dan tulis sampai 7 Gbps. Tersedia juga dua slot PCIe SSD yang mendukung penambahan kapasitas media penyimpanan tersebut.

bagian bawah ROG Flow X16 (GV601)

Kartu grafis yang digunakan pada laptop ini adalah NVIDIA RTX 3050Ti dengan TGP sampai 80 W, Jika dibandingkan dengan RTX 3050, tentu saja kinerja RTX 3050Ti lebih kencang. Kartu grafis ini memiliki 2570 CUDA, 20 Ray Tracing dan 80 Tensor cores. Fitur MUX Switch pada ROG Flow X16 (GV601) memungkinkan untuk memintas jalur data dari kartu grafis RTX 3050Ti langsung ke layar. Data visual pun dapat langsung ditampilkan tanpa harus melalui GPU terintegrasi sehingga kinerja bisa dimaksimalkan.

Kinerja grafis ROG Flow X16 (GV601) dapat ditingkatkan lagi menggunakan solusi GPU eksternal ROG XG Mobile yang menggunakan GPU AMD Radeon RX 6850M XT. GPU tersebut hadir dengan VRAM berkapasitas 12 GB dan TGP hingga 165 W, lebih tinggi dari ROG XG Mobile sebelumnya yang memiliki TGP 150W. 

ROG XG Mobile

ROG XG Mobile terbaru juga dilengkapi dengan adapter 300 W yang mampu memberikan tenaga penuh ke ROG Flow X16 (GV601). Adapter ini laptop tidak perlu dihubungkan ke adapter saat menggunakan ROG XG Mobile. ROG XG Mobile juga dibekali konektivitas tampbahan, mencakup port USB tipe-A, HDMI, DisplayPort dan UHS-II SD card reader.

Sistem Pendingin ROG Intelligent Cooling

Kestabilan kinerja perangkat keras yang tangguh tersebut dijaga oleh sistem pendingin inovatif ROG Intelligent Cooling. Sistem pendingin ini didukung Pulsar Heatsink dan Frost Force Technology. Kinerja tiga kipas khusus pada sistem pendingin digabungkan dengan heatsink yang membentang dari ujung ke ujung di belakang laptop gaming. Ketika penutup bagian bawah ROG Flow X16 (GV601) dibuka, terlihat satu kipas yang ditempatkan sejajar dengan posisi GPU. Kipas tersebut merupakan bagian dari Frost Force Technology yang berfungsi mengalirkan udara dingin langsung ke GPU.

Desain ketebalan bilah yang berbeda pada kipas dirancang khusus agar kipas dapat mengalirkan udara lebih baik. Desain anti resonansi pun memungkinkan kipas untuk bisa bekerja lebih hening.  Pendingin pun bisa lebih optimal dengan logam cair Thermal Grizzly Condectnaut Extreme pada CPU. Logam cair tersebut dapat menghantarkan panas lebih baik dibandingkan dengan thermal compound standar berbahan silikon. Panas pun lebih mudah disalurkan ke sistem pendingin, sehingga mengoptimalkan kerja proses pendinginan,

Desain ASUS ROG Flow X16 (GV601)

Form factor yang diusung ROG Flow X16 (GV601) merupakan keandalan utama laptop tersebut. Desain convertible pada laptop menawarkan mode penggunaan yang bervariasi, mencakup mode laptop, mode stand, mode tent dan mode tablet. Berbagai mode penggunaan tersebut mendukung laptop untuk bisa dipakai di berbagai skenario penggunaan.

Ketika berada di mode tablet, layar sentuh 16 inci memungkinkan untuk main game.  Pada game yang didukung, laptop ini juga dapat terhubung secara mulus dengan pengendali nirkabel untuk pengalaman baru dan bermain game dengan ultra-portabel. Game terbaik dapat dihadirkan dengan empat pengendali, letakkan X16 dalam mode tenda untuk membawa game bersama. Keyboard pada ROG Flow X16 (GV601) memiliki rollover N-key, jarak travel jari 1,7 mm dan ROG zona tunggal yang didukung Aura Sync. Layaknya laptop ROG lain, keyboard pada ROG Flow X16 (GV601) ini memiliki fitur premium.

Ketika berada di mode tablet, layar sentuh 16 inci memungkinkan untuk main game.  Pada game yang didukung, laptop ini juga dapat terhubung secara mulus dengan pengendali nirkabel untuk pengalaman baru dan bermain game dengan ultra-portabel. Game terbaik dapat dihadirkan dengan empat pengendali, gunakan mode tenda untuk dapat bermain game bersama. 

Keyboard pada ROG Flow X16 (GV601) memiliki rollover N-key, jarak travel jari 1,7 mm dan ROG zona tunggal yang didukung Aura Sync. Layaknya laptop ROG lain, keyboard pada ROG Flow X16 (GV601) ini memiliki fitur premium.  

keyboard ROG Flow X16 (GV601)

Audio

Suara yang begitu nyata disajikan oleh Quad Speaker yang ditenagai Dolby Atmos. Volume audio dapat ditingkatkan lebih keras dan dinamis berkat speaker Smart Amp. Kebisingan dari sisi input dan outpun pun dapat disingkirkan menggunakan fitur Two-Way AI Noise Cancelation sehingga mendukung kegiatan konferensi video atau streaming. Perekaman pun bisa lebih jernih menggunakan fitur tersebut, sehingga visi kreatif dapat lebih jelas.

Layar

Layar sentuh pada ROG Flow X16 (GV601) ini sudah didukung dengan stylus MPP2.0 untuk memudahkan berkreasi. Istimewanya, layar ROG Flow X16 (GV601) pun sudah menggunakan ROG Nebula Display yang merupakan standar layar terbaik di laptop gaming. Layar tersebut memiliki refresh rate 165 Hz, waktu respons 3 milidetik dan fitur Adaptive Sync. Fitur-fitur tersebut siap menyajikan pengalaman main game yang mumpuni dan kualitas anime game yang mulus tanpa efek tearing dan stuttering.

ROG Flow X16 (GV601)

Baca juga: ASUS ROG Flow X16 , Laptop Gaming Convertible dengan ROG Nebula Display

ROG Nebula Display di laptop gaming ini juga memiliki color gamut 100% DCI-P3 dengan tingkat akurasi warna yang sangat tinggi. Layar tersebut pun telah menyandang sertifikasi PANTONE Validated Display. Resolusi layar 2560 x 1600 piksel cukup  lega bagi konten kreator untuk berkreasi, dan sangat ideal untuk siapa saja.

Konektivitas

ROG Flow X16 (GV601) ini didukung oleh konektivitas yang cukup lengkap. Pada sisi kanan terdapat dua port USB 3.2 Gen 2 tipe-A dan slot microSD reader. 

sisi kanan ROG Flow X16 (GV601)

Beralih ke kiri, terdapat jack audio combo 3,5 mm, 2 USB 3.2 Gen 2 tipe-C, HDMI 2.0 dan port daya. Salah satu dari port USB tipe-C tersebut sudah didukung teknologi Power Delivery dan Display Port. Sedangkan port USB tipe-C lainnya telah dibekali antarmuka eksklusif dengan PCIe 3.0 x 8. Konektivitas nirkabel pada laptop gaming ini pun sudah menggunakan teknologi terkini, yaitu Wi-Fi 6E. Teknologi ini sampai tiga kali lebih cepat dibandingkan Wi-Fi 5.

sisi kiri ROG Flow X16 (GV601)

Benchmark

Kini saatnya menguji ROG Flow X16 (GV601) dengan beberapa aplikasi Benchmark. Pada uji coba menggunakan PC Mark 10, skor keseluruhan yang laptop gaming ini adalah 6.760. Skor tersebut di atas perolehan ROG Strix Scar 17 SE yang menggunakan prosesor Intel Core i9-12950HX dengan skor 6.546.

Baca juga: Review ROG Strix SCAR 17 SE (G733C) Laptop Gaming Tercanggih

Nilai Essential yang diperoleh ROG Flow X16 (GV601) cukup tinggi, yaitu 10.284. Skor tersebut menunjukkan keandalan untuk mengerjakan tugas-tugas sederhana. Jika dibandingkan nilai batas kinerja baik, yaitu 4100, maka nilai tersebut luar biasa tinggi. Berikut ini adala rincian skor berdasarkan kategori jenis kerja:

Hasil benchmarking dengan PC Mark 10


Pada pengujian benchmarking menggunakan PassMark, nilai keseluruhan sistem yang diperoleh ROG Flow X16 (GV601) adalah 6.150. Angka ini sedikit di bawah skor yang diperoleh ROG Zephyrus G14 yang memakai prosesor AMD Ryzen 9 6900HS, yaitu 6.493. Kendati demikian, nilai keduanya jauh di atas skor rata-rata yang hanya 2.711.

skor uji kinerja dengan PassMark

Jika dilihat dari benchmarking CPU, nilai yang diperoleh ROG Flow X16 (GV601) adalah 23.824. Angka tersebut lebih tinggi dari skor yang diperoleh ROG Zephyrus G14 yang memakai prosesor AMD Ryzen 9 6900HS, yaitu 21.136. Sementara nilai rata-rata kinerja CPU secara global hanya 6.872.

skor uji kinerja CPU dengan PassMark

Berdasarkan peringkat prosesor yang disusun PassMark, kinerja AMD Ryzen 7 6800HS berada di atas Apple M1 Max 10 Core dan Apple M1 PRo 10 Core. Selisih skor ketiga prosesor tersebut tak terlalu besar.

peringkat dengan CPU Mark

Baca juga: Review ASUS ROG Zephyrus G14, Andalkan Prosesor AMD Ryzen 6000 Series

Pada benchmarking grafis memakai PassMark, nilai yang diperoleh untuk 2D Mark dari ROG Flow X16 (GV601) adalah 828. Angka tersebut sedikit lebih rendah dibandingkan ROG Zephyrus G14 yang memakai prosesor AMD Ryzen 9 6900HS, yaitu 863. Jika dibandingkan nilai rata-rata perangkat secara global, yaitu 602, maka skor kedua laptop gaming tersebut masih jauh di atas rata-rata.

Uji Video Card 3D

Beralih ke nilai 3D Mark, skor yang diperoleh ROG Flow X16 (GV601) adalah 13.086. Tentu saja nilai ini jauh lebih tinggi dari nilai rata-rata dunia yang hanya 3.607.

Uji Video Card 3D

Jika dilihat dari kinerja memori, skor yang diperoleh adalah 2.060. Angka tersebut sedikit lebih rendah dibandingkan ROG Zephyrus G14 yang memakai prosesor AMD Ryzen 9 6900HS, yaitu 2.133.. Nilai rata-rata dunia adalah 1.743. Beralih ke pengujian DiskMark, skor yang diperoleh ROG Flow X16 (GV601) adalah 28.459. Angka tersebut juga lebih rendah dibandingkan nilai yang diperoleh ROG Zephyrus G14 dengan prosesor AMD Ryzen 9 6900HS, yaitu 30.672. Keduanya memperoleh nilai jauh di atas rata-rata dunia 3.184.

Uji Memori

 
Uji disk mark

Baca juga: Review ROG Strix SCAR 17 (G733Z), Tangguh dengan Intel® Core™ i9-12900H 

Ketika melakukan uji coba dengan GeekBench 4, skor kinerja inti prosesor untuk single core adalah 6.185 dan multi core 35.145. Kedua nilai tersebut jauh lebih tinggi dari yang diperoleh ROG Strix SCAR 17 (G733Z) yang menggunakan Intel Core i9-12900H. Masing-masing nilai tersebut adalah 4.428 untuk single core dan 32.142 untuk multi core. Nilai yang diperoleh untuk uji Open CL dengan GPU terintegrasi AMD Radeon adalah 143.762. Sedangkan skor yang diperoleh GPU diskret Nvidia GeForce RTX 3050Ti adalah 198.120.

Benchmarking CPU dengan GeekBench

 
Benchmarking Open CL AMD Radeon Vega

Benchmarking Open CL NVIDIA GeForce RTX 3050Ti

Rincian nilai hasil uji menggunakan CPU-Z adalah sebagai berikut:

CPU-Z

Harga dan Ketersediaan

ROG Flow X16 (GV601) dibanderol dengan harga mulai dari Rp29.999.000. Harga tersebut berlaku untuk varian dengan AMD Ryzen 7 6800HS dan NVIDIA GeForce RTX 3050Ti. Tentunya nilai ini sangat sepadan mengingat kinerja yang luar biasa dari laptop gaming ini. Pembelian dapat dilakukan di beberapa marketplace berikut ini:
https://invol.co/clvfba
Klik untuk membeli ROG Flow X16 di Blibli
Klik untuk membeli ROG Flow X16 di Shopee
Klik untuk membeli ROG Flow X16 di Tokopedia
Klik untuk membeli ROG Flow X16 di Lazada

Kelebihan

Keistimewaan ROG Flow X16 (GV601) ini tentu saja pada penggunaan seri HS yang merupakan prosesor AMD Ryzen yang canggih saat ini. Kinerja grafis laptop gaming ini pun didukung prosesor grafis yang mumpuni, yaitu dengan NVIDIA GeForce RTX 30 series. Keandalan ROG Flow X16 (GV601) tak hanya ditujukan bagi gamer, tetapi juga para pembuat konten. Apalagi dengan desain convertible, yang dapat digunakan dalam mode tablet, sehingga dapat menyulapnya menjadi kanvas digital berukuran 16 inci.

Teknologi RAM yang menunjang kinerja prosesor pun tercanggih dengan DDR5. Kapasitas RAM cukup lapang sebesar 16 GB, yang dapat ditingkatkan sampai 64 GB. Media penyimpanan dan konektivitas pun sudah menggunakan teknologi terkini.

Kekurangan

Ketika digunakan untuk mengerjakan tugas berat, suara tak begitu hening lagi dan agak panas.

Spesifikasi ROG Flow X16 (GV601)

CPU

AMD Ryzen™ 9 6900HS Processor (8-core/16-thread, up to 4.9 GHz max boost)

AMD Ryzen™ 7 6800HS Processor (8-core/16-thread, up to 4.7 GHz max boost)

Sistem Operasi

Windows 11 Home

Memori

DDR5 4800 SO-DIMM 2 x 8 GB

Media Penyimpanan

SSD PCIe®4.0 NVMe™ M.2 1 TB

SSD PCIe®4.0 NVMe™ M.2 512 GB

Layar

16 inci, QHD+ (2560 x 1600) 16:10, Nebula Display, 165Hz 3ms, 500nits,

DCI-P3 100%, Pantone Validated, Adaptive Sync, Dolby Vision

Grafis

NVIDIA® GeForce RTX™ 3070Ti

NVIDIA® GeForce RTX™ 3060

NVIDIA® GeForce RTX™ 3050Ti

Input/Output

1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x HDMI 2.0b support HDMI switch, 2x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery + G-SYNC, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-C support DisplayPort™ + power delivery, 1x ROG XG Mobile Interface

Konektivitas

Wi-Fi 6E(802.11ax)+Bluetooth 5.2 (Dual band) 2*2

Audio

Dolby Atmos, AI noise-canceling technology, Hi-Res certification, Support Microsoft Cortana near field/Far field, Built-in 3-microphone array, 4-speaker system with Smart Amplifier Technology

Baterai

90WHrs, 4S1P, 4-cell Li-ion

Dimensi

35.5 x 24.3 x 1.94 ~ 1.94 cm

Bobot

2.10 kg

Warna

Off Black

Harga

Rp42.999.000 (Ryzen 9 / RTX 3070Ti / 2x8GB RAM / 1TB SSD / QHD+ 165Hz)

Rp37.999.000 (Ryzen 9 / RTX 3060 / 2x8GB RAM / 1TB SSD / QHD+ 165Hz)

 Rp29.999.000 (Ryzen 7 / RTX 3050Ti / 2x8GB RAM / 512GB SSD / QHD+ 165Hz)

Garansi

2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty

Share:

Artikel Terkini